6 Alat Dapur yang Harus Ada Saat Kamu Masak di Dapur

6 Alat Dapur yang Harus Ada Saat Kamu Masak di Dapur

Student Blog Dinus. –  Memasak adalah kegiatan yang selalu kita lakukan selagi di rumah, baik itu untuk memasak makanan atau sekedar merebus mie saja. Dari yang sederhana sampai yang rumit, pastinya membutuhkan setidaknya 2 alat masak.

Kamu yang hobi memasak tentu sudah tahu alat-alat masak apa saja yang harus ada saat hendak masak di dapur. Lalu bagaimana untuk kamu yang baru saja menikah dan tinggal tanpa orang tua atau baru pindah ke kosan sendiri?

Daripada bingung dan panik karena alat masak di dapur baru tidak lengkap, sebaiknya kamu simak daftar alat masak yang harus ada saat kamu masak di dapur dari Kania berikut ini!

1. Kalau mau masak di dapur, harus punya kompor

Alat masak di dapur yang paling utama adalah kompor. Jika tidak ada kompor, kamu jelas akan mendapatkan kesulitan saat ingin menggoreng atau merebus. Kalau sudah ada kompor, jangan lupa untuk memastikan gasnya selalu ada supaya proses memasak tidak terganggu. Memilih kompor juga harus hati-hati supaya tahan lama, pilihlah kompor yang berkualitas.

2. Masak di dapur pasti pakai wajan dan panci

Wajan akan berguna saat kamu hendak memasak dan menumis bahan makanan. Sedangkan panci bisa kamu gunakan untuk membuat sup atau merebus air. Peralatan masak ini penting supaya kegiatan masak di dapur lebih menyenangkan, pilihlah wajan anti lengket dan sediakan panci ukuran sedang.

3. Susah masak di dapur kalau nggak ada spatula

Tanpa spatula, kamu akan kesulitan saat masak di dapur nanti. Kebayang nggak, jika harus mengaduk masakan menggunakan sendok makan? Yang ada tanganmu kepanasan dan masakan tidak teraduk dengan baik. Tapi, pilihlah spatula yang berkualitas ya, karena spatula berkualitas buruk bisa menyebabkan kanker.

4. Sebelum masak di dapur, kamu membutuhkan pisau dan talenan

Sebelum masak di dapur kamu harus menyiapkan bahan makanan seperti sayur dan bawang. Oleh karena itu, kamu membutuhkan pisau dan talenan untuk memotongnya ke dalam ukuran yang sama. Pisau juga harus rajin kamu rawat, supaya pisau nggak jadi tumpul atau pisau jadi berkarat.

5. Saat masak di dapur, baskom juga nggak kalah penting

Baskom yang berkualitas bagus dan nggak mudah pecah akan berguna saat kamu menyiapkan bahan makanan untuk masak di dapur. Misalnya saja saat merendam bihun, mencuci cetakan kue, atau mencuci sayuran. Nggak perlu repot lagi saat menyiapkan bahan masakan!

6. Si kecil cempal yang bermanfaat saat masak di dapur

Kehadiran cempal atau sarung tangan dapur sering dilupakan karena ukurannya kecil. Padahal cempal ini sangat berguna untuk melindungi tanganmu dari panas saat hendak memindahkan panci atau wajan sehabis masak di dapur. Daripada tanganmu kena luka bakar, sebaiknya sediakan cempal ini dari sekarang!

Peralatan Dapur Paling Kotor dan Cara Membersihkannya!!!

Peralatan Dapur Paling Kotor dan Cara Membersihkannya!!! Mungkin ada sesuatu yang bersembunyi di mesin cuci piring Anda. Para peneliti dari baru-baru ini meneliti 24 seal karet dari mesin pencuci piring di rumah-rumah penduduk. Untuk mencari tahu tepatnya jenis bakteri yang tumbuh di peralatan basah ini.

Peralatan Dapur
Peralatan Dapur

Banyak mesin pencuci piring mengandung bakteri , termasuk E.coli. Para pencuci piring juga memiliki jejak jamur. Tapi meskipun temuan ini, para ahli mengatakan peralatan dapur kotor tidak fatal. Dan pada kenyataannya, sebagian besar kekhawatiran adalah sekitar bakteri yang tidak mengancam, jamur dan bau.

Tidak membersihkan benda-benda ini bukan situasi hidup atau mati. Namun kita harus mempertahankannya karena seiring waktu. Bakteri dapat menumpuk dan bau bisa menjadi masalah nyata.

Dan bukan hanya mesin pencuci piring yang perlu perawatan ekstra. Di bawah, Pembuat melewati beberapa peralatan dapur paling kotor dan cara mudah untuk membersihkannya.

Pencuci Piring

Seberapa sering saya harus membersihkannya? Setiap enam bulan sekali jika Anda membilas piring Anda secara menyeluruh, atau setiap tiga bulan sekali jika Anda sedikit lebih malas.

Cara membersihkannya: Anda bisa mendapatkan pembersih tablet di toko kelontong Tetapi ada beberapa langkah ekstra yang perlu dipertimbangkan. Lihatlah filter pencuci piring Anda dan rendam dalam air hangat dan sabun cuci piring.

Di tambang, saya selalu melihat biji chia, tetapi juga bubur kertas dan makanan. Dan karena mesin pencuci piring adalah lingkungan gelap dan lembab, filter bisa menumbuhkan bakteri yang sangat membandel.

Microwave

Di jalan, penumpukan makanan di gelombang mikro semakin sulit untuk dihilangkan. Seberapa sering saya harus membersihkannya? Itu tergantung pada seberapa sering Anda menggunakannya. Dan jika Anda menggunakan penutup untuk piring Anda. Pembuat menyarankan untuk membersihkannya. Setiap kali Anda melihat noda makanan dan selalu jika Anda memiliki tumpahan.

Bagaimana Cara Membersihkan Peralatan Dapur dengan Baik?

Cara membersihkannya: Pembuat menyarankan mengambil mangkuk dan mengisinya setengah dengan air dan setengahnya dengan cuka dan memanaskannya selama tiga menit. “Ini akan menciptakan uap dan melonggarkan apa yang menempel.

Bersihkan bagian dalam dengan kain dan setelah cairan dalam mangkuk sudah dingin. Anda juga dapat menggunakannya sebagai pembersih.

Oven

Jika Anda melihat oven Anda mulai berasap. Itu pertanda ia membutuhkan pembersihan yang baik. Semakin lama Anda menunggu, semakin sulit untuk menghilangkan lemak dan minyak, kata para peneliti kebersihan.

Seberapa sering saya harus membersihkannya? Satu hingga dua kali setahun.
Cara membersihkannya: Kebanyakan oven memiliki opsi pembersihan sendiri, tetapi jika Anda tidak melakukannya, gunakan alat yang tumpul untuk mengikis semua gunk yang terlihat.

Buat pasta Anda sendiri dengan mencampur baking soda bagian yang sama. Dan sabun cuci piring bagian yang sama, dan gabungkan dengan 20 tetes minyak esensial dalam rasa jeruk. Gunakan spons basah, gosok dinding, lantai dan pintu kaca oven. Dan gunakan penggosok wol baja untuk menghilangkan noda sisa.

Oven Pemanggang Roti

Kebanyakan oven pemanggang roti datang dengan nampan remah. Dan seringkali, peneliti mengatakan, itulah satu-satunya hal yang akhirnya dibersihkan oleh orang-orang. Oven pemanggang roti bisa penuh dengan minyak, lemak dan makanan yang menempel.

Baca Juga : Cara Membersihkan Peralatan Dapur dengan Baik!!!

Seberapa sering saya harus membersihkannya? Tergantung pada seberapa sering Anda menggunakannya. Tetapi jika Anda mencium sesuatu yang terbakar, bersihkan segera peralatan dapur Anda.  Cara membersihkannya: Gunakan larutan baking soda dan sabun cuci piring dan gosok perlahan agar peralatan Anda tidak baret.

Cara Membersihkan Peralatan Dapur dengan Baik!!!

Cara Membersihkan Peralatan Dapur dengan Baik!!! Mengatasi peralatan yang sulit dibersihkan di dapur Anda dengan trik cerdas ini. Kami akan menunjukkan kepada Anda rahasia untuk membersihkan mesin pencuci piring, microwave, dan kulkas.

Membersihkan Peralatan Dapur
Membersihkan Peralatan Dapur

Mengatasi peralatan yang sulit dibersihkan di dapur Anda dengan trik cerdas ini. Kami akan menunjukkan kepada Anda rahasia untuk membersihkan mesin pencuci piring, microwave, dan kulkas. Cara mudah membersihkan peralatan dapur untuk Anda.

Pinterest pencuci piring

Dapur impianmu tidak jauh. Sementara beberapa lebih suka bereksperimen dengan warna cat dan dekorasi. Kunci sebenarnya untuk dapur yang indah adalah oven bersih, microwave, dan mesin pencuci piring.

Peralatan pembersih mungkin tampak seperti tugas sore yang panjang. Tetapi dengan instruksi langkah demi langkah kami dan tips tentang cara membersihkan peralatan dapur Anda bisa bersih dalam hitungan menit.

Dapatkan Kulkas Bersih

Kulkas yang bersih dapat mengubah dapur Anda dengan lebih dari satu cara. Selain terlihat bagus, lemari es yang bersih bisa menghilangkan bau. Makanan kadaluwarsa, dan kekacauan yang tidak enak dipandang. Di atas tumpahan tumpahan dan kebocoran, pertimbangkan sebuah perubahan organisasi lemari es .

Campurkan air dan cuka yang sama dalam botol semprot. Pembersih makanan yang aman ini harus disimpan di kulkas.  Semprot dan bersihkan tumpahan saat terjadi.  Lebih Banyak Tips untuk Membersihkan Kulkas

Dapatkan Pencuci Piring Bersih

Hanya karena pekerjaan pencuci piring adalah membersihkan, bukan berarti tidak kotor. Anda harus membersihkan mesin cuci piring Anda sesering mandi atau tenggelam. Untuk menjaga bau busuk dari berlama-lama dan untuk melindungi dari penumpukan kotoran. Periksa langkah mudah kami tentang cara membersihkan mesin pencuci piring. Anda akan senang melakukannya!

Isi secangkir aman pencuci piring dengan cuka. Tempatkan cangkir di rak atas mesin pencuci piring kosong. Jalankan mesin pencuci piring di siklus terpanas, terpanjang. Ini akan membersihkan dan mengendurkan sampah makanan dan sabun.

Dapatkan Microwave Bersih

Sup, saus, dan splatters lemak melapisi bagian dalam microwave Anda setiap minggu. Semua penumpukan itu tidak menyenangkan untuk dilihat atau dimasak. Kabar baiknya adalah bahwa membersihkan gelombang mikro lebih mudah daripada yang Anda bayangkan. Dengan hanya semangkuk air. Anda memiliki cara bebas bahan kimia. Untuk menjadikan alat Anda tampak seperti baru.

Isi mangkuk microwave-aman dengan air dan letakkan di microwave. Panaskan, buka tutup, sampai air mulai mendidih.  Makanan yang dioleskan sekarang harus dilonggarkan, sehingga Anda dapat dengan mudah menyeka permukaan bersih.

Bagaimana Cara Membersihkan Peralatan Dapur dengan Baik?

Dapatkan Kompor Dapur Bersih dan Oven

Celah minyak, bumbu tumpahan, dan apa pun yang Anda masak akan berakhir di atas kompor Anda. Sebelum potongan makanan dimasak ke permukaan, pastikan untuk menggosoknya. Kunci untuk membersihkan stovetop Anda adalah cepat. Tetapi bahkan jika splatters duduk selama satu atau dua hari, masih ada harapan. Inilah cara mengembalikan kompor kaca Anda menjadi berkilau.

Rendam noda dalam pembersih kompor tanam paling kuat yang bisa Anda tangani dan diamkan.  Menggunakan pengikis bermata tunggal, mengikis reruntuhan sambil memegang pisau pada sudut 30 sampai 40 derajat.
Bersihkan kompor tanam bersih. Anda tidak bisa membersihkan kompor dan mengabaikan oven!

Baca Juga : Cara Perawatan Tepat untuk Peralatan Dapur, yuk simak disini!!!!

Jika Anda dapat melihat kotoran atau asap yang mengkhawatirkan. Saatnya untuk membersihkan sarung tangan sebelum menjadi masalah besar. Kabar baiknya adalah pembersihan oven lebih mudah dari yang Anda kira. Lihat kiat-kiat yang sangat mudah untuk kami cara mudah membersihkan peralatan dapur lainnya.

 

Cara Perawatan Tepat untuk Peralatan Dapur, yuk simak disini!!!!

Cara Perawatan Tepat untuk Peralatan Dapur, yuk simak disini!!!!
Untuk menjaga peralatan dan perlengkapan tetap berfungsi dengan baik, penting untuk menjaga kebersihannya. Lihat panduan kami tentang perawatan yang tepat untuk peralatan dapur.

Saya suka memasak, tapi saya putus asa dalam hal membersihkan peralatan dapur. Ketika saya sudah selesai menyiapkan makan malam hampir setiap malam, dapur saya adalah ladang ranjau messes. Beberapa pisau ditutupi dengan sisa-sisa berbagai ramuan cincang dan sayuran potong dadu. Talenan basah berbau bawang putih, dan dua atau tiga panci dan wajan dilapisi dengan daging tetesan dan saus kering. Untuk info lainnya Anda bisa lihat di link http://student.blog.dinus.ac.id/moreza.

Sejak saya memiliki banyak peralatan dapur kelas atas sebagai hadiah pernikahan beberapa tahun yang lalu. Saya merasa bersalah tentang kecenderungan saya untuk mengabaikan alat-alat ini. Sampai lama setelah saya selesai membuat (dan makan) makanan saya.

Jika Anda menemukan diri Anda melakukan hal yang sama. Baca kiat-kiat ini untuk menggunakan, membersihkan, dan melestarikan peralatan memasak Anda dengan tepat.  Dan kemudian kencangkan diri Anda untuk memperbaiki beberapa minyak siku yang serius.

Pisau

Satu set pisau yang bagus adalah yang harus dimiliki untuk gudang dapur Anda. Tetapi merawatnya dapat terasa seperti pekerjaan penuh waktu. Namun, Anda akan berterima kasih atas ketekunan Anda ketika Anda mempertimbangkan berapa banyak ratusan dolar. Yang Anda hemat dengan menjaga pisau Anda dalam kondisi prima. Daripada harus menggantinya setiap beberapa tahun.

Selalu gunakan pisau untuk tujuan yang dimaksudkan -itu berarti tidak hanya menghindari pemotongan barang-barang seperti kemasan plastik dengan alat makan Anda yang bagus, tetapi juga menggunakan pisau pengupas untuk mengupas dan memotong buah dan sayuran, pisau roti bergerigi untuk memotong roti, dan pisau daging atau ukiran untuk menangani daging.

Jaga pisau Anda tajam setiap saat. Asah pisau sering di rumah menggunakan perangkat baja yang dilengkapi dengan set pisau paling banyak letakkan pisau pada sudut dua puluh derajat dari baja, kemudian tarik ke arah Anda dengan gerakan cairan beberapa kali  dan bawa ke profesional rautan setidaknya setahun sekali (atau lebih baik lagi, dua kali).

Cuci pisau dengan tangan setiap kali selesai digunakan, dan jangan biarkan mereka berendam dalam air cucian (dengan demikian dapat menumpulkan pisau dan menyebabkan gagang yang terbuat dari kayu atau bahan organik lainnya memburuk lebih cepat). Sebagai gantinya, bersihkan pisau stainless steel dengan cairan pencuci piring dan air hangat, bilas dengan baik, dan keringkan segera dan menyeluruh dengan handuk kertas.

Peralatan Semua Jenis

Saat memasak dengan gas, jagalah api yang cukup rendah agar tidak membakar sisi panci dan wajan Anda. Jika resep Anda membutuhkan panas tinggi. Pastikan bahwa luas permukaan dasar panci cukup besar untuk menutup api yang kuat.

Jangan biarkan panci dan wajan kotor duduk semalaman. Cuci peralatan ini di dalam dan keluar segera setelah Anda menggunakannya. Tetapi selalu biarkan dingin terlebih dahulu untuk mencucinya. Simpanlah pada kait atau rak, jika memungkinkan, daripada menumpuknya di atas satu sama lain.

Stainless Steel

Dengan peralatan dapur stainless cukup mengerikan untuk memberikan teror malam bagi seorang wanita selama sebulan. Percayalah, saya sudah berada di sana. Untuk menghindari jebakan ini, jangan sekali-kali menggunakan pembersih abrasif atau bantalan gosok wol baja pada permukaan baja tahan karat. Sebagai gantinya, cobalah bantalan nilon-net dan pembersih ringan untuk pencuci stainless .