Syarat Beasiswa S2 Luar Negeri

 Syarat Beasiswa S2 Luar Negeri

 

Kata siapa untuk berkuliah di luar negeri susah? Gak punya dana? Pakai beasiswa aja. Atau mungkin karena kendala lain-lain? Banyak masalah, banyak cara penyelesaian. Tak perlu takut sebelum mencoba. Kata siapa beasiswa itu sulit? Persaingan memang ketat, tapi bukan mustahil. Kata siapa orang yang berhasil mendapatkan beasiswa itu orang-orang yang pintar? Yang biasa pun bisa. Yang pintar pun perlu gagal berkali-kali. Banyak cara mendapatkan beasiswa untuk berkuliah diluar negeri dan Syarat Beasiswa S2 Luar Negeri

 

Cara dan Syarat Beasiswa S2 Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa adalah tetang seberapa tangguhnya kamu, untuk terus dan tetap bertahan dan tidak menyerah meski gagal berkali-kali. Mendapatkan beasiswa itu memang butuh perjuangan dan kesabaran, disamping tentang seberapa pintarnya kamu. Beasiswa membuatmu belajar tentang ketangguhan dan ketekunan.

Berikut ini, akan saya paparkan tips Syarat Beasiswa S2 Luar Negeri. Cara yang umum dan sudah pasti kalian pernah dengar, namun mari kita ulas sekali lagi disini dan semoga dapat kamu praktekkan kedepannya, untuk tetap semangat.

Berusaha lebih menonjol di bidang Akademis

Untuk adik-adik yang masih duduk di bangku SMA ataupunlulusan S1, ayo jangan sampai menyesal. Belajarlah dengan giat mulai mulai dari sekarang jika ingin merasakan betapa nikmatnya kuliah dengan memahami Syarat Beasiswa S2 Luar Negeri

Syarat Beasiswa S2 Luar Negeri

Baca Juga : Kuliah Di Luar Negeri Gratis

Meskipun hanya sebatas angka. Nilai akademis adalah bukti sebagai batu loncatan awal buatmu berjuang lebih keras lagi di jenjang selanjutnya. Selain itu, nilai akademis adalah salah satu persyaratan yang ada dalam apply beasiswa.

Aktif di Organisasi

Pintar doang gak cukup. Nilai akademis tinggi gak juga cukup. Iya, gak cukup jika kamu tidak mencari pengalaman nyata dalam dunia pengorganisasian.

Ketika kamu bergabung di organisasi, kamu tidak hanya mendapat predikat anak keren, anak hitz dan sebagainya. Kamu juga akan mendapatkan banyak pengalaman yang baru, pengalaman yang tidak terjadi dua kali, pengalaman yang gak akan kamu sesalkan dikemudian hari.Pengalaman organisasi adalah senjata yang bisa kamu gunakan sebagai bagian lain dari keunikanmu sebagai pribadi yang mempunyai nilai akademis bagus dan aktif di sekolah maupun kampus.

Kemampuan Bahasa Asing

Dengan berkembangnya zaman dan teknologi, bahasa asing adalah sesuatu yang wajib kamu kuasai. Minimal satu bahasa asing, diluar bahasa Indonesia dan bahasa daerah sehari-hari. Persyaratan utama dalam syarat beasiswa S2 luar negeri adalah mengenai problem bahasa. Kamu perlu mengasah terus kemampuan bahasa asingmu agar kesempatan diterima meningkat. Belajar bahasa asing juga bikin otak kita awet muda loh, katanya.

Temukan Rekomendasi

Meskipun pada poin ini gak terlalu menjadi titik penting dalam syarat beasiswa. Mencari rekomendasi itu penting banget dan membuat peluangmu diterima terbuka semakin lebar. Untuk anak kuliahan kamu bisa gampang mencari rekomendasi, dari dosen, pak rektor kampusmu, dari pihak kampus, dll. Asal kamunya gak malas untuk terus mencari rekomendasi sampai dapat.

Pastikan kamu punya rekam jejak yang baik, dan segudang prestasi yang dapat membantumu dalam menemukan rekomendasi. Kalau kamu berprestasi, pasti kamu punya koneksi dengan beberapa orang penting di sekolahmu.

Membuat CV yang Menarik

Apa itu CV? Bagi pemberi beasiswa, sebuah data diri, riwayat hidup merupakan hal penting yang pertama kali dilirik. Di dalamnya, akan ada banyak tulisan pencapaian-pencapaian yang sudah kamu lakukan. Kegiatan kamu, prestasi kamu, dll.

Agar berhasil dan sesuai dengan syarat beasiswa S2 luar negeri, pastikan kamu membuat data diri dan riwayat hidup semenarik mungkin. Isi bagian yang penting dengan pengalaman berhargamu. Perhatikan format pembuatan CV.

Persiapkan Diri Untuk Interview

Meskipun belum tau apakah dokumen yang kamu apply lolos atau tidak. Persiapan soal interview perlu kamu waspadai jauh-jauh hari. Karena hal terpenting dari keseluruhan seleksi beasiswa adalah saat interview, pada tahap ini akan menjadi penentu nasibmu kedepannya. Apakah gagal atau berhasil.

Untuk beasiswa luar negeri, biasanya kamu akan di wawancarai langsung orang-orang tertentu dari pihak luar Negeri tujuan beasiswamu.Untuk itulah, jangan mengacaukan usaha yang panjang tanpa persiapan yang matang dalam wawancara. Biasakan diri dan latih terus kemampuan bahasa asingmu. Karena wawancara biasanya menggunakan bahasa asing tertentu.

Syarat Beasiswa S2 Luar Negeri

Coba Lagi, Coba Terus

Meski sudah mencoba dan dinyatakan gagal. Bukan berarti perjuanganmu selesai. Coba. Coba dan coba terus lagi, pelajari terus syarat beasiswa S2 luar negeri. Sekali lagi, bahkan orang yang pintar dan memenuhi kriteria pun bisa gagal. Hanya Tuhan yang tahu.

Sekali apply beasiswa, kamu pasti akan merasakan gagal. Gagal. Dan gagal lagi. Meski begitu, jika tanpa menyerah, kamu pasti bisa mendapatkan beasiswa dengan Syarat Beasiswa S2 Luar Negeri. Bersabar aja. Dan terus berusaha, ya~

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *