Activity

  • natasya hesti aprillia posted an update 6 days, 16 hours ago

    PASAR PAPRINGAN

    Halloo buddies!! Gimana kabar kalian

    Hari ini aku sedikit bercerita weekend aku bersama keluarga. Dengan mengunjungi destinasi wisata kuliner di JAWA TENGAH! Ngiler gak nih kalau aku cerita makanan.
    Tempet ini adalah tempat yang mungkin unik dan belum ada yang menyaingi brosis, atau emang akunya yang gak tau ya? Hehe.

    Kenapa aku bilang unik? Karena di jawa tengah ini dan masih kepulauan indonesia ini, ada sebuah tempat yang ternyata RUPIAH gak berguna cuy! Ha masa sih?

    Yaa pasar papringan di Temanggung jawa tengah. Pasar ini bukan sembarang pasar, karena pasar ini buka dihari tertentu yaitu minggu wage dan pon. Disini menjual berbagai macam makanan tradisional, banyak mainan tradisional juga dan semua yang serba tradisional. Jadinya kalau kesini berasa khas banget jawanya karena selama pasar ini buka suara gamelan terdengar khas mengingatkan kita yang wong jowo ini. Eitss tapi ada batas waktunya kalau mau kesini loh.

    Pasar ini buka jam 8-12 siang, inget baik-baik nih. Tapi jangan karena buka sampai jam 12 terus kalian santai-santai dong.

    Buat kalian si kelelawar yang mau berburu kuliner tradisional, jangan males-males ya buat bangun pagi. Kalau bisa nih jam 6 dari rumah. Kenapa? Karena siang dikit makanan disini udah gak komplit dan cepet habisnya. Kayak aku nih yang kena apesnya.

    Gak nyangka tau, kalau ini pasar hits banget, sampai jalan kesana aja macetnya minta ampun. Yang dateng gak Cuma dari jawa tengah aja buddies, tapi dari luar jawa pun banyak banget. Bahkan ya sampai ada bus wisata yang ternyata sampai sana udah habis semua makanannya, kasian gak tuh :/
    Sebenernya kalau masuk hitungan, aku itu udah berangkat pagi loh. Sekitar set 9 dari rumah set 10 sampe sana, karena perjalanan bawen-temanggung Cuma 1 jam. Tapi ditambah nyasar jadi 1,5 jam deh hehehe. Tapi gak nyasar pun kita tetep kehabisan kok karena macetnya itu loh yang astaghfirullah, sekitar 1 jam man kali ya kita sabar dengan kemacetan.

    Sambil nunggu macet, delalah ada bapak-bapak jualan es jaman dulu. Namanya es apa ya? Eskado, es kotak apa es lilin? Lupa dah aing.

    Banyak orang dari atas yang habis dari atas mau pulang, ngasih tau ke orang-orang yang masih antri macet kesana kalau kita disuruh pulang aja. Karena makanan udah habis selain itu macetnya gak disini aja tapi sampe tujuannya.

    Dan yahh beberapa mobil dan motor didepan mulai putar balik dan pulang, sebenernya aku udah gak tertarik lagi buat kesana. Tapi mamah bilang “eman-eman udah nyampe sini, wong pingin tau tempette kok”. Akhirnya kita tetep terusin, tapi karena emang bener-bener saking macetnya dan bentar lagi jam 12, aku mama tanteku dan keponakanku pun memutuskan buat jalan ke sana dan papa menunggu di lapangan karena males kesana. Emang dah mamah penasaran banget kayaknya hihi xD untung aja cek di gomap jalan kaki Cuma 15 menit.

    Nahh buddies kalau misal nih kalian mau hemat baterai atau hp lowbat dan gak bisa liat gomap, santai aja bro! Petunjuk jalan dimana mana.

    Setelah beberapa menit jalan, sampai deh di pasarnya…

    Tapi ya gitu makanan udah habis semua hahaha, walaupun habis alhamdulillah masih kesisa jaggung bakar buat aku sama adek sepupuku. Terus kita beli deh.

    Tapi buddies jangan lupa buat tuker uangnya dulu yaa, tapi karna waktu itu aku kesana udah gak ada yang jual yaa kita langsung masuk aja. Terus beli jaggungnya pake apa dong?
    Nah kebetulan ada bapak sama anaknya yang telat juga kesitu dan lagi beli jaggung, dia tuker uang 20 pring. Terus mamah tukerin 4 pring sama bapaknya itu, karna harga jaggungnya 2 pring satu. Kalau dirupiahin 2 pring = Rp 2000

    Gimana? kalian mau coba kesini? seriuss deh ini bener-bener recommended banget buat kalian kalian semua para pemburu kuliner! tapi inget-inget ya, berangkat yang pagi, maksimal jam 8/9 deh kalian sampai sana. selamat membaca dan semoga bermanfaat gaes 🙂

Comments are closed.

Skip to toolbar