Mengenal Jasa Iklan Google Ads, Periklanan di Dunia Maya

Mengenal Jasa Iklan Google Ads, Periklanan di Dunia Maya – Dalam dunia bisnis, mempromosikan produk, baik barang atau jasa, merupakan sebuah keharusan. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan produk pada target pasar dan menjaring konsumen yang lebih banyak supaya tertarik dengan produk yang ditawarkan. Sampai saat ini, iklan adalah salah satu jalur promosi yang memiliki tingkat pengaruh yang tinggi.

jasa iklan Google Ads

jasa iklan Google Ads

Baca juga artikel lain di :http://student.blog.dinus.ac.id/fatku/

Di era digital seperti ini, cara beriklan pun sudah berinovasi mengikuti perkembangan jaman. Dengan munculnya internet dan maraknya orang-orang berlalu lalang di dunia maya, iklan pun ikut meramaikan dunia daring. Perusahaan besar seperti Google pun mengembangkan sayapnya ke dunia periklanan melalui Google Ads.

Apa Itu Google Ads?

Google Ads atau Google Adwords sendiri merupakan layanan beriklan daring yang dikembangkan Google untuk menayangkan iklan singkat bagi pengguna website. Cara kerjanya terbagi menjadi dua bagian. Sebagian berupa cookies dan sebagian lainnya berupa keyword yang sudah ditentukan pengiklan. Sedangkan peranan jasa iklan Google Ads adalah menempatkan iklan tersebut pada halam situs yang relevan.

Di awal kemunculannya pada tahun 2010, pengiklan di Google Ads harus membayar jasa iklan secara bulanan. Urusan iklannya sendiri semua ditangani oleh tim Google. Untuk mengakomodasi perusahaan kecil dan orang-orang yang ingin mengelola iklan sendiri, Google memperkenalkan portal self-service.

Pada tahun 2005, Google membuat program pelatihan bagi individu atau perusahaan tentang Google Ads. Yang berhasil akan dalam pelatihan ini akan mendapatkan sertifikat. Dan pada tahun 2008, untuk mendukung keberlangsungan Google Ads, Google membuat sebuah kompetisi marketing yang bisa diikuti siswa dari 47 negara. Kompetisi ini diadakan setiap tahun antara Januari hingga Juni.

Sistem Kerja Google Ads

Sistem yang digunakan Google Ads ada dua bagian. Sebagian berdasarkan cookies dan sebagian lainnya berdasarkan keywords. Jasa iklan Google Ads menawarkan iklan bentuk teks yang sangat pendek. Hanya terdiri dari tiga headline, masing-masing maksimal terdiri dari 30 karakter saja, dua deskripsi dengan maksimum karakter 90 dan tampilan dua URL maksimal 15 karakter.

Untuk sistem beriklannya, ada dua cara yang bisa dipilih. Pertama adalah sistem PPA atau Pay Per Million. Pengiklan membayar iklan yang ditayangkan Google berdasarkan jumlah per seribu kali tayang. Sistem kedua adalah PPC atau Pay Per Click. Pengiklan membayar berdasarkan jumlah klik. Apabila iklan tersebut muncul di mesin pencarian tapi tidak ada yang mengklik, maka pengiklan tidak perlu membayar jasa iklannya.

Platform Iklan Google Ads

Iklan yang dibuat melalui jasa iklan Google Ads bisa dilihat dari dua platform. Pertama melalui Google Search. Ini artinya, iklan akan muncul pada mesin pencarian dan kemunculannya didasarkan ada teks dan kata kunci tertentu. Kedua melalui Google Display Network. Hal ini berarti iklan akan muncul pada situs-situs yang termasuk dalam jaringan Google atau situs-situs yang memasang Google Adsense.

Untuk mencapai target iklan yang diinginkan, Google menyediakan alat bernama Keyword Tool untuk melihat data tentang jumlah pencarian dan tingkat probabilitas suatu keyword yang digunakan dalam Google Ads. Tool ini juga dibantu dengan adanya Google Insight dan Google Trend. Kedua tool tersebut membantu menentukan keyword apa yang trend dicari oleh masyarakat sehingga iklan yang dibuat lebih efektif.

Dengan menggunakan jasa iklan Google Ads bisa memudahkan dalam pencapaian target kostumer. Tidak heran juga, saat ini banyak orang yang membutuhkan dan menawarkan jasa pembuatan iklan di Google. Karena setiap iklan, di media yang berbeda, beda juga cara pembuatannya dan itu membutuhkan kerja seorang ahli.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *