Penerapan E-bisnis pada Tokopedia

tkp

Tokopedia.com merupakan salah satu pusat perbelanjaan online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace.Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko online.Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis

  Tokopedia merupakan jenis e-bisnis, B2C (Business to Consument):

B2C adalah kegiatan e-business dalam pelayanan secara  langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Transaksi penjualan dapat dilakukan di intenet dan pemesanan langsung dilakukan oleh konsumen dengan melihat harga – harga yang sudah tercantum.

Identifikasi Permasalahan muncul akibat penerapan e-bisnis di masyarakaf:

-Terjadinya penipuan antara Penjual dengan konsumen

-Pengiriman barang tidak sesuai dengan deskripsi

Solusi yang disediakan untuk mengatasi masalah tersebut:

Sistem pembayaran di Tokopedia.com menggunakan sistem Rekening Bersama atau escrow. Dalam hal ini, Tokopedia.com berperan sebagai pihak ketiga yang menengahi antara penjual dan pembeli, sehingga dapat meminimalisir terjadinya tindak penipuan.

Hingga awal tahun 2017, terdapat 2 macam kategori pembayaran yang dapat digunakan untuk bertransaksi di Tokopedia.com, yaitu sistem pembayaran instan dan sistem pembayaran manual.

Sistem pembayaran instan Tokopedia yaitu tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran karena pembayaran sudah otomatis terverifikasi.

Sedangkan sistem pembayaran manual Tokopedia adalah pembeli harus melakukan konfirmasi pembayaran (per tanggal 18 Nopember 2016, pembeli tidak perlu lagi melakukan konfirmasi pembayaran, asalkan nominal yang ditransfer sudah sesuai dengan nominal yang diberikan untuk dibayar, biasanya mengandung angka unik dibelakang nominal harga dan ongkos kirim)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *