TUGAS ANALISIS WEB BALAI KARANTINA

TUGAS ANALISIS WEB

BALAI KARANTINA

logo-udinus


                                                           Di susun oleh :

MUHAMMAD MUWAFAQUL HAQ               (A12.2016.05549)

BRILLIANT FERDIANSYAH ZULFIKAR       (A12.2016.05531)

GESY SEVILA JULINDA                                 (A12.2016.05530)

NANANG RIZAL KIFLI                                  (A12.2016.05505)

MUHAMMAD LUDFI HAKIM                        (A12.2016.05535)

 

UNIVERSITAS DIAN NUSWANTARA

SEMARANG

 

 

ANALISIS WEBSITE PEMERINTAH BALAI KARANTINA HEWAN DAN TUMBUHAN

Analisis ini hanya untuk memenuhi tugas perkuliahan di Universitas Dian Nuswantoro dengan mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer tentang analisis user interface semata.Yang beralamat di :

bkp1palembang.karantina.pertanian.go.id,www.karantinasemarang.go.id,yogya.karantina.pertanian.go.id,karantinasby.pertanian.go.id,https://bkpdenpasar.org,skp1bengkulu.karantina.pertanian.go.id dan gorontalo.karantina.pertanian.go.id.

1.Profile Website

Website ini adalah website pemerintah yang bergerak dibidang informasi balai karantina pertanian. Menu utama website ini meliputi :

  • Balai Karantina Palembang

Home, Profil, PPID, Buku Tamu dan SOP.

screenshot-11

 

  • Balai Karantina Yogyakarta
  • screenshot-12

Beranda, Instansi, Informasi Publik, Aplikasi Internal, Data dan Regulasi.

  • Balai Karantina Surabaya

screenshot-13

Home, About Us, Informasi, Service, PPID, Links.

  • Balai Karantina Denpasar

screenshot-14

Tentang Kami,Karatina Tumbuhan, Karatina Hewan, Layanan Interaktif, PPID.

  • Balai Karantina Bengkulu

screenshot-15

Beranda, Karatina Hewan, Karatina Tumbuhan, Interaktif, Rubrik.

  • Balai Karantina Gorontalo

screenshot-16

Beranda, Profil, Layanan, Informasi, Galeri.

  • Balai Karantina Semarang

screenshot-17

Home, Profile, Visi Misi, Struktur Organisasi, Kegiatan, Penganduan, Gallery, Kontak Kami.

tujuan website ini adalah:

-memberikan informasi kepada user tentang karantina hewan ternak,tanaman pertanian,hasil pertanian dan peternakan.

-memberikan akses kepada masyarakat untuk membudidayakan hewan ternak dan tanaman dan tumbuhan

-memberikan akses kepada masyarakat untuk mendata dan melindungi Kelestarian Sumber Daya Alam Hayati Hewani danNabati serta Keamanan Pangan Segar

-Memberikan informasi masuknya hama dan penyakit hewan dan organisme pengganggu tumbuhan karantina dari luar negeri ke dalam wilayah negara Republik Indonesia.

-memberikan informasi tersebarnya hama dan penyakit hewan dan organisme pengganggu tumbuhan karantina dari satu area ke area lain di dalam wilayah daerah Indonesia.

2.Readability

Parameter ini menyangkut bagaimana kemudahan user untuk membaca sebuah informasi yang didapat dari sebuah web yang diberikan ataupun mencari informasi yang diinginkan dari sebuah web.

  • Balai Karantina Palembang

Di website ini pengguna diberikan berbagai macam shortcut bila ingin melakukan pengujian laboratorium dan juga user dapat mengetahui tarif karantina tumbuhan dan hewan dihalaman depan website tersebut.

  • Balai Karantina Yogyakarta

Diwebsite ini pengguna diberikan berbagai macam shortcut bila ingin melakukan persyaratan sertifikasi semua prosedur sudah ada dihalaman depan tersebut.

  • Balai Karantina Surabaya

Diwebsite ini pengguna diberikan berbagai macam shortcut bila ingin melakukan ekspor atau impor semua prosedur ataupun alur sudah ada dihalaman depan website tersebut.

  • Balai Karantina Denpasar

Diwebsite ini pengguna diberikan berbagai macam shortcut bila ingin melakukan permohonan pemeriksaan karantina online tata cara daftar sudah dapat dilakukan diwebsite tersebut.

  • Balai Karantina Bengkulu

Diwebsite ini pengguna diberikan berbagai macam shortcut bila ingin melakukan karantina antar area atau antar daerah semua prosedur ataupun alur sudah ada dihalaman depan website tersebut.

 

  • Balai Karantina Gorontalo

Diwebsite ini pengguna diberikan berbagai macam shorcut bila ingin melakukan pengkarantinan hewan dan tumbuhan semua prosedur sudah ada dihalaman depan tersebut.

 

  • Balai Karantina Semarang

Diwebsite ini pengguna diberikan berbagai macam shortcut bila ingin melakukan pengaduan adanya indikasi korupsi dan kejahatan lainnya melalui whistleblower’s system semua prosedur ataupun alur sudah ada dihalaman depan website tersebut.

3.Font and Coloring

Pemberian dan pemilihan warna dan gambar untuk mempercantik tampilan juga diperlukan untuk menambah daya tarik user dalam menggunakan sistem yang didapatnya.

Di seluruh website balai karantina diatas penggunaan font and coloring sangat baik karena memakai warna-warna yang halus sehingga membuat user merasa nyaman untuk menggunakan bahkan bisa berkali-kali karena tampilan dari webnya yang enak dipandang. Selain itu penggunaan font huruf yang jelas namun dapat dibaca oleh semua kalangan juga mendukung daya tarik dari interface web ini.

  • Balai Karantina Palembang

Dari segi penggunaan font tulisan tercermin web Balai Karantina Palembang bertujuan untuk memberiinformasi karena menggunakan jenis tulisan Time new Roman yang biasa digunakan untuk hal yang formal. Tetapi design web Balai Karantina Palembang mencerminkan tujuan pengembang untuk berbagi informasi berita melalui web ini dan ditambahkannya banner yang menggambarkan ketertariakan sebuah isi dari informasi. Meskipun web ini tidak bersifat komersial tapi bukan berarti di web ini tidak ada sesuatu yang menjadi menarik perhatian pengunjung.

  • Balai Karantina Yogyakarta

Pengembang menggunakan animasi pada logo mungkin untuk menarik perhatian pengguna atau membuat tampilan website lebih menarik perhatian pengguna. Di lain pihak, pengguna biasanya menganggap bahwa animasi pada logo merupakan sesuatu yang tidak penting (iklan dan sejenisnya) sehingga diabaikan. Di dalam web Balai Karantina Yogyakarta juga hal itu dianggap tidak penting karena di dalam situs Balai Karantina Yogyakarta tidak bisa menyatu dengan informasi dan background di dalamnya yang di pasang dengan flat  yang membuat pengguna tidak menarik.

  • Balai Karantina Surabaya

Pada Web Balai Karantina Surabaya ini font dan warnanya kurang menarik karena dengan backgound kotak dengan warna hijau di atas saja lalu kebawah dengan background putih dan jenis font Arial membuat pengunjung kurang tertarik dengan web Balai Karantina Surabaya,Penikmat web Balai Karantina Surabaya akan cepat bosan dengan tampilan seperti tersebut harus di padukan dengan gambar atau banner informasi sehingga pengguna tidak mudah bosan untuk mengunjungi web Balai Karantina Surabaya tersebut.

  • Balai Karantina Denpasar

Pada Halaman Balai karantina Denpasar kombinasi warnanya kurang baik, background yang menggunakan gambar membuat desain halaman kurang menarik dengan penempatan backgorund gambar tersebut kurang tepat, seharusnya background gambar tersebut di jadikan banner informasi bisa di letakan di atas atau di bawah pada halaman web Balai karantina Denpasar.

  • Balai Karantina Bengkulu

Jenis font pada web Balai Karantina Bengkulu yaitu verdena, jenis font ini kurang cocok untuk di gunakan di web Balai Karantina Bengkulu karna membuat pengguna web Balai Karantina Bengkulu pusing pada saat melihat teks tersebut dan membacanya.Pengguna teks berjalan juga menyulitkan pengguna untuk mendapatkan informasi karena mereka harus menunggu sampai semua teks ditampilkan. Jika ada informasi yang terlewat mereka harus menunggu sampai teks berjalan looping kembali

  • Balai Karantina Gorontalo

Halaman-halaman yang ada di situs Balai Karantina Gorontalo memiliki kekonsistensian yang dapat di lihat yakni dalam hal pemberian warna background untuk tiap halaman yang selalu sama. Peletakan banner informasi untuk setiap halaman yaitu di tengah web dan paling bawah tiap-tiap halaman. Warna yang dominan coklat mencerminkan warna yang baik dengan kombinasi huruf / teks putih karena menarik pengunjung di web Balai Karantina Gorontalo.

 

  • Balai Karantina Semarang

Balai Karantina Semarang mempunyai Kombinasi warna dan jenis font yang sangat baik, Perpaduan background dengan warna hijau dan font warna putih membuat pengunjung web Balai Karantina Semarang  tertarik untuk menggali informasi dari web

Balai Karantina Semarang dengan meletakan banner informasi di tengah dan di bawah web Balai Karantina Semarang pengguna menjadi lebih mudah untuk mencari informasi, web Balai Karantina Semarang ini tidak membuat pengguna cepat untuk bralih ke web lain karna dengan tampilan web yang bagus dan menarik untuk di kunjungi.

4.Breadcrumb

Breadcrumb digunakan untuk menginformasikan kepada pengguna mengenai posisi mereka saat ini. Dengan menggunakan breadcrumb, pengguna juga dapat menelusuri lokasi yang telah dilaluinya sampai berada di posisi saat ini sehingga pengguna dengan mudah dapat kembali ke halaman sebelumnya.

  • Balai Karantina Palembang

Di website ini pengguna  bisa menelusuri lokasi yang telah dilaluinya,sehingga pengguna pengguna belum mudah kembali ke halaman berikutnya.Pada web ini tidak terdapat breadcrumb karena disetiap page rata rata harus memiliki jarak path lebih dari satu klik dari halaman utama.

  • Balai Karantina Yogyakarta

Diwebsite ini pengguna sudah bisa menelusuri path yang telah dilaluinya sampai berada diposisi saat ini sehingga pengguna dengan mudah kembali kehalaman berikutnya.Pada web ini sudah terdapat breadcrumb.Sehingga memberikan kemudahan navigasi bagi penggunjung blog atau website.

  • Balai Karantina Surabaya

Diwebsite ini pengguna sudah bisa melihat lokasi atau path dari halaman web yang sekarang sedang dikunjungi,relatif terhadap struktur halaman diatasnya.Memberikan tanda dan mengetahui dibagian mana pengunjung web atau blog kita saat berada dalam web atau blog kita juga untuk mengikuti kembali ke halaman utama atau entri lainya.Breandcrumbs sendiri memudahkan kita dalam menavigasi link bisa lebih mudah.

  • Balai Karantina Denpasar

Diwebsite ini pengguna sudah bisa menyediakan halaman website diatasya,sekaligus mengindari user tersesat karena terlalu dalam menjelajahi website .Dengan menggunakan breadcrumb,kita dapat memudahkan penggunjung dalam menjelajahi website kita,karena struktur website yang kita punya mmeiliki tingkatan yang baik.

  • Balai Karantina Bengkulu

Diwebsite ini pengguna sudah bisa memberikan kemudahan navigasi bagi pengunjung blog atau website.

  • Balai Karantina Gorontalo

Diwebsite ini pengguna sudah bisa memberikan link atau tautan di breadcrumbs para pengunjung blog dengan cepat untuk kembali awal mereka kunjungi.

  • Balai Karantina Semarang

Di website ini pengguna belum bisa menelusuri lokasi yang telah dilaluinya,sehingga pengguna pengguna belum mudah kembali ke halaman berikutnya.Pada web ini tidak terdapat breadcrumb karena disetiap page rata rata harus memiliki jarak path lebih dari satu klik dari halaman utama.

5.Scrolling

Pemakaian scrolling ini ditunjukan untuk melihat keseluruhan isi dari website, Dengan scroll ini pengujung bisa melihat kelanjutan isi dari website ini. Pada website ini penggunaan scrollnya sangat efisien, karena pada saat kita scroll kebawah tidak terlihat space yang kosong. Ini menjadikan website tersebut terlihat bagus dan penggunaan scrollnya efisien. Kebanyakan website yang membuat space kosong akan terlihat tidak menarik.

Pada semua web Balai Karantina menggunakan scroll 6 sampai 10 scrolling untuk melihat dari atas web sampai ke bawah, Terlihat bagus, karena jika kita menggunakan scroll kebawah tetapi terlihat space yang kosong tanpa konten apapun ini menjadikan scroll yang kurang efisien dan pemakaian scroll yang sia-sia. Pada semua website Balai Karantina ini  tidak terlihat adanya space yang kosong jadi terlihat bagus untuk pengguna yang mengakses semua web Balai Karantina untuk mencari informasi atau sekedar membaca.

6.Link

Desain link yang baik dapat membantu pengguna dalam hal mencari content-content yang dibutuhkan. Selain itu, pengguna menjadi lebih mudah mengingat halaman – halaman yang telah dikunjunginya. Jika desain link buruk, maka itu menjadi masalah besar bagi web tersebut, terlebih lagi jika link yang di desain ternyata tidak mengarah pada content yang diinginkan pengguna. Oleh karena itu, desain link merupakan hal yang crucial dan mendasar bagi pengembang web.Pada seluruh website diatas dalam penggunaan link sudah baik karena Link halaman yang sedang dikunjungi berubah,link tersebut brpindah ke halaan lain.

  • Balai Karantina Palembang

untitled

Link pada website Balai karatina Palembang terdapat di bagian layana interaktif ada 4 dan jika link pada sms center akan kembali tampilan awal.

 

  • Balai Karantina Yogyakarta

untitled2

kinerja ada 3 bagian masing-masing website balai karantina yogyakarta yaitu Web Mail, e Personal, dan E – Kinerja. Pada link yang bergambar logo jika di klik akan muncul ke halam yang lain sama dengan Link

  • Balai Karantina Surabaya

untitled23

Pada website balai karangtina surabaya ada bagian Home, About US, Information, Service,PPID, dan terakhir ada Links. Jika kita klik bagian LINKS akan muncul yang ada anak panah tersebut.

 

  • Balai Karantina Denpasar

untitled2345

Pada bagian website balai karantina denpasar link nya berbentuk logo atau gambar jika kita klik logo dengan nama “KEMENTRIAN PERTANNIAN” akan muncul tampilan tersebut

 

  • Balai Karantina Bengkulu

untitled23456

Pada bagian website balai karantina bengkulu di tampilan awal ada bagian Berada, Karantina Hewan, Karantina Tumbuhan, Interaktif, dan Rubrik. Pada bagian Interaktif ada 4 bagian yaitu Guestbook, Gallery Foto, Statistik website, dan terakhir bagian Links situs – situs penting lalu klik link tersebut akkan mucul tampilan yang ada pada gambar beranakpanah tersebut.

 

  • Balai Karantina Gorontalo

untitled23456

Pada website balai karantina Gorontalo link tersebut yang di beri anakpanah terseut jika tampilan bergambar atau berlogo diklik salah satu akan muncul tampilan tersebut.

 

  • Balai Karantina Semarang

untitled234567

Pada website balai karantina semarang tersebut ada link berbentuk gambar atau logo dan ada berbentuk huruf jika di klik salah satu link akan muncul tampilan tersebut.

7.Efisiensi

  • Balai Karantina Palembang

Dari segi efisiensi,menurut kami seluruh balai karantina Palembang ini cukup efisien dalam menjawab kebutuhan user dalam hal  mendapatkan hal hal yang diinginkan oleh user ketika ingin melakukan pengujian laboratorium dan juga user dapat mengetahui tarif karantina tumbuhan dan hewan sehingga user merasa senang dengan fasilitas yang diberikan di web ini.Selain itu tampilannya juga sangat baik,tak terlalu mengganggu dan nyaman dipandang menjadikan usir untuk diarahkan secara cepat dan mudahuntumk mendapatkan informasi yang diharapkan sehingga user menjadi puas dari pelayanan yang diberikan oleh web ini

  • Balai Karantina Yogyakarta

Dari segi efisiensi,menurut kami seluruh balai karantina Yogyakarta ini cukup efisien dalam menjawab kebutuhan user dalam hal  mendapatkan hal hal yang diinginkan oleh user ketika ingin melakukan persyaratan sertifikasi sehingga user merasa senang dengan fasilitas yang diberikan di web ini. Selain itu tampilannya juga sangat baik,tak terlalu mengganggu dan nyaman dipandang menjadikan usir untuk diarahkan secara cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi yang diharapkan sehingga user menjadi puas dari pelayanan yang diberikan oleh web ini

  • Balai Karantina Surabaya

Dari segi efisiensi,menurut kami seluruh balai karantina Surabaya ini cukup efisien dalam menjawab kebutuhan user dalam hal  mendapatkan hal hal yang diinginkan oleh user ketika ingin melakukan ekspor atau impor sehingga user merasa senang dengan fasilitas yang diberikan di web ini. Selain itu tampilannya juga sangat baik,tak terlalu mengganggu dan nyaman dipandang menjadikan usir untuk diarahkan secara cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi yang diharapkan sehingga user menjadi puas dari pelayanan yang diberikan oleh web ini

  • Balai Karantina Denpasar

Dari segi efisiensi,menurut kami seluruh balai karantina Denpasar ini cukup efisien dalam menjawab kebutuhan user dalam hal  mendapatkan hal hal yang diinginkan oleh user ketika ingin permohonan pemeriksaan karantina online sehingga user merasa senang dengan fasilitas yang diberikan di web ini. Selain itu tampilannya juga sangat baik,tak terlalu mengganggu dan nyaman dipandang menjadikan usir untuk diarahkan secara cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi yang diharapkan sehingga user menjadi puas dari pelayanan yang diberikan oleh web ini

  • Balai Karantina Bengkulu

Dari segi efisiensi,menurut kami seluruh balai karantina Bnegkulu ini cukup efisien dalam menjawab kebutuhan user dalam hal  mendapatkan hal hal yang diinginkan oleh user ketika ingin karantina antar area atau antar daerah sehingga user merasa senang dengan fasilitas yang diberikan di web ini. Selain itu tampilannya juga sangat baik,tak terlalu mengganggu dan nyaman dipandang menjadikan usir untuk diarahkan secara cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi yang diharapkan sehingga user menjadi puas dari pelayanan yang diberikan oleh web ini

  • Balai Karantina Gorontalo

Dari segi efisiensi,menurut kami seluruh balai karantina Gorontalo ini cukup efisien dalam menjawab kebutuhan user dalam hal  mendapatkan hal hal yang diinginkan oleh user ketika ingin melakukan pengkarantinan hewan dan tumbuhan sehingga user merasa senang dengan fasilitas yang diberikan di web ini. Selain itu tampilannya juga sangat baik,tak terlalu mengganggu dan nyaman dipandang menjadikan usir untuk diarahkan secara cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi yang diharapkan sehingga user menjadi puas dari pelayanan yang diberikan oleh web ini

  • Balai Karantina Semarang

Dari segi efisiensi,menurut kami seluruh balai karantina Semarang ini cukup efisien dalam menjawab kebutuhan user dalam hal  mendapatkan hal hal yang diinginkan oleh user ketika ingin melakukan pengaduan adanya indikasi korupsi dan kejahatan lainnya melalui whistleblower’s system. Selain itu tampilannya juga sangat baik,tak terlalu mengganggu dan nyaman dipandang menjadikan usir untuk diarahkan secara cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi yang diharapkan sehingga user menjadi puas dari pelayanan yang diberikan oleh web ini

8.kesimpulan

Kesimpulan dari analisis interaksi pengguna ini adalah secara keseluruhan web balai karantina pertanian ini sangat baik dalam menjawab kebutuhan pengguna akan pelayanan yang cepat, mudah, dan efisien. Disamping itu web ini mengedepankan desain yang menarik, futuristik, nyaman dipandang, dan tak membosankan sehingga pengguna akan selalu menggunakan web ini jika ingin melakukan reservasi secara praktis.

Referensi

http://www.academia.edu/29901141/Makalah_Interaksi_Manusia_and_Komputer_IMK_Analisis_Web

https://dwinantohendra.wordpress.com/2015/02/12/11-analisa-user-interface-pada-website-garuda-indonesia/comment-page-1/

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *