Jangan Abaikan, Perawatan ini Penting Agar Motor Tetap Nyaman Digunakan

Jangan Abaikan, Perawatan ini Penting Agar Motor Tetap Nyaman Digunakan – Memilih menggunakan motor sebagai alat transportasi memang kerap dijadikan pilihan. Ukurannya yang tidak menghabiskan banyak tempat, terutama saat berada di jalanan, hingga memungkinkan motor berjalan mulus di tempat sempit sekalipun. Fungsinya memang sangat diperlukan, terlebih saat berada di jalanan yang penuh sesak.

Perawatan motor

Perawatan motor

Terlepas dari jenis mesin yang dimiliki oleh kendaraan itu sendiri, nyatanya tidak sedikit orang yang mengabaikan perawatan kendaraan bermotor yang satu ini. Padahal, kondisi prima atau tidaknya sebuah kendaraan, akan menentukan keselamatan penggunanya juga. Karena itu, ada baiknya mulai sekarang, kamu lebih memperhatikan kebutuhan kendaraanmu, terutama motor yang sering kamu gunakan. Lantas perawatan apa saja yang harus dilakukan, ini dia tipsnya.

Menganti oli secara berkala

Oli merupakan bahan pelumas agar mesin bisa tetap berjalan dengan baik. Fungsi oli sangat banyak, selain berperan sebagai perapat antar komponen mesin. Oli juga berfugsi sebagai pendingin, dari suhu panas yang terjadi karena proses pembakaran pada silinder, serta panas yang disebabkan karena komponen yang bergesekan.

Piston, batang piston dan poros engkol yang seringkali terjadi benturan biasanya menghasilkan suara bising dan menjadi penyebab getaran. Keberadaan oli yang baik mampu meredamnya hingga suara mesin menjadi lebih halus. Belum lagi tugasnya sebagai anti karat dan pembersih kotoran akibat gesekan komponen mesin dan masih banyak lagi.

Karena itu, sebaiknya segera lakukan service pada oli motormu. Usahakan untuk selalu menggunakan merek oli yang sama setiap kali menggantinya, agar mesin pada motor tidak cepat rusak dan pilih oli yang sudah direkomendasikan pabrik motormu serta yang berkualitas baik. Pada umumnya, penggantian oli terjadi bila motor sudah mencapai 4000 km. Namun untuk motor baru, biasanya lebih cepat. Semakin sering dan jauh motor digunakan, maka kualitas dan pemakaian oli juga akan akan lebih cepat berkurang karenanya diperlukan oli baru.

Baca juga di: https://www.teknikotomotif.co.id/ untuk informasi terbaru dan terlengkapnya mengenai otomotif terbaik

Lakukan tune up

Tune up pada kendaraan bermotor merupakan proses mengembalikan kerja mesin dan komponen-komponennya, agar bisa kembali bekerja baik dan maksimal. Lakukan tune up secara berkala dan biasanya memang akan penyetelan ulang hingga penggantian pada mesin bila diperlukan. Selain perawata mesin, tune up sendiri biasanya meliputi banyak hal, salah satunya pengecekan karburator, di mana kotoran dan debu yang terhisap karburator biasanya akan mengendap dan mempengaruhi kerja mesin.

Tune up juga biasanya termasuk pengecekan fungsi kopling, transmisi dan yang lainnya.Belum lagi masalah kelistrikan, seperti lampu-lampu, baterai, klakson, sistem pengisian juga sistem pengapian. Begitu juga dengan masalah suspensi, roda juga rem, harus mendapatkan perawatan tune up. Lakukan tune up setiap dua bulan sekali atau saat kamu mengetahui bahwa kilometer pada kendaraan barumu sudah mencapai 2000 km.

Cuci motor

Setelah perawatan mesin dipenuhi, artinya motor akan berfungsi sebagaimana mestinya. Namun membiarkan motor dalam keadaan kotor, rasanya bukan keputusan yang baik juga. Bentuk perawatan yang satu ini sangat sering diabaikan. Padahal dengan membersihkan motor dari debu dan kotoran, bisa mencegah terganggunya kinerja mesin.

Belum lagi bila dibiarkan terlalu lama, kotoran-kotoran tersebut akan semakin sulit dibersihkan bahkan bisa jadi membekas dan merusak. Bersihkan motor secara berkala, terlebih bila motor kerap digunakan dan terkena lumpur.

Itulah saran terbaik agar kamu tetap mau melakukan perawatan pada motormu. Pastikan kamu mengunjungi tempat service yang juga direkomendasikan agar mendapatkan pelayanan yang juga baik dan tidak menguras kantong saat melakukan sejumlah perawatan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *