Doa mencukur rambut bayi dan hadisnya

doa cukur rambut bayi
doa cukur rambut bayi

Ponpes Online Alqudsiah. Berikut adalah doa mencukur rambut bayi :
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين اللهم نور السموات ونور الشمس والقمر ، اللهم سر الله نور النبوة رسول الله صلى الله عليه وسلم والحمد لله رب العالمين

bismillahirrohmanirrohim alhamdulillahirobbil ‘alamin allohumma nurus samawati wa nurus syamsi wal qomari allohumma sirrulloh nurun nubuwwati rosulullohi shollallohu alaihi wasallama walhamdulillahi robbil ‘alamin

Doa meniup ubun2 setelah dicukur:
اللهم انى أعيذها وذرياتها من الشيطان الرجيم

“Allohumma innii u’idzuha bika wa duriyyatiha minasyaithonirrojim…

Dasar Hukum:
hadis dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengakikahi Hasan dengan kambing, dan beliau menyuruh Fatimah,
عق رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الحسن بشاة، وقال: يا فاطمة احلقي رأسه وتصدقي بزنة شعره فضة
‘Cukur rambutnya, dan bersedekahlah dengan perak seberat rambut itu.’
Fatimah pun menimbang rambut itu, dan ternyata beratnya sekitar satu dirham atau kurang dari satu dirham. (HR. Turmudzi 1519, Ibnu Abi Syaibah dalam Mushanaf 24234, dishahihkan al-Hakim dalam Mustadrak 7589 dan didiamkan azd-Dzahabi).
Catatan: satu dirham = 2,975 gr perak

Kemudian, dalam karyanya Tuhfatul Maudud, Ibnul Qoyim menyebutkan beberapa riwayat dan keterangan ulama yang menganjurkan bersedekah dengan perak seberat rambut bayi, doa cukur rambut bayi .

Pertama, Imam Ahmad mengatakan
إن فاطمة رضي الله عنها حلقت رأس الحسن والحسين وتصدقت بوزن شعرهما ورقا
“Sesungguhnya Fatimah radhiyallahu ‘anha mencukur rambut Hasan dan Husain, dan bersedekah dengan wariq (perak) seberat rambutnya.

Kedua, Imam Malik meriwayatkan dalam al-Muwatha’, dari Ja’far bin Muhammad, dari ayahnya, beliau mengatakan,
وزنت فاطمة شعر حسن وحسين وزينب وأم كلثوم فتصدقت بزنة ذلك فضة
Fatimah menimbang rambut Hasan, Husain, Zainab, dan Ummu Kultsum, dan beliau bersedekah dengan perak seberat rambut itu.

Ketiga, Imam Malik juga menyebutkan dalam al-Muwatha’ dari Muhammad bin Ali bin Husain, bahwa beliau mengatakan,
وزنت فاطمة بنت رسول الله شعر حسن وحسين فتصدقت بزنته فضة
Fatimah bintu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menimbang rambut Hasan dan Husain, kemudian beliau bersedekah dengan perak seberat rambut itu.

 

sumber : mom sharing

Metode Senggama Terputus untuk Menunda Kehamilan

Metode Senggama Terputus – Sangat mudah untuk menemukan metode kontrasepsi di pasaran, tetapi ternyata banyak pasangan memilih metode kontrasepsi alami untuk mencegah atau menunda kehamilan (cabut singkong) . Selain metode kalender, metode “pengangkatan penis” semakin menjadi pilihan untuk menunda kehamilan bagi banyak pasangan saat ini.

Menurut data aplikasi kesuburan wanita, Glow, 18 persen pengguna memilih metode pengangkatan penis, juga dikenal sebagai coitus interruptus, sebagai metode kontrasepsi utama mereka. Ini menjadikannya metode kontrasepsi ketiga terpopuler setelah kondom (32 persen) dan pil KB (27 persen).

Ini mengejutkan, karena selama bertahun-tahun metode yang mengharuskan pria untuk menghapus penis mereka sebelum ejakulasi dipertanyakan tentang efektivitasnya. Karena, metode hubungan seksual yang terputus membutuhkan kontrol diri yang ekstrem oleh pria. Ada juga yang mengatakan bahwa metode ini kurang efektif daripada menggunakan kondom, meskipun ada juga wanita yang hamil walaupun mereka telah menggunakan kondom.

Efektif atau tidak, fakta bahwa data Glow menunjukkan bahwa metode seks terputus semakin populer. “Glow statistik menunjukkan bahwa seks yang terputus masih digunakan,” kata Glow, Inc. dalam laporannya. “Oleh karena itu, kita perlu panduan yang lebih baik tentang seks yang terputus, informasi yang baik tentang bagaimana menggunakan metode ini dengan hati-hati dan keamanan, dan bagaimana teknologi dapat membantu. ”

Data dari komunitas Glow menunjukkan bahwa metode hubungan seksual terputus dalam bentuk keluarga berencana yang biasa digunakan dengan pasangan seksual tepercaya. Kemudian, survei terhadap 94.000 responden juga menemukan bahwa hampir 39 persen responden mengandalkan metode ini karena “mereka merasa lebih nyaman,” dan 32 persen berpikir itu adalah “cara termudah untuk mengendalikan kehamilan.”

KB cabut singkong – Meskipun hubungan seksual yang terputus masih membawa risiko kehamilan (dan tentu saja berisiko untuk mencegah penyakit menular seksual), tetapi jika diterapkan dengan benar, ternyata itu tidak seburuk yang diharapkan. Efektivitasnya disebut tidak jauh berbeda dengan penggunaan kondom.

“Penggunaan kondom yang tepat memiliki tingkat kegagalan 2 persen, sedangkan metode hubungan seksual terganggu oleh 4 persen. Sementara dengan penggunaan kondom umum, tingkat kegagalan 17 persen persen, sementara hubungan seksual terganggu oleh 18 persen, “kata Rachel K. Jones, seorang peneliti penelitian di Guttmacher Institute.

Oleh karena itu, Glow menyimpulkan bahwa pilihan kontrasepsi pada dasarnya tergantung pada beberapa faktor spesifik dari setiap wanita pada setiap tahap kehidupannya. Jika metode hubungan seksual terputus semakin menjadi pilihan, itu juga merupakan pilihan pribadi masing-masing pasangan yang dianggap paling tepat untuk kebutuhan mereka.

Tanda-tanda yang Muncul Ketika Anda Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat

Tanda-tanda yang Muncul Ketika Anda Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat – Banyak wanita hamil, terutama mereka yang hamil untuk pertama kalinya, bertanya-tanya dan peduli tentang berbagai tanda-tanda melahirkan. Bagaimana saya bisa tahu kapan waktu pengiriman mendekati? Jangan bingung. Sebenarnya, tubuh akan menunjukkan beberapa tanda sebagai cara untuk mengatakan bahwa persalinan akan segera dimulai. Apa karakteristik yang harus dipertimbangkan?

Beberapa tanda melahirkan yang harus Anda kenali
Sulit untuk memprediksi secara tepat kapan waktu pengiriman akan terjadi. Namun, bahkan dokter biasanya hanya memberikan perkiraan tanggal jatuh tempo, tetapi tidak dapat memberikan hari atau jam yang tepat.

Kadang-kadang, waktu pengiriman dapat ditingkatkan, mundur atau hanya dalam kerangka waktu yang diharapkan. Kondisi yang dialami oleh setiap wanita hamil yang akan melahirkan tentu tidak sama.

Beberapa mungkin masih berolahraga atau melakukan berbagai aktivitas fisik seperti biasa, bahkan jika tanda-tanda melahirkan telah muncul. Di sisi lain, ada juga wanita hamil yang hanya bisa beristirahat lebih banyak ketika tanda-tanda muncul sebelum melahirkan.

Penting untuk segera pergi ke rumah sakit ketika Anda merasakan tanda-tanda dan karakteristik yang tidak biasa yang mendekati waktu pengiriman. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah serangkaian tanda yang menunjukkan bahwa Anda ingin segera melahirkan.

1. Posisi bayi berubah ke bawah
Sekitar satu hingga empat minggu sebelum persalinan dimulai, Anda mungkin merasa bahwa posisi bayi dalam kandungan berubah. Bahkan, terkadang, tanda-tanda melahirkan dalam hal ini bisa terjadi beberapa jam sebelumnya.

Dari posisi kepala ke atas dan kaki di bawah, sekarang adalah kebalikannya. Misalkan bayi perlahan mulai “merosot” atau turun ke panggul. Kondisi ini dikenal sebagai “relaksasi.” Ini berarti bahwa bayi mengatur ulang tubuhnya dalam posisi kepala di bawah, sebagai tanda melahirkan.

Ketika bayi berubah ke posisi yang lebih rendah, ini akan mengurangi tekanan pada diafragma ibu dan membuat pernapasan lebih mudah. Namun, perubahan posisi bayi ini juga memberi tekanan lebih pada kandung kemih.

Akibatnya, Anda lebih cenderung datang dan pergi ke kamar mandi meskipun Anda baru saja buang air kecil. Bagi beberapa ibu yang akan melahirkan untuk pertama kalinya, perubahan posisi ini dapat terjadi pada detik-detik terakhir sebelum persalinan atau saat persalinan dimulai.
Saat tubuh bersiap untuk kelahiran bayi Anda, tanda-tanda melahirkan mungkin terasa ketika serviks (leher rahim) mulai melebar dan kurus. Kondisi ini biasanya mulai muncul beberapa minggu atau hari sebelum persalinan tiba.

Pada awalnya, pelebaran serviks biasanya masih berkembang sangat lambat. Setelah tanda-tanda persalinan mulai memasuki periode aktif, pelebaran serviks akan berlangsung sangat cepat.

Selama pemeriksaan, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan mendalam untuk melihat apakah serviks Anda sudah mulai melebar. Proses pelebaran atau “pembukaan” serviks diukur pada skala sentimeter (cm), atau dengan memasukkan jari.

Jika Anda dapat memasukkan 10 jari atau lebar sekitar 10 cm, itu berarti pembukaan Anda selesai sehingga Anda dan bayi Anda siap untuk melahirkan. Lebar 10 cm atau 10 jumlah jari yang bisa masuk bisa disebut bukaan penuh.

Pembukaan lengkap serviks atau leher rahim biasanya disertai dengan penampilan kontraksi teratur.

3. Leher rahim semakin tipis
obat mulas untuk wanita hamil
Selain mengalami pembukaan, layanan atau serviks juga akan mulai melebar dan menipis sebagai tanda bahwa Anda ingin segera melahirkan.

Semakin tipis serviks, semakin mudah untuk memperbesar dan membuka saat persalinan nanti.

Anda mungkin merasa sedikit tidak nyaman. Kontraksi juga dapat terjadi, tetapi mereka masih pada tingkat yang cukup ringan

Air Terjun di Riau

air-terjun-di-riauRiau adalah daerah yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Bagaimana tidak? Riau merupakan salah satu penghasil minyak dunia. Riau juga memiliki geografis yang unik, hampir 56% daerahnya merupakan hutan rawa. Wilayah di Riau kebanyakan ditanami oleh pohon kelapa sawit, yaitu bahan dasar pembuatan minyak goreng.

Keindahan alam yang ada di Riau juga tak kalah dengan daerah lainnya. Ada berbagai macam objek wisata yang ada di Riau, dimana setiap tahunnya selalu dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Tempat wisata di Riau sangat banyak sekali. Wisata nuansa alam di Riau merupakan investasi yang harus terus dikembangkan keanekaragaman makanan khas juga menambah nilai lebih dari provinsi satu ini.

Ada banyak objek wisata yang ada di Riau, kali ini yang kita bahas adalah air terjun yang ada di Riau. Air terjun yang kami sebutkan mungkin bisa kamu jadikan sebagai tujuan liburan kamu selanjutnya. Berikut air terjun di Riau :

  1. Air Terjun Pulo Simo

Letak dari air terjun satu ini berada di Kab. Kambar, Riau. Lokasi dari Pulo Simo sendiri tidak jauh dari gapura perbatasan Sumbar-Riau. Dari kota Pekanbaru, setidaknya memakan waktu 3 jam untuk ke tempat ini. Harga tiket masuk ke objek wisata ini adalah 5 ribu/orang.

Dinamakan Air Terjun Pulo Simo karena dulunya di daerah ini ada 5 buah pulau, namun akibat derasnya sungai Kampar, pulau-pulau itu kemudian menghilang dan di jadikan nama air terjun yang ada di dekatnya. Ketinggian Air Terjun Pulo Simo adalah 12 menit dan kedalamannya berkisar 5 meter. Jika kamu ingin ke Pulo Simo, jangan lupa ajak keluarga atau teman kamu.

  1. Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban

Lokasinya terletak di Kab. Kuantan Singingi, Riau. Pepohonan di sekitar air terjun sangat rindang dan sejuk. Seperti namanya, air terjun yang satu ini memiliki 7 tingkatan. Pada tingkatan terakhir, tingginya mencapai 30 meter. Sangat menakjubkan bukan. Pada saat balimau, objek wisata ini ramah dikunjungi oleh para wisatawan. Bagi kamu yang ingin liburan, jangan lupa memasukkan objek wisata ini dalam list kamu ya.

  1. Air terjun Guruh Gemurai

Lokasi air terjun yang ini sama dengan Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban, yaitu di Kab. Kuantan Singingi. Pemandangan alam yang indah dan sejuk membuat kamu betah untuk berlama-lama disini. Keadaan alam sekitar yang masih asri membuat air terjun menjadi istimewa.

Jika ingin ke sini, kamu bisa mengendarai transportasi umum atau kendaraan pribadi. Tetapi jika ingin ke sini, jangan lupa ajak teman atau keluarga kamu ya.

  1. Air Terjun Batu Dinding

Lokasi dari objek wisata ini yaitu di Kab. Kampar, Riau. Waktu yang harus kamu tempuh dari Pekanbaru jika ingin ke tempat ini yaitu berkisar 3 jam lebih. Namun, perjalanan panjang yang akan kamu lewati akan terbayar lunak oleh kesejukan air dan pemandangan yang indah.

Jika kamu suka berfoto-foto, tempat ini merupakan lokasi yang pas sebagai background foto kamu. Sempatkanlah berkunjung ke objek wisata yang indah ini.

Demikianlah air terjun yang dapat kami sarankan kepada anda. Riau memiliki banyak objek wisata yang mampu memanjakan setiap pengunjung dengan pesonanya tersendiri. Jadi, jangan lupa liburan untuk menghilangkan stress karena terlalu sibuk bekerja.(Taufiq)