Error Handling

Error Handling adalah salah satu penanganan kesalahan (error) pada berbagai macam keadaan dalam pemrograman. Dengan adanya error handling ini maka setiap ada kesalahan , maka eksekusi program tidak akan dihentikan secara tiba-tiba, tetapi akan diteruskan ke baris program yang terdapat script penanganan kesalahan.

Dengan adanya Error Handling ini maka program akan semakin user friendly bagi penggunanya, dan akan mengatasi kesulitan bagi para programmer apabila ingin mendefinisikan suatu kejadian yang tidak diinginkan dieksekusi.

Jenis-jenis error handling:

  1. Kognitif: kognitif yang berarti berorientasi pada kemampuan berfikir (pola pikir) yang mencakup kemampuan intelektual yang lebih sederhana, yaitu mengingat, sampai pada kemampuan memecahkan masalahkesalahan
  2. Perseptual: kemampuan intelektual untuk mencarikan makna dari data yang diterima.
  3. Motorik: keseluruhan proses yang terjadi pada tubuh manusia, yang meliputi proses pengendalian (koordinasi) dan proses pengaturan (kondisi fisik).

Guidelines (pedoman) error handling:

  • FAQ (Frequently Asked Questions) pertanyaan yang sering diajukan dalam daftar pertanyaan dan jawaban,sering ditanyakan dalam beberapa konteks, dan berkaitan dengan topik tertentu.
  • Optimalisasi dan  pemanfaatan undo redo function
  • Menyiapkan berbagai macam model respon diantaranya dengan adanya Pop up, Warning box, tanda seru, simpan log dll

Penanganan error handling ada 2:

  1. PreventionPenanganan terhadap Error Handling sebelum adanya kejadian, biasanya terjadi pada masa lampau.Contoh:“Are you sure to …  (pada saat melakukan eject FlashDisk)

Macam-macam:

  • Perseptual
  • Kognitif
  • Motorik
  1. RecoveryPenanganan terhadap Error Handling setelah adanya kejadian. Recovery dapat dilakukan dengan cara undo    function, cancel, abort, highlight, help, dll.

Link YouTube Terkait

https://www.youtube.com/watch?v=9IgEM0CoaSQ

 

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *