konsep e-binsis website zalora.co.id

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakat.

Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.

Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.

Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakat ini dapat memberikan manfaat maupun inspirasi terhadap pembaca.

Semarang, 26 Oktober 2018

Penyusun

Muhammad Agus Modtaqin

BAB 1
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perkembangan teknologi internet bisa dikatakan mengalami pertumbuhan yang semakin pesat dan diiringi dengan pemanfaatan teknologi tersebut sebagai sumberdaya dimana tidak terlepas dari berkembangnya pemanfaatannya dalam dunia bisnis dan perdagangan. Hal ini sangat memancing aktivitas perdagangan yang merupakan salah satu kunci pergerakan ekonomi yang paling utama. Pada jaman sekarang ini perdagangan dalam dunia bisnis semakin mendunia (global) karena proses jual beli dapat dilakukan dengan menggunakan media internet. Saat ini perkembangan perdagangan semakin bersifat lebih dinamis dan progresif. Pembeli dan penjual tidak harus bertatap muka secara langsung untuk melakukan aktivitas jual-beli. Dengan memanfaatkan media jaringan internet dan sebuah wujud toko virtual yang berwujud online shop pembeli dan penjual dapat membuat sebuah kesepakatan dan bertransaksi dengan lebih efisien. Pada hakikatnya bertransaksi secara spesifik melalui media online shop.
Meskipun berbelanja online lebih mudah dan efisien tapi masih banyak permasalahan-permasalahan yang muncul akibat penerapan e-bisnis yang marak masyarakat gunakan ini contohnya https://www.zalora.co.id.
Di sini penulis akan membahas permasalah yang mucul akibat e-bisnis dan juga penerapanya dengan situs https://www.zalora.co.id.

B. Sejarah

Zalora – ZALORA adalah toko online fashion dan kecantikan yang menawarkan koleksi pakaian, aksesoris, sepatu dan produk kecantikan untuk pria dan wanita. Berpusat di Singapura, ZALORA juga terdapat di Hong Kong, Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Brunei. ZALORA menjual produk fashion dari brand international dan juga brand local di setiap Negara yang beroperasi. ZALORA juga beroperasi di Australia dan New Zealand sebagai The Iconic. Zalora adalah salah satu investasi utama Rocket Internet di Singapura.

2012

Pada Awal tahun 2012, ZALORA meluncurkan berbagai situs local di seluruh Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

2013

Pada awal tahun 2013, ZALORA memperbesar layanannya di ZALORA Malaysia dengan menawarkan layanan pengiriman ke Brunei.

Pada pertengahan tahun 2013, ZALORA mendapatkan putaran dana pertama kali, sebesar US$100 Juta.

Pada akhir tahun 2013, ZALORA meluncurkan private label sendiri, Ezra dari ZALORA. Hal ini juga mengumumkan bahwa mereka telah sepakat menjadi online distributor tunggal untuk brand fashion River Island yang berbasis di Inggris untuk Asia Tenggara. ZALORA juga mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mendapatkan putaran dana keduanya, total sebesar US$112 Juta. Dana ini dilokasikan untuk mendorong kegiatan ZALORA dalam mengembangkan penawaran produk dan basis pesar.

2014

Pada awal tahun 2014, ZALORA mengumumkan rencana untuk mendirikan sebuah Marketplace.

C. Rumusan Masalah
1. Mengetahui permasalahan yang muncul akibat penerapan e-bisnis di masyarakat
2. Mengetahui dan memberikan solusi yang tepat untuk masalah tersebut

D. Tujuan Penulisan
Maksud dan tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui masalah yang muncul di masyarakat akibat penerapan e-bisnis dan solusi apa yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

BAB II
ISI
II.I Jenis E-bisnis Yang di Terapkan di Masyarakat
1. B2C (Business to Customer)
B2C (Business to Customer) dimana target pemasaran pertamanya adalah langsung pada pelanggan/customer. dalam pelayanananya secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Transaksi penjualan dapat dilakukan di intenet dan pemesanan langsung dilakukan oleh konsumen dengan melihat harga – harga yang sudah tercantum.
Contoh E-bisnis : https://www.Zalora.co.id

II.I Masalah Yang Muncul Akibat Penerapan E-bisnis di Masyarakat
1. Masalah retur atau refund
2. Masalah ongkos kirim
3. Masalah voucher
II.II SOLUSI UNTUK MENGATASI MASALAH TERSEBUT
1. Masalah retur atau refund
Karena adanya beberapa produk yang tidak bisa dilakukan retur atau refund harus diberlakukan untuk free return atau refund untuk semua produk dengan ketentuan Jika produk yang dibeli pelanggan mengalami kerusakan ataupun tidak sesuai pesanan pelanggan dapat melakukan pengembalian barang atau penukaran dalam waktu 14 hari dari penerimaan.dengan syarat barang harus dalam keadaan, baru, lengkap, tidak dalam keadaan rusak, tag dan label masih tertera. Kecuali jika barang yang Anda terima dalam keadaan rusak yang terpenting kondisi barang masih lengkap dan label tertera, barang tersebut masih bisa Anda tukarkan.
2. Masalah gratis ongkos kirim
Kareana adanya proses pengiriman 2 versi yaitu oleh Zalora itu sendiri dan oleh penjual, di versi pengiriman oleh Zalora tidak dikenakan ongkos kirim sedangkan versi pengiriman oleh penjual dikenakan ongkos kirim. Sebaiknya versi pengiriman yang dilakukan oleh penjual diberlakukan gratis ongkos kirim dengan cara :
• Ambil biaya ongkir termahal dari yang mungkin terjadi
• lalu masukkan biaya ini ke dalam harga pokok produksi prosuk
• tentukan keuntung yang mau di ambil
3. Masalah Voucher
voucher zalora tidak berlaku untuk produk non sale item, hanya berlaku untuk produk yang sudah di diskon. Sebaaiknya zalora memberikan voucher diskon terhadap semua produk dengan ketentuan: pembeli yang telah melakukan transaksi pembelian dengan batas tertentu, berhak mendapatkan voucher dengan nominal tertentu. Produk yang dibeli bisa sudah ditentukan merek atau produsennya, atau bisa juga untuk sembarang merek dan dalam satu produsen atau sembarang produsen dalam satu kategori atau benar-benar bebas, artinya voucher tersebut bisa digunakan untuk berbelanja produk dalam kategori apa saja.
II.III SOLUSI TAMBAHAN
Pentingnya menjaga kepuasan pelanggan agar tidak menimbulkan peralihan pelanggan pada perusahaan lainnya. Sebuah perusahaan dikatakan bijaksana jika mengukur kepuasan pelanggan secara teratur, karena kunci untuk mempertahankan pelanggan adalah kepuasan.
Konsumen memiliki tingkat kesetiaan yang sangat beragam pada merek, toko, dan perusahaan tertentu. Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja (hasil) yang diharapkannya.
Menarik dan menjaga jumlah pelanggan serta membentuk ikatan yang kuat dengan pelanggan merupakan cara yang terbaik untuk mendapatkan pelanggan yang setia terhadap produk suatu perusahaan.
Pelanggan berperilaku guna memaksimumkan nilai. Mereka membentuk harapan akan nilai dan bertindak berdasarkan harapan itu. Pembeli akan membeli dari perusahaan yang mereka anggap menawarkan nilai yang tinggi bagi pelanggan.
BAB III
KESIMPULAN
Berbisnis online merupakan bisnis yang cocok di era sekarang. Banyak pula keuntungan yang bisa kita dapat. Tapi, dalam menjalankan bisnis ini kita harus betul-betul mempelajarinya terlebih dahulu.
Saran
Artikel ini jauh dari kesempurnaan, maka dari itu, kritik dan saran sangat membantu penulis dalam menapai tujuan yang lebih baik.
Penutup
Demikian artiker yang saya buat, semoga dapat memberi pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat