PARADIGMA PEMROGRAMAN

Paradigma pemrograman adalah suatu cara dalam penyelesaian masalah pemrograman atau sudut pandang kita dalam menyelesaikan suatu masalah pemrograman. Ada banyak cara untuk menyelesaikan suatu masalah, sehingga banyak sekali paradigma yang ada.
Dalam pemrograman dikenal beberapa paradigma yaitu:

  1. Paradigma Pemrograman Imperatif
    Paradigma ini berbentuk kelompok tempat penyimpanan (memori), yang dibeakan menjadi memori instruksi dan memori data. Masing-masing memori tersebut dapat diolah satu persatu secara sekuensial oleh sebuah proses tunggal.
  1. Paradigma Pemrograman Fungsional
    Paradigma ini didasari oleh konsep pemetaan transformasional , fungsi dapat berupa fungsi primitif  atau komposisi dari fungsi lain yang telah terdefinisi. Paradigma ini menggunakan fungsi-fungsi dasar yang ada,sehingga penyelesaian masalah telah tersedia.
  1. Paradigma Pemrograman Deklaratif
    Pada paradigma ini,programmer akan menguraikan fakta dan aturan-aturan. Ketika program diolah,pemakai akan mengajukan petanyaan lalu program akan menggunakan aturan deduksi untuk mencocokkan pertanyaan dan menjawab pertanyaan.
  1. Paradigma Berorientasi Object ( Object Oriented)
    Paradigma ini menggunakan konsep class dan object. Object adalah instansiasi dari class,setiap object akan mempunyai attribute dan method, masing-masing object dapat berinteraksi dengan object lainnya meskipun dari class yang berbeda.
  1. Paradigma Konkuren
    Paradigma ini didasari oleh keadaan nyata,sebuah sistem komputer harus menangani beberapa program yang harus diolah bersamaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *