Memilih Baju Anak yang Aman dan Nyaman

Tips Memilih Baju Anak yang Aman dan Nyaman – Khawatir tentang keamanan dan kenyamanan pakaian anak-anak Anda? Penarikan kembali puluhan ribu celana jeans anak-anak dan celana pendek karena kadar pewarna beracun yang tidak aman sudah cukup untuk membuat orangtua manapun cemas dengan apa yang anaknya kenakan. Selain itu, kenyamanan juga sangat penting untuk anak dalam memilih baju. Yuk simak tips memilih baju anak yang aman dan nyaman berikut ini!

995257_7a05576a-f727-4b6f-8afd-9d1115c0f9fa_762_1100

Ada apakah sebenarnya di bahan baju yang anak Anda kenakan?

Moms tidak pernah terpikirkan kan apa saja yang ada di dalam bahan baju yang anak Anda kenakan? Pertama ada pestisida yang digunakan saat menumbuhkan serat, lalu ada fungisida dan pengawet yang biasa menghentikannya berjamur. Selanjutnya datanglah pewarna, biasanya sintetis, plus tambahan seperti cetakan plastik yang mengandung bahan kimia pelembut plastik.

Penelitian menunjukkan bahwa tingginya kadar zat pewarna azo, senyawa yang telah ditemukan menyebabkan kanker ada di dalam bahan baju-baju anak. Mengerikan bukan?

Tentu saja ada peraturan tentang bahan kimia dalam pakaian yang lolos, tapi inilah bagian yang paling menakutkan: kontrol kualitas di negara-negara importir yang minim dengan peraturan dan banyak yang tidak peduli.

Di negara maju pastinya mereka memiliki tingkat tolak ukur banyak tentang bahan kimia yang digunakan di industri tekstil yang dianggap “dapat diterima”. Tapi hampir tidak ada penelitian yang meneliti efek gabungan dan kumulatif bahan kimia ini untuk manusia dan lingkungan, dan sekarang baru bermunculan bukti bahwa bahan beracun dalam pakaian kita dapat mengganggu hormon, sistem kekebalan tubuh yang berdampak, seperti pada kasus pewarna azo, menyebabkan kanker.

Anak-anak sangat rentan karena mereka memiliki lebih banyak luas permukaan kulit terhadap berat badannya, yang berarti potensi penyerapan lebih tinggi melalui kulit. Ditambah lagi mereka cenderung mengunyah dan menjilat pakaian mereka.

Lalu, bagaimana cara memilih baju anak yang aman dan nyaman?

  • Selalu pilih serat dan bahan alami dari yang sintetis.
  • Pilih bahan organik jika Anda bisa, tapi ingat ini tidak hanya mengacu pada bagaimana serat tumbuh. Juga pikirkan pewarna yang digunakan dan yang lainnya.
  • Pilihlah baju yang diwarnai secara alami.
  • Coba cium aroma pakaian. Jika ada bau bahan kimia yang terasa sangat banyak, letakkan kembali. Jangan dibeli!
  • Cobalah untuk menghindari pakaian yang dibungkus plastik karena plastik perlu diolah dengan segala macam hal untuk mencegah jamur tumbuh dalam perjalanan.
  • Selalu cuci baju baru sebelum dipakai untuk menghilangkan sisa bahan kimia.
  • Pentingkan kualitas dibandingkan kuantitas. Belilah lebih sedikit pakaian berkualitas daripada banyak pakaian yang tidak berkualitas. Semakin murah harganya, semakin besar kemungkinan mereka berasal dari pabrik dengan standar lebih rendah. Selain itu, baju juga lebih mudah menjadi lusuh setelah beberapa kali dicuci.

fashionkita-com_fashion-terkini-untuk-anak-anak Read more »

Mendidik Anak Siap Menghadapi Era VUCA

ilustrasi_keluarga_yang_terlihat_harmonis_dan_sejahtera_tanpa_ada_kekerasan_terhadap_anakgmhld

Apakah parents pernah mendengar istilah VUCA world? VUCA world adalah istilah yang diciptakan oleh Warren Bennis dan Burt Nanus, dua orang pakar ilmu bisnis dan kepemimpinan dari Amerika.

VUCA sendiri adalah singkatan dari Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity. Intinya, dunia VUCA adalah dunia yang kita hidupi sekarang, dimana perubahan sangat cepat, tidak terduga, dipengaruhi oleh banyak factor yang sulit dikontrol, dan kebenaran serta realitas menjadi sangat subyektif. Pengaruh terbesar dari pergeseran dunia kita jaman sekarang tentu saja dipengaruhi teknologi. Bayangkan, baru sekitar 20 tahun lalu internet menjadi bagian hidup kita. Sekarang, bisakah kita bayangkan hidup kita tanpa internet? Setiap jengkal hidup kita beririsan dengan internet dan teknologi. Apakah kemudian kita harus menghindari internet dan teknologi? Kalau kita mau bisa bertahan di dunia jaman sekarang, kita tidak bisa menghindari kemajuan. Kita hanya bisa beradaptasi. Seperti ungkapan dari Albert Einstein, “The measure of intelligence is the ability to change.” 

Kecepatan teknologi dan informasi bukan sekedar mempengaruhi gaya hidup kita ataupun perkembangan ekonomi diluar sana, akan tetapi juga mempengaruhi bagaimana kita akan mendidik anak-anak kita. Bayangkan, anak-anak kita akan menghadapi dunia yang lebih maju, lebih cepat, informasi semakin sulit disaring, persaingan pun semakin terbuka. Ditambah lagi, dengan kecepatan perubahan yang ada, kita pun sebagai orang tua belum punya pengalaman hidup di dunia macam itu. Jadi baik anak maupun orang tua akan sama-sama perlu beradaptasi di era VUCA. Meskipun kita juga belum tahu perkembangan dunia dan teknologi nanti seperti apa, ada beberapa hal yang dapat kita persiapkan agar anak-anak kita dapat bertahan dan bisa siap menghadapi era VUCA.

  • Keterampilan dasar yang sesuai dengan perkembangan anak dan nutrisi seimbang:

    Sebelum anak dapat belajar banyak hal, mereka harus tumbuh dan berkembang sesuai dengan tuntutan usianya. Mereka harus bisa berjalan, berlari, makan sendiri, dan keterampilan lain sesuai dengan usia mereka.  Nutrisi pun perlu untuk membuat tubuh dan otak mereka siap untuk belajar. Secara natural, anak yang sehat dan bertumbuh kembang optimal akan penuh rasa ingin tahu dan memiliki kebutuhan mengeksplorasi dunia.

  • Karakter tangguh dan penuh rasa ingin tahu

    Sebagai orang tua, tentu saja kita menginginkan anak-anak kita untuk tidak takut menghadapi rintangan (obstacles) yang akan mereka alami. Kita ingin mereka belajar memecahkan permasalahan sendiri, dan tidak mudah menyerah ketika menghadapi kesulitan. Hal ini dapat dibentuk dengan memperkenalkan anak pada situasi-situasi sulit yang alami dan sebenarnya. Seperti misalnya, mereka kita bawa ke sawah dan harus berlumpur-lumpur dan menanam bibit padi, atau mereka kita berikan kesempatan untuk membuka “bisnis” sendiri dengan menjual hasil karya mereka sendiri, dan lain sebagainya.

  • Mendidik anak memiliki karakter Adaptif dan Resilien

    Karakter yang adaptif pada anak adalah hal yang krusial untuk dibangung di masa VUCA yang penuh dengan perubahan. Oleh karena itu sebagai orang tua jangan sampai kita takut mencoba pergi ke tempat baru, mencoba hal baru, atau mengenalkan pengalaman baru kepada anak. Awalnya memang tidak nyaman, baik bagi anak maupun orang tua. Akan tetapi terus berhadapan dengan pengalaman baru akan membuat anak belajar mudah beradaptasi terhadap berbagai situasi. Sedangkan karakter resiliensi adalah kemampuan seseorang untuk bangkit kembali meskipun mengalami situasi menekan. Berbagai penelitian tentang resiliensi pada anak selalu bicara tentang hangatnya hubungan orang tua dengan anak. Semakin anak merasa aman dan diterima oleh orang tuanya, anak akan semakin mampu bertahan menghadapi dunia.

Selain 3 hal di atas, respon kita sebagai orang tua juga akan sangat mempengaruhi anak. Misalnya, untuk mengajarkan anak menjadi adaptif, orang tua juga tidak boleh anti terhadap hal baru. Dari mulai makanan baru, pengalaman baru, orang baru, sampai teknologi dan aplikasi baru. Tidak nyaman? Memang. Akan tetapi kewajiban kita sebagai orang tua untuk tetap mengenal dunia anak-anak kita hidup sehingga kita bisa mempersiapkan mereka. Selain itu, orang tua juga dapat menjadikan rumah dan keluarga menjadi sarana belajar yang aman bagi anak-anak. Semua rasa ingin tahu mereka tentang hal baru bisa menjadi bahan diskusi atau bahkan dicobakan dirumah. Dengan demikian anak-anak tidak mencari tahu melalui sumber informasi yang salah, melainkan tetap dalam arahan orang tua. Pada akhirnya, ketidakpastian memang bagian dari menjadi orang tua, kok. Dari awal kita tidak tahu pasti kapan akan mengandung, kapan akan melahirkan, dan akan melahirkan anak yang seperti apa. Kita tidak bisa mengendalikan ketidakpastian, akan tetapi kita bisa mengendalikan diri untuk tetap mau belajar hal baru demi anak-anak kita.

Cara Menghadapi Anak Yang Nakal Dan Bandel

anak-nakal

Apakah anak anda termasuk anak yang nakal, bandel dan susah diatur? Anda merasa kewalahan mengurusinya? Tenang dalam artikel kali ini penulis akan mencoba untuk memaparkan bagaimana cara menghadapi anak-anak yang nakal, sulit diatur dan bandel.

Pada beberapa kasus mungkin anda menemukan anak-anak anda yang periang dan juga penurut terhadap nasehat anda. Namun anda pasti akan terkejut jika tiba-tiba anak anda berubah menjadi sosok yang nakal, pembangkang, mudah marah, hiperaktif, cengeng dan sikap-sikap lain yang tidak disenangi. Maka dari itulah terkadang anda sebagai orang tua merasa jengkel dan marah ketika menghadapinya. Namun, sebagai orang tua tentulah tidak bisa jika hanya dengan marah-marah, melainkan peranan orang tua begitu penting untuk menghadapi anak yang semacam itu. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Tips pintar untuk menghadapi anak yang nakal, bandel dan sulit untuk diatur:

  1. Lakukan pendekatan kepada anak.

Ketika anak anda rewel, nakal dan susah diatur sebaiknya jangan hadapi dia dengan keras, emosional, dan penuh amarah. Sebab cara itu tidak akan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada, justru anak akan semakin rewel dan nakal. Jika itu sudah terjadi, maka anda pun akan merasa kerepotan untuk mengurusinya.

Oleh karena itulah, anda harus melakukan pendekatan yang baik, berilah nasehat dengan lembut bahwa apa yang dilakukannya itu tidak baik. Selain itu, anda sebagai orang tua juga harus menjaga kekonsistenan, jangan sampai goyah karena anak merengek menangis. Sebagai contoh, ketika anak anda meminta terus mainan yang harganya mahal, katakan tidak, jika anda sudah mengatakan tidak maka jangan luluh karena tangisannya, melainkan biarkanlah sampai dia pada akhirnya menurut dengan anda. Dengan demikian, anak anda akan terbiasa dengan apa yang anda ajarkan.

  1. Tunjukanlah tekat yang kuat terhadap anak.

Selain harus menjaga kekonsistenan, anda sebagai orang tua juga harus memiliki tekat yang kuat dalam menghadapi anak anda yang memang nakal. Ketika si kecil sedang bertengkar hebat, dan anda sebagai orang tua sulit untuk melerainya, anda harus menunjukan tekad yang kuat. Tentu hal itu sangatlah penting anda miliki sebab jika kita menyerah, meski pun sebenarnya anak-anak tidak tahu apakah mereka bisa menang atau tidak. Maka dari itulah, dengan tekad yang kuat secara internal yang anda miliki akan menjauhkan anak anda dari hal-hal yang buruk.

  1. Buatlah peraturan yang khusus untuk anak.

Buatlah peraturan khusus yang sebelumnya telah dibicarakan terlebih dahulu dengan anak-anak anda. Peraturan yang anda buat harus memiliki konskuensi supaya anak dapat berusaha menghindari perbuatan nakal tersebut. Semakin anda sabar maka anak-anak anda akan semakin mudah untuk dikendalikan oleh anda. Jangan lupa untuk selalu memberlakukan peraturan yang sudah anda buat supaya anak anda mengingat batasannya. Selain itu, anda harus selalu memberikan anak penghargaan pada saat anak melakukan hal-hal yang baik, seperti memberi pujian kepadanya.

  1. Tunjukan sikap yang manis dan lembut kepada anak.

Ketika anak kita melakukan hal yang buruk ditempat umum tentu kita sebagai orang tua merasa dongkol dan ingin memarahi anak tersebut. Namun ternyata tindakan semacam itu sangat salah didalam upaya mendidik anak yang nakal, karena anak akan semakin menangis keras-keras, semakin berontak dan semakin bertingkah yang nakal. Namun anda harus memberikan sikap yang penuh kelembutan, berikanlah dia pengertian dan berusaha untuk memaafkannya.

Cobalah untuk bertanya pada anak anda, mengapa melakukan kesalahan, karena terkadang mereka melakukan hal yang salah bukan karena keinginannya sendiri, melainkan karena dorongan dari lingkungan sekitar.

  1. Jangan terlalu memanjakan anak.

Tentu kita tahu bahwa sikap memanjakan anak yang ditanamkan sejak dini akan berpengaruh buruk bagi perkembangan anak. Hal itu akan mengakibatkan anak menjadi terbiasa dengan jalan yang mudah ketika dia ingin mendapatkan sesuatu. Hal tersebut akan terlihat ketika suatu saat nanti keinginannya tidak terpenuhi maka dia akan menunjukan sikap yang membangkang kepada anda sebagai orang tuanya. Maka dari itulah, anda sebagai orang tua jangan memanjakan anak-anak anda, tetapi perlakukanlah dia dengan baik dan sewajarnya saja.

  1. Berikanlah contoh yang baik untuk anak-anak anda.

Perlu anda tahu bahwa anak yang masih berada dalam tahap pengembangan dan pertumbuhan akan cenderung menirukan apa yang telah anda lakukan. Dia sangat mudah menyerap apapun yang terjadi disekitarnya, maka jika anda ingin anak-anak anda tumbuh menjadi sosok yang baik, patuh dan tidak nakal, sebaiknya berikanlah contoh dengan baik. Berikanlah sikap yang baik, jangan berkata yang kasar atau yang buruk ketika dihadapan anak. Selain itu, usahakan untuk menjauhkan anak-anak anda dari perbuatan-perbuatan yang buruk yang nantinya akan berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak anda.

Sebagai contoh anda harus menjauhkan dari tontonan televisi yang menayangkan kekerasan, teman yang nakal dan tontonan kriminilitas.

  1. Jangan memberikan label buruk pada anak-anak anda.

Ketika anak anda nakal dan bandel, maka anda sebagai orang tua janganlah sekali-kali memberikan label yang buruk pada mereka. Sebagai contoh “kamu anak yang nakal, bandel, susah diatur.” Justru pemberian label itu akan menjadikan anak semakin nakal, dia beranggapan bahwa sifat nakal yang dimiliki adalah karakternya, sehingga akan menyusahkan anda sebagai orang tua untuk mendidiknya

 

 

TUMBUH KEMBANG BALITA 1 TAHUN

bayi-makan-stroberi_20170429_141354

Pada usia 1 tahun, si Kecil dapat beradaptasi secara cepat dan ingin melakukan semuanya sendiri. Kesabaran adalah kunci utama dalam membantu perkembangan si Kecil saat ini. Ketahui selengkapnya di sini.

Usia Setahun

Perkembangan Si Kecil

Memasuki tahun keduanya, akan ada banyak kejutan yang ditunjukkan si Kecil dalam perkembangannya. Dia belajar dan beradaptasi dengan cepat dengan lingkungannya. Si Kecil juga mulai aktif mengeksplor lingkungannya, dan tertarik terhadap berbagai benda di sekitarnya.

Tahun ini penuh dengan aktivitasnya menggunakan kedua kakinya untuk menjelajahi dunia sekitar. Si Kecil juga sudah mulai aktif memanjat, dan kemampuan berbahasanya terus berkembang. Dia juga sudah mampu menyadari perintah dari Ibu, dan mengikutinya.

Si Kecil mulai ingin melakukan semuanya sendiri: memakai pakaiannya, memberi makan dirinya sendiri, dan mencuci tangannya. Ibu akan mulai menyadari tanda apakah si Kecil kidal atau tidak. Dia juga sudah mulai berani melepaskan diri dari Ibu dan bermain dengan orang lain.

Peran Ibu

Latih kemampuan verbalnya dengan menjelaskan emosi lewat kata-kata, menanyakan pertanyaan, dan mengajak ngobrol tentang buku yang Ibu baca. Tanyakan pendapat si Kecil dan jawab pertanyaannya mengenai dunia di sekitarnya.

Ibu sudah bisa mulai mengajari si Kecil untuk mengenal huruf dan angka, serta mengenali bagian tubuhnya dan nama benda-benda yang familiar untuk si Kecil.

Berhati-hatilah dalam menegur si Kecil saat dia menggunakan kata-kata dengan salah. Ibu bisa mengulang kembali ucapannya dengan kata-kata yang benar. Ketika si Kecil menunjuk ke arah benda yang dia inginkan, latih si Kecil untuk meminta benda tersebut dengan cara yang baik.

Dukung si Kecil dalam bermain. Ajak dia untuk mengatur mainannya berdasarkan kategori, seperti kategori warna. Biarkan si Kecil berlatih makan sendiri menggunakan alat makan dan minum lewat gelasnya.

Pastikan si Kecil memiliki banyak waktu di luar rumah. Ibu sudah bisa mengajaknya bermain di taman atau di kebun binatang untuk berjalan, berlari, dan bebas mengeksplor dunia sekitar. Rajin-rajinlah melatih kebiasaan baik dengan memberikannya perhatian dan pujian.

Kesabaran adalah kunci utama dalam membantu perkembangan si Kecil. Ingat, dia masih beradaptasi dalam mempelajari bagaimana cara mengontrol dan mengekspresikan dirinya sendiri.

Yang Perlu Diperhatikan

Perkembangan setiap anak memang berbeda-beda, namun Ibu bisa mengkonsultasikan ke dokter apabila si Kecil:

  • Belum bisa berjalan
  • Tidak mengerti kegunaan dari barang-barang yang sering dia lihat
  • Tidak mengucapkan setidaknya 6 kata
  • Tidak mengikuti ucapan dan aksi orang sekitarnya
  • Tidak mengikuti instruksi yang mudah
  • Melupakan kemampuan yang baru dia pelajari dengan mudah

Batik Asal Bangka Belitung

bangka1

Bangka juga memiliki kain khas bernama kain cual. Kain yang menjadi kebanggaan masyarakat Bangka ini kini telah menjadi seragam di beberapa Sekolah Dasar dan kantor-kantor pemerintahan di daerah penghasil timah itu.

Asal muasal kain cual sendiri berasal dari kain songket Palembang. Awal mula perkembangan kain ini ada di Kota Muntok, Bangka, pada sekitar abad ke-17. Kain cual pertama kali diperkenalkan oleh kakek buyut pendiri toko Kain Cual Ishadi yang berada di Pangkal Pinang. Seiring berjalannya waktu, kain cual mulai dikenal masyarakat sebagai kain khas Provinsi Bangka Belitung.

Kain cual memiliki beberapa motif, seperti motif kembang gajah, bunga cina, naga bertarung, dan burung hong. Beberapa motif kain cual ada yang dibuat dengan menggunakan benang sutra dan bahkan ada yang dibuat dengan benang emas 18 karat.

Harga jual kain cual sangat bervariasi. Mulai dari Rp50.000 hingga jutaan rupiah. Harga ini tergantung dari motif dan bahan kain. Jenis kain yang termahal adalah kain songket cual. Harga sehelai kain ini mencapai Rp15 juta.

Berkunjung ke provinsi ini, dapat ditemukan beberapa toko yang khusus menjual kain cual. Salah satunya adalah Toko Kain Cual Ishadi. Di toko yang terletak di Jalan Ahmad Yani No. 46, Pangkalpinang, Bangka, ini, pengunjung dapat melihat-lihat aneka jenis kain cual. Salah satu kain cual yang dipajang di sini konon sudah berusia ratusan tahun. Kain ini merupakan milik kakek buyut sang pemilik toko, yang juga memperkenalkan kain cual kepada masyarakat Bangka Belitung

bangka2

Kain Batik Khas Padang sumatera barat

Batik (atau kata Batik) berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “nitik”. Kata batik sendiri meruju pada teknik pembuatan corak Motif Batik – menggunakan canting atau cap – dan pencelupan kain dengan menggunakan bahan perintang warna Motif Batik pada Baju Batik “malam” (wax) yang diaplikasikan di atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna. Dalam bahasa Inggris teknik ini dikenal dengan istilah wax-resist dyeing.

Jadi kain Baju Batik adalah kain yang memiliki ragam hias atau corak yang dibuat dengan canting dan cap dengan menggunakan malam sebagai bahan perintang warna. Teknik ini hanya bisa diterapkan di atas bahan yang terbuat dari serat alami seperti katun, sutra, wol dan tidak bisa diterapkan di atas kain dengan serat buatan (polyester). Kain yang pembuatan corak Batik Solo dan pewarnaannya tidak menggunakan teknik ini dikenal dengan kain bercorak batik – biasanya dibuat dalam skala industri dengan teknik cetak (print) – bukan kain batik. Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama.

Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik Busana Batik dan Blus batik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik Batik Solo adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak “Mega Mendung”, dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki. Ragam corak dan warna Desain Busana Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak Busana Batik dan Blus batik hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh orang Tionghoa, yang juga mempopulerkan corak phoenix.

Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat kepada batik, dan hasilnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing. Teknik Desain Busana Batik dan membatik telah dikenal sejak ribuan tahun yang silam. Tidak ada keterangan sejarah yang cukup jelas tentang asal usul Batik. Ada yang menduga teknik ini berasal dari bangsa Sumeria, kemudian dikembangkan di Jawa setelah dibawa oleh para pedagang India. Saat ini batik bisa ditemukan di banyak negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Sri Lanka, dan Iran. Selain di Asia, batik juga sangat populer di beberapa negara di benua Afrika. Walaupun demikian, batik yang sangat terkenal di dunia adalah batik yang berasal dari Indonesia, terutama dari Jawa.

Batik secara historis berasal dari zaman nenek moyang yang dikenal sejak abad XVII yang ditulis dan dilukis pada daun lontar. Saat itu motif atau pola batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Namun dalam sejarah perkembangannya batik mengalami perkembangan, yaitu dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya. Selanjutnya melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini.

Jenis dan corak batik tradisional tergolong amat banyak, namun corak dan variasinya sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah yang amat beragam. Khasanah budaya Bangsa Indonesia yang demikian kaya telah mendorong lahirnya berbagai corak dan jenis batik tradisioanal dengan ciri kekhususannya sendiri.

Baca juga :Pura ulun danau beratan klik disini

Tentang kain batik khas padang sumatera barat

Pemakaian batik Sumatra Barat dahulu hanya digunakan untuk acara-acara adat dan biasanya yang memakai batik Padang ini antara lain para pemuka adat seperti Datuak (penghulu atau kepala adat), Bundo Kanduang (pemimpin wanita di Minang), raja-raja kecil di Sungai Pagu, Solok, Jambu Lipo Punjung, Sawah Lunto dan Sijujung. Biasanya batik Padang ini dipakai sebagai perlengkapan adat bisa berupa selendang atau saluak/peci. Para Datuak memakai selendang dengan melingkarkannya di leher, sedangkan untuk kaum wanita melampirkan selendang itu di bahu dengan ujung kain pertama dililit dua kali di bahu kiri dan ujungnya disampirkan di tangan kanan melalui bagian belakang badan.

Dahulu Batik Padang disebut batik tanah liek, tanah liek merupakan bahasa Minangkabau yang berarti tanah liat. Penamaan tanah liek sendiri tidak terlepas dari penggunaan tanah liat sebagai bahan pewarna batik Padang. Kain batik polos di rendam di dalam air yang bercampur tanah liat selama kurang lebih 1 minggu dan di beri pewarna lagi yang berasal dari beberapa tumbuhan seperti getah kulit jering atau jengkol, unik kan? Namun seiring berjalannya waktu penggunaan tanah liat sebagai bahan pewarna kain batik mulai ditinggalkan dan berganti dengan pewarna batik pada umumnya saat ini begitu juga batik Padang saat ini tidak hanya para pemuka adat saja yang dapat memakai batik Padang tapi semua orang sudah bisa memakainya.

Motif Batik Sumatra Barat

Sebagian motif batik Sumatera Barat atau batik Padang juga di pengaruhi oleh kebudayaan cina, adanya sentuhan budaya cina pada motif batik Padang tak terlepas dari masuknya para pedagang dari negeri China ke Minangkabau sekitar abad ke-16.

Beberapa motif Batik Sumatra Barat diantaranya motif kaluak paku, motif pucuk rebung, motif rangkiang, motif itik pulang patang, motif parang rusak, motif tumbuhan merambat atau akar berdaun, keluk daun pakis dan lainnya. Bahkan ada beberapa motifnya yang menyerupai atau sama dengan Batik Banyumas, Indramayu, Jogja dan Solo.

Makna dan Penjelasan dari Beberapa Motif Batik Sumatra Barat

Makna Motif Batik Rangkiang

padang1

Motif batik merupakan motif batik minang yang cukup terkenal. Asal nama rangkiang pada motif batik ini diambil dari nama lumbung padi atau tempat penyimpanan padi. Dalam bahasa Minang lumbung padi disebut dengan rangkiang. Pada motif batik Sumatera Barat, rangkiang memiliki filosofi yang menggambarkan kesejahteraan dan kehidupan. Seperti diketahui bahwa padi merupakan tanaman yang menjadi sumber makanan pokok yang menghidupi masyarakat nusantara.

Makna Motif Batik Pucuk Rebung

padang2

Rebung adalah jenis makanan tradisional yang berasal dari batang bambu yang masih muda. Jenis makanan ini cukup populer di beberapa daerah hingga nama dari rebung juga di jadikan sebagai motif batik. Bukan hanya di Sumatera Barat saja, penggunaan pucuk rebung sebagai motif batik juga di gunakan di beberapa provinsi lain seperti riau dan jakarta dengan batik betawinya. Motif pucuk rebung melambangkan kesuburan, kesejahteraan dan tentunya harapan.

Motif Batik Keluak Daun Pakis

padang3

Motif keluak daun pakis terinspirasi dari tumbuhan pakis atau paku yang biasa dan mudah di temukan di indonesia terutama di daerah pinggiran sungai. Keluak sendiri merupakan bahasa minang yang berarti meliuk-liuk. Jadi motif batik keluak daun pakis menggambarkan tumbuhan pakis yang meliuk-liuk.

 

Motif Batik Tanah Liek atau Tanah Liat

padang4

Tanah liek merupakan bahasa minangkabau yang berarti tanah liat. Penamaan tanah liek sendiri tidak terlepas dari penggunaan tanah liat sebagai bahan pewarna batik. Kain batik polos di rendam di dalam air yang bercampur tanah liat selama kurang lebih 1 minggu dan di beri pewarna lagi yang berasal dari beberapa tumbuhan seperti getah kulit jering atau jengkol. Namun seiring dengan kemajuan zaman, penggunaan tanah liat sebagai bahan pewarna kain batik mulai ditinggalkan. dan berganti dengan pewarna batik yang banyak di jual di pasaran.

Adapun beberapa corak atau gambar dari motif batik tanah liat adalah jam gadang, kuda laut dan burung hong atau yang sekarang lebih di kenal dengan sebutan burung Phoenix. Sebagian motif batik sumatera barat juga di pengaruhi oleh kebudayaan cina. Adanya sentuhan budaya cina pada motif batik sumatera barat tak terlepas dari masuknya para pedagang dari negeri china ke minangkabau pada abad ke 16.

 

Lhokseumawe kembangkan batik motif Aceh

4

Lhokseumawe (Antaranews Aceh) – Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, akan mengembangkan batik motif Aceh yang di produksi oleh kelompok pemberdayaan perempuan Gampong Meunasah Mesjid, Kecamatan Muara Dua.

Pengembangan batik motif Aceh tersebut ditandai dengan peresmian pencanangan program ketrampilan membatik di Gampong Meunasah Mesjid, Kecamatana Muara Dua, oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Lhokseumawe Cut Ernita Suaidi dan Waki Walikota Lhokseumawe Yusuf Muhammad, Rabu.

Wakil Walikota Lhokseumawe mengatakan, bahwa pengembangan batik dengan motif Aceh, seperti motif Pintoe Aceh, Pucuk Rebung dan lain sebagainya, patut dikembangkan dan dijadikan sebagai salah satu kreatifitas seni yang dapat menjadi sebuh industri kreatif.

“Potensi budaya ini apabila dikelola dengan baik, akan memberikan nilai ekonomi yang baik bagi masyarakat, selain sebagai upaya pelestarian budaya,? ujar Yusuf Muhammad.

Pada kesempatan itu juga, Wakil Wali Walikota Lhokseumawe mengharapkan, dengan adanya pencanangan pelatihan batik motif Aceh tersebut diharapkan dapat menjadi mendorong warga desa-desa lainnya di Kota Lhokseumawe untuk lebih kreatif dalam mengembangkan potensi ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Geuchik (kepala desa) Gampong Meunasah Mesjid Rusli AB menambahkan, kelak diharapkan produksi batik motif Aceh, dapat menjadi andalan kegiatan industri kreatif masyarakat setempat. Akan tetapi, pihaknya sangat mengharapkan kepada pemerintah dan berbagai pihak lainnya, agar dapat membantu di bidang pemasaran.

Produksi batik yang dhiasi motif Aceh diharapkan memiliki nilai lebih terhadap perekonomian masyarakat, karena selama ini, pada umumnya masyarakat menjadi konsumen produk batik dari luar daera, jelas Geuchik Rusli AB.

Sementara itu, bersamaan dengan pencanangan program ketrampilan membatik tersebut, juga dilakukan perlombaan cipta menu Beragam Bergizi Seimbang Dan Aman (B2SA) berbasis pangan alternatif antar- dusun Gampong Mns. Mesjid Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

MACAM MACAM JENIS DAN MOTIF BATIK

Motif batik memiliki makna tersendiri, lain motif lain makna. Motif  batik Solo yang diciptakan beraneka ragam, dengan harapan dapat membawa kebaikan bagi pemakainya. Motif batik solo yang dikenal antara lain yaitu, motif batik solo jenis parang, motif batik solo jenis barong, motif batik solo jenis kawung dan motif batik solo jenis sawat.

batik-1

Motif Batik Solo Slobog

Slobog berarti longgar/besar. Batik solo ini biasa dipakai untuk melayat. Makna yang terkandung di dalam motif batik ini agar arwah seseorang yang meninggal tidak mendapat halangan dan dapat diterima kebaikannya

batik-2

Motif Batik Sidomukti

Batik solo motif sidomukti ini seringkali dikenakan oleh para mempelai pada acara pernikahan. arti kata sido memiliki arti yaitu terus menerus atau berkelanjutan dan kata mukti berarti bercukupan. Jika berdasarkan arti kata tersebut maka kata sidomukti merupakan representasi sebuah harapan kepada semua orang yang mengenakannya agar memiliki suatu kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan secara berkesinambungan selaras dengan rejeki yang cukup dan tidak pernah putus.

batik-3

Motif Batik Truntum

Batik solo Motif truntum ini biasanya dipakai oleh orang tua pengantin. Truntum sendiri berarti menuntun, Jadi dimaksudkan agar dalam sebuah pernikahan orang tua selalu menuntun anaknya dalam mengarungi hidup baru sehingga kelak menjadi keluarga yang sakinah.

batik-4

batik-5

Motif Batik Satrio Manah

Batik solo motif satrio manah ini biasa dipakai oleh wali pengantin pria pada saat prosesi lamaran/meminang. Makna dari motif batik ini supaya lamaran dapat diterima oleh pihak calon pengantin wanita beserta keluarganya.

batik-6

Motif Batik Semen Rante

Dalam proses lamaran jika wali pengantin pria memakai batik solo motif Satrio Manah maka untuk pihak pengantin wanita memakai batik solo motif Semen Rante. Arti dari kata rante itu sendiri lebih menyiratkan kepada sebuah ikatan atau pertalian yang kokoh, so harapan bagi yang mengenakannya adalah jika lamaran dari mempelai pria diterima, maka pihak calon mempelai wanita mengharapkan sebuah pertalian yang kokoh dan kuat terhadap segala godaan hingga maut memisahkan.

batik-7

Motif Batik Parang Kusumo

Batik solo motif parang kusumo ini biasanya dipakai oleh pengantin wanita pada saat upacara tukar cincin. Kusumo berarti bunga yang sedang mekar. Hakikatnya pengantin wanita sudah siap lahir maupun bathin  menikah.

batik-8

Motif Batik Pamiluto

Batik solo motif pamiluto ini biasanya dikenakan oleh ibu dari pihak mempelai wanita pada saat acara tukar cincin. Motif batik ini memberi arti agar ikatan pernikahan tidak dapat dipisahkan seperti mimin lan mintuno. Pamiluto berasal dari kata pulut.

batik-9

Motif Batik Ceplok Kasatriyan

Batik solo motif ceplok kasatriyan ini biasanya dipakai sebagai kain dalam upacara kirab pengantin sebelum kedua mempelai duduk di kursi pengantin.

batik-10

batik-11

Motif Batik Semen gendong

Motif batik solo semen gendong merupakan jenis kain batik tulis yang dikenakan oleh mempelai wanita dan pria setelah selesai upacara pernikahan sebagai wujud suatu harapan agar segera mendapatkan anak yang berbakti, penurut, serta soleh dan solehah (jika mempelai beragama Islam).

batik-12

Motif Batik Bondhet

Salah satu jenis batik solo motif bondet ini tercipta karena kerumitan motif yang dituangkan hingga menjadi bundet. Kain batik tulis bondhet ini dikenakan oleh pengantin perempuan ketika malam pertama. Berikut ini pola bundet pada beberapa motif batik solo:

  • Batik solo sido asih, motif geometris berpola dasar bentuk-bentuk segi empat ini memiliki arti keluhuran. Saat mengenakan kain batik sido asih maka orang tersebut mengharapkan suatu kebahagiaan dalam hidup. Motif batik solo sidoasih ini berkembang setelah masa kepemimpinan SISKS PB IV di keraton Surakarta.
  • Batik solo ratu-ratih, nama motif batik ratu-ratih ini sebenarnya diambil dari kata “Ratu-Patih” yang menyiratkan arti bahwa seorang raja pada satu pemerintahan didampingi oleh seorang patih atau perdana menteri yang berusia yang masih terlalu muda menurut sudut pandang waktu tersebut. Motif batik solo ratu-ratih ini memiliki sebuah gambaran suatu kemuliaan dan sinergi antara pengguna kain batik tersebut dengan alam sekitarnya, Kain batik tulis ini mulai dibuat dan dikembangkan pada masa pemerintahan Raja SISKS PB VI pada tahun 1824.
  • Batik solo Parangkusumo, Parang merupakan motif diagonal berbentuk senjata tajam, berupa garis yang berlekuk-lekuk dari sisi bagian atas ke sisi bagian bawah kain batik, sedangkan Kusumo berarti bunga. Berdasarkan hal tersebut maka dapat kita simpulkan bahwa parang kusumo berarti seorang kesatria yang memiliki wibawa dan mencintai rakyatnya, sehingga membuat kain batik solo parangkusumo ini hanya diperuntukkan oleh orang yang memiliki darah biru atau keturunan raja atau biasa disebut oleh orang keraton sebagai darah dalem. Motif batik solo parangkusumo ini mulai dibuat dan dikembangkan oleh para pebatik pada era panembahan senopati sewaktu menjadi raja di kerajaan Mataram kuno sekitar abad ke – 16.
  • Batik solo bokor kencana, merupakan sebuah motif batik geometris yang memiliki pola dasar berbentuk lung-lungan yang bermakna harapan, keagungan, serta kewibawaan. Motif ini untuk pertama kalinya dibuat untuk dikenakan PB XI.
  • Batik solo sekar jagad, Sekar berarti bunga dan jagad adalah dunia. Paduan kata yang tercermin dari nama motif ini adalah “kumpulan bunga sedunia”. Motif sekar jagad ini merupakan perulangan geometris dengan cara ceplok (dipasangkan bersisian), yang mengandung arti keindahan dan keluhuran kehidupan di dunia. Motif batik sekar jagad ini mulai berkembang sejak abad ke-18.

Mari kita budayakan dan lestarikan batik, terutama batik solo klasik yang memiliki filosofi yang luhur. Salah satu caranya yaitu dengan membuat model sejenisnya dengan menggunakan motif batik klasik ini agar lebih dikenal dan lebih tepat penggunaannya (sesuai dengan filosofi yang terkandung didalamnya). Saat ini para kawula muda kelahiran tahun 1987 keatas sudah mulai luntur menggunakan bahasa kromo alus/jawa dan tata krama adat istiadat jawa, apalagi dengan batik solo klasik ini. Mungkin dengan cara tertentu yang lain akan lebih mudah diterima oleh generasi selanjutnya. #batikindonesia

Trimester Dua Masa Paling Mengasyikkan

Betul banget, Mam. Itu karena di trimester dua kehamilan, segala keluhan-keluhan yang Mama alami selama trimester satu, seperti: morning sickness alias mual muntah di pagi hari, pusing, tidak nafsu makan, dan lainnya, sudah berkurang atau bahkan lenyap sama sekali. Dengan begitu, Mama bisa kembali beraktivitas “normal”, bahkan (bagi
Mama yang kehamilannya tak bermasalah) dapat bepergian jauh atau travelling menggunakan pesawat terbang, misal. Ini karena posisi janin di trimester dua sudah lebih kuat ketimbang waktu trimester satu.

71107052015-penting-diperhatikan-saat-kehamilan-trimester-kedua

Bagaimana dengan trimester tiga? Apa boleh buat, Mama tak bisa seasyik di trimester dua, karena perut yang semakin membesar di trimester tiga membuat Mama mudah lelah. Jika dipaksakan tentu dapat membahayakan kehamilan, semisal melahirkan sebelum waktunya. Kendati demikian, Mama tetap dapat menikmati trimester tiga ini, antara lain dengan menyiapkan keperluan bagi buah hati yang akan lahir. Ini pasti sangat menyenangkan!