Tips Memilih Niche Blog Untuk Keperluan SEO

Astri Pimandhini April 12, 2018Blog

Terkadang memilih niche atau topik blog untuk keperluan SEO membuat Kita menghabiskan banyak waktu. Ini akan semakin sulit manakala Anda tidak memiliki banyak keahlian atau memiliki banyak dan bingung ingin memilih yang mana. Selain itu, aspek-aspek lainnya, semisal high paying keyword juga bisa sangat mempengaruhi. Untuk itu, dalam pembahasan kali ini Anda akan diajak untuk mengetahui tips memilih niche blog yang baik dan benar.

  1. Anda ahli di dalamnya

Rewrite adalah kegiatan yang banyak dilakukan oleh blogger untuk membuat konten. Mereka menulis yang intisarinya sama dengan konten milik orang lain. Ini tidak sepenuhnya salah, dibandingkan memberi informasi yang tidak bermutu atau informasi palsu. Meski begitu, untuk mendapatkan atensi pengunjung yang sebenarnya, mendapatkan visitor loyal dan terarah, Anda mesti lebih baik dari yang lain. Itu mengapa, sebaiknya buatlah blog dengan niche yang Anda pahami, lebih lagi Anda adalah seorang ahli di dalamnya.

Contoh saja, misalnya Anda adalah seorang penikmat sepakbola, mengenal tim-tim lokal maupun internasional. Dari kemampuan tersebut, Anda bisa membuat blog tentang bola. Contoh lainnya, Anda mahir dalam memperbaiki motor, mengetahui trik-triknya ataupun mengetahui perkembangan tentang motor misalnya karena Anda bekerja di sebuah dealer. Dengan kemampuan Anda tersebut, Anda bisa membuat blog otomotif yang sangat besar, dengan pengunjung yang loyal.

jasa seo murah terbaik

  1. Kata kunci yang profitable

Semua niche sebenarnya bisa menghasilkan, namun besarannya berbeda-beda. Untuk itu, jika Anda memiliki lebh dari satu bakat atau keahlian, maka pilihlah yang lebih profitable. Anda bisa mengetahui apakan suatu niche itu menghasilkan banyak uang atau tidak dengan menggunakan Google Planner.

Selain itu, Anda juga bisa mencarinya langsung di Google dengan mengetikkan kata kunci yang dituju. Jika pada sisi kanan, atas atau bawahnya ada iklan, maka bisa diapastikan bahwa niche tersebut profitable.

  1. Luas atau sempit

Mungkin Anda pernah mendengar yang namanya micro niche. Maksud dari micro niche adalah topik-topik yang kecil, lebih spesifik dan tertarget. Contoh, jika Anda membuat blog dengan niche kesehatan, Anda bisa memilih salah satu micro niche, misalnya penyakit jantung. Biasanya micro niche dipilih karena profitnya bisa lebih besar, optimalisasinya lebih mudah dan iklannya lebih relevan jika monetasi dilakukan dengan PPC berteknologi AdChoice.

Ini adalah pilihan. Jika Anda ingin niche yang general, maka lakukanlah dengan baik dan menyeluruh. Namun para pakar SEO menyarankan untuk menggunakan micro niche, meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa blog dengan niche campuran pun bisa menghasilkan pendapatan yang besar jika dirawat dengan baik.

  1. Mendukung komunitas

Area inilah yang jarang disentuh oleh para blogger saat ini. Padahal jika Kita lihat di luaran sana, banyak blogger yang Mereka membuat blog untuk mendukung komunitas yang dimilikinya atau diikutinya. Contoh, ada sebuah komunitas di dalam forum mengenai fotografi. Mereka membuat blog yang berisi tutorial tentang fotografi, lalu membagikannya ke forum tersebut. Ini sangat profit, mendatangkan visitor yang loyal dan blogger tersebut akan lebih mudah terkenal (personal branding).

Untuk itu, jika Anda saat ini sedang memiliki niche blog apa yang tepat, cobalah lihat, cari komunitas besar mana yang bisa Anda ikuti. Misalnya saja pada grup Facebook ada komunitas desain. Anda bisa mengikutinya, lalu membuat blog yang berhubungan dengan desain. Anda juga bisa ikut komunitas yang berhubungan dengan komputer, cinta, agama dan lain sebagainya.

  • Kesimpulan

Dengan mengikuti beberapa tips memilih niche blog di atas, sudah semestinya Anda bergerak dan mencobanya. Tidak akan ada trik yang berhasil jika tidak dikerjakan. Apapun niche Anda, jika itu sesuai passion, keahlian ataupun profit, maka akan bisa menghasilkan. Tentu saja harus dengan konsistensi dan keinginan untuk terus belajar dan mengikuti tren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2014 - Jasa SEO Murah Indonesia Berkualitas Terbaik. All Rights Reserved. Powered by Wordpress and Design by We Create Web Designs