Understanding Basic Programing = Understanding Girlfriend

Mengenal Tipe Data dan Beberapa Operator 

Setelah kita belajar tentang apa itu variable dan bagaimana cara penulisan nya baik dalam codding maupun dalam notasi algoritma sesuai yang di jelas kan di blog sebelumnya

Hello Basic Programing…^^

nah di blog itu  di jelas kan bahwa variable adalah wadah yang dapat diisi data baik melalui user maupun melalu variable lain. Nah dalam variable sendiri tidak bisa sembarangan dalam mengisi nya, dalam pengisian nya harus lah di sesuaikan dengan tipe data bagi variable tersebut. Untuk tipedata sendiri ada beberapa fungsi seperti untuk menyimpan data berbentuk kalimat , berbentuk bilangan bulat, berbentuk bilangan desimal, dan lain-lain. Dalam dasar pemrograman ada beberapa type data yang sering di gunakan diantaranya adalah typedata integer(int), typedata real(float), typedata char(char),dan typedata string(char[]).

ini contoh untuk bentuk pengcodingan nya..

screenshot-26

 

  • typedata integer (int)

typedata integer biasanya di gunakan untuk menyimpan atau menampilkan data yang berbentuk bilangan bulat, contoh: 1, 2, 3, 4 .

  • typedata real (float)

typedata real biasanya di gunakan untuk menyimpan atau menampilkan data yang berbentuk bilangan koma atau desimal, contoh: 0.1, 2.5, 12.0 .

  • typedata char/karakter (char)

typedata char/karakter ini biasa di gunakan untuk meyimpan atau menampilkan data berbentuk karakter atau huruf saja , contoh : a, b, c

  • typedata string (char[])

typedata string ini bisa di gunakan untuk menyimpan dan menampilkan data berupa seruntutan char/karakter, contoh: makan, nasi, minum.

Nah..sampai disini dulu penjelasan tentang jenis-jenis tipe data nya ya…, yang bisa saya ajarkan ini hanya dasar nya, teman-teman pembaca bisa coba menambah wawasan tentang typedata agar dapat memudah kan teman-teman dalam mengcodding.

Hello Basic Programing…^^

Mengenal Variable

Halo jumpa lagi di blog sederhana ini , langsung saja ke intinya  di blog ini kita akan membahas tentang variable dalam pemrograman semoga blog ini dapat membantu para pembaca sekalian yang ingin memahami tentang apa itu variable.

di blog ku sebelum nya , aku sudah singgung sedikit tentang apa itu variable saat menjelas kan tentang dasar dari pemrograman. Bisa di check penjelasan sebelumnya di link ini

http://student.blog.dinus.ac.id/learningtomastering/2018/12/05/hello-world-a11201810959/

nah seperti yang sudah aku singgung sebelumnya  tentang apa itu variable, jadi Variable itu dapat di ibaratkan sebagai wadah yang dapat kita gunakan untuk menampung data. Untuk simple nya itu Variable adalah wadah penyimpan data sementara, untuk penjelasan ilmiah atau umum nya bisa di cari di tempat lain hehe disini aku hanya bisa menjelaskan berdasarkan apa yang aku pahami saja hehe. Kembali lagi ke variable , variable sendiri dapat di gunakan bukan hanya untuk menyimpan data yang di input saja tetapi untuk menyimpan data dari suatu hasil proses pun juga bisa. Nah kita akan pakai contoh dari pembahasan sebelum nya dulu hehe

screenshot-23 screenshot-19 screenshot-20 screenshot-21 screenshot-22

penjelasan:

char inputan[100];    //ini adalah contoh variable ber tipe string

int main()

{

printf(“kata yang di tampilkan  “);     scanf(“%s”,&inputan);  // contoh inputan

printf(“\n\n%s”,inputan);    //contoh output yang menggunakan variable

printf(“\n\nhello world!!\n\n”);   //contoh outputan langsung tanpa vairable

return 0;

}

nah seperti yang di contoh itu variable dengan nama : inputan , dengan tipe : char itu di gunakan sebagai wadah untuk menampung apa saja yang akan di inputkan oleh user.

Nah  untuk penulisan nya , bila dalam notasi algoritma di buat nya seperti ini :

inputan : string

bisa juga seperti ini :

inputan<-string

kedua jenis bentuk tulisan ini punya cara baca yang sama yaitu : sebuah variable bernama “inputan” di isi dengan data ber tipe string. Untuk penulisan dalam codding bisa dilakukan seperti yang di contohkan :

char inputan[100];

nah itu adalah contoh untuk pendeklarasian variable .

sekian dulu tentang variable, semoga blog sederhana ini bisa membuat para pembaca sekalian bisa lebih memahami lagi tentang pemrograman, khusus nya di bagian vaiable.

 

Hello world!

DASAR PEMROGAMAN

 

Halo semua…, ini aku bikin blog ini sebener nya adalah untuk tugas, tapi setelah tau kalau melalui blog ini aku bisa membantu orang-orang yang mengalami kesusahan dalam mempelajari dasar pemrogaman, maka aku akhir nya berusaha untuk membuat blog ini menjadi blog yang bisa digunakan utntuk belajar bagi orang ataupun mahasiswa yang mau belajar dasar dari TI atau pemrograman , semoga blog ini dapat membantu.

Sekarang kita mulai dulu dari apa itu Teknik informatika. Biasa nya saat orang mendengar kata-kata Teknik Informatika atau TI atau IT, mereka akan berasumsi bahwa itu berarti belajar codding. Padahal.., codding itu sebenarnya cuman aktivitas utama yang dilakukan di dalam teknik informatika nya saja, sedangkan kalo kamu mau bilang itu belajar bahasa program, itu pun tidak benar juga, karena bahasa program itu hanya alat nya saja untuk melakukan codding. Sebenar nya Teknik Informatika itu isinya adalah tentang perhitungan pemecahan masalah yang artinya adalah pemecahan masalah menggunakan komputasi karena yang kita gunakan dalam pembelajaran pemrograman adalah computer, dan asal kalian tau computer itu berasa dari bahasa compute yang artinya itu menghitung, mengapa bisa munggunakan kata dasar compute (menghitung)? karena dulunya, computer pertama itu sebenar nya hanyalah mesin untuk menghitung, yang kemudian mengalami perkembangan hingga menjadi seperti computer-computer yang sekarang ini kita ketahui.

Nah sekarang kita masuk ke dasar pemrograman nya..hahaha. Untuk mengingatkan dalam pemrograman itu yang biasanya pasti ada itu adalah iput dan output. Dua hal ini adalah hal yang pasti ada di dalam program, bahkan dalam perangkat computer pun yang diterapkan adalah perangkat untuk menginput dan juga mengoutputkan. Nah di dalam program itu juga ada yang namanya Variable. Variable ini berguna untuk menyimpan data yang telah dimasukan agar nantinya bisa diampilkan atau di output kan.

screenshot-23 screenshot-19 screenshot-20 screenshot-21 screenshot-22

penjelasan:

char inputan[100];    //ini adalah contoh variable ber tipe string

int main()

{

printf(“kata yang di tampilkan  “);     scanf(“%s”,&inputan);  // contoh inputan

printf(“\n\n%s”,inputan);    //contoh output yang menggunakan variable

printf(“\n\nhello world!!\n\n”);   //contoh outputan langsung tanpa vairable

 

 

return 0;

}

 

nah di atas itu adalah contoh untuk inputan dan outputan ,nah sebenar nya output itu ada dua jenis, satu nya output yang langsung keluar tanpa inputan dan outputan hasil dari inputan. Seperti yang di contohin, aku menggunakan “printf(” “)”disana,  “printf(” “)” itu dalam pemrograman bahasa C itu digunakan untuk menampilkan tulisan yang ingin ditampilkan saat program di jalankan. Sedangkan untuk “scanf(” “), “scanf(” “)” bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menginput.

nah sekian sudah pengenalan tentang apa itu pemrograman, semoga blog sederhana ini bisa membantu para pembaca sekalian untuk seidikit memahami tentang apa itu pemrograman^^.