Blog Page

Kuliah Online Universitas Indonesia

Kuliah Online Universitas Indonesia

Dalam pilot project sebagai salah satu Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu (PDITT), Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggandeng Universitas Indonesia (UI).

Kuliah Online Universitas Indonesia merupakan program yang direncanakan pemerintah akan diresmikan pada April 2014 ini memungkinkan perkuliahan dapat diakses luas oleh mahasiswa seluruh Indonesia. Selain itu, melalui kuliah online lintas universitas, mahasiswa juga dapat mengikuti perkuliahan dari jarak jauh.

Universitas Indonesia atau yang lebih sering dipanggil dengan nama UI merupakan salah universitas terbaik yang ada di Indonesia.  Kampus yang memilik banyak pakar dari berbagai macam ilmu yang tersebar di tiap fakultas dan program vokasi. UI juga sudah menghasilkan inovasi pembuatan model pembelajaran di setiap bagiannya.

Disisi lain, di Indonesia juga masih terdapat kampus-kampus yang tidak mempunyai pakar dibidang ilmu tertentu namun sangat dibutuhkan untuk mengembangkan akademik di setiap universitas. Menempatkan UI berperan dalam berbagi kepakaran dan hasil-hasil penelitiannya lewat pendidikan jarak jauh.

Kuliah Online Universitas Indonesia

Baca juga : Kuliah Online

Kuliah Online Universitas Indonesia

Kuliah online yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk sarana penunjang proses belajar mengajar. Dalam proses pembelajaran, penggunaan TIK akan menjadikan proses belajar mengajar tersebut berbasis e-learning. Sekarang ini pembelajaran menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran baik didalam skala internasional maupun nasional di Universitas Indonesia, mengalamai peningkatan yang sangat baiki. Kuliah Online Universitas Indonesia

Melalui Kantor Sumber daya Pembelajaran (KSP), Universitas Indonesia telah memfasilitasi perkuliahan e-learning dengan layanan dan fasilitas yang untuk memenuhi standar jaminan mutu e-learning Universitas Indonesia. Universitas Indonesia diharapkan bisa mengoptimalkan layanan Pendidikan Tinggi untuk kelompok masyarakat yang tidak dapat ikut kuliah regular dengan mempermudah akses pembelajaran dan sumber belajar agar dapat dijangkau oleh peserta didik di seluruh Indonesia.

Kuliah online online UI dapat mulai diakses oleh mahasiswa non UI pada semester ganjil tahun 2014/2015). Untuk semester depan, UI juga telah menyediakan sebanyak enam mata kuliah online, diantaranya meliputi mata kuliah Pengantar Ilmu Politik, Metabolisme, Akuntansi Keuangan 2, Machine Learning, Advokasi Kesehatan, dan Pemrograman Logika.

Penyelenggaraan PDITT pada tahap awal, DIKTI telah mensyaratkan perkuliahan hanya dapat diikuti oleh mahasiswa yang sudah terdaftar di perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta. Tahap pertama, mahasiswa yang telah melakukan registrasi dapat mengakses materi perkuliahan yang sudah disediakan. Rencanya PDITT kedepannya dapat memungkinkan adanya interaksi berupa seperti tanya jawab dan dapat konsultasi dengan dosen yang bersangkutan. Mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah di UI dan mendapatkan NPM (Nomor Pokok Mahasiswa). Dengan menggunakan NPM tadi, mahasiswa di setiap semester yang diinginkan dapat mengakses perkuliahan online atau daring.

Sistem perkuliahan yang diberikan dalam perkuliahan ini kepada mahasiswa tidak dibedakan dengan yang ada di UI.

DIKTI bertindak sebagai agregator dalam program ini. Mahasiswa yang ingin memilih mata kuliah yang diminati dan mengikuti kuliah daring di perguruan tinggi. Lalu, prosesnya di perguruan tinggi masing-masing akan berlaku. DIKTI kedepannya siap membagi pengembangan program tersebut menjadi lebih dari satu tahapan. Di tahap selanjutnya, peguruan yang sebelum itu hanya ikut perkuliahan online dapat turut menjadi penyelenggara kuliah online. Sampai tahap keempat, kuliah online ini punya target dapat diikuti oleh masyarakat umum yang lainnya.

Kuliah Online Universitas Indonesia

Perguruan tinggi yang meyediakan kuliah online selain UI adalah Instititut Teknologi Bandung (ITB), Institut Sepuluh November (ITS), Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (Aptikom). Perkuliahan online di UI telah menerapkan pada tahun 2002. Sekarang ini, di halaman scele.ui.ac.id yang dikelola PPSP ada 800 mata kuliah dari setiap faklutas yang dapat diakses oleh mahasiswa UI.

Kuliah Online Universitas Indonesia Manfaat

  1. Memperluas akses pendidikan.
  2. Interaksi tetap dapat berlangsung dengan memanfaatkan TIK meskipun pendidik dan peserta didik terpisah secara geografis.
  3. Keberagaman media materi ajar yang dapat diakses kapan saja dan dari mana saja.
  4. Aktivitas belajar disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik.
  5. Peserta didik dapat belajar secara mandiri.
  6. Koleksi mata ajar yang semakin kaya.

Kuliah Online Universitas Indonesia Program PJJ UI dapat berupa:

  1. Perolehan kredit
    Peserta didik mengikuti salah satu mata kuliah program Pendidikan Jarak Jauh yang tersedia di Universitas Indonesia. Peserta didik hanya mengikuti perkuliahan mata kuliah tersebut dan memperoleh kredit akademik sesuai dengan jumlah SKS mata kuliah yang bersangkutan.
  2. Kuliah bersama
    Universitas Indonesia menyelenggarakan suatu kuliah bersama dengan Universitas lain melalui Pendidikan Jarak Jauh berdasarkan prinsip berbagi sumber daya. Peserta didik mendapat penilaian hasil belajar dari Universitas masing‐masing.
  3. Program bergelar
    Peserta didik mengikuti perkuliahan pada suatu program studi yang menyelenggarakan program pendidikan jarak jauh di Universitas Indonesia secara penuh dan mendapat ijazah dari Universitas Indonesia

 

0

Kuliah Online Jakarta

Kuliah Online Jakarta

Pendidikan dari dulu memang dipandang sebagai tolok ukur kehidupan manusia,  terbukti sangat penting bagi sumber daya manusia yang ada di setiap negara itu sendiri. Tidak jarang, banyak visi dan misi dari sebuah pemerintah di suatu negara selalu mensuppport penuh jalannya pendidikan. Memfasilitasi dan juga mendukung secara keuangan untuk memajukan kualitas pendidikan yang ada di negara tersebut. Tidak berbeda dengan yang dijalankan oleh pemerintah indonesia, yang snagat mendukung penuh pendidikan yang ada di indonesia. Meningkatnya jumlah tenaga pendidik, meningkatnya anak anak yang lulus dalam standar wajib sekolah yang diberikan oleh pemerintah, dan juga terjamahnya pendidikan di indonesia yang berada di pelosok pelosok negeri. ya meskipun standar pendidikan masih belom bisa disamakan, namun pemerintah selalu berusaha keras untuk menyamaratakan semuanya. baik di dalam hal memfasilitasi dan juga dalam hal lainnya. Bahkan pendidikan yang diperhatikan oleh pemerintaah bukan hanya pendidikan pendidikan dasar saja loh seperti sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan juga sekolah menengah atas, tapi juga hingga pendidikan perguruan tinggi. Bahkan upaya pemerintah bersama kementrian riset dan teknologi pendidikan tinggi di indonesia sudah bekerja sama dalam meningkatkan standar dan juga mutu yang baik untuk perguruan tinggi perguruan tinggi yang ada di indonesia. Dalama hal perkuliahan misalnya, kini sudah banyak sekali perguruan tinggi di indonesia yang juga mendapatkan akreditasi, semua itu atas dasar kerja keras pemerintah sendiri untuk selalu emningkat kan mutu pendidikan yang ada di indonesia, yang tentunya juga sangat berdampak untuk generasi generasi di indonesia saat itu nanti. kuliah online di jakarta.

Kuliah Online di Jakarta Berkualitas

Setelah seseorang mencoba beralih dari sekolah emnengah atas lalu kini menemui dunia baru yang dinamakan dunia perkuliahan, dimana pelajar disini sering disapa dengan julukan mahasiswa, yang artinya maha dari segala siswa. Mahasiswa, dituntut untuk sudah emmiliki arah pandangan hidup kedepannya, bersifat mandiri dan juga terbuka, terbuka dalam hala apa saja, pergaulan dan lingkup pertemanan, terbuka dalam hal wawasn yang dimiliki dan juga terbuka dalam segi lainnya. Banyak anak muda di indonesia memilih untuk merantau, mencoba kehidupan baru di tanah rantauan, dengan tidak emmiliki siapapun untuk membantu ekhidupannya, mencoba menjadi pribadi yang dewasa dan mandiri dan juga menjadi pribadi yang lebih produktif dalam menjalankan banyak hal selama perkuliahan. Nah tapi, gimana ya kalo misal kamu termasuk orang yang awalnya sudah terjun ke dalam dunia bisnis, atau kamu sudah dilahirkan menjadi seorang pebisnis karena meneruskan usaha warisan keularga? Haha tentunya kamu akan sulit untuk membagi waktumu, untuk pekerjaan dan juga berkuliah kan?. Nah tenang, ternyata ada ghal yan dspat mempermudah kamu buat terus bisa ngejalanin dengan sukses di berbagai bidang yang sedang kamu geluti contohnya saja saat kamu sedang memfokuskan untuk berbisnis atau usaha dan juga perkuliahan kamu loh. Nah solusi yang kamu harus pertimbangnkan adalah, ternyata di beberapa perguruan tinggi di indonesia menerapkan sistem kuliah online loh, kuliah online adalah dimana kamu tidak perlu datang ke kampus, namun kamu hanya perlu meluangkan waktu saat jam perkuliahan kamu di depan akses internet. Namun jangan salah ya, bukan berarti kuliah onloine ini tidak sama sekali melakukan perkuliahan tatap muka bersama dosen dan juga tidak memiliki kelompok kelompok dalam penugasan. Akan selalu ada waktu sesekali saat bertatap muka bersama dosen, atau waktu untuk kamu mengerjakan tugas kelompok, atau waktu dimana kamu memang masuk kelas dan bertemu dnegan teman teman sekelas kamu. Kuliah online di jakarta..

Kuliah Online Jakarta

Baca juga : Kuliah Online

Kuliah Online di Jakarta dengan daftarnya

Berikut ini adalah universitas universitas yang menggunakan atau membuka fasilitas untuk perkuliahan online, diantaranya adalah :

  1. Universitas negeri Jakarta

Universitas negeri yang tentunya berada di ibukota indonesia, jakarta ini, sudah banyak sekali menorehkan kejuaraan di berbagai bidang di indonesia maupun internasional, universitas yang didirikan pada tahun 1964 ini sangat salah satunya menerima kejuaraan Gold Medal Intex young di Malaysia pada tahun 2014.

  1. Universitas Indonesia

Jangan sangka bahwa universitas swasta saja yang memiliki fasilitas kuliah umum, universitas ternama di indonesia ini yang merupakan universitas negeri teerbaik indonesia ini uga tidak kalah bergengsinya, dengan menerapkan kuliah umum, universitas indonesia yang terletak di depok jawa barat ini sangat direkomendasikan untuk menjadi pilihan universitas impian.

  1. Universitas Esa Unggul

Universitas esa unggul atau yang lebih sering dikenal dengan nama UEU ini merupakan pendiri pertama pendidikan atau akademi rekam medik se indonesia. Universitas esa unggul merupakan perguruan tinggi swasta yang ada di kota jakarta yang merupakan naungan dari yayasan pendidikan kemala mencerdaskan bangsa. Universitas swasta di jakarta ini dylunya didirikan pada tahun 1986.

  1. Universitas Gunadarma

Universitas yang sering sekali mendapat julukan universitas swasta terbaik di indonesia ini, memang snagat mendukung kualitas pendidikannya, banyak seklai prestasi yang ditorehkan oleh sumber daya sumber daya dari universitas ini. Universitas yang snagat menjanjikan untuk dipilih karena sangat terkenal dengan failitas yang baik sehingga dpaat mendukung proses perkuliahan dnegan baik juga.

  1. Universitas Bina Nusantara

Universitas bina nusantara atau yang lebih dikenal denan nama binus ii kini memiliki dua buah universitas yang berada di daerah serpong trangerang, unievrsitas swasta yang ada di jakarta ini emmang terkenal sangat bergengsi, karena banyaknya prestasi yang ditorehkan oleh universitas ini, terutama dalam bidang teknologi dan juga informasi. Universitas bina nusantara menjadikan universitas yang terbaik yang ada di indonesia. Kuliah online di jakarta.

 

0

Kuliah Online ITS

Kuliah Online ITS

ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) telah resmi mendapatkan izin lembaga yang bersangkutan untuk mencanangkan program kuliah online bersama 5 perguruan tinggi yang lainnya. Kuliah Online ITS adalah salah satunya.

Lima perguruan tinggi yang lain yang telah mendapatkan izin yaitu Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta, dan Universitas Bina Nusantara (BINUS).

kuliah online atau daring diluncurkan sekaligus Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dilakukan oleh Wakil Presiden RI Boediono bertempat dikantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut pendapat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh penerapan kuliah online atau online bertujuan agara bisa memperluas kualitas dan akses PT yang ada di Indonesia.

Salah satu alasan diselenggarakannya kuliah online adalah keterbatasan kapasitas perguruan tinggi, keterjangkauan yang rendah karena lokasinya kurang sedikit merata sehingga dapat berdampak pada tingginya akomodasi dan biaya kuliah.

Selain itu, perguruan tinggi juga masih fokus di pulau jawa dan sumber daya pendidikan yang memadai dan berkualitas masih kurang. Serta jaminan pemenuhan kebutuhan akan pendidikan tinggi bermutu belum ada.

Terkait dengan Dapodik, pengelolaan pendidikan dengan realitas wilayah Indonesia yang sangat dinamis dan sangat luas, acuan sebuah data lengkap yang memuat data siswa, guru, dan satuan pendidikan(sekolah) juga diperlukan.

Dapodik akan siap untuk membantu penyaluran tunjangan profesi guru (TPG) ke seorang guru sekalipun yang sedang berada di pelosok.

Kuliah Online ITS

Baca juga : Kuliah Online

Kuliah Online ITS

Kuliah online atau kuliah dalam jaringan (daring) cukup menarik perhatian mahasiswa. Program yang dibangun oleh Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) itu diterapkan salah satu universitas ternama yang ada di Indonesia yaitu ITS dan berhasil diikuti sekitar 700 mahasiswa di perguruan tinggi.

Antara lain, mereka berasal dari STT YPM (Sekolah Tinggi Teknik Yayasan Pendidikan dan social Maarif) Sidoarjo, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Musamus Merauke. “Kebanyakan yang ikut kuliah online berasal dari Merauke,” kata Rektor ITS Prof Tri Yogi Yuwono ketika peluncuran kuliah online di Indonesia tepatnya diruang Video Conference ITS.

Syamsul Arifin selaku Ketua Pusat Pengembangan Pendidik dan Aktivitas Instruksional (P3AI) ITS menjelaskan, ITS telah menyelenggarakan blended learning (gabungan antara learning dan kuliah tatap muka) semenjak 2006 silam.

Dikampus ITS sendiri ada istilah lain dari kuliah online yaitu share it. Share it sendiri merupakan system e-pembelajaran yang digunakan di ITS dan dibangun melalui program dana hibah TIK Inherent ditahun 2006. Sebenarnya Share ITS mempunyai kepanjangan yaitu Sharable & Reusable eLearning ITS. Buku pedoman untuk pengembangan pembelajaran berbasis Share ITS atau buku panduannya dapat dilihat melalui website Share ITS.

Sampai saat ini, sudah sebanyak kurang lebih 30 mata kuliah yang telah disediakan oleh ITS sendiri untuk dilaksanakan secara online. Mendikbud berpendapat kuliah online atau daring berbeda dengan sekedar membaca modul yang ada di internet. Kuliah ini tetap dengan dosen yang membimbing, tetapi interaksinya menggunakan jaringan internet berupa video dan obrolan secara langsung dalam proses belajar mengajar.

Kampus ITS sendiri saat ini memiliki sepuluh fakultas dengan bidang ilmu yang berbeda, antara lain : Teknologi Kelautan, Sains, Teknologi Industri, Teknologi Elektro, Matematika, Komputasi dan Sains Data, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Sipil, Lingkungan, dan Kebumian, Arsitektur, Desain dan Perencanaan, serta vokasi.

Kuliah Online ITS

Melalui Dapodik, data tentang guru juga akan dicatat, misalnya seperti mata pelajaran yang telah diampu dan apa itu sudah bisa memenuhi syarat kewajiban mengajar selama 24 jam sebagai syaarat mendapatkan TPG.

Selain itu dapodik juga siap untuk mengatasi kasus yang masih sering terjadi yaitu seperti anak-anak yang putus karena keterbatasan biaya dsb. Karena data sekolah yang akan dicatat adalah mulai dari SD, SMP, SMA/SMK, sampai dengan PT.

Sekian Informasi dari kami

Selamat berjuang, berusaha, dan berdoa.

Semoga bermanfaat

 

0

Daftar Kampus Kuliah Online

Daftar Kampus Kuliah Online

Kuliah online merupakan jalur kuliah yang dapat memberikan kemudahan mahasiswanya untuk tidak menemui atau bertemu secara langsung dengan dosen, tetapi melalui media komunikasi.

Daftar Kampus Kuliah Online pembelajarannya selama perkuliahan berlangsung dilakukan dengan dosen melalui jaringan internet atau melalui file-file yang sudah disediakan dosen yang bersangkutan.

Cara belajar ini menjadi pilihan yang cocok bagi mahasiswa yang mempunyai pekerjaan sampingan atau karyawan dimanapun dan kapanpun. Jika teman-teman telah mengambil keputusan untuk mendaftar kuliah online, teman-teman perlu selektif dalam memelih jurusan atau program studi yang akan teman-teman geluti. Kalau salah pilih teman-teman bisa malah bosan dan bisa jadi berhenti ditengah jalan dan itu bisa membuat rugi biaya dan waktu.

Daftar kuliah online karyawan Universitas seluruh di Indonesia:

Berikut ini beberapa daftar universitas yang membuka kelas kuliah karyawan & kuliah online di Indonesia.

Dengan kemajuan teknologi informasi, di Indonesia sudah menerapkan dan menggunakan kesempatan ini salah satunya di Universitas. Mendapat lulusan titel sarjana atau bahkan bisa melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi lagi tidaklah sulit asal ada niat, kemauan dan biaya yang memadai pastinya, semua hal tersebut bisa didapatkan.

Dengan adanya informasi artikel ini, kami harapkan daftar ini dapat membantu anda dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selamat belajar dan terus gapai cita-citanya.

  Daftar Kampus Kuliah Online

Baca juga : Kuliah Online

Daftar Universitas Kuliah Online di Indonesia

Berikut kami sajikan beberapa Daftar Universitas yang terdapat di Indonesia yang telah menerapkan program kuliah online.

  • Universitas Indonesia
  • Institut Teknologi Bandung
  • Institut Teknologi Sepuluh November
  • Universitas Bina Nusantara
  • Universitas Gajah mada
  • Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom)

Daftar Universitas Kuliah Karyawan di Indonesia

Sumatra Utara

  • Universitas Al Azhar Medan, Medan
  • Universitas Alwashliyah, Medan
  • Universitas Amir Hamzah, Medan
  • Universitan Asahan, Kisaran
  • Universitas Cut Nyak Dien, Medan
  • Universitas Darma Agung, Medan
  • Universitas Dharma Wangsa, Medan
  • Universitas Graha Nusantara, Padang Sidempuan
  • Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Universitas Islam Labuhan Batu, Rantau Prapat
  • Universitas Islam Sumatra Utara, Medan
  • Universitas Karo, Kabanjahe
  • Universitas Katolik santo Thomas, Medan
  • Universitas Medan Area, Medan
  • Universitas Methoodist Indonesia, Medan
  • Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan
  • Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan
  • Universitas Muslim Nusantara Al- Wasliyah, Medan
  • Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan
  • Universitas Pembinaan Masyarakat Idonesia, medan
  • Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Universitas Sisingamangaraja XII, Medan
  • Universitas Simalungun, Pematangsiantar
  • Universitas Tri Karya, Medan

Sumatra Barat

  • Universitas Andalas, Padang
  • Universitas Negeri Padang, Padang
  • Universitas Bung Hatta, Padang
  • Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat
  • Politeknik Negeri Padang
  • Institut Teknologi Padang
  • Universitas Taman Siswa Padang
  • Universitas Ekasakti Padang
  • Universitas Putra Indonesia, Padang
  • Universitas Maha Putra

Lampung

  • Universitas Negeri Lampung
  • Universitas Bandar Lampung
  • Universitas Muhammadiyah Metro
  • Universitas Malahayati
  • Universitas Saburai
  • Universitas Tulang Bawang
  • Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Sekolah Tinggi Bahasa Asing Teknokrat
  • STIE Darmajaya
  • Politeknik Negeri Lampung
  • AMIK Teknokrat
  • STMIK Teknokrat
  • Sekolah Tinggi Bahasa Asing Yunisla

Jakarta

  • Universitas Katolik Atma Jaya
  • Universitas Mercu Buana
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Ciputra
  • Universitas Wiraswasta Indonesia
  • Universitas Al Azhar
  • Universitas Paramadina
  • Universitas Esa Unggul
  • Universitas Pancasila
  • Universitas Widyatama
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Trisakti
  • Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah
  • Universitas Pelita Harapan
  • Universitas Satya Negara
  • Institut Bisnis Nusantara
  • Universitas Indraprasta
  • Universitas Nasional
  • Universitas Jayabaya
  • Universitas UPN Veteran Jakarta

Bogor

  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Pakuan
  • Universitas Ibn Kaldun (UIKA)
  • Universitas Djuanda
  • Universitas Bina Sarana Informatika

Bandung

Universitas Sangga Buana Bandung

  • Universitas Pajajaran
  • Universitas Pendidikan Indonesia
  • Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati
  • Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)
  • Universitas Kristen Maranatha
  • Universitas Widyatama
  • Universitas Telkom
  • Institut Teknologi Nasional
  • Universitas Pasundan
  • Universitas Katolik Parahyangan
  • Politeknik Negeri Bandung
  • Universitas Bandung

Yogyakarta

  • Universitas mercu Buana Yogyakarta
  • Universitas Sarjanawiyata
  • Universitas Proklamasi 45
  • Universitas Widyamataram
  • Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo
  • Universitas Ahmad Dahlan
  • Universitas Kristen Duta Wacana
  • Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Universitas PGRI Yogyakarta
  • Universitas Islam Indonesia
  • Universitas Sanata Dharma
  • Universitas Widya Mataram
  • Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Universitas pembangunan Nasional Yogyakarta
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Bali

  • Universitas Udayana
  • Universitas Hindu Indonesia
  • Universitas Dwijendra
  • Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Universitas Mahenradatta
  • Universitas Ngurah Rai
  • Universitas Panji sakti Singaraja
  • Universitas Tabanan Kediri
  • Universitas Warmadewa
  • Universitas Pendidikan Nasional
  • IKIP PGRI Bali
  • IKIP Saraswati Tabanan
  • Sekolah Tinggi Bahasa Asing Hita Widya

Demikianlah beberapa daftar universitas dan sekolah tinggi maupun institusi pendidikan lain yang membuka kelas kuliah karyawan & kuliah online yang dapat anda coba. Kuliah online memang termasuk baru di Indonesia.

