Game Adaptasi dari Kartun Terbaik untuk Para Penggemar

Game adaptasi dari kartun terbaik untuk para penggemar! Kartun dan game adalah kedua hal yang selalu memiliki tempat di hati. Khususnya bagi para penggemar yang ada di seluruh dunia. Bagi kamu yang senang menonton kartun barat atau bermain game. Maka, artikel kali ini sepertinya sangat tidak boleh terlewat. Berikut beberapa judul permainan yang diadaptasi dari kartun klasik.

Silverhawks

Luar angkasa selalu menjadi tema yang paling dinanti. Baik itu dalam kartun maupun game, untuk Silverhawks sendiri mengusung tema peperangan luar angkasa. Kapal berbentuk butung adalah hal ikonik dari game satu ini. Alur permainan yang disuguhkan pun seru dan pastinya sangat membuat nostalgia. Di Silverhawks, kamu akan menemukan berbagai hal yang menakjubkan, terlebih karakternya yang orisinil seperti pada kartun. Kenali situs qqwin303.com untuk bisa mendapatkan permainan game lain.

ThunderCats

Judul berikutnya yang juga menjadi game adaptasi dari kartun terbaik adalah ThunderCats. Bagi para penggemar, munculnya permainan ini jelas seperti suguhan yang mampu meredakan rindu. ThunderCats memiliki chapter permainan yang sangat menarik untuk dicoba, apa lagi teriakannya yang ikonik yaitu “Thunder.. Thunder.. THUNDERCATS!!”. Karakter yang disuguhkan dengan senjatanya benar-benar membuat kamu bernostalgia kembali.

Freakazoid!

Kartun barat klasik Freakazoid! pasti sudah tidak asing lagi, terlebih dengan karakternya yang sangat ikonik.  Dalam game ini, kamu akan menemukan kelucuan dari super hero satu ini dengan berbagai alur dan karakternya yang membuat rindu. Bagi pecinta kartun jadul, mungkin game satu ini bisa menjadi cara terbaik untuk bernostalgia.

Captain Planet and The Planeteers

Jika saat ini banyak orang yang mengangkat isu kerusakan lingkungan. Ternyata, kartun Captai Planet and The Planeteers sudah lebih dulu mengangkatnya. Apalagi dalam game adaptasi dari kartun ini juga akan membawamu pada misi-misi untuk melindungi bumi dari kerusakan lingkungan. Karakter yang benar-benar ikonik karena klasik, pasti akan membawa keseruan tersendiri.

Nah, mungkin salah satu game adaptasi dari kartun di atas sudah tidak asing untukmu. Tetapi, jika kamu belum pernah mendengarnya, maka bisa jadi hal baru untuk memainkan game di atas. Dijamin seru karena nuansa karakter dan permainan yang berbeda.

Barang Yang Wajib Anda Bawa Saat Travelling Bersama Teman-Teman

Berencana melakukan liburan bersama teman-teman? Anda bisa melakukan liburan bersama teman-teman ke berbagai destinasi Indonesia yang eksotis. Beberapa tempat di Indonesia yang asik diajadikan tempat travelling bersama teman-teman adalah daerah pantai atau juga pegunungan. Anda bisa pergi ke Lampung untuk menikmati daerah pantai yang eksotis. Anda bisa ke pantai Pahawang yang terkenal dengan keindahan lautnya yang biru dan juga anda bisa melkukan snorkeling bersama teman-teman.

Di Pahawang anda juga bisa menikmati lumba-lumba yang muncul ke permukaan sesekali. Kemudian jika anda berencana pergi ke pegunungan, anda bisa ke berkemah bersama teman-teman di gunung Bromo yang sudah terkenal keindahannya. Nah ketika melakukan travelling bersama teman-teman anda wajib membawa barang-barang berikut ini agar lebih asyik.

  1. Kamera

Hal yang paling penting ketika travelling bersama teman-teman adalah membawa kamera. Kamera adalah kebutuhan penting yang tidak bisa ditinggalkan. Kamera akan mengabadikan setiap momen menjadi lebih asyik dan hasilnya juga menjadi lebih bagus. Anda bisa berdiskusi bersama teman-teman anda. Kamera siapa yang akan dibawa liburan. Memang di ponsel pintar kini terdapat resolusi kamera yang bagus. Namun terkadang kamera lebih bagus jika digunakan untuk foto bersama sama.

  1. Membawa Cemilan Yang Banyak

Tips travelling bersama teman-teman selanjutnya adalah anda jangan lupa membawa cemilan yang banyak. Anda juga bisa berdiskusi bersama teman-teman anda siapa yang akan membawa cemilan tersebut. Jadi anda bisa melakukan patungan juga untuk membawa cemilan saat travelling. Jadi makan rame-rame lebih asyik daripada di makan sendirian. Cemilan yang dibeli juga beraneka jenisnya. Jangan hanya satu macam saja agar tidak bosan.

  1. Power Bank

Ketika travelling sebaiknya jangan lupa membawa powerbank. Dengan membawa power bank anda bisa mengisi baterai ponsel anda dimana saja anda berada. Pastikan jika baterai power banknya juga sudah terisi penuh. Untuk persiapan travelling dalam waktu yang lama. Jangan lupa membawa power bank lebih dari satu. Harga power bank sendiri bervariasi jadi anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

  1. Obat-Obatan

Hal yang bisa anda bawa saat travelling adalah obat-obatan. Jadi biasanya ketika travelling terkadang jika fisik terlalu lelah bisa menyebabkan sakit mendadak seperti deman, batuk atau terjatuh. Jadi siapkan 1 orang yang bertugas untuk membawa perlengkapan obat-obatan. Obat-obatan yang bisa dipersiapkan adalah obat penurun deman, obat flu dan batuk, obat merah atau betadine, obat sakit kepala, obat keseleo atau balsam, obat penghilang rasa sakit. Jadi jika tiba-tiba ada teman yang sakit. Obat-obatan sudah siap siaga.

  1. Uang tunai

Hal yang juga wajib dibawa ketika liburan atau travelling adalah uang tunai. Dikarenakan anda berpergian bersama teman-teman anda bisa menyuruh satu orang menjadi sesi bendahara. Anda patungan mengumpulkan uang tunai lalu disimpan di orang itu. Pastikan orang yang anda pilih adalah orang yang dapat dipercaya dan jujur. Uang tunai yang dibawa jumlahkan disesuaikan dengan biaya yang sekiranya akan dikeluarka selama travelling. Kemudian siapkan juga biaya tak terduga. Ketika membawa uangn tunai, pastikan teman anda menyimpannya di tempan yang aman jadi orang lain tidak bisa mencurinya. Bungkus dengan plastik juga. Berjaga-jaga jika uang tunani bisa basah karena terkena air. Jika perlu masukkan pada tas kecil yang anti air dan api.

Persik Kediri, See You Dua Liga dalam Satu Tahun

Persik Kediri, See You Dua Liga dalam Satu Tahun! Saat berbicara mengenai dunia olahraga Indonesia, tentu saja kita tidak akan pernah bisa melupakan kiprah persepak bolaan dalam hal menyumbangan gaungan juara bagi negara Indonesia ini. Bahkan dunia pun telah mengakui kekuatan dan kemampuan squad para punggawa dan garuda Indonesia di kancah nasional maupun internasional.

Persik Kediri
Persik Kediri

Jika melihat lebih jauh tentang dunia sepak bola Indonesia, tentunya kita juga akan melihat adanya pemisahan kelas antar liga. Olahraga dibawah naungan PSSI ini memiliki tiga liga utama yang menaungi klub-klub sepak bola dari masing-masing daerah. Ketiga liga tersebut memiliki nama sesuai dengan urutannya masing-masing. Dapatkan informasi terlengakapnya di situs bola 88.

Namun kali ini kita tidak akan mengulas liga-liga sepak bola Indonesia tersebut, melainkan akan mengulas tentang headline news yang menggaungkan nama klub macan putih asal Kediri. Jika melihat sejarahnya, klub yang terkenal dengan nama Persik Kediri ini pernah dua kali menjuarai liga nasional yakni pada tahun 2003 yang mana menjadi tim promosi dan dalam sekejap membintangi papan prestasi dengan gelar juara liga.

Tahun kedua klub macan putih ini menyabet gelar juara adalah tiga tahun kemudian pada tahun 2006, dimana pada saat itu tiga lini striker terbaik Indonesia, Gonzales, Danilo, dan Fagundez memecahkan rekor untuk pertama kali bermain bersama membela squad macan putih ini.

Namun naasnya, setelah dua kali menyabet gelar juara liga Indonesia, Persik Kediri harus menelan pil pahit setelah terdegradasi pada tahun 2017. Walau demikian, ternyata DNA kuda hitam pada klub ini masih bertahan. Bertepatan dengan akhir tahun, pada 30 Desember 2018 tim ini mampu membawa pulang kembali gelar juara liga 3 dan berhak promosi ke liga 2.

Nampaknya sejarah 16 tahun silam akan terulang karena satu tahun selang promosi liga 2, Persik Kediri kembali menunjukkan taringnya dengan predikat juara liga 2 dan berhak promosi ke liga 1. Tidak hanya itu, Persik juga berkesempatan mengikuti piala presiden yang dilaksanakan di Stadion Gelora Bangkalan.

Meski demikian, nampaknya keberuntungan belum menghampiri tim ini setelah kalah 3-1 dengan Persebaya Surabaya dan 1-0 dengan Madura United. Namun uniknya, ketika laga melawan Bhayangkara FC, Persik Kediri justru unggul 3-0 yang notabene, Bhayangkara FC sempat mengalahkan Madura United dan Persebaya pada laga sebelumnya. Sekali lagi Macan Putih mengukir sejarahnya di permadani hijau Indonesia.

Game Rahasia dan Tersembunyi di Browser Google

Game Rahasia dan Tersembunyi di Browser Google! Kini, aplikasi pencarian semakin banyak macamnya, tapi Google seakan tidak pernah kehilangan eksistensinya. Namun, Google bukan hanya aplikasi pencarian biasa. Ternyata, di balik kemudahan kita mencari informasi, browser yang satu ini juga menyimpan game, lho. Sayangnya, game yang ada di sini tersembunyi dan tidak semua orang tahu.

T-Rex Jump

Sepertinya game Google yang satu ini sudah tidak menjadi rahasia lagi, ya? Jika belum tahu, game ini cuma bisa ditemui di browser Google Chrome, ya. Itu juga jika koneksi internetmu terputus. Untuk gameplay-nya, sama seperti namanya, T-Rex-mu harus bisa melewati kaktus dengan cara melompat dan menambah skor. Ini bisa dilakukan dengan menekan tombol spasi atau klik mouse.

PacMan

Kalau mendengar namanya bukan hal yang baru, ‘kan? Memang benar karena ini memang bukanlah game baru. Namun, sekarang pasti jarang menemukan game ini, ‘kan? Nah, dengan hanya mengetik “PacMan” di browser Google, kamu bisa bermain game ini, lho. Apalagi cara dan aturan mainnya sama seperti yang terdahulu.

Tic Tac Toe

Nah, satu lagi game Google yang sudah tidak asing lagi. Di Indonesia sendiri game ini lebih dikenal dengan sebutan XOX atau SOS. Cara bermainnya juga sama, kamu harus dapat membuat tiga X atau O dalam satu garis lurus. Saat ini, kamu bisa memainkannya dengan mengetikkan judulnya di browser Google. Lalu, sesuaikan level yang diinginkan dan kamu siap melawan komputer.

Play Snake

Seperti dua game di atasnya, untuk memainkan game ini, hanya perlu mengetikkan “Play Snake” di browser Google. Sedangkan, permainannya sama dengan game snake legendaris yang kita tahu. Bedanya, hanya pada varian tampilan serta grafiknya yang lebih berwarna.

Kenali informasi mengenai permainan game onlien terbaik lainnya yang bisa Anda mainkan seperti game poker online pakai uang asli.

Nah, itulah game Google yang rahasia dan tersembunyi dari pandangan. Meski begitu, setidaknya kamu bisa terhibur saat sedang searching informasi di browser tersebut, ‘kan? Terlebih lagi, kamu tidak perlu repot-repot untuk mengunduh dan menginstalnya di PC ataupun smartphone-mu, lho.

Inilah Game Untuk Belajar Bahasa Inggris Terbaik Untuk Saat Ini

Inilah Game Untuk Belajar Bahasa Inggris Terbaik Untuk Saat Ini! Semakin bergairahnya perkembangan di bidang teknologi sendiri. Sehingga membuat banyaknya produsen game saling mengeluarkan inovasi terbaiknya agar tetap bersaing di dunia digital saat ini. Untuk itu juga, dengan banyaknya games bermunculan, orang tua juga ikut mengambil peran dalam pengambilan game yang cocok untuk anaknya.

Bila sang anak ingin fasih berbahasa Inggris, maka pemilihan game yang sesuai dapat merangsang daya linguistik anak tersebut. Mengingat bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa global, maka tidak salah bila orang tua memilihkan game yang tidak hanya membuat anak senang kala bermain, tetapi ada nilai edukasi dalam berbahasa Inggris di dalamnya.

Apa saja game untuk belajar bahasa Inggris itu, yuk simak baik-baik artikel berikut ini! Simak di situs 45.76.154.186 untuk mendapatkan game terbaik dan populer saat ini.

Blindfold Games

Game yang pertama yaitu Blindford Games. Blinford Games ialah permainan yang memuat wawasan yang luas dalam berbahasa inggris, loh! Blinford Games sendiri memiliki sebuah tujuan dalam menjelaskan setiap kosa kata baik dalam bentuk kata benda, kerja maupun  lainnya.

Game untuk berbahasa Inggris ini juga sangat mudah loh dalam memainkannya, sama seperti permainan bahasa Inggris lainnya, apakah berniat untuk mencoba?

Hangman Games

Game kedua ini bernama Hangman Games. Dari namanya saja sudah menarik bukan? Untuk orang tua game ini sangat cocok untuk anaknya dalam mengembangkan minat dalam berbahasa Inggris. Selain pastinya menyenangkan karena sambil bermain, orang tua juga bisa turut bermain sambil belajar bersama anaknya.

Permainan ini merupakan game untuk belajar bahasa Inggris di mana permainannya seputar tebak kata. Namun, sebelum bermain game ini haruslah menentukan tema apa yang hendak di mainkan. Contohnya animals, colours, fruits dan lain-lainnya. Selanjutnya pemain haruslah menyelamatkan orang yang ada pada game tersebut yang terkena hukuman gantung. Caranya dengan menebak setiap huruf dari berbagai susunan kata-kata yang tersedia pada game tersebut.

Sangat mudah bukan? Jangan sampai ketinggalan mencoba game untuk belajar bahasa Inggris di atas. Semoga bermanfaat!

Beberapa Resep Udang Asam Manis

Memang banyak sekali varian masakan udang yang bisa anda temukan, seperti udang saus tiram, udang saus padang, dan lain sebagainya. Dan salah satu jenis makanan seafood varian udang yang menjadi pavorit di masyarakat saat ini adalah udang asam manis. Rasanya yang enak membuat menu makanan ini banyak digemari orang, apalagi jika disantap bersama nasi hangat.

Bagi anda yang ingin mencoba membuat sendiri, anda bisa mencobanya di rumah. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan memberikan beberapa resep udang asam manis yang bisa anda coba sendiri di rumah sebagai berikut ini :

  1. Udang Asem Manis

Bahan – Bahan :

1 bks udang

garam

3 bawang putih

kecap

Cara Membuat :

– Pertama-tama buang kepala+ekor udang lalu cuci.

– Kemudian iris bawang putih, tumis, masukkan udang.

– Lalu tambah kecap, garam, saos tomat, tambah air sedikit.

– Matangkan.

– Udang asem manis siap disajikan

  1. Udang Asam Manis Pedas

Bahan – Bahan :

Udang

jagung

Saos tomat

Daun bawang

Lada

Gula

Kecap manis

Saos tiram

Penyedap

Bawang putih

Bawang bombay

Cara Membuat :

– Langkah pertama tumis bawang putih dan bawang bombay, lalu masukkan lada, garam, gula, kecap manis dan saos tomat.

– Lalu masukkan udang dan jagung, tumis hingga matang.

– Udang asam manis pedas siap dinikmati.

  1. Udang Telor Puyuh Kuah Asam Manis

Bahan – Bahan :

Telur puyuh direbus

Udang dibuang kulit, kepala dan pantat

4 sendok saos tomat

2 sendok saos pedas

½ sendok saos teriyaki

1 sendok gula

2 siung bawang putih geprek

Garam

Minyak goreng

Masako sapi

Jahe secukupnya

Laos secukupnya

Daun jeruk

Cara Membuat :

– Pertama cuci udang, dan telor puyuh.

– Lalu masukan sedikit minyak goreng, tumis bawang putih, jahe, laos, dan jeruk.

– Kemudian masukkan air secukupnya.

– Tunggu hingga matang.

– Masukkan saos tomat, saos pedas, saos tiram, gula, garam, masako.

– Setelah itu masukkan udang dan telur puyuh.

– Tunggu hingga matang

– Selesai

  1. Udang Asam Manis

Bahan – Bahan :

500 gram udang (kupas, potong kepalanya)

1 bawang bombay iris tipis

1 buah tomat belah empat

5 sendok makan saus tomat

5 sendok makan saus sambal

Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :

3 siung bawang putih

5 siung bawang merah

5 buah cabe rawit

Lada bubuk secukupnya

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat :

– Langkah pertama goreng udang sampai matang. Tiriskan, sisihkan terlebih dulu.

– Lalu panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay hingga harum.

– Kemudian masukkan bumbu halus ke dalam tumisan bawang bombay, tambahkan tomat, saus tomat dan saus sambal. Tambahkan sedikit air, dan biarkan mendidih.

– Masukkan udang ke dalam bumbu, aduk rata.

– Masak udang hingga bumbu meresap dan matang.

– Angkat segera udang yang sudah matang dan sajikan bersama nasi putih hangat supaya lebih nikmat.

Itulah beberapa resep udang asam manis yang bisa anda coba sendiri di rumah semoga ada guna dan manfaatnya. Selamat mencoba!

 

9 MINYAK ATSIRI ANTIVIRAL TERATAS

9 MINYAK ATSIRI ANTIVIRAL TERATAS

9 Minyak Atsiri Antiviral Teratas

Banyak orang berlari ke dokter mereka pada tanda pertama pilek atau flu, menuntut resep antibiotik. Tetapi antibiotik hanya efektif melawan bakteri, bukan virus, yang merupakan penyebab sebenarnya dari infeksi flu dan flu. Jika Anda menginginkan strategi yang efektif melawan flu atau jenis virus lainnya, simpan kabinet obat Anda dengan obat antivirus alami yang keras, termasuk minyak esensial ini.

1. KAYU MANIS

Tidak hanya untuk menaburkan latté, minyak atsiri kayu manis juga efektif melawan berbagai jenis virus. Dalam sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal medis MicrobiologyOpen, para peneliti menemukan bahwa minyak atsiri kayu manis efektif melawan virus flu bila dikombinasikan dengan minyak esensial kayu putih dan rosemary.

GUNAKAN DENGAN HATI-HATI

Minyak atsiri kayu manis sangat kuat dan dapat mengiritasi kulit atau sistem pernapasan jika digunakan secara tidak benar. Encerkan 1 tetes dalam 1 1/2 sdt (7 mL) minyak pembawa seperti kelapa atau minyak kernel aprikot untuk aplikasi topikal. Hindari penggunaan internal, kecuali jika Anda menggunakan produk yang diformulasikan dan diencerkan khusus untuk tujuan ini.

2. OREGANO

Kebanyakan orang mengambil minyak atsiri oregano pada tanda-tanda pertama virus flu — dan untuk alasan yang baik: oregano menunjukkan aktivitas antivirus yang kuat terhadap berbagai virus yang berbeda, seperti ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry. Sementara virus flu tidak dipelajari dalam penelitian khusus ini, aktivitas antivirus oregano yang tersebar luas menunjukkan bahwa itu mungkin merupakan pilihan yang baik terhadap virus flu juga.

3. MELISSA

Minyak esensial Melissa, juga dikenal sebagai lemon balm, adalah ramuan antivirus yang terdokumentasi dengan baik. Penelitian dalam jurnal medis VirusDisease menemukan bahwa, dalam studi laboratorium, minyak esensial tanaman mencegah kemampuan virus flu burung untuk bereplikasi, yang diperlukan agar penyakit menyebar atau bertahan hidup.

4. PEPPERMINT

Minyak esensial Peppermint adalah salah satu obat antivirus alami yang paling menjanjikan, terutama ketika berhadapan dengan virus herpes, yang merupakan akar dari luka dingin. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine, para ilmuwan melaporkan minyak atsiri peppermint menunjukkan potensi tinggi dalam tes laboratorium terhadap virus herpes, bahkan terhadap strain yang tidak menanggapi obat asiklovir dalam penelitian tersebut.

TAHUKAH KAMU?

Setetes minyak esensial peppermint dapat membantu meringankan luka dingin.

5. JAHE

Favorit lama ini menunjukkan aktivitas antivirus melawan pilek dan flu. Sebuah penelitian pada hewan menemukan jahe memiliki tindakan antivirus terhadap flu burung, sementara penelitian lain menunjukkan aktivitas melawan virus herpes simplex.

TAHUKAH KAMU?

Sementara penelitian tentang efek viricidal jahe sedang dalam masa pertumbuhan dan sebagian besar telah diselesaikan pada hewan, itu menjadi pertimbangan mengingat kurangnya efek samping yang berbahaya. Penelitian tambahan harus membantu kita memahami lebih lanjut tentang kemampuan antivirusnya.

6. MANUKA

Terkenal karena madu yang dihasilkan dari serbuk sari, minyak esensial dari pohon manuka juga dapat memiliki aplikasi dalam memerangi virus. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Planta Medica, minyak atsiri manuka menunjukkan efektivitas melawan virus herpes simpleks. Baik madu dan minyak esensial mendapatkan kekuatan antimikroba dari pohon manuka yang kuat.

TAHUKAH KAMU?

Madu Manuka bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan aktivitas antivirus yang ampuh dari tanaman ini — Anda juga dapat melakukannya melalui minyak esensial.

7. THYME

Penelitian dalam jurnal medis Phytotherapy Research menemukan bahwa minyak atsiri thyme, dalam hubungannya dengan pohon teh dan kayu putih, mengurangi infektivitas virus lebih dari 96 persen. Dengan sendirinya, thyme adalah agen anti-infeksi yang kuat yang telah ditemukan dalam banyak penelitian untuk membunuh bakteri dan jamur berbahaya, selain virus.

8. POHON TEH

Sementara minyak pohon teh dikenal sebagian besar karena tindakan antibakterinya, penelitian dalam jurnal medis Molecules menemukan bahwa minyak esensial juga mencegah virus influenza memasuki sel uji, yang dapat mengurangi kemungkinan sakit. Penelitian ini diselesaikan dalam pengaturan laboratorium, sehingga lebih banyak penelitian perlu dilakukan untuk menguji efektivitas antivirus pohon teh dalam pengaturan klinis.

9. ADAS BINTANG

Kabinet obat antivirus Anda tidak akan lengkap sampai Anda menambahkan minyak aromatik seperti licorice ini ke dalamnya. Itu karena adas bintang adalah salah satu obat antivirus paling kuat yang tersedia. Minyak ini tidak cocok untuk penggunaan internal dan sebaiknya diencerkan dalam minyak kelapa yang difraksionasi dan dioleskan ke kulit atau disebarkan di udara untuk membantu membunuh virus.

TAHUKAH KAMU?

Star adas mengandung zat antivirus kuat yang dikenal sebagai asam shikimic, yang disintesis oleh industri farmasi untuk membuat obat flu.

MENGGUNAKAN MINYAK ESENSIAL

  • Minyak atsiri dapat diencerkan dan dioleskan ke kulit atau disebarkan dalam diffuser aromaterapi, dan beberapa dapat digunakan secara internal.
  • Periksa petunjuk paket untuk menentukan apakah minyak yang Anda pilih memiliki jumlah dosis atau cocok untuk dimasak atau dikonsumsi. Jika label tidak menunjukkan dosis, tidak cocok untuk penggunaan internal.
  • Bekerja dengan ahli aromaterapi, herbalis, atau dokter yang berkualifikasi jika menggunakan minyak esensial secara internal.
  • Pengenceran tergantung pada minyak individu dan tingkat sensitivitas kulit:
    • beberapa tetes per ½ sdt (2 mL) minyak pembawa untuk manuka, Melissa, peppermint, atau pohon teh
    • satu tetes per 1 sdt (5 mL) minyak pembawa untuk jahe, oregano, star adas manis, atau thyme
  • Hindari membakar minyak esensial; ini dapat mengubah struktur kimianya dan karenanya efektifitas terapeutik

beranda

Apa Arti Neuroplastisitas untuk Penuaan

Apa Arti Neuroplastisitas untuk Penuaan

Apa Arti Neuroplastisitas untuk Penuaan

Apa Arti Neuroplastisitas untuk Penuaan

Bagaimanapun cuaca, Norbert mendaki setiap hari di salah satu taman alam terjal di kotanya. Seorang pensiunan spesialis komputer, ia adalah seorang fotografer yang rajin, up to date dengan yang terbaru di bidangnya. Dia juga 77, dia sigap dan jenaka, dan dia memiliki memori yang tajam (lebih dari itu sejak dia menyerah menonton TV).

Usia hanyalah angka (tidak, serius)

Pada 2015, orang berusia 65 tahun ke atas menyumbang 17 persen dari populasi Kanada, diproyeksikan mencapai 20 persen pada tahun 2024. Ada hampir 500.000 orang Kanada yang hidup dengan demensia, dengan 25.000 kasus baru didiagnosis setiap tahun.

Tetapi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu meminimalkan risiko terkena demensia seiring bertambahnya usia.

“Stimulasi mental, mempertahankan jaringan sosial yang kuat, olahraga teratur, kualitas tidur yang baik, diet sehat, konsumsi alkohol minimal, dan tidak merokok dapat membantu mengurangi risiko penurunan kognitif seiring bertambahnya usia,” kata Marissa Gaucher, ND, di HealthQuest Vitality and Health Pusat di Kamloops, BC.

Terus bergerak

Aktivitas fisik sedang meningkatkan volume materi abu-abu dan putih dan meningkatkan pertumbuhan sel di otak. Itu menangkal penyusutan normal fisiologis (yang, omong-omong, mulai terjadi pada usia tiga puluhan kita).

Berpegang teguh pada rutinitas kebugaran Anda setidaknya selama 12 minggu dapat berarti kefasihan verbal yang lebih baik dan memori yang lebih tajam.

Bergabunglah dengan grup independen atau daftar kelas di pusat komunitas atau klub kebugaran setempat. Itu berarti bersosialisasi dan kelompok pendukung untuk meningkatkan moral Anda ketika paling dibutuhkan.

Terus belajar

Transisi ke zaman keemasan sering kali disertai dengan waktu ekstra untuk olahraga, melanjutkan pendidikan, bepergian, dan berbagai keterlibatan sosial. Juga, banyak orang paruh baya menemukan kembali diri mereka secara profesional ketika mereka mencapai usia lima puluhan atau bahkan lebih baru. Ini adalah kabar baik bagi otak.

Sebuah studi tahun 2019 meneliti fungsi otak pada sekelompok orang yang lebih tua, berusia 59 hingga 79 tahun, dan menemukan bahwa empat bulan belajar bahasa baru menghasilkan peningkatan kognisi.

Melampaui zona nyaman (teka-teki silang atau mendengarkan musik tidak cukup). Mempelajari keterampilan baru atau mengejar ide atau pendidikan baru menantang ingatan kerja Anda, ingatan jangka panjang, dan kognisi tingkat tinggi.

Dalam sebuah studi baru-baru ini, melakukan tugas-tugas yang mudah dan akrab di lingkungan yang akrab, atau hanya bersosialisasi saja, menghasilkan sedikit atau tidak ada peningkatan dibandingkan dengan pembelajaran intensif. Jadi, jangan menahan diri untuk mengembangkan pikiran. Otak Anda akan berterima kasih!

Larangan kesepian

Obrolan dan tawa yang baik dengan teman-teman, atau pundak yang simpatik untuk menangis, tidak tergantikan. Penelitian yang tak terhitung jumlahnya mendukungnya. Orang tua yang mengalami depresi memiliki risiko lebih tinggi mengalami penurunan kognitif. “Depresi umum terjadi pada orang tua, tetapi itu tidak berarti itu adalah bagian dari penuaan normal,” kata Gaucher.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa wanita yang memiliki jaringan sosial besar mempertahankan fungsi kognitif yang lebih baik dan tampaknya dilindungi terhadap demensia. “Pencegahan harus dimulai sedini mungkin dan dipertahankan sepanjang hidup Anda untuk mengurangi risiko depresi,” saran Gaucher. Makanlah makanan yang sehat, cukup tidur, dan turunkan tingkat stres Anda, tambahnya.

Kelilingi diri Anda dengan teman-teman untuk mendapatkan dukungan emosional; itu dianggap membantu menjaga otak Anda bahagia dan dapat melakukan tugas sehari-hari dengan mudah.

Suplemen untuk keremajaan otak

  • “Banyak penelitian menunjukkan dampak potensial status mikronutrien pada penurunan kognitif, khususnya vitamin B, vitamin D, dan asam lemak omega-3,” kata Marissa Gaucher, ND. Sumber terbaik termasuk ikan, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Pertimbangkan suplemen multivitamin yang baik yang mencakup vitamin B12, saran konsultan nutrisi bersertifikat Melanie Pouliot. Kekurangan, umum pada orang tua, dikaitkan dengan gangguan neurokognitif.

Mikrobioma dan otak Anda

Bakteri usus dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori dan membantu dalam produksi neurotransmiter. Buat sayuran yang difermentasi secara alami, seperti asinan kubis, bagian dari makanan sehari-hari Anda atau gunakan suplemen probiotik.

Porsi yang lebih kecil untuk mengalahkan usia

Nafsu makan yang lebih rendah adalah normal pada orang tua, tetapi otak masih membutuhkan energinya, jadi menjaga pola makan yang sehat sangat penting. “Studi epidemiologis telah menunjukkan bahwa diet ideal untuk memperlambat penurunan kognitif adalah diet Mediterania,” kata Gaucher. Makan sebagian besar buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan lemak sehat, serta lebih sedikit makanan olahan dan susu.

Penting untuk dicatat bahwa obesitas dan diabetes meningkatkan risiko gangguan kognitif, depresi, dan demensia. Obesitas juga telah dikaitkan dengan peradangan otak yang berkepanjangan, yang diperkirakan meningkatkan risiko penyakit neurodegeneratif.

Di ujung lain makan terlalu sedikit. “Penyebab utama malnutrisi pada lansia adalah berkurangnya asupan makanan, karena faktor sosial, fisiologis, dan psikologis,” kata Gaucher. Itu dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dan defisiensi nutrisi, yang pada gilirannya dapat berdampak pada fungsi kognitif.

Beberapa orang mungkin mengalami pencernaan yang tidak efisien dan kekurangan nutrisi seiring bertambahnya usia karena alasan termasuk kadar asam yang lebih rendah, dimanifestasikan melalui kembung, sembelit, dan / atau mulas, menurut Melanie Pouliot, konsultan nutrisi bersertifikat di Health by Design Consulting di Kamloops.

Pouliot merekomendasikan minum jus seledri (1/4 cangkir / 60 mL) dua kali sehari sebelum makan atau mengunyah seledri setiap hari untuk meningkatkan produksi asam, atau makan sauerkraut yang tidak dipasteurisasi. Stres dapat memengaruhi produksi asam lambung, ia menambahkan, jadi cobalah untuk mengurangi stres menggunakan pernapasan dalam dan / atau meditasi untuk meningkatkan pencernaan.

Intinya

Anda dapat membantu mempertahankan keremajaan otak dengan mengadopsi diet sehat, rutinitas kebugaran, dan pengejaran intelektual baru. Bersenang-senang dengan teman juga merupakan keharusan. Rahasianya, kata Gaucher, adalah yang sederhana: “Gunakan atau hilangkan — gunakan otakmu, gerakkan tubuhmu, dan tantang dirimu sendiri!”

Cegah stres oksidatif

Polutan udara, alkohol, makanan tertentu, dan asap tembakau mengandung molekul yang dapat menghasilkan radikal bebas. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan sel, meningkatkan risiko penyakit neurodegeneratif dan penuaan otak dini. Menangkal makanan antioksidan termasuk spirulina, teh hijau, blueberry, dan bayam. Kurkumin juga dapat mengurangi stres oksidatif.

beranda

Tertekan? Inilah 10 Herbal Penenang Terbaik

Tertekan? Inilah 10 Herbal Penenang Terbaik

Tertekan? Inilah 10 Herbal Penenang Terbaik

Tertekan?  Inilah 10 Herbal Penenang Terbaik

Banyak dari kita baru menemukan kekuatan obat-obatan herbal, tetapi penggalian arkeologis menunjukkan bahwa manusia telah menggunakan tanaman untuk keperluan pengobatan selama 60.000 tahun. Catatan tertulis tertua dari tanggal penggunaan tumbuhan obat dari 1500 SM di Mesir.

Dan, meskipun kita menganggap stres sebagai penyakit modern, kita dapat yakin bahwa para fir’aun Mesir kuno dan para kaisar Roma mengalami saat-saat cemas yang adil. Penghilang stres zaman modern kita memiliki akar yang sudah lama ada dalam kabut waktu — dan kebijaksanaan para firaun.

Kebijaksanaan kuno

Beberapa budaya, termasuk yang di Cina dan India, mengembangkan sistem perawatan medis yang sangat canggih berabad-abad yang lalu terutama berdasarkan pada tanaman yang masih banyak digunakan saat ini. (Pikirkan pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda.)

Di daerah tertinggal di mana obat-obatan komersial tidak tersedia atau terlalu mahal untuk orang kebanyakan, obat-obatan herbal masih digunakan secara luas.

Tahukah kamu?

Banyak obat-obatan kami yang paling efektif berasal dari tanaman. Seperti dicatat dalam penelitian tahun 2002, 11 persen dari 252 obat yang dianggap penting oleh Organisasi Kesehatan Dunia secara eksklusif berasal dari tanaman berbunga.

Semakin banyak orang di negara maju yang memiliki akses penuh ke pengobatan Barat sedang mengintegrasikan penggunaan obat herbal dengan praktik medis Barat. Jadi kami mengambil echinacea kami dengan harapan dapat menghentikan kuman flu terburuk yang terbang di sekitar kantor, tetapi kami pergi ke dokter untuk mendapatkan resep jika nasties mendapatkan yang terbaik dari kami. Ini situasi yang saling menguntungkan.

Diresapi dengan pengetahuan

Berikut daftar singkat istilah pengobatan herbal.

Infusi

Air mendidih dituangkan di atas bunga kering, buah, daun, dan bagian tanaman lain untuk membuat teh. Infus dingin juga dapat dibuat.

Rebusan

Bahan tanaman, termasuk kulit kayu, rimpang, akar, atau bagian kayu lainnya, direbus dalam air untuk membuat teh.

Ramuan umumnya lebih kuat daripada infus.

Rasa

Herbal direndam di tempat yang gelap di gliserin, alkohol, atau cuka selama dua hingga enam minggu, kemudian tingtur itu disaring dari bahan tanaman.

Minyak esensial

Minyak atsiri aromatik yang sangat terkonsentrasi ini diekstrak dari daun, batang, bunga, dan bagian tanaman lainnya. Mereka biasanya diencerkan sebelum digunakan.

Minyak infus herbal

Minyak yang mudah menguap diekstraksi dari tanaman dengan merendamnya dalam minyak pembawa selama kurang lebih dua minggu dan kemudian menyaring minyak sebelum digunakan.

Krim

Herbal dan sifat obat dicampur dalam persiapan berbasis air untuk membuat krim, yang memungkinkan untuk penyerapan dari permukaan kulit.

Salep

Salep adalah salep yang terbuat dari campuran minyak dan lilin lebah yang dipanaskan; tahan lebih lama pada kulit dibandingkan dengan krim berbahan dasar air.

Mari kita masuk ke dalam 10 herbal penenang terbaik kita….

1. Ashwagandha

Nama botani: Withania somnifera

Apa itu:

  • digunakan selama lebih dari 3.000 tahun sebagai salah satu rasayanas atau perpanjangan hidup Ayurveda yang paling menonjol
  • diklasifikasikan sebagai adaptogen (herbal yang membantu tubuh kita mengelola stres)

Seperti apa rupanya:

  • semak kecil dengan bunga kuning asli ke India dan Afrika Utara
  • suplemen datang dalam ekstrak atau bubuk dari akar atau daun

Apa fungsinya:

  • mengurangi indikator fisiologis dan biokimia dari stres
  • mengoreksi ketidakseimbangan dalam neuroendokrin dan sistem kekebalan tubuh
  • secara signifikan mengurangi kecemasan dan stres
  • mengatur pensinyalan kimiawi dalam sistem saraf dengan menghalangi jalur stres di otak

2. Ginseng Asia

Nama botani: Panax ginseng

Apa itu:

  • digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional Tiongkok
  • diklasifikasikan sebagai adaptogen (herbal yang membantu tubuh kita mengelola stres)

Seperti apa rupanya:

  • berwarna terang, tumbuh lambat, tanaman pendek dengan akar berbentuk garpu berdaging dan daun hijau berbentuk oval
  • Suplemen ditemukan dalam ekstrak, kapsul, atau bentuk bubuk dari akarnya

Apa fungsinya:

  • mendukung fungsi kognitif dan / atau mengurangi kelelahan mental pada kasus-kasus tekanan mental
  • meningkatkan kewaspadaan mental, energi rendah, dan meningkatkan kelelahan mental
  • mengurangi kecemasan dan depresi yang disebabkan oleh stres
  • memperbaiki penyakit radang yang disebabkan oleh stres

3. Camomile

Nama botani: Matricaria chamomilla L.

Apa itu:

  • ramuan yang digunakan selama ribuan tahun, dikenal di Mesir kuno, Yunani, dan Roma
  • bunga kering telah digunakan dalam teh selama berabad-abad sebagai obat untuk beberapa kondisi kesehatan

Seperti apa rupanya:

  • bunga seperti bunga aster keluarga tanaman Asteraceae
  • puncak berbunga camomile digunakan untuk membuat suplemen, ekstrak, dan teh

Apa fungsinya:

  • sebagai ekstrak digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur
  • mungkin mengurangi jumlah pencerahan malam hari
  • dapat meningkatkan fungsi siang hari secara moderat
  • dapat membantu mengurangi kecemasan dan tekanan yang terkait dengan nyeri haid

4. Holy basil (tulsi)

Nama botani: Ocimum sanctum L.

Apa itu:

  • Ramuan Ayurvedic dikenal sebagai “yang tak tertandingi,” dihormati sebagai “ramuan kehidupan”
  • diklasifikasikan sebagai adaptogen (herbal yang membantu tubuh kita mengelola stres)

Seperti apa rupanya:

  • semak beraroma kecil dengan daun hijau atau ungu dan bunga kecil keunguan atau merah
  • digunakan untuk memasak karena aromanya yang beraroma flavourful dan rasanya mirip dengan varietas kemangi lainnya serta dalam tablet, kapsul, teh, dan minyak atsiri

Apa fungsinya:

  • dapat mengurangi gejala stres, termasuk pelupa, kelelahan, dan masalah tidur
  • mengurangi kecemasan dan stres terkait
  • dapat membantu mengurangi depresi pada mereka yang cemas
  • membantu melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh stres fisiologis dan metabolisme

5. Lavender

Nama botani: Lavandula angustifolia

Apa itu:

  • sumber obat-obatan serta parfum, sabun, perasa, dan kerajinan sejak sebelum abad pertengahan
  • populer sebagai minyak esensial, yang disuling dari paku bunganya

Seperti apa rupanya:

  • semak dengan varietas mulai dari 9 in (23 cm) hingga 3 kaki (91 cm) tinggi dengan bunga ungu aromatik
  • tersedia dalam bentuk bubuk kering atau kapsul gelatin, tetapi minyak atsiri utamanya digunakan dalam aromaterapi

Apa fungsinya:

  • tingtur lavender dapat membantu meningkatkan gejala depresi
  • penggunaan suplemen minyak lavender secara oral dapat membantu mengurangi kecemasan
  • kemungkinan gejala membaik (frekuensi bangun / durasi dan kecemasan) pada PTSD dan kelelahan kronis
  • dapat membantu mengobati insomnia dan mengurangi kecemasan antisipatif

6. Lemon balm

Nama botani: Melissa officinalis

Apa itu:

  • ramuan beraroma lemon dari keluarga mint yang digunakan selama lebih dari 2.000 tahun
  • mengandung bahan kimia yang menghasilkan efek penenang dan menenangkan; juga mungkin memiliki efek antivirus serta manfaatnya bagi kesehatan pencernaan

Seperti apa rupanya:

  • ramuan kecil, abadi dengan penampilan mirip dengan yang lain dalam keluarga mint
  • tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, tincture, teh, minyak esensial, dan salep (digunakan untuk mengobati kondisi kulit virus seperti luka dingin)

Apa fungsinya:

  • membantu meningkatkan mood dan kinerja kognitif
  • dapat mengurangi beberapa gejala kecemasan, termasuk gugup dan rangsangan
  • dapat membantu meningkatkan ketenangan dan kewaspadaan
  • membantu mengurangi gangguan tidur dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan dengan mengurangi kecemasan

7. Bunga gairah

Nama botani: Passiflora incarnate

Apa itu:

  • telah digunakan sejak abad ke-16 sebagai obat penenang ringan, relaksasi, dan obat penenang
  • bunga serta buah, akar, dan daun telah digunakan sebagai obat alami tradisional

Seperti apa rupanya:

  • bunga pohon anggur ungu / biru dan kuning ditemukan di seluruh Amerika Selatan dan selatan AS
  • tersedia dalam formulasi tunggal atau kombinasi dalam kapsul atau tablet dan dalam teh

Apa fungsinya:

  • memiliki efek menenangkan kecemasan yang signifikan
  • dengan mengurangi kecemasan, juga telah terbukti membantu meningkatkan kadar konsentrasi
  • meningkatkan kadar zat kimia otak, asam gamma-aminobutyric (GABA), yang membantu mengatur suasana hati
  • membantu memodulasi ritme sirkadian untuk mengatur siklus tidur-bangun dan membantu dalam mengobati gangguan tidur

8. Rhodiola

Nama botani: Rhodiola rosea

Apa itu:

  • selama berabad-abad, digunakan di Rusia dan negara-negara Skandinavia untuk kegelisahan, kelelahan, dan depresi
  • ramuan adaptogenik dengan efek menguntungkan pada fungsi adrenal

Seperti apa rupanya:

  • ramuan berbunga kuning abadi yang berasal dari daerah pegunungan dan dingin di Eropa dan Asia
  • ekstrak akar rhodiola tersedia dalam kapsul atau tablet

Apa fungsinya:

  • membantu mengurangi kelelahan yang berhubungan dengan stres
  • membantu meningkatkan konsentrasi pada mereka yang stres akibat kelelahan
  • telah terbukti meningkatkan mood pada orang dewasa yang depresi
  • dapat membantu meningkatkan perhatian dan ingatan dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres

9. St. John’s wort

Nama botani: Hypericum perforatum

Apa itu:

  • digunakan selama berabad-abad, awalnya dipanen untuk pesta St. Yohanes Pembaptis
  • banyak diresepkan untuk depresi di Eropa dan dijual sebagai tablet suplemen atau kapsul di Amerika Utara

Seperti apa rupanya:

  • tanaman berbunga kecil dengan bunga kuning tumbuh di seluruh Amerika Utara
  • ditemukan dalam teh, tablet, kapsul, dan sebagai pengobatan topikal

Apa fungsinya:

  • memengaruhi penyerapan serotonin otak, dan bahan kimia pengontrol suasana hati lainnya, dopamin, dan norepinefrin
  • mungkin sama efektifnya dengan SSRI, lebih efektif daripada plasebo dalam depresi ringan sampai sedang
  • dapat membantu membalikkan kecemasan dan depresi dan meningkatkan respons terhadap stres
  • bisa memiliki efek menghilangkan kecemasan karena efeknya pada pemancar gamma-aminobutyric acid (GABA)

10. Kunyit

Nama botani: Curcuma longa

Apa itu:

  • berasal dari akar Curcuma longa, tanaman berbunga keluarga jahe
  • rempah-rempah banyak digunakan selama lebih dari 4.000 tahun di seluruh Asia dalam hal memasak, kosmetik, dan obat-obatan

Seperti apa rupanya:

  • rempah-rempah berwarna kuning keemasan dan sering disebut sebagai saffron India
  • suplemen senyawa yang paling aktif, curcumin, tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul

Apa fungsinya:

  • telah menunjukkan janji dalam mengobati gejala depresi berat
  • dapat membantu membalikkan perubahan otak berbahaya yang disebabkan oleh stres kronis
  • meningkatkan ketahanan terhadap stres dan dapat membantu mengurangi kecemasan
  • tampaknya membantu membalikkan efek stres kronis pada perilaku

beranda

5 Tips untuk Membantu Menurunkan Tingkat Stres

5 Tips untuk Membantu Menurunkan Tingkat Stres

5 Tips untuk Membantu Menurunkan Tingkat Stres

5 Tips untuk Membantu Menurunkan Tingkat Stres

Apakah berjuang untuk memenuhi tenggat waktu kerja yang ketat atau menavigasi situasi keluarga yang tegang, banyak dari stres yang kita hadapi sebagian besar di luar kendali kita. Untuk membantu mengatasi dilema semacam itu, Anda dapat memberdayakan diri sendiri dengan mengadopsi beberapa teknik manajemen stres utama.

Cobalah kiat-kiat ini untuk membantu menurunkan tingkat stres dan membawa sedikit ketenangan kembali ke kehidupan Anda.

1. Tidurlah

Agar bangun sepenuhnya di pagi hari, kita perlu tidur untuk durasi yang cukup (biasanya enam hingga delapan jam, meskipun beberapa orang membutuhkan lebih banyak) dan pada kualitas yang cukup. Untuk mencapai hal ini, pertimbangkan beberapa teknik kebersihan tidur sederhana seperti memastikan kamar Anda cukup gelap dan tenang di malam hari dan menghindari waktu layar (termasuk TV dan smartphone) selama 30 menit sebelum tidur.

2. Pergilah ke gym (atau jejak … atau kolam renang …)

Latihan fisik secara teratur adalah cara yang bagus untuk membuat darah bergerak dan mengatasi tekanan hari itu. Ini juga dapat meningkatkan kualitas suasana hati dan tidur dan mempromosikan pelepasan endorfin — hormon alami yang “terasa enak”.

3. Jangan lupa bernapas

Dengan mengambil napas dalam-dalam dan lambat, kita memberi tubuh kita (termasuk otak kita!) Dengan oksigen yang mereka butuhkan untuk berfungsi secara optimal. Ini dapat membantu mengurangi tingkat stres dengan meningkatkan relaksasi dan mengurangi ketegangan otot.

4. Anda merasakan bagaimana Anda makan

Nutrisi adalah kunci untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk untuk pengurangan stres. Pilihan yang baik termasuk lemak sehat (pikirkan alpukat, ikan, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan biji-bijian), sayuran, protein tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks seperti beras merah dan biji-bijian. Cobalah untuk membatasi gula dan kafein.

5. Beralihlah ke sedikit dukungan alami

Untuk melampaui manfaat dari pola makan dan gaya hidup sehat, pertimbangkan untuk menambahkan beberapa suplemen alami utama, setelah mengobrol dengan praktisi perawatan kesehatan Anda. Misalnya, magnesium telah terbukti membantu mengurangi stres dan kecemasan. Tidak semua jenis magnesium terserap dengan baik; Namun, magnesium bisglycinate adalah bentuk yang sangat tersedia secara hayati. Senyawa alami GABA dan L-theanine juga telah ditemukan dalam studi klinis untuk membantu meredakan ketegangan dan meningkatkan relaksasi.

beranda

5 Strategi Makan untuk Membantu Mencermati Sisi Cerahnya