NEW TECHNOLOGY

  1. Tattoo controls smartphone

ilmuwan dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan Microsoft Research telah menciptakan tato “DuoSkin” yang bisa menjadi kontroler aplikasi smartphone dan perangkat lainnya. Tato ini bersifat sementara seperti tato lainnya.DuoSkin adalah proses fabrikasi yang memungkinkan seseorang untuk membuat perangkat fungsional yang disesuaikan yang dapat dilampirkan langsung pada kulit mereka. Dengan menggunakan daun logam emas, bahan yang murah, ramah kulit, dan kuat untuk pemakaian sehari-hari, kami mendemonstrasikan tiga jenis antarmuka di kulit: merasakan masukan sentuhan, menampilkan output, dan komunikasi nirkabel. DuoSkin menarik dari estetika yang ditemukan di tato temporer seperti perhiasan logam untuk membuat perangkat di kulit yang menyerupai perhiasan. Perangkat DuoSkin memungkinkan pengguna mengendalikan perangkat seluler mereka, menampilkan informasi, dan menyimpan informasi di kulit mereka saat menjabat sebagai pernyataan gaya pribadi. Kami percaya bahwa di masa depan, elektronik di kulit tidak lagi menjadi kotak hitam dan membingungkan; Sebagai gantinya, mereka akan bertemu dengan keramahan pengguna, perluasan, dan estetika dekorasi tubuh, membentuk DuoSkin yang terintegrasi sejauh ini                                                                                                                                                                               DUOSKIN  duoskin                                                                                                                                                                                                                                                                               Ilmuwan telah membangun prototipe di mana tato terhubung dengan computer Arduino yang dipasangkan dengan aplikasi music streaming. Dengan menyentuh tato, pengguna bisa mengontrol aplikasi.Mereka bahkan telah menciptakan tato yang bisa menunjukkan mood pengguna. Namun pengguna harus menekan tombol yang membuat tato menyala putih atau merah. Tato juga bisa mendeteksi temperatur tubuh sehingga akan menyala merah atau putih sesuai temperatur tubuh pengguna.

  1. Health Care Tattoo

Sama seperti “DuoSkin” MIT(Massachusetts Institute of Technology) juga menciptakan “TechTat” untuk memantau kesehatan. Pada saat lampu berwarna hijau maka kondisi saat pengguna dehidrasi, sedangkan lampu tersebut bisa berubah warna menjadi cokelat jika gula darah penggunanya naik.

techtat    techtat

Tato ini juga dirancang sedemikian rupa agar nyaman dengan orang yang tidak terbiasa menggunakan tato. Pasalnya, tato bisa dipasang dengan lem khusus dan tidak menyakiti kulit. Ia juga bisa tampil transparan, dan hanya akan tampak jika terkena cahaya di luar.Tak hanya itu, tato ini juga bisa menampilkan output suhu tubuh serta mengirimkan data ke perangkat lain melalui NFC (Near Field Communication).Menurut tim peneliti, tato tersebut dapat digunakan tiga hal, yakni sebagai trackpad atau virtual control untuk mengatur volume pada smartphone atau perangkat lainnya.Tato juga bisa menampilkan output yang sesuai dengan perubahan suhu tubuh si pemakai. Ketiga, tato tersebut bisa juga berisi data yang mampu dibaca perangkat lainnya.