Apakah Apartemen Studio Bisa di Jadikan Kantor

Mungkin anda pernah kepikiran memiliki sebuah usaha startup yang memang lagi digandrungi anak milenial jaman sekarang. Namun keterbatasannya ruang kantor menyebabkan startup kadang menjadi kurang begitu berkembang.

Karena sebuah perusahaan startup yang sedang berkembang, membutuhkan sebuah tempat yang bisa dijadikan office atau kantor. Dimana dikantor tersebut, bisa digunakan untuk menyelesaikan project atau mitting bersama client.

Namun anda pasti mengerti bahwa menyewa sebuah kantor untuk di kota besar seperti Jakarta saja, harganya sudah cukup mahal. Karena memang sebuah kantor sifatnya adalah komersial, dan tentu para pemilik bangunan juga akan memasang harga yang tidak murah.

Sebenarnya ada beberapa solusi yang bisa anda pilih untuk bisa mendapatkan sebuah kantor startup yang berbiaya murah. Yaitu pertama adalah menggunakan office virtual, atau menyewa sebuah apartemen.

Kedua pilihan tersebut bisa anda pertimbangkan, terutama unuk memilih apartemen agar bisa dijadikan sebuah kantor startup anda. Karena harga sewa dari apartemen studio itu sendiri juga rata-rata cukup terjangkau.

Kenapa memilih apartemen, ketimbang rumah sewa atau kontrakan sekalian. Yaitu anda pasti paham bahwa apartemen dekat dengan akses menuju kota maupun akses menuju tempat-tempat perbelanjaan, sehingga posisi dari apartemen itu sendiri sangat startegis. Dan sangat cocok bila dijadikan sebuah office dari startup yang anda jalankan.

Berikut beberapa tips bila anda memutuskan untuk memilih apartemen sebagai tempat office startup yang akan anda kembangkan bersama teman-teman anda.

1# Pertimbangkan Lokasi Apartemen

Yang menjadikan nilai lebih dari sebuah apartemen yang akan nantinnya dijadikan sebuah kantor startup anda adalah lokasinya. Dimana sebuah lokasi apartemen, cenderung lebih dekat dengan pusat kota atau tempat-tempat penting.

Jadi anda wajib mencari apartemen yang aksesnya mudah, sehingga bila ada client yang mau mendatangi kantor anda juga mudah. Jangan pilih  apartemen yang lokasinya jauh atau sulit di temukan oleh orang lain.

2# Negosiasi Harga Sewa Bersama Pemilik Apartemen

Penting sekali untuk mendiskusikan masalah harga, jangan berpatokan dengan harga sewa apartemen harian. Namun pilih harga apartemen dalam sekala bulanan.

Pastikan adanya potongan harga bila anda menyewa dalam waktu cukup lama yaitu 1 tahun. Dan rata-rata jauh lebih murah menyewa pertahun daripada anda membayar setiap bulannya.

3# Ubah Prabotan Menjadi kantor Anda

Ketika anda menyewa apartemen, maka terdapat fasilitas yang anda peroleh yaitu prabotan rumah. Yang jelas, prabotan ini bisa anda manfaatkan sebaik mungkin untuk bisa menjadi fasilitas kantor anda.

Atau anda juga bisa menambahkan beberapa meja, agar tim bisnis startup anda bisa bekerja dengan baik. Dan pastikan agar anda memberitahukan kepada pemilik apartemen bila anda ingin menambahkan prabotan anda sendiri.

4# Ubah Ruang Tamu Menjadi Ruang Miting Anda

Ruang tamu merupakan tempat penting untuk bertemu client anda, jadi pastikan anda mengubah ruang tamu anda agar bisa menjadi ruang miting yang nyaman. Walapun menjadi pintu masuk, paling tidak tamu anda sudah bisa langsung diskusi dengan anda.

5# Ubah Kamar Tidur Menjadi Ruang Kerja

Kemudian anda bisa mengubah ranjang tempat tidur di apartemen tersebut menjadi tempat istrahat santai anda dengan tim anda. Atau anda bisa memodifikasi ranjang tersebut agar bisa menjadi sebuah ruang kerja yang nyaman.

Kesimpulan Apartemen Menjadi Kantor Startup Anda

Memang untuk zaman sekarang, efisiensi adalah hal yang paling utama. Karena untuk apa menyewa kantor mahal-mahal, bila anda solusi paling murah. Yaitu sewa apartemen untuk bisnis anda.

Tidak usah malu bila memiliki kantor di apartemen, intinya adalah yang penting aktifitas anda tidak mengganggu tetangga anda. Maka hal tersebut tidak akan menjadi sebuah masalah.

Karena yang terpenting dari sebuah bisnis adalah, dimana memiliki sebuah tempat yang jelas usahanya dan bisa di pertanggung jawabkan secara hukum. Sehingga semua kegiatan bisnis startup anda bisa berjalan dengan lancar.

 

5 Penyebab Kegagalan Bisnis Yang Sering Terjadi Dan Wajib Anda Hindari

Ketika bisnis sudah mulai berjalan, terkadang sering terjadinya masalah yang kerap muncul. Masalah yang timbul biasanya adalah, gagalnya memenuhi target penjualan atau sulitnya mencari customer karena tingginya tingkat persaingan bisnis.

Tentunya hal tersebut membuat usaha bisnis anda beresiko mengalami kerugian. Dan mengapa hal tersebut bisa terjadi?, padahal anda sudah merasa akan berhasil dengan bisnis tersebut. Apakah ada yang salah dari bisnis usaha yang telah anda jalankan?.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan bisnis anda, yang salah adalah bagaimana cara anda dalam memulai bisnis tersebut. Dimana anda sudah salah langkah dalam mengambil beberapa keputusan yang berujung mengalami kegagalan dalam berbisnis.

Untuk itu, sebelum anda memutuskan untuk menjalankan usaha bisnis. Lebih baik anda melakukan beberapa hal yang menurut penulis cukup penting dilakukan. Agar kedepannya, anda tidak salah langkah lagi dan bisnis anda tidak merugi.

Beberapa Penyebab Kegagalan Bisnis Yang Perlu Anda Ketahui

1# Tidak Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

Kesalahan pertama dari pelaku bisnis, mengapa bisa mengalami kegagalan adalah. Tidak melakukan studi kelayakan bisnis, yang harusnya dilakukan oleh pemilik bisnis atau pemilik modal.

Anda bisa menggunakan konsultan jasa studi kelayakan bisnis yang professional dan sudah memiliki reputasi yang baik. Dimana nantinya tim studi kelayakan bisnis akan membuat semua pedoman usaha mulai dari segi teknis hingga pengelolaan keuangan. Serta menentukan apakah bisnis tersebut layak atau tidak untuk dijalankan.

2# Mengerjakan Bisnis Yang Tidak Anda Sukai

Apabila hasil studi kelayakan menyatakan bahwa bisnis anda layak, lalu anda juga sudah mengikuti pedoman yang dibuat dari tim studi kelayakan bisnis. Namun anda tetap masih gagal. Berati anda berbisnis tidak menggunakan hati anda.

Atau anda tidak menyukai bisnis anda, sehingga anda tidak bersemangat dan cepat bosan. Hal ini lah yang membuat anda gagal, walapun bisnis yang anda jalankan cukup mudah dan menguntungkan. Tapi anda bekerja tidak semangat, maka peluang keuntungan yang didapat juga berpotensi hilang.

3# Pengambilan Keputusan Yang Lambat

Selain bekerja tidak menggunakan hati, penyebab kegagalan lainnya adalah lambatnya pengambilan keputusan. Sehingga peluang yang ada, telah diambil oleh pebisnis lain. Akibat anda tidak memutuskan dengan cepat.

Untuk itu, seorang pebisnis tidak boleh berfikir terlalu lama. Dan wajib untuk memutuskan dengan cepat. Agar semua peluang yang didapat bisa sepenuhnya bisa anda dapatkan.

4# Salah Memilih SDM Yang Tidak Sesuai Kualifikasi

Bila anda merasa sudah benar dalam menjalankan bisnis, coba anda evaluasi lagi kemampuan SDM anda dalam bekerja dengan anda. Apakah sudah sesuai standar oprasional atau tidak. Karena salah satu penyebab kegagalan dalam bisnis adalah, memiliki SDM yang tidak sesuai kualifikasi dan cenderung membuat anda rugi.

5# Tidak Melakukan Evaluasi Setiap Akhir Pekan Atau Akhir Bulan

Sudah merupakan kewajiban dari seorang pebisnis untuk melakukan beberapa evaluasi keuangan dan penjualan yang telah dilakukan. Agar bisa menentukan langkah apa selanjutnya agar tidak mengalami kerugian.

Tapi ada juga pebisnis yang masa bodoh dengan pentingnya evaluasi. Yang mereka pikirkan adalah, lebih melihat berapa untungnya bulan ini saja. Tidak melakukan evaluasi secara mendalam.

Sehingga penyebab terjadinya kegagalan, karena tidak melakukan evaluasi secara mendalam. Seperti melihat produk apa saja yang paling laku, dan bagiamana startegi menjual produk yang kurang laku.

Kemudian Membahas keuangan maupun strategi pemasaran seperti apa. Dan semuanya harus dibahas bersama tim. Agar bisnis anda terus bertahan dan tidak mengalami kegagalan.

Demikian artikel ini dibuat. Semoga bermanfaat bagi anda agar tidak mengalami kegagalan dalam berbisnis. Terima kasih.

Sumber : http://grapadikonsultan.co.id/