10 Universitas Terbaik di Indonesia 2017

10 Universitas Terbaik di Indonesia 2017

Seperti yang kita ketahui, sangat banyak versi mengenai Universitas atau perguruan perguruan tinggi terbaik di Indonesia, baik itu dinilai secara independen melalui sebuah lembaga seperti DIKTI, penilaian dari perorangan, dan penilaian melalui layanan non-lembaga seperti webometrics. Penilaian penilaian tersebut didasarkan atas beberapa indicator seperti sebarapa banyak jurnal online yang terindeks oleh google hingga seberapa banyak pengajar yang memiliki title doctor yang mereka miliki. Tentu saja, semakin tinggi nilai yang didapat, akan meningkatkan prestige dari suatu universitas atau perguruan tinggi tersebut dan semua orang tahu bahwa prestige lah yang memegang kendali atas penilaian penilaian yang timbul di masyarakat. Atas prestige itu pula lah yang membuat seseorang memutuskan untuk melanjutkan jenjang pendidikan tingginya ke universitas yang sebelah mana.

Kebanyakan anak anak SMA yang baru saja lulus mencari kampus kampus mana saja yang memiliki kualitas yang tinggi sebagai “dream university” nya. Mereka beranggpan bahwa kampus ini lebih baik dari kampus yang sebelah itu tanpa adanya sebuah dasar penilaian yang jelas. Oleh karena itulah referesi penilaian yang jelas ini begitu diperlukan agar mereka atau anak anak Sekolah Menengah Atas yang baru lulus tersebut mendapatkan bayangan seperti apa penilaian tersebut benar-benar di lakukan oleh lembaga independen yang netral. Saat ini banyak sekali versi yang menulis tentang 10 Universitas Terbaik di Indonesia 2017. Namun, kali ini kita akan membahas versi yang dikeluarkan oleh DIKTI dan Webometrics saja.

10 Universitas Terbaik di Indonesia 2017 versi DIKTI dan Webometrics

Sudah disebutkan bahwa versi versi penilaian yang beredar tersebut banyak sekali yang masih mentah karena berasal dari penilaian pribadi seseorang tanpa melihat indicator yang jelas. Berbeda dengan versi yang muncul atau yang dirilis oleh DIKTI dan Webometrics yang sudah memiliki beberapa patokan patokan yang jelas seperti seberapa banyak pengajar yang bertittle doctor, fasilitas yang dimiliki, dan seberapa banyak link link web kampus tersebut yang berhasil diindeks oleh mesin pencari google. Oleh karena itu, yuk kita lihat 10 Universitas Terbaik di Indonesia 2017 versi DIKTI dan Webometrics.

10 Universitas Terbaik di Indonesia 2017

Baca Juga : Universitas Swasta Terbaik 2017

Untuk yang pertama, kita simak dulu peringkat yang dirilis oleh webometrics. Versi yang satu ini bisa didapat langsung dengan mengakses laman resmi dari webometrics yaitu di  www.webometrics.info/en/Asia/indonesia untuk mengetahui peringkat Universitas universitas atau perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil di ranking oleh laman ini. Penilaian  yang dilakukan ini melioputi Presence, Impact, Openness, dan Excellence. Aspek Presence adalah jumlah halaman web host dari universitas yang tengah di nilai itu berhasil di indeks oleh mesin search engine google atau mesin pencari google baik itu halaman web statis atau dinamis yang dimiliki oleh pihak universitas. Aspek ini (Presence) menyumbang sebanyak 20 persen dadi total penilaian webometrics. Aspek yang kedua adalah impact, aspek yang paling banyak menyokong nilai akhir penilaian dari webometrics ini menghitung seberapa banyak inlinks yang diterima oleh domain utama universitas yag dimaksud. Openness, openness adalah menghitung seberapa banyak jumlah file bertipe adobe acrobat((.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), .Microsoft word (.doc, .docx), dan Microsoft powerpoint (.ppt, pptx) yang berhasil diindeks dibawah domain utama universitas. Aspek yang terakhir adalah aspek Excellence, yang menghitung seberapa banyak artikel artilkel ilmiah yang berhasil di publikasi dan yang berhasil di indeks di schimago institution ranking dan google scholar. Setelah melihat aspek apa saja yang menjadi dasar penilaian oleh webometrics, mari kita lihat universitas atau perguruan tinggi manasaja yang menempati peringkat 10 besar sebagai 10 Universitas terbaik di Indonesia.

  1. Universitas Indonesia (Depok, Jawa Barat)
  2. Universitas Gadjah Mada (Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta)
  3. Institut Teknologi Bandung (Bandung, Jawa Barat)
  4. Institut Pertanian Bogor (Bohor, Jawa Barat)
  5. Universitas Brawijaya (Malang, Jawa Timur)
  6. Universitas Padjajaran (Bandung, Jawa Barat)
  7. Universitas Diponogoro (Semaranf, Jawa Tengah)
  8. Universitas Udayana (Badung, Bali)
  9. Universitas Sebelas Maret UNS Surakarta (Solo, Jawa Tengah)
  10. Universitas Riau (Pekan Baru, Riau)

Setelah kita semua tahu peringkat yang dirilis oleh laman webometrics, maka ada baiknya jika kita melihat peringkat yang dirilis oleh DIKTI, berikut peringkat yang telah dirilis oleh DIKTI dan berhasil kami himpun:

  1. Institutt Teknologi Bandung (Bandung, Jawa Barat)
  2. Universitas Gadjah Mada (Daerah Istimewa Yogyakarta)
  3. Universitas Indonesia (Depok, Jawa Barat)
  4. Institut Pertanian Bogor (Bogor, Jawa Barat)
  5. Universitas Brawijaya (Malang, Jawa Timur)
  6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (Surabaya, Jawa Timur)
  7. Universitas Airlangga (Surabayam, Jawa Barat)
  8. Universitas Hasanuddin (Makassar, Sulawesi Selatan)
  9. Universitas Diponogoro (Semarang, Jawa Tengah)
  10. Universitas Padjadjaran (Bandung, Jawa Barat)

Memilih 10 Univeritas Terbaik di Indonesia 2017

Hasil yang berbeda dapat kita lihat di atas. Ada beberapa universitas yang selalu ada dalam jajaran, ada juga yang tidak. Hal tersebut dapat terjadi karena cara penilaian yang berbeda. Webometrics menilai suatu universitas atau perguruan tinggi dari keaktifan institusi pendidikan tersebut di dunia internet melalui aspek aspek yang sudah kami jelaskan tadi yaotu, Presence, Impact, Openness, dan Excellence. Pada dasarnya untuk Memilih 10 Univeritas Terbaik di Indonesia 2017 sangat mudah, kita hanya perlu untuk melakukan riset kecilkar kecilan, jurusan atau prodi apa yang bagus atau terakrediatsi sangat baik. Karena suatu univeristas tidak mungkin, hampir tidak mungkin memiliki kualitas program pendidikan yang sama baiknya dengan program pendidikan lainnya. Jadi dalam hal ini kamu dapat memilih dua acara yaitu, pertama tentukan dulu jurusan yang ingin kamu incar, lalu cari tahu universitas atau perguruan tinggi mana saja yang menyediakan jurusan tersebut lalu lihat akreditasi yang mereka dapat. Cara kedua yaitu, pilihlah sebuah universitas yang ingin kamu masukki, lalu pilih jurusan apa saja yang menjadi jururan unggulan dari universitas atau perguruan tinggi tersebut. Namu, jangan lupa dengan kemampuan diri sendiri yang karena jik akita mendaftar ke universitas yang masuk ke jajaran 10 besar maka bukannya tidak mungkin jika kita akan terdepak oleh saingan saingan yan glain. Kuncinya adalah tahu kemampuan diri masing masing dan terus meningkatkan kualitas diri. Terimakasih, semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *