PARADIGMA PEMROGRAMAN

Paradigma pemrograman adalah suatu cara dalam penyelesaian masalah pemrograman atau sudut pandang kita dalam menyelesaikan suatu masalah pemrograman. Ada banyak cara untuk menyelesaikan suatu masalah, sehingga banyak sekali paradigma yang ada.
Dalam pemrograman dikenal beberapa paradigma yaitu:

  1. Paradigma Pemrograman Imperatif
    Paradigma ini berbentuk kelompok tempat penyimpanan (memori), yang dibeakan menjadi memori instruksi dan memori data. Masing-masing memori tersebut dapat diolah satu persatu secara sekuensial oleh sebuah proses tunggal.
  1. Paradigma Pemrograman Fungsional
    Paradigma ini didasari oleh konsep pemetaan transformasional , fungsi dapat berupa fungsi primitif  atau komposisi dari fungsi lain yang telah terdefinisi. Paradigma ini menggunakan fungsi-fungsi dasar yang ada,sehingga penyelesaian masalah telah tersedia.
  1. Paradigma Pemrograman Deklaratif
    Pada paradigma ini,programmer akan menguraikan fakta dan aturan-aturan. Ketika program diolah,pemakai akan mengajukan petanyaan lalu program akan menggunakan aturan deduksi untuk mencocokkan pertanyaan dan menjawab pertanyaan.
  1. Paradigma Berorientasi Object ( Object Oriented)
    Paradigma ini menggunakan konsep class dan object. Object adalah instansiasi dari class,setiap object akan mempunyai attribute dan method, masing-masing object dapat berinteraksi dengan object lainnya meskipun dari class yang berbeda.
  1. Paradigma Konkuren
    Paradigma ini didasari oleh keadaan nyata,sebuah sistem komputer harus menangani beberapa program yang harus diolah bersamaan.

 

PERANGKAT LUNAK

Perangkat lunak(software) komputer adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.

Salah satu contoh perangkat lunak yang populer saat ini adalah Android.

Android merupakan sistem operasi yang dirancang untuk smartphone dan tablet. Android ini memiliki sistem berbasis Linux yang dijadikan sebagai pondasi dasar dari sistem operasi Android. Android memang dirancang untuk smartphone dan tablet, sehingga sistem operasi yang berada di smartphone saat ini memang menyesuaikan dari spesifikasi low-end hingga high-end. Sehingga perkembangan sistem android saat ini meningkat cukup tajam. Android merupakan sistem operasi terbuka (pihak Google memperbolehkan untuk mengembangkan sistem operasi tersebut). Kita sendiri pun bisa mengembangkan sistem android sesuai keinginan.

DATA BASE

Perkembangan Database

Database adalah kumpulan data informasi yang disimpan di komputer secara teratur, sehingga dapat diakses menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut dengan mudah.

Perkembangan database sangat berpenaruh dalam kehidupan manusia. Saat ini sangatlah pesat perkembangannya. Database sendiri berprinsip untuk mengatur data dengan tujuan utama fleksibel dalam pengambilannya.  Dulu database hanya tempat penyimpanan data dari beberapa field,record dan diolah serta ditampilakn menjadi informasi yang sederhana,maka didapatkan suatu metoda untuk menampilkan database yang berguna untuk keperluan tertentu.

Salah satu teknologi database saat ini ialah dimana seorang design web dapat membuat web dengan menarik karena sudah ada teknologi database generasi baru yang biasa disebut oracle. Dengan oracle inilah para design web bisa membuat webnya dengan unik. Contoh teknologi data base yang lain ialah Network database,Hierarchical database,Relational database,Data warehouse, Web database,dll.

SISTEM BILANGAN

Sistem bilangan adalah cara untuk menuliskan kode (coding) suatu bilangan. Ada beberapa cara dalam sistem bilangan, yaitu:

  1. Sistem bilangan Desimal
    Sistem bilangan ini menggunakan 10  simbol yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8, dan 9. Sistem ini menggunakan basis 10.
    Contoh bilangan desimal: 1,2,11,23,14,dst.
    Penulisan bilangan desimal adalah 12,12D,12(10)
  1. Sistem bilangan Biner
    Sistem bilangan biner menggunakan 2 macam simbol bilangan berbasis 2 digit angka, yaitu 0 dan 1. Contoh bilangan 1010, penulisannya ialah 1010(2)
  1. Sistem bilangan Oktal
    Sistem bilangan ini menggunakan 8 macam simbol bilangan berbasis 8 digit angka, yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7.
    Contoh bilangan oktal: 12(8)
    Penulisan bilangan oktal: 12(8)
  1. Sistem bilangan Hexadesimal
    Sistem bilangan ini menggunakan 16 macam simbol bilangan berbasis 8 digit angka, yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,dan F.
    Dimana A=10, B=11, C=12, D=13, E=14, dan F=15
    Penulisan bilangan hexadesimal: 1F(16), 1FH, 0X1F
    Hexadesimal sering digunakan untuk menuliskan data dalam sistem komputer.

TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi informasi adalah penggabungan antara ilmu komunikasi dengan komputer untuk menciptakan,merancang, dan mengimplementasikan khususnya pada aplikasi software dan hardware pada komputer.

Pada perkembangan zaman saat ini, teknologi semakin berkembang pula. Salah satunya adalah teknologi  AR (Augment Reality).

AR alias Augmented Reality memang salah satu teknologi populer yang saat ini, berusaha dijajal oleh beragam perusahaan untuk kepentingan marketing atau bisnis. Dari fashion, film, hingga tentu saja, video game. Menggabungkan dunia digital dengan dunia nyata memang memiliki beberapa keuntungan tersendiri jika Anda langsung masuk ke dalam dunia Virtual Reality alias VR. Namun sayangnya, AR itu sendiri tidak sempurna. Hampir semua konten digital yang melebur bersama dengan dunia nyata memang terlihat tidak responsif dan adaptif. Pengalaman seringkali berakhir seperti tengah menikmati sebuah konten sticker bergerak yang buruk, apalagi jika ia didukung dengan sistem gerakan. Contoh AR pada game serakarang ini adalah Pokemon Go.