Serba Serbi Laser Hair Growth dan Sisi Negatifnya, Ingin Tahu?

Serba Serbi Laser Hair Growth dan Sisi Negatifnya, Ingin Tahu? - UDINUS Information

Apakah kamu tahu 70% pria dan 40% wanita mengalami kebotakan di beberapa titik di kepala mereka? Sayangnya, wanita akan mengalami penipisan rambut lebih cepat sedangkan pria akan mengalami resesi atau botak di ubun-ubun.

Tapi, terlepas dari masalah tersebut, kehilangan rambut adalah masalah terbesar. Apalagi bagi masyarakat Indonesia, rambut adalah mahkota. Rambut yang menipis atau rontok adalah masalah yang sangat membuat frustasi. Tidaklah aneh jika di pasaran banyak bermunculan produk yang menjanjikan rambut tebal dan sehat, baik yang diproduksi secara kecil-kecilan oleh industri skala kecil, produk herbal yang diproduksi oleh jasa maklon herbal, hingga shampo yang diproduksi pabrik modern.

Sementara beberapa wanita memilih perawatan alami dan bahkan bedah, sekarang ada perawatan rambut rontok paling modern yang beberapa waktu silam sempat naik daun, yaitu laser. Perawatan ini dinilai sangat efektif namun masih banyak wanita yang bertanya-tanya,”Apakah perawatan ini bekerja dengan baik?”

Well, kali ini kita akan membahas sedikit tentang Laser Hair Regrowth yang akhir-akhir ini sedang naik daun. Yuk, langsung dibaca!

Pertama Kali Dikembangkan di Eropa
Pada mulanya, Laser Hair Regrowth atau Low Level Laser Therapy (LLLT) pertama kali dikembangkan di Eropa. Solusi pertumbuhan rambut inovatif ini dirancang dengan cahaya infrared non-invasif ke kulit kepalamu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Meskipun beberapa lainnya menggunakan panas termal, terapi ini menggunakan laser “dingin” atau “lunak” yang tidak panas sama sekali. Hal itulah yang membuat perawatan ini nyaman untuk dilakukan.

Bagaimana Cara Kerja Laser Hair Regrowth?
Perawatan ini dilakukan dengan menembakkan cahaya dingin ke kulit kepala untuk merangsang metabolisme sel rambutmu. Pada saat yang sama, terapi ini juga meningkatkan suplai oksigen dan aliran darah ke folikel rambutmu.

Siklus pertumbuhan rambutmu terdiri dari tiga fase yang berbeda: fase anagen, fase telogen, dan fase katagen.

Laser Hair Regrowth dirancang untuk meningkatkan metabolisme di katagen dan folikel telogen. Rangsangan ini akan menghasilkan pertumbuhan rambut selama fase anagen atau fase istirahat.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan laser selama dua hingga tiga kali setiap minggunya. Selama sesi ini, kulit kepalamu akan terpapar sinar infrared selama delapan hingga 15 menit. Spesialis terapi rambut akan memijat kulit kepalamu untuk meningkatkan sirkulasi darah. Apabila kerontokan rambutmu sudah sedikit parah, disarankan untuk melakukan perawatan ini dalam jangka waktu panjang.

Manfaat Terapi Laser untuk Rambut Rontok
Laser hair regrowth dirancang untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga menghentikan kerontokan pada rambut. Pada saat yang sama, laser ini juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas rambutmu sehingga lebih mudah diatur, ber-volume, dan juga lembut.

Sisi Negatif Terapi Laser Rambut Rontok
Walaupun memiliki beberapa manfaat positif, ternyata perawatan ini memiliki banyak sisi negatif, seperti:

  • Memakan waktu yang cukup lama
    Untuk melihat hasilnya, perawatan ini sering kali membutuhkan beberapa sesi dalam seminggu selama beberapa bulan. Meskipun jumlah sesi semakin lama akan semakin berkurang, tapi perawatan tersebut harus tetap dilakukan untuk menjaga kesehatan rambutmu.
  • Biaya yang sangat mahal
    Tidak dapat dipungkiri bahwa perawatan ini memakan biaya yang sangat mahal. Beberapa klinik di Jakarta misalnya, mematok harga lebih dari 1 juta untuk sekali perawatan. Padahal perawatan ini tak bisa kamu lakukan hanya sekali saja.
  • Ada kemungkinan perawatan ini tidak cocok pada rambutmu
    Walaupun banyak orang yang merasa bahwa perawatan ini sangat efektif, ada pula sebagian orang yang kurang cocok menggunakan perawatan ini. Dimulai dari tidak memiliki efek yang signifikan, hingga menyebabkan kerontokan yang justru lebih parah. Bayangkan jika kamu sudah membayar harga semahal itu, namun pada akhirnya rambutmu masih saja rontok. Pasti langsung bete kan?
  • Dilarang mengonsumsi obat-obatan tertentu
    Ketika melakukan terapi laser, kamu tidak diperbolehkan untuk menggunakan obat yang berhubungan dengan photosensitizing. Ini dikarenakan perawatan laser secara tidak langsung akan meningkatkan sensitivitas kulit penggunanya, jadi kamu tidak bisa sembarangan mengonsumsi semua jenis obat-obatan.
  • Keamanan dan efektifitas jangka panjang
    Walaupun perangkat laser telah diklasifikasikan sebagai perangkat medis oleh FDA, perangkat ini belum memiliki tingkat pengawasan dan pengujian yang sama seperti yang dilalui oleh obat-obatan yang telah beredar. Sehingga belum banyak yang tahu mengenai jaminan keamanan perawatan ini jika kamu menggunakannya dalam waktu yang panjang.

Itulah serba-serbi mengenai Laser Hair Regrowth yang belakangan sedang naik daun dalam bidang kecantikan. Sebenarnya, kamu boleh-boleh saja kok melakukan perawatan rambut ini. Namun sebaiknya sebelum melakukan perawatan ini, lakukan konsultasi kepada dermatologis terlebih dahulu.

Beberapa alternatif untuk masalah kerontokan rambut dan solusi rambut tipis adalah shampo anti rontok, penebal rambut instan berbahan fiber, atau tonik rambut berbahan ginseng. Tetap perhatikan keaslian produk dan kesesuaian dengan masalah rambut yang kamu miliki.

Pastikan juga kamu sudah menanyakan mengenai keamanan dari perawatan tersebut. Jangan sampai, pada akhirnya perawatan ini justru merusak kesehatan tubuhmu di masa depan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *