Museum Ullen Sentalu, Penuh Sentuhan Budaya Jawa

Museum Ullen Sentalu, sebuah museum yang berlokasi di daerah Kaliurang, Yogyakarta. Museum yang satu ini benar-benar terkenal akan keindahannya. Anda dapat memperkaya pengetahuan mengenai budaya dan seni tradisional Jawa. Tentunya Anda sudah dapat membayangkan apa saja koleksi museum ini. Jika memang Anda adalah seseorang yang mempelajari budaya, atau berusaha mengajarkan anak-anak tentang kekayaan budaya bangsa, khususnya budaya Jawa, maka ajaklah anak-anak berlibur ke Ullen Sentalu ini. Mari baca selengkapnya.

Lokasi

Museum ini berlokasi di Jl. Boyong, jika berangkat dari pusat kota Jogja jarak yang harus Anda tempuh kurang lebih 25 km.

Saat Anda memasuki ruang selamat datang, Anda akan melihat ruangan yang kaya akan unsur batu dan kayu, yang dilindungi pepohonan asri dan sejuk. Ada tulisan mengenai latar belakang dari pendirian museum tersebut, dan juga ada arca Dewi Sri, di mana dewi tersebut dipercaya orang-orang sebagai dewi kesuburan. Oh! Sebelum lupa, kami mengingatkan kepada Anda yang senang foto-foto, di museum tersebut Anda tak boleh mengambil foto, apalagi merekam video menggunakan camcorder. Pengambilan gambar dengan bentuk apapun dilarang keras.

Dilarang mengambil gambar

Alasan mengapa ada larangan tersebut, disebutkan karena dapat merusak karya seni otentik yang dipajang di museum tersebut. Selain itu juga disebutkan apabila bisa mengganggu nyawa di ruangan tersebut. Nah, dibandingkan Anda uji nyali, lebih baik mengikuti aturan yang ada dan jangan melanggarnya. Selalu jadilah wisatawan yang baik.

Untuk memasuki kawasan museum, tiket masuk yang harus dibayarkan cukup terjangkau, info detailnya check di bawah. Harga yang dibayarkan sudah termasuk tarif untuk jasa pemandu. Di mana tentunya pemandu ini akan sangat membantu. Karena tanpa pemandu, Anda akan kebingungan dan tidak tahu asal muasal cerita dari warisan budaya di lokasi tersebut. Padahal itulah tujuan Anda mendatangi museum ini, untuk memperkaya pengetahuan tentang budaya Jawa.

Anda bisa bertanya-tanya kepada pemandu. Selain itu mengapa pemandu sangat penting di sini, itu karena jalan museum seperti gang sempit, dan hanya bisa dilalui 2 orang, seperti labirin, banyak cabangnya. Dengan adanya pemandu, Anda pun tak perlu takut dan sekaligus bisa bertanya-tanya. Pemandu akan mengantar Anda menuju ruang pertama yakni ruang seni beserta gamelan. Pada ruang pertama ini, ada seperangkat gamelan hadiah yang diberikan oleh Kesultanan Yogyakarta. Kunjungan ke museum Ullen Sentalu ini banyak diminati dalam paket wisata Jogja. Untuk Anda yang ingin liburan di Jogja bersama dengan keluarga atau rekan kantor bisa menghubungi salah satu biro wisata di Jogja untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Guwa Sela Giri

Setelahnya Anda akan melewati sebuah lorong menuju Guwa Sela Diri. Ini merupakan sebuah ruang pamer, dibangun pada bagian bawah tanah yang berupa lorong panjang. Anda akan melihat lorong tersebut didominasi oleh material batu, dan batunya diambil langsung dari gunung Merapi. Nuansa gothik dan horor dari lorong tersebut sangat terasa karena pengaruh pencahayaan, dan kesan magisnya benar-benar kental.

Ruang syair

Selanjutnya adalah ruang syair. Ada kumpulan syair yang memang ditulis bagi Tineka, putri dari Sunan Surakarta.

Ruangan yang lain yakni:

  • Royal Room Ratu Mas
  • Ruang batik Vorstendlanden
  • Ruang batik Pesisiran
  • Ruang Putri Dambaan
  • Koridor Retja Landa
  • Sasana Sekar Bawana

Jam buka

  1. Selasa – Jumat Pukul 08:30 – 16:00 WIB
  2. Sabtu – Minggu Pukul 08:30 – 17:00 WIB

Harga tiket masuk

Untuk pengunjung domestik, tiket masuk museum yakni Rp 30.000,00 (Dewasa) dan Rp 15.000,00 (Anak-anak usia 5 hingga 16 tahun). Untuk pengunjung luar negeri atau mancanegara, tiket masuk museum Rp 50.000,00 (Dewasa) dan Rp 30.000,00 (Anak-anak usia 5 hingga 16 tahun). Sekian artikel tentang museum Ullen Sentalu, penuh sentuhan budaya Jawa, selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *