Pengertian Kehamilan dan Tanda-Tanda Hamil

Setelah seseorang menikah, kebanyakan orang ingin segera mendapatkan momongan. Untuk mendapatkan momongan, fase kehamilan harus dilalui terlebih dahulu. Kehamilan yang dialami tersebut merupakan suatu proses alami yang terjadi pada manusia dan bukan merupakan kondisi patologis kecuali karena kondisi tertentu.

Masa kehamilan dimulai dari masa konsepsi sampai dengan lahirnya janin dimana rentang waktu kehamilan pada umumnya terjadi selama 280 hari atau 40 minggu atau sekitar 9 bulan 10 hari. Berikut pengertian kehamilan secara biologis untuk Anda.

Banyak sekali ibu muda pada masa kehamilannya yang hingga tidur pun masih memikirkan buah hati yang dikandungnya, oleh karena itu bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui arti mimpi hamil bisa langsung mengunjungi situs tersebut.

Pengertian Kehamilan Secara Biologis

Pengertian Kehamilan

Kehamilan merupakan suatu rangkaian proses biologis yang dialami wanita dimana kehamilan pada wanita terjadi diawali dengan adanya pertemuan antara sel telur dan sel sperma didalam indung telur wanita. Kemudian pertemuan tersebut berlanjut pada suatu fase pembentukan zigot dimana zigot yang terbentuk akan menempel di dinding rahim setelah itu pembentukan plasenta terjadi dan ibu hamil mengalami perkembangan hasil konsepsi sampai cukup waktu hingga terbentuk janin yang berkembang didalam rahim.

Masa kehamilan pada wanita secara biologis terjadi dalam tiga fase yaitu fase triwulan pertama, triwulan kedua dan triwulan ketiga. Fase triwulan pertama merupakan masa kehamilan ibu pada bulan ke satu sampai tiga, triwulan kedua merupakan masa kehamilan ibu pada bulan ke empat  sampai ke enam, dan triwulan ketiga merupakan masa kehamilan ibu pada bulan ke tujuh sampai persalinan. Pada fase – fase kehamilan ini akan dialami tanda – tanda perubahan dalam tubuh ibu seperti perut yang semakin membesar, pembengkakan di area tertentu dan perubahan fisik yang lainnya.

Seorang wanita bisa dikatakan sedang hamil jika mengalami tanda – tanda berikut ini :

1. Tidak menstruasi

Pada wanita yang sedang tidak hamil, proses normal menstruasi terjadi sebulan sekali. Namun ketika hamil, sel sperma yang membuahi sel telur akan menghambat pembentukan folikel de graff sehingga otot dinding rahim yang biasanya akan lepas menjadi menstruasi akan menetap supaya hasil konsepsi dapat tertanam di dinding otot rahim wanita.

2. Sering buang air kecil

Memang tidak selamanya kondisi sering buang air kecil identik dengan kehamilan. Akan tetapi wanita yang hamil pasti sering buang air kecil karena hal tersebut dipengaruhi oleh adanya desakan yang dibuat janin yang mendorong ke depan sehingga mendesak kandung kemih seakan – akan kandung kemih cepat penuh hingga ibu hamil akan merasa selalu ingin buang air kecil.

3. Mengalami konstipasi

Konstipasi pada ibu hamil terjadi karena pengaruh hormon progesteron yang menyebabkan terganggunya gerakan peristaltic usus sehingga menyebabkan terganggunya buang air besar dan mengakibatkan ibu hamil mengalami konstipasi. Konstipasi akan semakin sering dialami di trimester ketiga kehamilan.

4. Mengalami tanda pasti kehamilan

Beberapa tanda pasti kehamilan yaitu gerakan janin didalam rahim yang terlihat dalam pemeriksaan USG, teraba bagian – bagian janin dengan menggunakan leopold manuver dan terdengar detak jantung janin dengan identifikasi melalui stetoskop doppler.

Untuk mengetahui secara pasti bahwa Anda mengalami kehamilan atau tidak baiknya segera Anda periksakan ke dokter. Jika memang Anda terbukti hamil, jaga selalu kesehatan Anda dan janin agar kehamilan sampai proses persalinan berjalan lancar.

4 Hukum Fisika Terpenting Yang Wajib Diketahui

Fisika adalah ilmu dasar yang mempelajari alam semesta dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pelajaran fisika mengajarkan dan menjelaskan peristiwa ilmiah yang terjadi ketika suatu partikel berinteraksi patrikel lain.

Fisika adalah ilmu yang sangat penting yang dapat menjelaskan segala sesuatu yang terjadi di alam semesta. Namun, banyak sekali orang-orang yang menghindari pelajaran ini karena dinilai sangat susah.

Bagi Anda yang ingin mempelajarinya, berikut adalah beberapa hukum penting yang wajib diketahui bagi pencinta fisika:

4 Hukum Penting Dalam Fisika

1. Hukum Pascal

Hukum pascal pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan asal Prancis yang bernama Blaise Pascal.

Hukum pascal menyatakan bahwa jika terdapat sebuah tekanan yang bersentuhan dengan zat cair pada sebuah ruangan tertutup, maka tekanan tersebut akan berlanjut ke semua arah dengan jumlah dan ukuran yang sama.

Dalam rumus hukum pascal diungkapkan bahwa “F1 / A1 = F2 / A2”.

F1 = Gaya Newton untuk penampang pertama
F2 = Gaya Newton untuk penampang kedua

A1 = Luas penampang pertama dalam meter persegi
A2 = Luas penampang kedua dalam meter persegi

 

2. Hukum Newton

Hukum Newton ditemukan oleh seorang ahli fisika asal Britania Raya yaitu Sir Isaac Newton.

Hukum ini dibagi menjadi 3 yaitu Hukum Newton 1, 2, dan 3; dimana masing-masing mempunyai penjelasan, kegunaan, dan rumus sendiri-sendiri.

Hukum Newton banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan hukum fisika.

Nama Newton sendiri sudah sangat dikenal luas oleh masyarakat dunia karena mengungkapkan hukum gravitasi universal yang beliau temukan dengan melihat buah apel jatuh dari pohonnya.

3. Hukum Archimedes

Hukum Archimedes mendapatkan nama berdasarkan penemunya yaitu seorang ilmuwan asal Yunani sekitar tahun 187 – 212 sebelum masehi.

Hukum archimedes menjelaskan pemahaman terhadap tekanan yang terjadi pada suatu benda ketika diletakan pada zat cair.

Hukum Archimedes menjelaskan mengapa sewaktu berada di dalam air, anggota tubuh kita akan terasa lebih berat untuk digerakkan, dan alasan tersebut dikarenakan ada tekanan dari zat cair terhadap anggota tubuh.

Bunyi hukum Archimedes adalah “Sebuah benda yang dicelupkan ke zat cair akan mempunyai gaya apung sebesar berat zat cair yang berpindah”.

4. Hukum Pemantulan Cahaya

Terdapat 2 hukum pemantulan cahaya yang telah disetujui oleh seluruh ahli fisika yaitu:

  • Sinar yang datang mempunyai sudut sama persis dengan pantulannya
  • Sinar yang datang dan sinar yang dipantulkan berada pada satu bidang datar

Hukum pemantulan cahaya dapat dibuktikan sendiri di rumah menggunakan cermin.

Mengapa sewaktu berdiri di depan cermin Anda dapat melihat bayangan sendiri? Hal ini dikarenakan gelombang cahaya telah dipantulkan sehingga sampai ke mata Anda.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencoba menyorotkan lampu senter ke bagian cermin tersebut. Ketika disorotkan apa yang terjadi? Cahaya tersebut seolah-olah dipantulkan kembali keluar cermin, dan ketika Anda melihat tembok dibelakang Anda, maka Anda dapat melihat cahaya pantulannya.

Selain itu, perhatikan juga sudut pantulannya yang sama besar dengan sudut cahaya yang datang.

7 Cara Mengobati Herpes Secara Alami

Banyak orang yang salah kaprah dan mengategorikan penyakit herpes sebagai sebuah penyakit yang hanya bisa didapatkan melalui hubungan suami istri yang tidak sehat. Namun, kenyataan tersebut sebenarnya salah!

Penyakit herpes ada banyak sekali jenisnya dan mempunyai beberapa penyebab lainnya.

Penyakit herpes adalah sebuah sakit kulit menular yang ditandai dengan mnculnya gelembung-gelembung berisi air pada kulit dan munculnya ruam merah karena peradangan kulit.

Terdapat sebuah jenis penyakit herpes bernama simpleks virus yang tidak menimbulkan gejala-gejala tersebut karena sifatnya bersembunyi pada sel-sel saraf dan tidak terdeteksi sistem kekebalan tubuh.

Jadi, Apa Saja Faktor Penyebab Herpes?

Seperti yang saya sebukan di atas, hubungan intim yang tidak sehat bukanlah faktor tunggal terjangkitnya penyakit herpes, ada beberapa faktor lainnya seperti :

  • Lingkungan tempat tinggal mempunyai udara kotor
  • Kulit terluka dan melakukan kontak dengan orang lain
  • Menderita penyakit diabetes
  • Menderita penyakit cacar
  • Mempunyai daya tahan tubuh yang lemah
  • Usia lansia

Tetapi jangan takut! Saya akan memberikan pengobatan alami penyakit herpes!

7 Cara Mengobati Penyakit Herpes Secara Alami

Penyakit herpes bukanlah hal yang baru, orang zaman dulu banyak menggunakan tanaman-tanaman herbal sebagai pengobatan tradisional untuk penyakit herpes, dan diantaranya adalah :

1. Madu

Madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sekaligus mengobati penyakit herpes. Caranya adalah dengan mengoleskan madu pada kulit yang terinfeksi.

2. Daun Binahong

Daun binahong adalah salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai obat jerawat. Ternyata, daun binahong juga dapat menjadi obat herpes alami dan memberikan rasa adem ketika ditempelkan pada bagian yang terinfeksi.

3. Sambiloto

Mengonsumsi air rebusan tumbuhan sambiloto juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit herpes.

4. Teh Hijau

Selain dapat menurunkan berat badan berlebih pada tubuh, teh hijau juga dipercaya dapat menyembuhkan herpes.

Caranya adalah dengan merebus teh hijau dengan air hangat. Namun, air rebusan tersebut bukanlah untuk dikonsumsi. Gunakan handuk yang telah dicelupkan pada rebusan sebagai alat kompres pada kulit yang terinfeksi.

5. Kunyit

Semua orang tahu bahwa kunyit adalah bumbu masakan yang sering digunakan oleh orang Indonesia. Tetapi yang tidak diketahui oleh orang-orang adalah, ternyata kunyit juga bisa mengobati penyakit herpes secara alami.

Dengan mengonsumsi air rebusan kunyit atau menggunakannya sebagai salep, maka penyakit herpes dapat diatasi.

6. Bawang Putih

Dengan membalut bawang putih pada bagian kulit yang terinfeksi, maka sifat anti bakteri pada bawang putih dapat mempercepat proses penyembuhan herpes.

7. Daun Dewa

Orang Indonesia mulai mengenal daun dewa sebagai salah satu bahan dasar dari minuman kesehatan ternama. Hebatnya lagi, daun dewa juga bisa digunakan sebagai penyembuh penyakit herpes.

Hanya dengan merebusnya dan mengonsumsinya secara rutin maka Anda juga dapat merasakan khasiatnya!

***

Pengobatan tradisional memang menjadi alternatif utama dibandingkan obat-obatan dokter. Banyak orang yang tidak ingin mengonsumsi obat dokter karena harganya yang relatif lebih mahal dan juga biasanya mempunyai efek samping jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Namun, jika sakit tidak kunjung membaik, Anda tetap dianjurkan untuk mengonsumsi obat herpes agar kondisi kesehatan bisa segera membaik.

Jika dalam kurun waktu 1 minggu penyakit tidak membaik, maka Anda dianjurkan untuk segera mengunjungi dokter.

Selalu Haus Ilmu Pasti Akan Menguntungkan

Suatu proses kegiatan terhadap sesuatu untuk mengetahui dan memahami disebut dengan ilmu. Ilmu dapat diperoleh dari suatu pembelajaran. Setiap hari kita selalu belajar, baik belajar dari sekolah, belajar dirumah, belajar dari pengalaman atau bahkan belajar dari sharing.

Semuanya bisa dikatakan belajar, karena kenapa? Semua unsur tersebut mengandung akan ilmu. Misalkan saja dari sharing, saling bertanya satu sama lain, saling memberikan pendapat tentang suatu permasalahan, hingga akhirnya dapat menimbulkan gagasan baru.

Bayangkan saja, dari SD sampai SMA, kita sudah bersekolah 12 tahun, dan sekarang kita bersama-sama menuntut ilmu di Universitas Dian Nuswantoro selama kurang lebih 4 tahun.

Bahkan beberapa di antara kita telah berniat untuk mengambil gelar S2 dan S3 untuk memperdalam ilmu. Hal tersebut tentu membuktikan bahwa ilmu itu tidak ada batasnya.

Bicara tentang ilmu, tidak akan pernah ada habisnya. Bener bukan? Jadi, belajar dan teruslah belajar. Teruslah haus akan ilmu. Karena haus akan ilmu akan menguntungkanmu loh.

Hayoo, apa coba keuntungannya? Sekarang, yuk kita ketahui keuntungannya dari poin-poin berikut:

3 Keuntungan Orang Yang Selalu Haus Ilmu

1. Menemukan sesuatu yang akan menjawab keingintahuanmu

Haus akan ilmu berarti suatu kebutuhan yang selalu ingin terus belajar mencari tahu.

Dengan selalu mencari tahu tersebut, kamu akan menemukan sesuatu yang akan menjawab keingintahuanmu terhadap ilmu yang ingin kamu dapatkan.

2. Akan lebih aktif memfungsikan akal

Mayoritas orang hanya belajar disekolah dan saat ada tugas saja. Tentunya akal, pikirpun menjadi kurang berkembang donk.

Keuntungan dari haus ilmu ini, akan menjadikan akal pikiranmu berfungsi lebih aktif. Karena memiliki keingintahuan yang sangat tinggi.

3. Ilmu yang diperoleh dapat digunakan dalam aktivitas sehari-hari

Ilmu yang diperoleh dari rasa keingintahuanmu yang haus akan ilmu, akan bermanfaat dalam aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari.

Misalnya, dalam proses belajar, kamu dapat menggunakan ilmu yang kamu peroleh tersebut untuk dikembangkan dalam belajar, mampu menjawab pertanyaan guru dan sebagainya.

***

Jadi, para pembaca sekalian, tanamkanlah pada diri kita bahwa ilmu itu sangat penting. Jangan pernah merasa puas dan sombong dengan ilmu yang sudah kamu miliki sekarang.

Menuntut ilmu itu tiada batas. Jadi, teruslah belajar, teruslah untuk selalu mencari tahu. Teruslah haus akan ilmu. Haus akan ilmu akan sangat menguntungkan bagi dirimu sendiri.