Yang Harus Diperhatikan Untuk MendapatkanTiket Pesawat Yang Murah

Sudah sejak lama maskapai pesawat berlomba-lomba untuk memberikan harga tiket pesawat yang murah. Dahulu anda bisa mendapatkan tiket PP (pulang pergi) dari Jakarta ke Medan hanya dengan 110 ribu rupiah dan rute Jakarta ke Bali dengan harga 350 ribu rupiah. Tapi itu adalah berita lama, sekarang anda akan kesulitan mendapatkan harga tiket yang murah karena berbagai faktor seperti kenaikan bahan bakar pesawat dan lain sebagainya.

Baca juga artikel lain di : http://student.blog.dinus.ac.id/fatku/

Sekarang untuk rute Jakarta ke Bali setidaknya anda harus merogoh kocek lebih dari 700 ribu rupiah. Harga segitu pun sudah termasuk harga tiket pesawat yang terbilang murah karena ada kalanya harga tiket bisa mencapai 900 ribu rupiah. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang terbilang murah terutama pada peak season seperti lebaran.

Dengan cara yang tepat, anda tetap bisa mendapatkan harga tiket yang murah terutama ketika membelinya melalui Mister Aladin, karena itulah jangan pesimis terlebih dahulu. Setidaknya anda bisa mengikuti tips di bawah ini untuk mendapatkan tiket pesawat murah:

  • Cek destinasi

Untuk mendapatkan harga yang murah, tujuan destinasi anda juga akan mempengaruhi harga. Bila destinasi anda adalah rute-rute yang ramai seperti Yogyakarta, Jakarta, Singapura, Surabaya, Kuala Lumpur dan Bali maka anda harus pintar dalam membaca harga karena harganya cenderung naik turun atau fluktuatif.

Apabila sekiranya anda sudah mendapatkan harga yang murah, maka sangat disarankan untuk langsung membeli tiket pesawat tersebut sebelum harganya naik. Namun bila rute destinasi anda tidak ramai seperti Banjarmasin, Banda Aceh atau Tanjung Pinang, ada baiknya anda membeli tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya seperti 2 bulan sebelumnya. Karena biasanya maskapai penerbangan menerapkan sistem year round fare alias harga tiketnya tidak akan berbeda jauh sepanjang jauh kecuali pada peak season.

  • Memilih maskapai

Biasanya ketika anda memilih maskapai penerbangan LCC atau low cost carrier akan lebih murah bila memesan tiketnya jauh-jauh hari. Nantinya terlihat perbedaan yang sangat signifikan ketika anda membeli 3 bulan sebelumnya dan sehari sebelumnya. Sedangkan maskapai full service kebanyakan menerapkan sistem year round fare, bahkan ketika anda membeli tiket pada hari H anda bisa saja mendapatkan harga tiket yang murah dibandingkan dengan harga tiket maskapai LCC.

  • Perhatikan periode perjalanan

Sudah pasti saat peak season seperti lebaran, natal atau libur panjang dan juga weekend, harga tiket pesawat pasti mahal. Periode liburan sekolah juga menjadi salah satu peak season. Karenanya jika anda mencari tiket pesawat pada peak season lebih baik mencari tiketnya jauh-jauh hari sebelumnya bahkan bila perlu beberapa bulan sebelumnya. Namun jika anda tidak mencari tiket di peak season dan lebih memilih terbang pada hari-hari kerja maka anda bisa mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah. Cobalah kombinasi hari selasa – kamis, rabu – jumat, sabtu – selasa atau minggu – rabu.

  • Tanggal keberangkatan

Dari berbagai observasi, diketahui bahwa harga tiket pesawat di sekitar tanggal 20an lebih murah dibandingkan pada awal atau pertengahan bulan. Mungkin pihak maskapai menganggap bila di tanggal 20an merupakan tanggal dimana orang-orang belum mendapatkan gaji dan uang yang ada di dompet sudah menipis sehingga menyebabkan kemungkinan orang-orang untuk bepergian menggunakan pesawat terbilang rendah.

Kira-kira seperti itulah beberapa cara mendapatkan tiket pesawat murah yang bisa anda lakukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *