Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil ( Beserta Analisanya )

Peluang Usaha adalah sekumpulan potensi, ide dan kesempatan dari berbagai bidang yang dapat dijadikan sebagai bisnis, baik sebagai bisnis utama maupun usaha sampingan.

Menurut beberapa ahli, pengertian peluang usaha adalah

Kemungkinan yang dapat dipilih atau diambil guna mendapatkan apa yang diinginkan. Pengertian peluang usaha sebagai sebuah kemungkinan menempatkan pengusaha diantara kegagalan dan keberhasilan.

Oleh karena itu, dalam memilih peluang bisnis, perlu kiranya dianalisa terlebih dahulu untuk meminimalisir resiko bisnis dan memudahkan kesuksesan dalam berbisnis.

Peluang Usaha rumahan sendiri adalah peluang usaha yang lokasi bisnis berpusat di rumah. Ada beberapa keuntungan ketika kita menjalankan peluang bisnis rumahan diantaranya adalah :

  • Murah
    Salah satu keuntungan dari menjalankan bisnis di rumah adalah murah. Modal yang dikeluarkan dapat ditekan karena tidak ada biaya sewa.
  • Efektifitas Waktu
    Bayangkan ketika anda bisa bekerja di rumah. Dengan menjalankan usaha kecil menengah di rumah anda, anda bisa mengatur waktu anda secara efektif tanpa meninggalkan tanggung jawab anda yang lain.Anda bisa menjalankan ibadah dengan mudah, berorganisasi, berlibur dan melakukan kegiatan lain dengan tanpa ada ikatan dari siapapun.
  • Waktu berkumpul keluarga
    Apakah anda seorang ayah? atau ibu rumah tangga? Jika iya, maka, menjalankan usaha di rumah akan memudahkan anda untuk terus berkumpul dengan keluarga anda.
  • Namun demikian, anda harus teliti dalam menjalankan peluang bisnis rumahan, mengapa?Karena tidak semua peluang usaha yang dijalankan dirumah akan maksimal terlebih jika faktor kesuksesan bisnis salah satunya bertumpu pada lokasi yang strategis.

    Oleh karena itu, pilihlah usaha rumahan yang sekiranya tidak mempermasalahkan lokasi.

    Diantara beberapa usaha rumahan yang dapat anda jalankan di rumah adalah sebagai berikut :

    1. Bisnis online
    masih banyak orang yang merasa tabu dengan bisnis online. Bekerja di depan laptop di rumahnya sendiri tanpa bekerja di tempat lain, namun ternyata mampu membeli rumah, kendaran dan tanah.

    Mungkin anda akan sedikit tergelitik terhadap fakta berikut :
    Seorang tukang angon kambing sukses menghasilkan ratusan juta dari bisnis online
    Seorang difabel yang memiliki kaki lumpuh rupanya bisa menghasilan puluhan juta hanya dari rumahnya 
    Seorang lulusan SMA yang tidak paham komputer, mampu menghasilkan ratusan juta sebulan

    Cerita di atas, adalah nyata, Anda bisa mencari biodata mereka dengan nama Eka Lesmana atau Habibi Hasfah.

    Mereka, sejatinya adalah pelaku keyakinan. Melihat yang tidak dilirik orang lain. yakin terhadap peluang yang ada di dunia maya.

    Diantara beberapa bisnis online yang dapat dijalankan adalah :
    1. Publisher Blog
    Bisnis ini cocok untuk anda yang suka tulis menulis. Anda bisa menndapatkan uang dengan menjadikan blog anda sebagai media periklanan, bekerja sama dengan Google Adsense, menanam link affiliate, atau mempromosikan produk anda sendiri.

    2, Youtuber
    Youtube dewasa ini menjadi situs video sharing yang paling populang er di dunia. Tak ayal, Youtube.com kemudian menjadi ladang bisnis bagi media periklanan Google Adsense yang kemudian membeli situs tersebut dari pemiliknya.

    Tercatat ada banyak orang yang kemudian kaya dengan video – video yang ia share di Youtube.

    menjadi seorang Youtuber sangat tepat bagi anda yang memiliki hobi dan kemampuan dalam mengolah video.

    3. Jualan Online
    Dalam bisnis online, Jualan online dikenal sebagai internet marketing. Pemasaran online adalah kunci sukses dalam melakukan aktifitas jualan online. Dalam hal ini, ada banyak internet marketer yang telah sukses menjual barang bahkan meski mereka tidak memiliki barang sekalipun.

    Ada beberapa model jualan online yang dapat anda pilih diantaranya :
    – Dropshiping : Anda tidak butuh modal, tapi anda harus pandai memilih suplier
    – Reseller : Anda membeli produk dari orang lain terlebih dahulu, seterusnya anda tinggal menjual produk tersebut.
    – Produk sendiri : Anda memiliki produk sendiri yang anda jual secara offline. Anda bisa memaksimalkan penjualan dengan menjualnya secara online.
    – Online to Offline : Ada banyak barang yang dijual di internet, cobalah anda perhatikan, ada beberapa barang yang tidak dijual atau masih jarang diperdagangkan di tempat anda, ini kesempatan anda untuk mengambil produk dari internet kemudian menjualnya secara offline.

    Masih banyak peluang usaha online yang sebenarnya bisa anda jadikan peluang usaha rumahan. Selengkapnya tentang bisnis rumahan usaha online, akan saya bahas di lain waktu.

    2. Membuka Bimbingan Belajar.
    Membuka bimbingan belajar menjadi salah satu alternatif usaha kecil rumahan di bidang pendidikan yang tak perlu modal besar. peluang usaha dibidang pendidikan memang rata – rata bisa dijalankan dengan modal kecil.

    Anda bisa menjadikan usaha kecil bimbingan belajar sebagai peluang usaha rumahan dengan cara menjadikan salah satu ruangan di rumah anda sebagai kelas. Tidak perlu luas dan mewah. Anda perlu menyiapkan tempat duduk, papan tulis dan alat tulis.

    Perkembangan dan fasilitas bimbel dapat anda sesuaikan dengan kemampuan anda.

    3. Membuka bisnis laundri
    Bisnis laundry awalnya banyak diperuntukkan untuk mahasiswa yang biasanya memiliki kesibukkan di kampus atau di daerah perkotaan yang mana warganya biasanya tidak punya waktu untuk mencuci bajunya sendiri.

    Selain itu, gaya hidup instan yang sudah menggejala di masyarakat, menjadi salah satu alasan maraknya bisnis laundry di beberapa daerah.

    Anda hanya perlu menyiapkan beberapa mesin cuci dan pewangi pakaian serta setrika untuk memulai usaha ini.

    Selain dari beberapa usaha diatas, anda bisa menjalankan usaha lainnya diantaranya :

    Ternak kenari
    Ternak murai
    Ternak lele
    Budidaya Gurami
    usaha fotocopi
    Usaha rental komputer
    Jasa Pengetikan
    Dan lain sebagainya

    Dari pemaparan diatas, sekiranya anda perlu meneliti kondisi masyarakat di sekitar anda. Carilah produk yang dibutuhkan masyarakat baik barang maupun jasa. Dengan keyakinan, peluang anda untuk sukses dalam menjalankan peluang usaha rumahan akan semakin besar.

    Demikianlah artikel tentang peluang usaha rumahan modal kecil yang semoga bermanfaat untuk anda.

 

Leave a Reply