dari-pengumuman-sbmptn-2019-evaluasi-pola-soal-dan-server

Dari Pengumuman SBMPTN 2019, Evaluasi Pola Soal dan Server

Dari Pengumuman SBMPTN 2019, Evaluasi Pola Soal dan Server

dari-pengumuman-sbmptn-2019-evaluasi-pola-soal-dan-server

dari-pengumuman-sbmptn-2019-evaluasi-pola-soal-dan-server

Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah diumumkan. Sebanyak 168.742 di antara 714.652 pendaftar dinyatakan lolos seleksi dan masuk ke 85 kampus negeri.

Pelaksanaan SBMPTN kali ini disebut lebih efisien jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Penerapan sistem baru dengan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) juga dinilai berdampak positif untuk pemerataan pendidikan secara nasional.

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Mochamad Ashari menyatakan, ada dampak positif sistem UTBK dalam seleksi masuk PTN. Pemilik nilai-nilai yang bagus dari berbagai daerah mulai bermigrasi dengan mendaftar di PTN Jawa Timur. “Kalau dulu yang mendaftar di ITS didominasi dari Jawa, sekarang dari berbagai daerah mulai berani bersaing setelah melihat hasil UTBK-nya tinggi,” katanya kemarin.

Kendati demikian, bukan berarti sistem SBMPTN tahun ini tak memiliki kekurangan. Salah satunya, menurut Ashari, tidak adanya afirmasi dalam sistem baru SBMPTN. Hal itu mempersempit kesempatan anak bangsa yang memiliki talenta unggul di berbagai pelosok daerah. “Mungkin tahun depan pelaksanaan SBMPTN bisa mempertimbangkan afirmasi,” ujarnya.
Bau mulut hilang dan ini keluar dari tubuh Anda, jika 10 menit sebelum tidur …
Tanpa pengobatan medis, rasa sakit pada perut dan bau mulut hilang .
Hewan ini hidup di tubuh Anda dan menyebabkan bau mulut!
Basmi cacing parasit tanpa harus ke dokter! Caranya cukup …..
Ini dia penyebab nafas bau dan perut sakit!
Cara terpercaya ini efektif membunuh parasit dalam tubuh!
Dapatkan segera dengan potongan harga!! <>
Inovasi handal dalam mengatasi kerontokan rambut, cukup dengan ini…

Ashari mengungkapkan, rata-rata yang masuk PTN favorit dengan nilai UTBK tinggi

adalah kalangan mampu dari kota-kota besar. Sementara itu, peserta dari masyarakat kurang mampu dari daerah-daerah tertinggal sulit bersaing dengan peserta dari kota dengan nilai UTBK yang jauh lebih tinggi. “Karena ini baru pertama, tahun depan diharapkan bisa ada afirmasi untuk anak-anak di daerah tertinggal,” jelasnya.

Dari Jakarta, Menristekdikti Mohamad Nasir menyatakan, pelaksanaan SBMPTN tahun ini lebih efisien sepanjang sejarah seleksi penerimaan mahasiswa. Peserta tidak perlu berbondong-bondong antre di kampus untuk mendaftar maupun mengikuti ujian. Semua dilakukan secara online.

Perubahan sistem tersebut, menurut Nasir, sangat rasional. “Semuanya serba online. Bisa diakses dari rumah,” katanya di ruang sidang utama Kemenristekdikti. Tahun lalu, dari sisi pengaturan keamanan, cukup sulit. Ada pergerakan massa yang besar. Baik peserta maupun pengantar.

Sistem UTBK juga membuat proses seleksi menjadi terbuka. Peserta diajak untuk lebih rasional

dan berkompetisi secara sehat. Sebab, nilai sudah diketahui sebelum memilih program studi tujuan. “Sistem SBMPTN 2019 merupakan model terbaik dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa hingga saat ini. Minim masalah dan kecurangan,” ungkap Nasir.

Namun, Nasir mengakui bahwa ada kekurangan dari sisi kesiapan server. Peserta dibuat resah lantaran sistem pendaftaran di https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id sempat down pada dua hari pertama. Traffic data melebihi ambang batas kapasitas server. Sekitar 3 juta orang mengakses laman web pendaftaran dalam waktu yang bersamaan. Saat itu panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sempat mengumumkan bahwa sistem pendaftaran UTBK SBMPTN menjalani pemeliharaan sementara. “Saya sadar betul atas kesalahan itu,” tutur menteri 58 tahun tersebut.

Belajar dari pengalaman itu, pengumuman SBMPTN 2019 kemarin tidak hanya

dilakukan melalui pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. LTMPT membuka mirror server dengan meminjam 12 web server PTN terkemuka di Indonesia. PTN tersebut mewakili setiap wilayah Indonesia: barat, tengah, dan timur.

 

Baca Juga :