Air Terjun di Riau

air-terjun-di-riauRiau adalah daerah yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Bagaimana tidak? Riau merupakan salah satu penghasil minyak dunia. Riau juga memiliki geografis yang unik, hampir 56% daerahnya merupakan hutan rawa. Wilayah di Riau kebanyakan ditanami oleh pohon kelapa sawit, yaitu bahan dasar pembuatan minyak goreng.

Keindahan alam yang ada di Riau juga tak kalah dengan daerah lainnya. Ada berbagai macam objek wisata yang ada di Riau, dimana setiap tahunnya selalu dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Tempat wisata di Riau sangat banyak sekali. Wisata nuansa alam di Riau merupakan investasi yang harus terus dikembangkan keanekaragaman makanan khas juga menambah nilai lebih dari provinsi satu ini.

Ada banyak objek wisata yang ada di Riau, kali ini yang kita bahas adalah air terjun yang ada di Riau. Air terjun yang kami sebutkan mungkin bisa kamu jadikan sebagai tujuan liburan kamu selanjutnya. Berikut air terjun di Riau :

  1. Air Terjun Pulo Simo

Letak dari air terjun satu ini berada di Kab. Kambar, Riau. Lokasi dari Pulo Simo sendiri tidak jauh dari gapura perbatasan Sumbar-Riau. Dari kota Pekanbaru, setidaknya memakan waktu 3 jam untuk ke tempat ini. Harga tiket masuk ke objek wisata ini adalah 5 ribu/orang.

Dinamakan Air Terjun Pulo Simo karena dulunya di daerah ini ada 5 buah pulau, namun akibat derasnya sungai Kampar, pulau-pulau itu kemudian menghilang dan di jadikan nama air terjun yang ada di dekatnya. Ketinggian Air Terjun Pulo Simo adalah 12 menit dan kedalamannya berkisar 5 meter. Jika kamu ingin ke Pulo Simo, jangan lupa ajak keluarga atau teman kamu.

  1. Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban

Lokasinya terletak di Kab. Kuantan Singingi, Riau. Pepohonan di sekitar air terjun sangat rindang dan sejuk. Seperti namanya, air terjun yang satu ini memiliki 7 tingkatan. Pada tingkatan terakhir, tingginya mencapai 30 meter. Sangat menakjubkan bukan. Pada saat balimau, objek wisata ini ramah dikunjungi oleh para wisatawan. Bagi kamu yang ingin liburan, jangan lupa memasukkan objek wisata ini dalam list kamu ya.

  1. Air terjun Guruh Gemurai

Lokasi air terjun yang ini sama dengan Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban, yaitu di Kab. Kuantan Singingi. Pemandangan alam yang indah dan sejuk membuat kamu betah untuk berlama-lama disini. Keadaan alam sekitar yang masih asri membuat air terjun menjadi istimewa.

Jika ingin ke sini, kamu bisa mengendarai transportasi umum atau kendaraan pribadi. Tetapi jika ingin ke sini, jangan lupa ajak teman atau keluarga kamu ya.

  1. Air Terjun Batu Dinding

Lokasi dari objek wisata ini yaitu di Kab. Kampar, Riau. Waktu yang harus kamu tempuh dari Pekanbaru jika ingin ke tempat ini yaitu berkisar 3 jam lebih. Namun, perjalanan panjang yang akan kamu lewati akan terbayar lunak oleh kesejukan air dan pemandangan yang indah.

Jika kamu suka berfoto-foto, tempat ini merupakan lokasi yang pas sebagai background foto kamu. Sempatkanlah berkunjung ke objek wisata yang indah ini.

Demikianlah air terjun yang dapat kami sarankan kepada anda. Riau memiliki banyak objek wisata yang mampu memanjakan setiap pengunjung dengan pesonanya tersendiri. Jadi, jangan lupa liburan untuk menghilangkan stress karena terlalu sibuk bekerja.(Taufiq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *