Apa Itu Dropship dan Bagaimana Kemudahan Penerapannya?

Apa Itu Dropship dan Bagaimana Kemudahan Penerapannya? – Dewasa ini, perekonomian rumahan makin berkembang dengan adanya sistem online dalam bertransaksi. Semua akses dapat diperoleh dengan mudah, strategi marketing juga berkembang sedemikian rupa. Tak seperti zaman dahulu, jika hendak berjualan sesuatu harus dipikirkan lokasinya, modalnya, dan perkara teknis yang lainnya.

Baca juga artikel lain di : http://student.blog.dinus.ac.id/fatku/

Sebelum memutuskan untuk berjualan, kamu perlu paham sistem penjualan yang akan kamu lakukan. Apakah kamu menjual produkmu sendiri atau berjualan dengan sistem dropship dan reseller? Oiya sudahkah kamu tahu tahu arti dropship dan arti reseller?

Sistem penjualan dropship yaitu sistem penjualan dengan menjadi orang ketiga dalam sebuah transaksi penjualan. Kamu tidak perlu stok barang, kamu hanya ‘jualan gambar’ dari penjual besar. Jika ada pesanan, kamu bisa langsung memesankan pada penjual utamanya untuk dikirim dari sana. Order datang, transfer masuk ke rekeningmu, kamu transfer ke penjual, penjual kirim barang ke pembelimu.  So simple!

Apa Bedanya Dengan Reseller?

Sebenarnya, dropship ini masih termasuk bagian dari reseller, hanya saja biasanya seseorang yang disebut reseller memiliki aturan berbeda dari penjual besar untuk punya stok barang selama berjualan. Perhitungan potongan harga atau diskon juga berbeda antara keduanya. Arti dropship bersifat lebih khusus dibanding dengan reseller.

Barang Apa yang Bisa Dijual Dropshiper?

Tidak ada patokan khusus seseorang harus menjual barang tertentu. Kamu bisa memulai bisnismu sendiri dari hal-hal yang kamu sukai. Misalnya kamu suka merajut, kamu bisa promosikan hasil rajutanmu dan menawarkannya kepada calon pembeli. Bisa jadi kamu hobi dandan, kamu bisa memulai mencari peluang usaha dari jualan alat kosmetik dan sejenisnya.

Bagaimana Keuntungan Jualan Dropship?

Dalam seni menjual dengan sistem dropship, kamu bisa mendapatkan kemudahan dan keuntungan sekaligus. Jika kamu melakukan sebuah transaksi dari sistem dropship tanpa kebingungan, maknanya kamu sudah paham arti dropship untuk sarana jualanmu dan bisa memanfaatkan berbagai kemudahan di dalamnya. Apa saja itu?

  • Minim biaya, kamu tak perlu pusing dengan modal yang besar, cukup bermodal gambar, kamu bisa mempromosikan barang jualanmu lewat media sosial manapun yang kamu miliki.
  • Kamu bisa jualan dari mana saja dan kapan saja. Kamu tak perlu sibuk mengemas barang yang akan dipesan pembelimu, karena akan dilakukan oleh penjual utama dari daganganmu.
  • Hemat waktu dan tenaga. Kamu bisa saja kebanjiran order sekalipun sedang liburan. Jika sistem yang kamu aplikasikan sudah benar, omset melimpah bukan hanya impian.
  • Keuntungan langsung mengalir ke dompet. Karena kamu memilih sistem ini, maka laba bersih penjualan dapat langsung kamu miliki. Biasanya penjual mematok harga tertentu, bisa kamu naikkan 5-10 persen untuk tambahan keuntunganmu.
  • Sistem dropship tidak memberikan risiko kalau barang tidak laku. Kamu hanya perlu memaksimalkan usaha dan trik penjualan agar lebih naik dari sebelumnya. Asyik ya?

Dalam berniaga, tentu akan ada pasang surutnya. Kamu tak perlu risau jika sedang sepi pembeli. Hal itu bisa kamu jadikan pembelajaran agar lebih memperbaiki performa pelayanan dan kualitas barang daganganmu. Bisa juga menjadi kesempatanmu belajar lagi tentang marketing yang tepat untuk mendapatkan customer tertarget.

Jika kamu sudah paham apa itu dropship dan kemudahan penerapannya, kamu bisa langsung terjun dan mempraktikkannya. Trik paling dasar agar jualanmu dilirik calon pembeli adalah berikan promo yang tidak bisa ditolak, unggulkan kelebihan produkmu, dan waspadai kompetitormu. Dengan demikian, kamu bisa menganalisis titik lemah barang daganganmu dan menyiasatinya dengan hal lain yang lebih memberikan keuntungan. Jadi, pembelimu tidak akan merasa dirugikan. Bagaimana, tidak sulit bukan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *