Inilah Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Pada Organisme Eukariotik yang Wajib Diketahui Para Pecinta Flora

Inilah Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Pada Organisme Eukariotik yang Wajib Diketahui Para Pecinta Flora. Flora dan fauna merupakan organisme yang penting dalam rangkaian kehidupan. Tanpa adanya flora dan fauna, kehidupan manusia pun tidak akan berjalan sempurna. Flora atau tumbuhan memiliki peran yang sangat penting salah satunya sebagai organisme penyaring udara. Dengan peran tumbuhan, udara yang ada di sekitar manusia bisa terjaga dengan baik dan tetap berada dalam kondisi yang sehat.

sel tumbuhan

sel tumbuhan

Baca juga artikel lain di : http://student.blog.dinus.ac.id/fatku/

Sama seperti organisme lainnya, tumbuhan terdiri dari bagian-bagian kecil seperti sel yang tersusun sedemikian rupa sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi lingkungan sekitarnya. Sel-sel yang terdapat dalam sebuah tumbuhan merupakan kunci utama yang menggerakkan tumbuhan tersebut. Sel pada tumbuhan berbeda dengan sel organisme seperti eukariotik lain yang ada.

Ada banyak perbedaan antara sel tumbuhan dengan sel pada organisme eukariotik lainnya. Salah satu perbedaan tersebut terletak pada vakuola tumbuhan yang besar. Vakuola ini dikelilingi oleh membran yang disebut tonoplas. Membran ini berfungsi untuk menjaga turgor sel serta mengontrol seluruh pergerakan molekul pada tumbuhan yang letaknya di antara sitosol dan getah.

Selain vakuola, perbedaan lainnya juga terdapat pada plasmodesmata dalam sel tumbuhan. Plasmodesmata adalah pori-pori yang menghubungkan dinding sel dengan sel lainnya sehingga dinsing sel tersebut bisa berinteraksi dengan sel-sel lainnya yang berdekatan. Jaringan ini berbeda dengan jaringan dalam fungi yang termasuk dalam organisme eukariotik. Jaringan yang digunakan dalam organisme eukariotik merupakan jaringan hifa yang memiliki sifat yang berbeda dengan sel dalam tumbuhan.

Itulah beberapa perbedaan paling penting yang terdapat dalam sel tumbuhan dengan sel dalam organisme eukariotik. Selain kedua perbedaan di atas, perbedaan lainnya juga terdapat dalam dinding sel pada tumbuhan, serta dalam plastida tumbuhan tersebut. Mengetahui perbedaan-perbedaan tersebut sangat penting untuk melengkapi informasi mengenai tumbuhan terutama bagi para pecinta flora atupun masyarakat yang perlu meneliti flora untuk kepentingan tertentu. Dengan mengetahui serba-serbi tentang tumbuhan, maka peran tumbuhan dapat dimaksimalkan oleh organisme lainnya salah satunya manusia. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *