Manfaat Omega 3 Bagi Seluruh Anggota Keluarga

Manfaat Omega 3 Bagi Seluruh Anggota Keluarga – Omega 3 merupakan asam lemak esensial yang bisa didapatkan dari ikan salmon, udang, lobster, tuna, atau sarden, dan makanan laut lainnya. Sementara dari tanaman, Omega 3 juga bisa didapatkan dari sejenis biji-bijian atau kacang-kacangan. Omega 3 kaya akan manfaat, salah satunya adalah untuk meningkatkan kecerdasan anak, kesehatan tubuh terutama jantung serta mencegah timbulnya kanker.

Manfaat Omega 3

Manfaat Omega 3

Baca juga artikel lain di : http://student.blog.dinus.ac.id/fatku/

Sebelum mengonsumsinya, sebaiknya Anda juga mengenal lebih jauh tentang Omega 3 ini.Ada 3 jenis Omega 3 yang perlu Anda ketahui, yaitu DHA, EPA dan juga ALA. Apa sajakah manfaatnya, temukan penjelasannya di sini.

DHA

DHA merupakan singkatan dari Docosahexaenoic acid, biasanya terkandung pada beberapa jenis minyak ikan dan juga rumput laut. Manfaat Omega 3 sangat baik bagi perkembangan dan fungsi otak agarbisa berjalan dengan normal dan baik. Karenanya DHA yang tedapat di dalam Omega 3,  juga sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil. DHA dan EPA diketahui bisa mengurangi risiko yang paling ditakuti oleh wanita hamil, yaitu peeklamsia juga persalinan prematur. Dan yang tidak kalah penting, bisa membantu meningkatkan berat badan bayinya.

Kandungan DHA yang terdapat pada Omega 3 juga mampu mencegah sejumlah penyakit mata, teruatama rabun dekat, kebutaan dan masalah kesehatan mata lainnya. Manfaat lain yang bisa Anda ambil dari DHA adalah, memperbaiki kualitas tidur, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Anda pasti paham bahwa kurang tidur bisa menganggu sistem imun dalam tubuh hingga menyebabkan timbulnya berbagai jenis pemyakit.

EPA

EPA atau Eisocaspentaenoic acid juga terkandung didalam berbagai jenis ikan laut. Banyak sekali manfaat omega 3 yang bisa Anda ambil dari makanan yang mengandung EPA. Selain membantu mengurangi peradangan juga mengurangi depresi yang kerap dilanda berbagai usia. Sementara bagi Anda yang menderita penyakit jantung, sebaiknya mengonsumsi EPA yang dilengkapi dengan DHA sebanyak 1 gram per harinya. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dari minyak ikan.

Manfaat lain dari EPA adalah mencegah penuaan dini, mencegah jerawat hingga mengatur produksi minyak juga mampu mengatur cairan pada kulit. EPA juga membantu  merawat kulit terutama setelah terkena paparan sinar matahari secara berlebih.

ALA

ALA, Alpha-linolenic acid adalah jenis Omega 3 yang terdapat dalam biji-bijian juga kacang-kacangan, atau daging berkualitas baik di mana sapinya hanya diberi makan rerumputan.Manfaat omega 3 ini bisa Anda ambil dari sayuran hijau seperti bayam, kale, sawi juga rumput laut. ALA juga bisa digunakan sebagai sumber energi. Kelebihan lain dari ALA adalahdapat diubah menjadi DHA maupun EPA.

Kacang kedelai dan berbagai olahannya, seperti tempe juga tahu juga mengandung ALA. Anda juga bisa memilih kacang-kacangan seperti edamame, almond atau hazelnut. Chia sheed juga biji labu bisa juga jadi pilihan dan bisa Anda dapatkan dengan cukup mudah.

Nah, itu dia beberapa manfaat Omega 3 yang ternyata bisa dikonsumsioleh seluruh anggota keluarga, baik itu masih berupa janin, anak-anak dalam masa pertumbuhan bahkan para lansia. Setelah tahu begitu besar manfaatnya, maka sebaiknya jangan ragu lagi untuk mengonsumsinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *