Cara Merawat Wajah Berjerawat

Tidak perlu ke salon atau melakukan perawatan yang mahal untuk merawat wajah yang berjerawat agar tetap terlihat bersih dan segar. Berikut merupakan tips tips yang bisa Anda lakukan untuk menangani jerawat secara cepat :

wajah-berjerawat

  1. Merawat Wajah Berjerawat Dengan Produk Khusus

Kulit yang berjerawat termasuk kulit yang sensitif. Jika Anda keliru dalam memilih produk kecantikan  mungkin bisa membuat kondisi kulit wajah Anda menjadi semakin parah. Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih rangkaian acne series untuk perawatan setiap harinya.

Untuk mengurangi kandungan minyak di wajah yang berjerawat. Anda bisa mencoba produk dengan kandungan mentimun. Untuk pelembabnya pakailah skin care yang mengandung lidah buaya atau teh hijau.

2. Hindari Kosmetik Berikut :

cegah-jerawat

  • Bedak Padat

Menggunakan bedak padat pastinya kulit wajah akan terlihat sempurna. Dengan tekstur bedak yang rapat, halus, dan padat yang pasti mampu menutupi apapun bentuk kekurangan dari wajah Anda. Namun jika Anda sedang berjerawat sebaiknya hindari pedak padat. Karena pada bedak padat dapat menyumbat pori-pori wajah. Sebaiknya ganti menggunakan bedak tabor yang memiliki kandungan asam salisil atau sulfur.

  • Pemutih Wajah

Jika Anda sedang berjerawat kemudian menggunakan produk pemutih justru akan menimbulkan peradangan. Jadi Anda harus hati-hati dalam memilih kosmetik untuk wajah karena kulit yang berjerawat merupakan  kulit yang sensitif.

kulit-berjerawat

  • Pelembab yang mengandung alkohol
    Jika Anda menggunakan pelembab yang mengandung alcohol mungkin tindakan tersebut dapat memperparah kondisi jerawat. Memang pelembab yang mengandung alkohol terasa dingin dan segar. Dr James E. Fulton yang merupakan seorang pakar dermatologi dari Amerika Serikat mengatakan bahwa kosmetik yang mengandung alcohol dan berbagai wewangian harus dihindari saat wajah berjerawat.
  • Produk dengan kandungan Benzoln Peroxide

Secara ilmiah produk yang memiliki kandungan Benzoyl Peroxide memang terbukti mampu mengecilkan jerawat. Tetapi jika penggunaan dengan dosis yang tinggi dapat menyebabkan iritasi, radang, serta dapat terjadi pengelupasan kulit.

3. Menjaga Kebersihan Wajah dan Tangan

Sebaiknya jika Anda akan menyentuh wajah cucu tanganlah terlebih dahulu. Meskipun itu terlihat bersih, namun debu dan kotoran pasti masih menempel di tangan. Oleh karena itu, bersihkan tangan menggunakan sabun antiseptic setelah beraktivitas.

4. Jangan Memijit Jerawat

Jangan sekali-kali untuk menekan atau menggaruk. Tindakan tersebut dapat membuat jerawat menjadi memerah dan meradang.

Cara Mengatasi Kulit Iritasi

Gejala iritasi yang timbul diantaranya kulit kemerahan, kering, gatal, atau bahkan radang. Gejala lain dari iritasi yaitu benjolan, nyeri, sensasi terbakar, ruam dan juga pecah-pecah. Gejala tersebut terjadi karena paparan parfum, deterjen, produk pembersih rumah tangga, suhu panas atau dingin yang berlebihan, sabun, kain dan pewarna sintetis.

iritasi-kulit

Tidak hanya itu, iritasi juga bisa disebabkan karena penggunaan kosmetik, produk rambut, produk lateks, perhiasan, karet, sengatan dari serangga, serta dari bulu hewan pemeliharaan. Berikut merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi iritasi pada kulit :

 

  1. Mengkompres kulit dengan kompresan air dingin pada area yang terkena

Hal ini dilakukan untuk meredakan pembengkakan dan rasa sakit akibat iritasi pada kulit. Caranya cukup mudah yaitu dengan merendam kain ke dalam air dingin atau mengkompres menggunakan kantung es yang sebelumnya telah dialasi dengan handuk.

cegah-kulit-iritasi

  1. Baking soda

Baking soda biasa digunakan untuk melawan iritasi kulit. Cara pengobatannya dengan membuat pasta dari baking soda dengan ditambahkan air sedikit.

  1. Mandi oatmeal

Jika pada iritasi kulit berlanjut menjadi radang dan gatal, Anda dapat mencoba menggunakan oatmeal untuk mandi. Cara mudah yaitu ambil dua cangkir oatmeal, setelah itu giling menjadi bubuk halus, lalu tambahkan kedalam air hangat saat mandi.

 

  1. Gel aloevera

Dengan menerapkan gel lidah buaya ke area kulit yang iritasi akan dengan perlahan iritasi tersebut mereda. Cara tersebut dapat mengurangi kemerahan, bengkak, dan gatal-gatal.

kulit-iritasi

  1. Sari apel

Sari apel dapat digunakan sebagai salah satu pengobatan dari iritasi kulit yang disebabkan oleh sinar matahari atau luka cukur. Caranya yaitu dengan menyiram secara langsung ke area kulit yang teriritasi menggunakan kapas. Hal ini harus dilakukan beberapa kali dalam sehari.

  1. Minyak chamomile

Solusi iritasi selanjutnya yaitu dengan menggunakan atsiri dari chamomile. Caranya yaitu dengan menggosokan minyak chamomile ke daerah yang iritasi.

  1. Madu dan Kayu Manis

Cara pengobatan selanjutnya yaitu dengan mencampurkan madu dan kayu manis. Cara tersebut dapat dilakukan dengan mencampurkan 3 sdm madu dengan 2 sdm bubuk kayu manis. Bahan tersebut kemudian dibuat pasta kental. Lalu gosok pasta tersebut ke arean yang iritasi dan bilas setelah mengering.

Merawat Kulit Sensitif Secara Benar

Kulit sensitif merupakan kondisi kulit yang bereaksi secara berlebihan pada factor lingkungan. Setiap orang memiliki factor reaksi kulit sensitif yang berbeda-beda. Kondisi ini dapat melemahkan daya tahan lapisan kulit terluar, yang terjadi setelah itu kulit menjadi iritasi, terasa panas, gatal-gatal, sampai mengelupas.

kulit-sensitif

Paduan perawatan kulit sensitif

  1. Pilihlah Produk Perawat Alami

Kulit sensitif memang sulit untuk diatur dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Sebaiknya pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan alami. Jika perlu, pilih yang memang dibuat khusus untuk kulit sensitif.

  1. Jangan Keseringan Berganti Produk

Terlalu sering gonta-ganti produk merupakan penyebab kulit menjadi lebih sensitif. Memang untuk saat ini telah banyak produk perawatan kulit yang beredar di pasaran, hal tersebut mendorong pengguna untuk mencoba berbagai macam produk perawatan karena iklan yang menjanjikan perubahan yang secara signifikan ketika digunakan, sehingga kita mudah terjerumus ke produk yang mungkin tidak baik.

  1. Tes dulu di Kulit

Sebelum Anda menggunakan produk perawatan kulit sebainya lakukan tes dulu di kulit. tes tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah produk tersebut dapat digunakan pada jenis kulit Anda. Jika reaksi yang dihasilkan kulit menjadi kemerahan, iritasi, dan juga gatal sudah pasti produk tersebut tidak cocok untuk kulit Anda.

merawat-kulit-sensitiv

  1. Hindari Untuk Menyentuh Wajah

Terlalu sering menyentuh wajah menggunakan tangan dapat beresiko memindahkan kotoran dan bakteri dari jari wajah ke wajah. Hal ini juga dapat menimbulkan jerawat. Hal tersebut wajib Anda hindari jika Anda memiliki kulit yang sensitif, jika hendak menyentuh kulit wajah pastikan jika tangan Anda dalam keadaan bersih.

  1. Jangan memakai produk berpengharum

Banyak produk perawatan kulit yang mengandung pewangi, kandungan pada pewangi tersebut berpotensi merusak kulit yang sensitif, dan juga dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi dikarenakan mengandung bahan kimia. Jika Anda memang memiliki kulit yang sensitif sebaiknya memilih produk perawatan kulit yang bebas wewangian.

tips-merawat-kulit-sensitiv

  1. Tidak Berlebihan Dalam membersihkan Kulit

Pembersihan kulit secara berlebihan dapat menghilangkan pelembab alami hingga, sehingga kulit menjadi kering. Meskipun dalam mebersihkan kulit itu sangatlah penting, namun jika berlebihan malah akan berdampak sebaliknya untuk kesehatan. Sebaiknya bersihkan wajah dua kali dalam sehari yaitu saat pagi hari dan sebelum tidur untuk memastikan kulit Anda menjadi bersih.

  1. Pakai Tabir Surya

Kulit sensitif memang rentan terhadap sinar matahari dibandingkan dengan jenis kulit lain. Jika Anda memiliki kulit sensitif disarankan untuk menggunakan tabir surya. Pilihlah tabis surya dengan SPF 40 dan pakailah jika ingin keluar rumah.

Kenali Bahaya Sinar Matahari bagi Kulit

Matahari tidak hanya memiliki manfaat saja, namun juga memiliki dampak berbahaya untuk kulit. Kulit memerlukan vitamin D, dengan sinar mataharilah kebutuhan tersebut dapat terpenuhi. Untuk anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan, vitamin D sangatlah bermanfaat untuk proses pertumbuhan pembentukan tulang. Asupan vitamin D yang mencukupi tubuh akan membuat tulang anak menjadi kuat dan sehat. Tidak hanya untuk anak-anak orang dewasa juga memerlukan vitamin d untuk menjaga kepadatan tulang, kurangnya vitamin D untuk orang dewasa dapat menyebabkan tulang menjadi keropos.

bahaya-sinar-matahari-pada-kulit

Selain memiliki manfaat, sinar matahari juga bisa menyebabkan penuaan pada kulit. Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan dan dalam waktu lama dapat merusak serat kolagen dan elastin (lapisan dermis kulit). Jika hal tersebut terjadi kulit akan tampak keriput, kendur, dan pori-pori membesar. Tidak hanya itu saja, kulit menjadi lebih mudah memar karena hilangnya serat kolagen yang digunakan sebagai “bantalan” pada kulit.

Tidak sampai disitu saja, radiasi ultraviolet dari matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan radiasi ultraviolet dari matahari dalam intensites besar dapat merusak materi genetic pada sel kulit. Jika hal ini benar-benar terjadi, kerusakan dapat berlanjut sehingga pertumbuhan sel kulit menjadi tidak terkontrol sampai menimbulkan kanker kulit.

bahaya-sinar-matahari-untuk-kulit

Sampai saat ini, kanker kulit merupakan penyakit yang paling sering muncul dengan jumlah mengidap yang terus meningkat. Semua orang dapat mengalami kanker kulit, tetapi risiko terkena kangker kulit pada suatu kelompok tertentu cenderung lebih tinggi. Beberapa factor yang dapat menyebabkan kankekr kulit yaitu kulit dengan warna kulit terang, riwayat kanker kulit ada keluarga, sering beraktivitas di luar ruangan, dan juga pengaruh iklim tropis. Oleh karena itu kesadaran akan bahaya sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit perlu ditingkatkan.

sinar-matahari          Mengetahui Bahaya Sinar Matahari bagi Kulit

  1. Sebaiknya hindari paparan sinar matahari pada pukul 10.00 sampai 14.00
  2. Pakailah SPF lotion dengan kandungan SPF yang minimal 24 saat 15 menit sebelum Anda beraktivitas di bawah sinar matahari. Ulangi pemaikaian kembali setiap 2 sampai 4 jam sekali.
  3. Lindungi kulit dari paparan sinar mathari langsung dengan menggunakan kain, pakaian, ataupun lainnya contohnya topi yang lebar atau paying.
  4. Sebaiknya pakailah kacamata dengan proteksi terhadap paparan sinar ultraviolet untuk mencegah terjadinya penuaan dini yang sekitar area mata.

Cara Mengatasi Kulit Kering

Sekarang sudah banyak pelembab yang beredar dipasran. Namun jika Anda tidak hati-hati dalam memilih pelembab mungkin bisa menjadi kualitas kulit Anda lebih buruk, karena beberapa pelembab banyak yang mengandung bahan kimia. Untuk menghindari bahaya tersebut Anda bisa mencoba dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat di sekitar Anda.

cara-mencegah-kulit-kering

Beberapa cara yang dapat membantu untuk mengatasi kulit kering :

  1. Olive oil

Olive oil biasa disebut dengan minyak zaitun, bahan ini memiliki banyak antioksidan dan juga asam lemak yang baik untuk kesehatan kulit. Minyak ini memberikan efek yang tenang, sehingga bisa mengatasi kulit kering di seluruh tubuh Anda.

Cara menggunakan :

Oleskan minyak zaitun sebelum menggunakan pelembab yang sering anda pakai, pada bagian tubuh pakai minyak zaitun pada bagian kering sekitar setengah jam sebelum Anda mandi. Gosokkan minyak zaitun di tangan dan bagian kaki, serta pada area kulit yang kering kemudian pijat dengan perlahan. Setelah itu, mandi kemudian pakailah kembali body lotion yang ringan.

kulit-kering

  1. Susu

Susu dapat mengatai kulit kering serta gatal-gatal karena memiliki kandungan anti peradangan serta memberikan rasa tenang pada kulit. Di dalam susu juga terdapat asam laktat yang memiliki fungsi meremajakan kulit sel kulit mati dan meningkatkan kelembapan pada kulit. tidak hanya itu, susu juga dapat membantu mencerahkan kulit.

Cara penggunaan :

Celupkan kain bersih ke dalam susu yang dingin dan usapkan ke bagian kulit Anda yang kering selama 5-7 menit. Secara perlahan cuci susunya dengan lap lain yang telah dicelupkan ke air hangat. Lakukan hal tersebut setiap hari, karena kulit anda akan mendapat pelembab secara alami.

cara-mengatasi-kulit-kering

  1. Madu

Madu sudah dikenal oleh banyak kalangan sebagai pelembab alami terbaik yang mengandung antioksidan, anti microba, serta dapat mengunci kelembapan dalam kulit agar terlihat tetap halus dan juga lembut.

Cara penggunaan :

Oleskan madu keseluruh tubuh atau muka sebelum Anda mandi, kemudian biarkan selama 5-10 menit. Ulangi hal tersebut setiap hari, dan nikmati kulit yeng lembab.

  1. Minyak kelapa

Kandungan asam lemak pada minyak kelapa dapat melembabkan kulit sehingga bagus untuk perawatan mengatasi kulit kering.

Cara penggunaan :

Oleskan minyak kelapa kebagian kulit kering sebelum tidur. Cucilah di pagi hari. Lakukan hal ini setiap hari untuk membuat kulit Anda menjadi lebih halus dan juga lembut.