Semoga bermanfaat

Selamat Berjuang, dan jangan lupa berdoa.

 

0

Cara Kuliah Online

Cara Kuliah Online

Akhir-akhir ini pendidikan jarak jauh atau via online memang online memang sedang banyak dibicarakan dimasyarakat. Cara Kuliah Online mahasiswa hanya cukup berselancar diinternet. Kesibukan membagi waktu antara menimba ilmu dan kerja menjadi salah satu factor yang mendorong seseorang untuk mengikuti pendidikan jarak jauh atau yang disebut dengan kuliah online.

Cara Kuliah Online

Cara kuliah online dilakukan dengan cara berkomunikasi dengan dosen melalui internet dan file berupa dokumen dsb yang sudah diberikan dosen yang bersangkutan. Para mahasiswa diharuskan selalu aktif dalam mencari materi perkuliahan sendiri, karena waktu untuk kuliah online berbeda dengan waktu kuliah biasa. Pemberian tugas juga biasa dikirim oleh dosen langsung untuk mahasiswanya. Kalau soal gelar dan titel, kuliah online dengan kuliah regular tidak ada bedanya alias sama.

Pastikan teman-teman memiliki alasan yang kuat (khususnya untuk masa depan dan karir anda) sebagai pertimbangan dalam memilih program studi yang lainnya. Belum banyak kampus yang memakainya sebagai metode perkuliahan alternatif.

Namun pada 2014, penerapan sistem kuliah online dicanangkan resmi oleh pemerintah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kala itu,  bersama lima perguruan tinggi menyelenggarakan kuliah online yang dapat diakses mahasiswa dari kampus lain. Kelima kampus tersebut adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Binus University.

tiap kampus menyediakan berbagai mata kuliah yang diampu secara online dan terbuka bagi mahasiswa internal maupun dari luar kampus tersebut. Seperti halnya kuliah tatap muka, peserta kuliah online juga harus “hadir” saat jam perkuliahan. Tentu saja, interaksi dilakukan secara virtual melalui forum diskusi online maupun pemanfaatan teknologi video conference. Mahasiswa juga harus mengerjakan dan mengumpulkan berbagai tugas. Selain itu, ada juga ujian tengah semester (UTS) maupun ujian akhir semester (UAS).

Pertama kali ketika diselenggarakan, proyek percontohan program kuliah online ini menyediakan 30 mata kuliah dari lima kampus. Sementara itu, 2.929 mahasiswa dari 53 perguruan tinggi se-Tanah Air tercatat sebagai pesertanya. Diharapkan, sistem kuliah online ini dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bangsa Indonesia menjadi insan cerdas dan komprehensif, melalui belajar tanpa batas ruang dan waktu.

Cara Kuliah Online

Baca juga : Kuliah Online

Sistem online di Indonesia sendiri pertama kali lahir baru hanya diterapkan didalam urusan administrasi kemahasiswaan dan perkuliahan. Belum banyak kampus yang memakainya sebagai metode perkuliahan alternatif.

Tiap kampus menyediakan berbagai macam mata kuliah yang dapat diakses secara online dan terbuka bagi mahasiswa internal maupun dari luar kampus tersebut. Sama seperti kuliah regular atau tatap muka, peserta kuliah online juga harus “hadir & absen” saat jam perkuliahan dimulai. Tentu saja, interaksi dilakukan secara virtual melalui forum diskusi online maupun pemanfaatan teknologi video conference. Selain itu tiap mahasiswa juga harus siap mengerjakan dan mengumpulkan berbagai tugas. Seperti halnya dikuliah regular, selain itu, ada juga ujian tengah semester (UTS) maupun ujian akhir semester (UAS).

Ketika pertama kali diresmikan, proyek percontohan kuliah online ini telah menyediakan sekitar 30 mata kuliah dari lima kampus yang berbeda. Sementara itu, sekitar kurang lebih 2.929 mahasiswa dari 53 perguruan tinggi seTanah Air tercatat sebagai pesertanya. Sistem kuliah online ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bangsa Indonesia menjadi insan cerdas, kompetitif dan komprehensif, melalui belajar tanpa batas ruang dan waktu.

Cara Kuliah Online dalam Hal Biaya

Biaya

Biaya kuliah online bisa 40% lebih murah (atau lebih) jika dibandingkan dengan perkuliahan reguler. Biaya kuliah bisa lebih rendah karena fasilitas yang dinikmati tentu saja lebih terbatas jika dibandingkan dengan kuliah di kampus. Selain menghemat biaya kuliah, juga bisa menghemat biaya hidup, karena kuliah online hanya perlu komputer dan koneksi internet.

 

 

 

0

Kuliah Unikom

Kuliah Unikom

Kuliah merupakan salah satu jalan yang dipilih oleh anak muda sekarang setelah lulus dari sekolah menengah atas. Dimana seseorang lebih banyak untuk memilih meneruskan pendidikannya melalui perkuliahan, namun tak sedikit juga yang memilih untuk membangun usaha atau berwirausaha. Atau terkadang bnyak juga seseorang yang juga teradang memiliki hobi yang sangat sudah profesional sehingga terkadang bisa mendapatkan pekerjaan dari situ sehingga kada ng mereka tidak memiliki waktu untuk berkuliah. Namun ada juga yang memilih jalan untuk menekuni hobi nya ke dalam perkuliahannya, sehingga apa yang dilakukannya itu dapat seiring sejalan memenuhi goals nya dia. Nah apakah kamu juga salah satu dari orang orang tersebut? Kamu merasa ingin seklai berkuliah tapi kamu memang bel;um memiliki cukup waktu untuk pergi ke kampus dan juga menyelesaikan tugas tugas kuliah itu karena waktu kamu yang habis untuk menekuni pekerjaan kamu. Nah jangan khawatir yaa, karena ada loh kuliah online, dimana kuliah online ini bisa sangat membenatu kamu agar kamu lebih fleksibel dalam menghadiri kelas dan juga mengerjakan semua tugas tugasnya dengan waktu yang fleksibel juga. Nah di unikom ternyata juga memberikan fasilitas untuk berkuliah online loh, kuliah unikom bisa sangat membenatu kamu selain kamu memiliki skill yang kamu pilih sesuai dengan jurusan kamu, kamu juga akan di berikan weawasan mengenai ilmu teknologi informasi dan komputer di segala bidang atau jurusan yang akan kamu ambil, baik bidang arsitektur maupun perencanaan wilayah dan tata kota.

Seputar Kuliah Unikom

Unikom merupakan sapaan akrab bagi universitas ilmu komputer di kota bandung jawa barat. Universitas ini berhasil diresmikasn dengan nomor dari menteri pendidikan nasional secara langsung di tahun 2000. Yang dulunya pada tahun 1994 merupakan lembaga pendidikan komputer indonesia ini hanya memiliki satu ruangan untuk kelas. Berlokasi di jalan dipati ukur 102 kota bandung jawa barat ini dulunya hanya memiliki sejumlah 25 unit komputer. Program studi yang ditawarkan pada saat itu adalah ahli komputer keuangan dan perbankan, ahli komputer aplikasi bisnis, ahli komputer manajemen dan pemasaran, ahli komputer akuntansi dan perpajakan. Yang akhirnya berkembang menjad universitas dan memiliki program studi teknik komputer S1, manajemen informatika s1, teknik industri s1, teknik Arsitektur s1, perencanaan wilayah dan kota s1, ilmu pemerintahan s1, desain interior d3, desain komunikasi visual s1 dan desain komunikasi visual d3. Nah dengan semakin berkembangnya unikom ini, akan semakin banyak juga mahasiswa baru yang tertarik untuk mendaftarkan diri di unikom, setiap tahunnya unikom menerima sekitar 2000 mahasiswa baru yang juga tersebar dari seluruh indonesia. bahkan mahasiswa yang berasal dari luar negeripun juga ada yang sedang menempuh pendidikan di unikom bandung. Menjadikan universitas yang terkemuka di bidang teknologi informasi dan komunikasi, berwawasan global, berjiwa entrepreneur dan menjadi pusat unggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung segi poembangunan nasional serta berorientasi pada kepentingan masyarkat, bangsa dan negara, merupakan visi yang disampaikan oleh unikom bandung, tentunya dengan berlatarbelakang dari len=mbaga pendidikan komputer, unikom juga mengikut sertakan visi nya ke dalam bidnag bidnag yang menjurus dengan bidang teknologi informasi. Jadi buat kamu yang memeilih ber kuliah unikom kamu akan sangat beruntung karena disamping kamu mendalami bidang bidang yang ekonomi, desain grafis dan lans ebgainya kkamu juga didalami oleh pendiidkan dengan background atau nformasi teknologi. Nah jangan merasa bahwa berkuliah di universiotas sasta tidak akan semaju berkuliah di universitas negeri ya, karena tentu nya akan banyak hal juga yang bis akamu dapatkan di sini sedangkan tidak dapat dididapatkan oleh mahaisswa mahasiswa universitas negeri lainnya. Universitas ini juga menjadikan mahasiswanya yang tidak hanya mendukung dalam sehi akademik saja,, namun juga dalam segi non akademik, seperti kegiatan mahasiswa melalui ukm, atau juga kgiatan mahasiswa melalui organisasi kampus di badan eksektutif mahasiswa, dan juga himpunan mahasiswa yang juga nantinya akan mendukung juga citra universitas tersebut.

Kuliah Unikom

Baca juga : Kuliah Online

Biaya Kuliah Unikom

Unikom akan menjadi sangat terkenal di era yang saat ini, di era yang bisa dikatakan apa pun akan menjadi srba teknologi dan informasi atau serba komputer, karena di unikom kamu bisa kuliah sesuai dengan bidang yang kamu pilih namun kmau juga bisa sesuai dgn bidang yang tertuliskan di visi dan juga misi universitas itu sendiri, yaki dengan membekali mahasiswanya dengan ilmu teknologi dan komunikasi. Dalam perkembangan ilmu teknologi dan komunikasi sekarang, banyak universitas juga yang ingin bersaing dalam hal teknologi dan informasi, namun sudah dipastikan bahwa unikom hadir lebih dini dan lebih berpengalaman dalam bidang teknologi. Untuk biaya kuliah dan keperluan kuliah lainnya unikom sendiri memiliki banyak kebijakan dalam memberikan standar baiya kuliah untuk kamu yang memang ingin sekali mendapatkan biaya kuliah yang murah dan merasa agar tidak emmiliki banyak beban kamu bisa banget loh mengikuti program program beasiswa yang diberikan oleh unikom, karena selama kamu kuliah unikom akan banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan selain kuliah yang nyaman, dosen yang berpengalaman, dan juga biaya kuliah yang sangat terjangkau, lokasi yang juga sangat strategis tentunya akan mempermudah kamu untuk menjalankan semuanya dengan mudah juga. Nah untuk ulasan biaya kuliah unikom bisa kamu lihat lebih lengkap di website resminya yakni unikom.co.id

0

Kuliah Online Surabaya

Kuliah Online Surabaya

Kuliah online merupkan kini menjadi salah satu hal yang paling sering dicari oleh banyak calon mahasiswa di indonesia yang notabennya dalah seorang pekerja, namun tidak sedikit juga yang hanya memang memilih kuliah online sebagai tujuan nya karena mungkin saja disibukkan dengan berbagai macam hal yang bisa membuat seseorang menjadi tidak emmiliki waku untuk datang ke kampus dan lain sebagainya. Kebnyakan orang menjadi mudah kesal ketika seseorang akan terlambat saat mneghadiri kelas namun tidak emngerti situasi yang sebenarnya terjadi, nah oleh karena itu, banyak orang yang memilih untuk melanjutkan penddiikannya dengan berkuliah online. Nah perkuliahan online ini memang sudah banyak diterapkan di universitas universitas swasta maupun negeri yang memnag sudah tersebar di seluruh pelosok nusantara, nah kebanyakan memang universitas univeristas yang menerapkan hal ini memang ada hanya di beberapa kota besar saja seperti kota jakarta, semarang bahkan surabaya. Kuliah online surabaya juga banyak sekali yang meminati, diantaranya dalah malahsiswa mahasiswa univeristas di kota surabaya sendiri atau juga mahasiswa mahasiswa yag berasal dari kota tetangga. Di era yang semakin mordern, era yang semakin serba mudah untuk mendapatkan sesuatu ini memang selalu ada saja inivasi inovasi yang di kembangkan seperti kuliah online ini contohnya.

Manfaat Kuliah Online Surabaya

Nah ternyata selain memberikan waktu yang fleksibel untuk berkuliah, ada banyak seklai manfaat kuliah online loh, diantaranya :

  1. Mahasiswa peserta kuliah online bisa mengikuti kuliah tanpa perlu datang ke kampus dan juga kelas yang secara langsung bertatap muka dengan dosen.
  2. Mahasiswa mahasiswa kuliah online akan merasa lebih mandiri untuk mengatur jadwalnya sendiri dan akan lebih fleksibel waktu yang dipilihnya dalam setiap hari
  3. Mahasiswa peserta kuliah mendapatkan kesempatan baru agar bisa mngikuti perkuliahan perkuliahan dari sumber sumber yang tentunya sudah memiliki keaslian.
  4. Mahasiswa bsia lebih terukur dna juga lebih bisa mnegerti mengnai penggunaan teknologi dan komputer
  5. Kuliah kuliah online ini akan lebih memebrikan hal yang fleksibel untuk menentuakan waktu, tempat dan juga banyaknya akses yang dimiliki perkuliahan onine.
  6. Nah yang terpenting adalah ini, seorang mahasiswa yang mengikuti perkuliahan online bisa sangat menjadi penentu keberhasilan ntya dalam memgang kendali keberhasilan belajarnya
  7. Akan melihat kemungkinana terjadinya sistem oembelkajaran dimana saja dan juga kapan saja
  8. Nyang beruntung juga kuliah online ini akan snahat mengurangi biaya perjalanan kamu
  9. Nah untuk pada dosen dosen ini, akan snagat menjangkau sejumlah peserta didik dengan cakupan yang snagat luas
  10. Nah selalu adanya peningkatan interaksi mahasiswa dengan dosen maupun mahasiswa lainnya, karena yang kebanyakan ditakutkan oleh mahasiswa mahasiswa kuliah online adalah ketika mereka berkuliah secara online dan akan takut untuk tidak bisa bertemu langsung dengan teman teman dan juga dosennya.
  11. Terbentukanya kelompok kelompok belajar yang bisa saling berinteraksi dalam memberikan ilmu
  12. Meningkatkan kualitas dosen karena memngkinkan seorng dosen akan menggali informasi yang lebih luas di tempat yang lebih tidak terjangkau
  13. Kuliah online ini tentunya dikembangkan secara baik dan benar tapi kuliah online ini tentunab dikembangkan agar efektif
  14. Menghemat biaya pendidikan secara total seperti kamu tidak akan membayar biaya buku, infrastruktur kampus dan juga hal hal lainnya.
  15. Dengan berkuliah online kamu akan menjangkau wilayah geografis yang lebih luas
  16. Melatih juga mahasiswa yang lebih mendiri dalam mendapatkan ilmu ilmu pengetahuan. Kuliah online surabaya.

Kuliah Online Surabaya

Baca juga : Kuliah Online

Universitas Kuliah Online Surabaya

Universitas negeri dan swasta yang benyak menerima mahasiswanya dan juga membuka kuliah online di indonesia ini, yakni :

  1. Universitas Gadjah Mada ( UGM )

Universitas ini berada di kota jogjakarta, universitas yang sangat terkenal dengan prestasi nya ini emmnag banyak sekali diminati oleh calon calon mahaisswa baik di dalam daerah itu sendiri maupun di luar daerah itu sendiri. Universitas di indonesia menjad juga semkinb banyak yang mnecari baik dari dalam negei sendiri maupun juga dari luar negeri. karena dilihat kualitas dan juga segi kelayakan universitas di indonesia juga tidak kalaj jika harus bersaing dnegan universitas yang ada di luaran.

  1. Institut Teknologi Sepuluh November ( ITS )

Perguuan tinggi negeri di di idnonesia yang berada di surabaya yakni slaah satunya adalah ITS, kuliah online surabaya yang banyak sekali dicari oleh orang lain, mahaisswa mahsisswa luar dna juga dalam negeri. berlokasi di kota surabaya, kota yang sangat ramai dna juga sangat diperhatikan mulai dari kebersihan kota dna juga hal hal lainnya oleh pemerintah kota setempat. Tidak slaah maka universutas dan juga jenis pendidikan lainnya snagat didukung sekali oleh pemerintah kota tersebut.

  1. Institut Teknologi Bandung ( ITB )

Institut Teknologi Bandung tentunya universitas ini berlokasi di kota mode indonesia yakni kota abndung, kota yang terkenal akan ke asria nnya ini memang juga memiliki banyak universitas dan juga perguruan tinggi yang baik dan juga sangat banyak ini memenag banyak sekali memiliki universitas universitas yang baik di kota nya. Universitas dan perguruan tin ggi swasta mauun negri yg tersebar di kota bandung ini sangat banyak diminati juga oleh calon calon mahaisswa yang ada di kota bandung dan juga sekitarnya. Karena semakin banyaknya universitas yang baik juga di indonesia, maka sekain banyak juga warga asing yang mulai melihat indonesia adalah juga tempat untuk menuntut pendidikan yang baik pula.

0

Apa Itu Kuliah Online Era Sekarang

Apa Itu Kuliah Online Era Sekarang

Di era yang digitilize seperti ini, akan banyak seklai hal hal yang kamu temui itu terkadang sering bisa dilihat sebagai inovasi, nah makanya apa itu kuliah online?

Apa Itu Kuliah Online

Apa itu kuliah online? Ato kamu mau kuliah tapi kamu udah punya kesibukan lai yang hampir menyita waktu kamu? Nah tenang, ternyata ada hal yang bisa sangat empermudah kmau untuk terus menomor satukan pendidikan yakni kuliah tapi kmau juga bis amengedepankan bidang yang sudah kmau gluti saat ini. Nah solusi yang kamu harus pertimbangnkan adalah, ternyata di beberapa perguruan tinggi di indonesia menerapkan sistem kuliah online loh, kuliah online adalah dimana kamu tidak perlu datang ke kampus, namun kamu hanya perlu meluangkan waktu saat jam perkuliahan kamu di depan akses internet. Tapi kamu juga jangan salah ya mengartikan kuliah online, tentunya kamu snagat bisa bertemu teman teman sekelas kamu dan juga kamu akan bisa  bertemu dengan dosen pengajar kamu yang nantinya akan ada momen dimana kamu harus kekampus dan mengikuti perkuliahan di kampus, jadi kuliah online itu gak sebenrnya dan sepenuhnya ada di online loh.

Apa Itu Kuliah Online Era Sekarang

Baca juga : Kuliah Online

Apa Itu Kuliah Online Tips

Buat kmau yang udah mantep banget buat kuliah online, atau kamu yang Cuma penasaran aja nih apa itu kuliah online, terus gimana sih biar orang yang kuliah online itu bisa teratur dan ga ketinggalan materi kuliah juga kaya orang orang yang juga kuliah secara konvensional, nah ini dia tips yang bisa kamu pelajari, dan kali aja membenatu yaa hehe, good luck!

  1. Latar belakang pendidikan kamu bisa mempermudah kamu

Dengan melihat latar belakang pendidikan kamu sebelumnya, kamu akan semakin mudah untuk emmeahami materi, diwaktu yang sangat padat yakni untuk bekerja, dengan memilih latar belakang yang sama, kemungkinan kamu juga akan lebih mudah untuk mencari tahu materi yang kamu butuhkan.

  1. Arah tujuan kmau apa?

Nah saat kamu memiliki tekad untuk berkuliah online, kamu harus tahu pasti apa sebenarnya tujuan yang kamu harapkan dari kamu berkuiah online, apakah kamu ingin segera mendapatkan gelar, atau kamu ingin segera mempercepat waktu kamu dalam emnempuh pendidikan, atau kamu juga ingin menggeluti bidang lain dan karenanya kamu emmilih kuliah onlinee, atau hal hal yang lainnya.

  1. Dalami passion kamu

Nah poin ketiga ini, merupakan poin yang snagat penting, karena banyak orang yang sampai saat ii sama seklai belum menemukan passionnya, sebenbarnya tidak masalah, ketika kamu memang menjadi orang yang bisa sangat diandalkan didalam segala situasi, kamu menjadi orang yang sangat profesional dalam menjalankan apapun.  Anmun dengan mengenali passion kamu kamu akan lebih mudah dan juga nyamansaat menjalaninya.

  1. Cari tahu background perguruan tinggi

Untuk menentukan kuliah, kamu tentunya juga harus memikirkan dimana kamu akan melakukan studi kamu, kamu harus mulai mencari tahu, universitas apa yang sebenarnya kamu inginkan, universitas universitas di indonesia baik universitas swasta maupun universitas negeri banyak juga loh yang memberikan fasilitas kuliah online untuk para mahasiswanya. Bahkan universitas di luar negeri juga banyak, nah untuk itu kamu perlu cari tahu dulu.

  1. Liat seberapa biaya kuliah online

Nah, saat tudah menentukan kuliah apa, passion kamu dimana, dan kuliah kamu dimana, kamu tentunya juga harus mencari tahu seberapa biaya yang dibutuhkan ketika kamu menjalankan kuliah dengan program kuliah online. Kuliah online biasanya akan lebih murah dibanding dengan kuliah setiap hatri yang harus datang ke kampus.

  1. Memperhatikan dan mempersiapkan apa saja persyaratan kuliah

Ketika kamu sudah snagat siap dengan beberapa detil di atas, kamu juga tentunya jangan melupakan persyaratan persyaratan apa yang sebenarnya dibutuhkan dan juga diwajibkan ada untuk para peserta kuliah online. Jadi kamu sangat diwajibkan untuk memperbanyak atau meng update informasi informasi yang kamu inginkan agar saat pendaftaran nanti dokumen yang dibutuhkan akan lengkap dan juga lebih mudah.

  1. Pastikan dirimu memiliki kelengkapan peralatan untuk kuliah online

Memastikan kamu memiliki perlengkapan untuk perkuliahan, wah terdengar aneh ya? Namun, kamu harus benar benar memeperhatikan poin yang ini, karena pada dasarnya kuliah online adalah dimana kamu dapat melungkan waktu kamu untuk belajar dengan hanya menggunakan akses internet dan juga perangkat komputer.

  1. Memahami penyampaian materi saat kamu berkuliah

Setelah kamu memasikan semua berjalan dengan benar, kamu juga hartis mengetahui nih sejauh mana materi dan mata kuloiah yang akan kamu ambil nantinya, apakah materi dan mata kuliah yang kamu ambil ini akan sesuai dengan apapun yang kamu inginkan, karenaa penyampaian materi kuliah online tentunya sangat berbeda denbgan kuliah offline.

  1. Pahami jadwal dan waktu sibukmu

Ketika kamu sudah memsuki masa perkuliahan dipastikan dengan sangat kamu emmiliki waktu waktu yang fleksibel atau waktu yang mungkin sudah kamu sempatkan untuk kamu hadir di dalam perkuliaha online ini. Maka penting juga mencatat dan menschediule jdwal kuliah kamu meskipun kuliah kamu hanya dilaksanakan saat perkuliahan online

  1. Cari tahu info dosen mu

Mencari dosen atau pengajar yang khusus untuk membimbing mahaisswa yang berkuliah secara online tentunya sangat berbeda dengan ketika dosen mengajar saat pada perkuliahan konvensional, dikarenakan dalan=m perkuliahan online tentunya memiliki tips dan trik juga untuk menyampaikan materi, nah informasi ini bisa kamu dapatkan di laman web kampus yang tersedia atau kamu bisa banget cari tau lewat kakak tingkat kamu yang satu kampus loh, pastikan dosen kamu juga melek teknologi ya hahaha.

 

0

Kuliah Online di Jakarta

Kuliah Online di Jakarta

Di era yang modern dan digitilize sekarang ini, kuliah bukan lagi sesuatu yang dianggap keren, namun kuliah merupakan suatu kebutuhan, karena semakin berkembangnya era, semakin berkembnagn pula kebutuhan suatu negara yang tentunya membtuhkan sumber daya sumber daya yang ada di negara itu sendiri. Dan mengapa itulah oendidikan sangat dianggap penting bagi banyak oranag, karena dengan pendidikan derajat seseorang akan semakin tinggi, dibuktikan dengan tigkat kecerdasan intelektual maupun kecerdasan dalam beradaptasi dengan lingkungan. Pendidikan yang dari dulu memang sangat dipandang sebagai tolok ukur kehidupan manusia itu, emmang terbukti snagat penting bagi sumber daya manusia yang ada di setiap negara itu sendiri. Tidak jarang, banyak visi dan misi dari sebuah pemerintah di suatu negara selalu mensuppport penuh jalannya pendidikan. Memfasilitasi dan juga mendukung secara keuangan untuk memajukan kualitas pendidikan yang ada di negara tersebut. Tidak berbeda dengan yang dijalankan oleh pemerintah indonesia, yang snagat mendukung penuh pendidikan yang ada di indonesia. Meningkatnya jumlah tenaga pendidik, meningkatnya anak anak yang lulus dalam standar wajib sekolah yang diberikan oleh pemerintah, dan juga terjamahnya pendidikan di indonesia yang berada di pelosok pelosok negeri. ya meskipun standar pendidikan masih belom bisa disamakan, namun pemerintah selalu berusaha keras untuk menyamaratakan semuanya. baik di dalam hal memfasilitasi dan juga dalam hal lainnya. Bahkan pendidikan yang diperhatikan oleh pemerintaah bukan hanya pendidikan pendidikan dasar saja loh seperti sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan juga sekolah menengah atas, tapi juga hingga pendidikan perguruan tinggi. Bahkan upaya pemerintah bersama kementrian riset dan teknologi pendidikan tinggi di indonesia sudah bekerja sama dalam meningkatkan standar dan juga mutu yang baik untuk perguruan tinggi perguruan tinggi yang ada di indonesia. Dalama hal perkuliahan misalnya, kini sudah banyak sekali perguruan tinggi di indonesia yang juga mendapatkan akreditasi, semua itu atas dasar kerja keras pemerintah sendiri untuk selalu emningkat kan mutu pendidikan yang ada di indonesia, yang tentunya juga sangat berdampak untuk generasi generasi di indonesia saat itu nanti. kuliah online di jakarta.

Kuliah Online di Jakarta

Baca juga : Kuliah Online

Kuliah Online di Jakarta Berkualitas

Setelah seseorang mencoba beralih dari sekolah emnengah atas lalu kini menemui dunia baru yang dinamakan dunia perkuliahan, dimana pelajar disini sering disapa dengan julukan mahasiswa, yang artinya maha dari segala siswa. Mahasiswa, dituntut untuk sudah emmiliki arah pandangan hidup kedepannya, bersifat mandiri dan juga terbuka, terbuka dalam hala apa saja, pergaulan dan lingkup pertemanan, terbuka dalam hal wawasn yang dimiliki dan juga terbuka dalam segi lainnya. Banyak anak muda di indonesia memilih untuk merantau, mencoba kehidupan baru di tanah rantauan, dengan tidak emmiliki siapapun untuk membantu ekhidupannya, mencoba menjadi pribadi yang dewasa dan mandiri dan juga menjadi pribadi yang lebih produktif dalam menjalankan banyak hal selama perkuliahan. Nah tapi, gimana ya kalo misal kamu termasuk orang yang awalnya sudah terjun ke dalam dunia bisnis, atau kamu sudah dilahirkan menjadi seorang pebisnis karena meneruskan usaha warisan keularga? Haha tentunya kamu akan sulit untuk membagi waktumu, untuk pekerjaan dan juga berkuliah kan?. Nah tenang, ternyata ada ghal yan dspat mempermudah kamu buat terus bisa ngejalanin dengan sukses di berbagai bidang yang sedang kamu geluti contohnya saja saat kamu sedang memfokuskan untuk berbisnis atau usaha dan juga perkuliahan kamu loh. Nah solusi yang kamu harus pertimbangnkan adalah, ternyata di beberapa perguruan tinggi di indonesia menerapkan sistem kuliah online loh, kuliah online adalah dimana kamu tidak perlu datang ke kampus, namun kamu hanya perlu meluangkan waktu saat jam perkuliahan kamu di depan akses internet. Namun jangan salah ya, bukan berarti kuliah onloine ini tidak sama sekali melakukan perkuliahan tatap muka bersama dosen dan juga tidak memiliki kelompok kelompok dalam penugasan. Akan selalu ada waktu sesekali saat bertatap muka bersama dosen, atau waktu untuk kamu mengerjakan tugas kelompok, atau waktu dimana kamu memang masuk kelas dan bertemu dnegan teman teman sekelas kamu. Kuliah online di jakarta..

Kuliah Online di Jakarta Listnya

Berikut ini adalah universitas universitas yang menggunakan atau membuka fasilitas untuk perkuliahan online, diantaranya adalah :

  1. Universitas negeri Jakarta

Universitas negeri yang tentunya berada di ibukota indonesia, jakarta ini, sudah banyak sekali menorehkan kejuaraan di berbagai bidang di indonesia maupun internasional, universitas yang didirikan pada tahun 1964 ini sangat salah satunya menerima kejuaraan Gold Medal Intex young di Malaysia pada tahun 2014.

  1. Universitas Indonesia

Jangan sangka bahwa universitas swasta saja yang memiliki fasilitas kuliah umum, universitas ternama di indonesia ini yang merupakan universitas negeri teerbaik indonesia ini uga tidak kalah bergengsinya, dengan menerapkan kuliah umum, universitas indonesia yang terletak di depok jawa barat ini sangat direkomendasikan untuk menjadi pilihan universitas impian.

  1. Universitas Esa Unggul

Universitas esa unggul atau yang lebih sering dikenal dengan nama UEU ini merupakan pendiri pertama pendidikan atau akademi rekam medik se indonesia. Universitas esa unggul merupakan perguruan tinggi swasta yang ada di kota jakarta yang merupakan naungan dari yayasan pendidikan kemala mencerdaskan bangsa. Universitas swasta di jakarta ini dylunya didirikan pada tahun 1986.

  1. Universitas Gunadarma

Universitas yang sering sekali mendapat julukan universitas swasta terbaik di indonesia ini, memang snagat mendukung kualitas pendidikannya, banyak seklai prestasi yang ditorehkan oleh sumber daya sumber daya dari universitas ini. Universitas yang snagat menjanjikan untuk dipilih karena sangat terkenal dengan failitas yang baik sehingga dpaat mendukung proses perkuliahan dnegan baik juga.

  1. Universitas Bina Nusantara

Universitas bina nusantara atau yang lebih dikenal denan nama binus ii kini memiliki dua buah universitas yang berada di daerah serpong trangerang, unievrsitas swasta yang ada di jakarta ini emmang terkenal sangat bergengsi, karena banyaknya prestasi yang ditorehkan oleh universitas ini, terutama dalam bidang teknologi dan juga informasi. Universitas bina nusantara menjadikan universitas yang terbaik yang ada di indonesia. Kuliah online di jakarta.

 

0

Biaya Kuliah Online

Biaya Kuliah Online

Kuliah online adalah salah satu alternatif untuk kamu yang memang memiliki kesibukan lain d luar yang tidak bisa ditinggalkan, biasanya kuliah online ini diperuntukan kepada orang orang yang emmeiliki profesi yang terkait seperti dosen, karyawan, pebisnis, bahkan juga seorang traveler sejati. Biaya kuliah online dinilai terkadang juga lebih murah, disamping mempermudah waktu.

Tips Berkuliah Biaya Kuliah Online

  1. Mempertimbangkan latar belakang pendidikan

Dengan melihat latar belakang pendidikan kamu sebelumnya, kamu akan semakin mudah untuk emmeahami materi, diwaktu yang sangat padat yakni untuk bekerja, dengan memilih latar belakang yang sama, kemungkinan kamu juga akan lebih mudah untuk mencari tahu materi yang kamu butuhkan. Nah oleh karena itu tips pertma yang harus kamu tahu saat kamu berkeinginan untuk melanjutkan kuliah dengan memilih program kuliah online. Memang tidak ada slaahnya untuk memilih jurusan yang berbeda dengan latar belakang yang sudah kamu tekuni sebelumnya, namun ini akan menjadi terasa lebih mudah untuk kamu pelajari dan kamu mengerti isinya.

  1. Menentukakn tujuan yang jelas

Nah saat kamu memiliki tekad untuk berkuliah online, kamu harus tahu pasti apa sebenarnya tujuan yang kamu harapkan dari kamu berkuiah online, apakah kamu ingin segera mendapatkan gelar, atau kamu ingin segera mempercepat waktu kamu dalam emnempuh pendidikan, atau kamu juga ingin menggeluti bidang lain dan karenanya kamu emmilih kuliah onlinee, atau hal hal yang lainnya. Nah dengan tahap awal kamu menentukan apa sebenarnya tujuan yang kamu harapkjan dari apa yang ingin kamu kerjakan ini tentunya akan sangat mempermudah kamu dalam menjalankan tahap tahap berikutnya, entah dalam saat proses belajar atau hal lainnya.

  1. Memahami passion kamu

Nah poin ketiga ini, merupakan poin yang snagat penting, karena banyak orang yang sampai saat ii sama seklai belum menemukan passionnya, sebenbarnya tidak masalah, ketika kamu memang menjadi orang yang bisa sangat diandalkan didalam segala situasi, kamu menjadi orang yang sangat profesional dalam menjalankan apapun.  Anmun dengan mengenali passion kamu kamu akan lebih mudah dan juga nyamansaat menjalaninya.

Biaya Kuliah Online

Baca juga : Kuliah Online

  1. Mengenal pilihan perguruan tinggi

Untuk menentukan kuliah, kamu tentunya juga harus memikirkan dimana kamu akan melakukan studi kamu, kamu harus mulai mencari tahu, universitas apa yang sebenarnya kamu inginkan, universitas universitas di indonesia baik universitas swasta maupun universitas negeri banyak juga loh yang memberikan fasilitas kuliah online untuk para mahasiswanya. Bahkan universitas di luar negeri juga banyak, nah untuk itu kamu perlu cari tahu dulu.

  1. Wajib banget Cek biaya kuliah online

Nah, saat tudah menentukan kuliah apa, passion kamu dimana, dan kuliah kamu dimana, kamu tentunya juga harus mencari tahu seberapa biaya yang dibutuhkan ketika kamu menjalankan kuliah dengan program kuliah online. Kuliah online biasanya akan lebih murah dibanding dengan kuliah setiap hatri yang harus datang ke kampus.

  1. Menyiapkan persyaratan kuliah

Ketika kamu sudah snagat siap dengan beberapa detil di atas, kamu juga tentunya jangan melupakan persyaratan persyaratan apa yang sebenarnya dibutuhkan dan juga diwajibkan ada untuk para peserta kuliah online. Jadi kamu sangat diwajibkan untuk memperbanyak atau meng update informasi informasi yang kamu inginkan agar saat pendaftaran nanti dokumen yang dibutuhkan akan lengkap dan juga lebih mudah.

  1. Memastikan diirimu memiliki peralatan untuk perkuliahan

Memastikan kamu memiliki perlengkapan untuk perkuliahan, wah terdengar aneh ya? Namun, kamu harus benar benar memeperhatikan poin yang ini, karena pada dasarnya kuliah online adalah dimana kamu dapat melungkan waktu kamu untuk belajar dengan hanya menggunakan akses internet dan juga perangkat komputer. Kan aneh ya kalo misal kamu memilih untuk berkuliah inline, tapi kamu ga bisa setiap saat online, jadi pastikam kamu memiliki pc atau minimal laptop, lalu juga akses internet yang memadai berupa wifi.

  1. Menegetahui penyampaian materi kuliah

Setelah kamu memasikan semua berjalan dengan benar, kamu juga hartis mengetahui nih sejauh mana materi dan mata kuloiah yang akan kamu ambil nantinya, apakah materi dan mata kuliah yang kamu ambil ini akan sesuai dengan apapun yang kamu inginkan, karenaa penyampaian materi kuliah online tentunya sangat berbeda denbgan kuliah offline yang setiap dosen dapat menjelaskan secara detil melalui suatu kelas, namun bisa saja saat perkuliahan online, materi yang disampaikan hanya berupa dokumen presentasi atau pun video call sesekali.

  1. Memperlajari jadwal dan juga reverensi

Ketika kamu sudah memsuki masa perkuliahan dipastikan dengan sangat kamu emmiliki waktu waktu yang fleksibel atau waktu yang mungkin sudah kamu sempatkan untuk kamu hadir di dalam perkuliaha online ini. Maka penting juga mencatat dan menschediule jdwal kuliah kamu meskipun kuliah kamu hanya dilaksanakan saat perkuliahan online. Dan biasanya perkuliahan perkuliahan on;line ini membutuhkan akun untuk dijadikan akses kamu untuk dapat berkomunikasi dengan teman teman lainnya dan juga dosen kamu nantinya.

  1. Mencari tahu informasi mengenai tenaga pengajar atau dosen kamu

Mencari dosen atau pengajar yang khusus untuk membimbing mahaisswa yang berkuliah secara online tentunya sangat berbeda dengan ketika dosen mengajar saat pada perkuliahan konvensional, dikarenakan dalan=m perkuliahan online tentunya memiliki tips dan trik juga untuk menyampaikan materi, nah informasi ini bisa kamu dapatkan di laman web kampus yang tersedia atau kamu bisa banget cari tau lewat kakak tingkat kamu yang satu kampus loh, pastikan dosen kamu juga melek teknologi ya hahaha.

Biaya Kuliah Online yang Harus Kamu Tahu

Di idnonesia banyak banget loh ternyata deretan perguruan tinggi perguruan tinggi di indonesia baik perguruan tinggi swasta dan juga perguruan tinggi negeri yang tersebar di indonesia juga menerapkan beberapa sistem perkuliahan secara online. Nah beberapa universitas tersebut diantaranya adalah universitas negeri jakarta, universitas indonesia, universitas trisakti, universitas esa unggul, universitas atma jaya, universitas bina nusantara, universitas gunadarma, dan lain lain, nah untuk biaya kuliah online, bisa kamu cari tahu melalui website resmi universitas universitas tersebut yaa.

0