Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2017

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2017

Bagi kamu kamu yang baru saja lulus Sekolah Menengah Atas atau sederajadnya dan memilih untuk meneruskan studi ke perguruan tinggi negeri mungkin kamu harus benar benar mempersiapkan diri untuk bersaing demi dapat masuk atau lolos ke perguruan tinggi negeri karena persaingannya yang mencapai angka 3 : 1, 3 untuk yang tidak lolos dan 1 yang mewakili orang orang yang berhasil lolos masuk ke dalamnya. Benar sekali persaingan tersebut sangat ketat bahkan, pada tahun 2016 tingkat persaingannya meningkat menjadi 9 : 1. Benar, 9 untuk yang tidak lolos dan 1 poin untuk mereka yang lolos masuk ke dalam universitas atau perguruan tinggi tersebut. Benar, hanya sekitar 10 persen saja yang mampu bersaing dan lolos ke perguruan tinggi tersebut.

Impian setiap anak yang baru saja lulus Sekolah Menengah Atas atau sederajad adalah untuk melanjutkan sekolah atau pendidikannya di Universitas atau Perguruan Tinggi yang mendapat predikat Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2017. Selain kualitas pendidikan yang tidak dapat diragukan, kebanyakan universitas atau perguruan tinggi negeri memiliki prestige yang begitu tinggi, perguruan tinggi negeri juga sering dilirik oleh perusahaan perusahaan guna melakukan perekrutan pekerjanya. Biasanya, sebelum mereka melakukan perekrutan besar besaran dan untuk umum mereka biasanya menawarkan salah satu posisi kepada mahasiswa mahasiswa fresh graduate karena selain fee yang tidak tinggi, mahasiswa fresh graduate dari universitas negeri juga memiliki kualitas yang tinggi dan dapat bersaing di dunia kerja baik itu dengan karyawan veteran atau sesama fresh graduater lainnya.

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2017

Baca Juga : Universitas Swasta Terbaik 2017

Keunggulan Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2017

Keunggulan Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2017 tidak perlu diragukan lagi karena pelaksanaan pendidikan yang dilakukan oleh pihak universitas atau perguruan tinggi negeri tersebut diawasi dengan ketat. Jadi, kualitas pendidikan yang mereka galakan dapat terbukti kualitasnya sangat baik berdasarkan akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT atau Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi. Selain hal tersebut beriku beberapa keunggulan jika kamu berkuliah di suatu Universitas atau Perguruan Tinggi Negeri:

  1. Biaya Murah

Jika berkuliah di Universitas Negeri maka, biaya yang orang tua kita keluarkan tentu saja tidak akan lebih tinggi dari biaya pendidikan yang dipungut oleh Universitas atau Perguruan Tinggi Swasta. Hal tersebut menjadi hal yang lumrah karena pelaksanaan pendidikan yang diadakan oleh Universitas atau Perguruan Tinggi Negeri diawasi dengan ketat agar tetap terjangkau oleh segala kalangan. Namun, jika dirasa masih memberatkan, peserta didik dapat memanfaatkan beasiswa yang disediakan oleh pihak pemerintah yaitu, Beasiswa Bidik Misi.

  1. Nama Baik Perguruan Tinggi Negeri

Ada benarnya jika beberapa dari kita begitu ngotot untuk berkuliah di Universitas Negeri karena Universitas atau Perguruan Tinggi Negeri sudah memiliki reputasi yang sangat baik di mata semua orang. Hal tersebut berguna untuk mengangkat kepercayaan diri saat kita ditanya dimanakah kita berkuliah, selain bisa membuat bangga orang tua kita juga bisa mendapat kualitas pendidikan yang baik pula.

  1. Jam Kuliah Pasti

Jika kita memilih untuk berkuliah di Universitas atau Perguruan Tinggi Negeri jam peruliahannya sudah diatur agar selesai pada pukul 4 sore dan dimulai dari jam 7 pagi. Berbeda dengan jam kuliah di Perguruan Tinggi Swasta yang jam kuliahnya begitu tidak beraturan bisa saja kamu mendapatkan jam kuliah malam jika tidak kebagian jadwal pagi.

  1. Kampus dalam Satu Ruang Lingkup

Mudahnya, akan ada banyak sekali prodi bahkan fakutas yang bertempat di suatu kawasan. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi mahasiswa mahasiswanya karena sangat berguna untuk mengumpulkan relasi karena nantinya relasi relasi tersebut sangat berguna bagi masa depan mereka untuk merintis kariernya. Berbeda dengan universitas atau perguruan tinggi swasta biasanya tidak memiliki kawasan yang luas sehingga beberapa prodi hingga fakultasnya berdiri secara mandiri di suatu kawasan tertentu.

  1. Dosen yang Berpengalaman

Tidak berbeda jauh depan universitas atau perguruan tinggi swasta yang selalu men-hire dosen atau tim pengajar yang berpengalaman untuk menggaet mahasiswa-mahasiswa baru. Namu, berbeda dengan universitas aatu perguruan tinggi negei yang berguna untuk terus menjaga kualitas pendidikan yang mereka selenggarakan.

Daftar Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2017

Saat ini banyak sekali perguruan tinggi negeri yang terdaftar di Indonesia. Namun, kau jangan bingung karena kami sudah menyiapkan Daftar Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2017 yang dapat kamu pertimbangkan. Berikut daftar yang perlu kamu lihat.

  1. Universitas Indonesia (Depok, Jawa Barat)

Universitas Indonesia merupakan salah satu Universitas atau perguruan tinggi tertua yang ada di Indonesia karena universitas inilah yang menjadi pelopor berdirinya Universitas universitas yang ada di Indonesia. Kampus utama Universitas Indonesia (UI) ada di daerah Depok, Jawa Barat, di dekat perbatasan Depokdengan Jakarta Selatan. Lalu, kampus Universitas Indonesia yang lainnya ada di daerah Jakarta Pusat, tepatnya di daerah Salemba.

  1. Institut Teknologi Bandung (Bandung, Jawa Barat)

Siapa yang tidak tahu dengan Perguruan Tinggi yang ada di Bandung Jawa barat ini? Banyak sekali anak anak SMA, jurursan IPA yang mengimpikan untuk dapat berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri yang satu ini karena memang kualitasnya yang sudah terbukti melalui prestasi prestasi yang dia ukir selama ini. ITB atau Institut Teknologi Bandung merupakan sekolah tinggi pertama di Hindia Belanda dan menjadi Sekolah Tinggi Teknik pertama di Indonesia. Sebut saja Ridwan Kamil (Walikota Bandung saat ini) dan presiden ketiga kita, Burhanuddin Jusuf Habibie,  selaku lulusan atau produk terbaik yang dimiliki oleh Institut Teknologi Bandung.

  1. Universitas Gadjah Mada (Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta)

Universitas Gadjah Mada berdiri atas prakarsa dari Presiden pertma kita yaitu, Ir. Soekarno atas ide yang beliau utarakan untuk pendirian sebuah Universitas Negeri di kawasan Yogyakarta maka, Sri Sultan Hamengkubuwono mewakafkan tanahnya di daerah Sleman agar pembangunan Universitas Negeri tersebut dapat terlaksana. Saat ini, Universitas Gadjah Mada menempati peringkat Univeritas Negeri nomor satu di Indonesia berdasarkan peringkat yang dinilai oleh Webometrics. Tidak hanya itu, banyak program studi yang sudah memiliki akreditasi Internasional, seperti Hubungan Internasional.

  1. Universitas Airlangga (Surabaya, Jawa Timur)

Universitas Airlangga atau UNAIR ini berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Berbeda dnegan kampus atau universitas universitas lainnya, Universitas Airlangga tidak gila dengan pemberitaan.  Sangat jarang berita yang muncul lalu mengulas seperti apa prestasi yang ia ukir. Namun, hal tersebut sangat berbeda dengan kenyataan bahwa universitas yang didirikan bertepatan dengan hari pahlawan ini memiliki image professional yang tinggi meskipun mereka bekerja dalam diam. Mungkin jika kita pernah mendengar “air tenang, menghanyutkan” maka, seperti itulah eksistensi Univeritas Airlangga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *