Home » Tips Desain Rumah » Inspirasi Desain Rumah Lebar 5 Meter yang Menarik

Inspirasi Desain Rumah Lebar 5 Meter yang Menarik

desain rumah 5 meter

Beberapa orang beranggapan jika semakin besar rumah yang Anda miliki, berarti status sosial Anda juga semakin tinggi. Eits, tunggu dulu. Punya rumah kecil, atau bahkan hanya memiliki lebar 5 meter bukan berati Anda tidak bisa bergaya juga loh. Sekarang ini banyak sekali inspirasi desain rumah lebar 5 meter yang patut dijadikan contoh. Rumah dengan termasuk kategori small house ini memang membutuhkan banyak pertimbangan dalam proses perancangannya. Rasanya batasan ruang dan dimensi kerap menjadi penghalang sekaligus tantangan ketika tengah menerapkan estetika-estetika arsitektural pada desain rumah lebar 5 meter. Dibutuhkan kejelian dalam mengatur tata ruang dan memilih furnitur.

Utamakan segi fungsional di tengah proses sketsa denah. Misalnya dengan menentukan letak ruangan sesuai dengan sirkulasi udara dan juga pencahayaan. Karena terbatasnya ruang, bisa saja rumah kecil terasa sumpek dan panas. Meninggikan plafon dan juga atap bisa dijadikan solusi untuk ini. Ketika menentukan kamar, rasanya lebarnya tidak akan ideal. Namun inilah yang terjadi pada desain rumah lebar 5 meter. Sebagai penghuni, Anda harus bisa mengambil pilihan akan furnitur yang tepat. Sebaiknya hindari memakai king size bed untuk tempat tidur, karena kamar Anda tidak akan muat. Dan sebaiknya untuk kamar menggunakan tempat tidur minimalis saja karena lebih simple untuk ruangan yang cukup sempit.

Penggunaan sedikit sekat mungkin adalah jawaban yang tepat. Bahkan sebaaiknya gunakan furnitur, dan bukannya dinding untuk menyekat ruangan di rumah Anda. Misalnya ketika Anda menyekat ruang keluarga dan ruang makan, Anda bisa memanfaatkan sofa dengan ukuran yang sedang. Sebaiknya dapur dan juga ruang makan tidak perlu disekat untuk memaksimalkan fungsi dari kedua ruangan ini. Anda juga bisa meletakkan kamar mandi di bagian paling pojok rumah dekat dengan tangga.

Membuat lantai dua merupakan solusi lainnya dalam mengatasi terbatasnya ruang pada desain rumah lebar 5 meter milik Anda. Di lantai kedua, Anda dapat membuat ruangan yang tidak bisa dibuat di lantai pertama. Misalnya kamar untuk anak Anda, ruang kerja, ruang ibadah, dan juga balkon. Dengan ini, pemaksimalan ruang dapat tercapai dengan mudah. Menentukan letak jendela, pintu, dan ventilasi sangat penting. Jangan sampai sirkulasi dan pencahayaan di rumah Anda hanya sedikit. Gunakan pasangan bata roster untuk ruangan di ujung rumah Anda, seperti dapur atau ruang cuci. Dinding yang terbuat dari bata roster ini membuat cahaya dan udara bisa lewat dengan mudah. Berikan manfaat dari lantai atas ke lantai bawah dan juga memperbaiki sirkulasi udara dengan memberikan lubang di lantai 2. Namun Anda juga dapat mengabaikannya, jika Anda kurang suka. Bagi pasangan muda yang memiliki sedikit anak, rasanya desain rumah lebar 5 meter ini cukup ideal. Apalagi untuk Anda yang suka dengan konsep rumah simpel dan terbuka. Semoga bermanfaat.


Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *