Ragam Furniture Jepara Khas Jawa Tengah yang Mendunia

Jawa Tengah memang telah terkenal sejak dulu sebagai penghasil perabot kayu di Indonesia, kualitasnya pun tidak diragukan lagi. Bahkan bukan hanya penikmat lokal saja yang menganguminya, furniture Jepara sudah mencuri hati publik internasional sejak masa kolonialisme hadir.

Jangan heran jika produk yang disuguhkan berkulitas dunia, ini semua tidak lepas dengan banyaknya seniman furniture profesional dan telah berpengalaman. Salah satu penyedia terbaiknya, bisa Anda kunjungi yaitu https://geraiminimalis.com/.

Katalog Meubel Jepara

Seperti yang sudah dibahas di atas, sentra mebel Jepara begitu terkenal di Indonesia maupun dalam lingkup Internasional. Tidak heran jika peminatnya begitu banyak. Seiring berjalannya waktu, para pengrajin tidak hanya terfokus pada satu atau dua model furniture saja.

Mereka mulai berinovasi dengan mengeluarkan berbagai barang baru yang disesuaikan kebutuhan masyarakat masa kini. Desainnya pun beragam serta tidak terbatas pada ukir-ukiran saja. Seperti mebel minimalis Jepara dimana akhir-akhir ini sedang booming.

Bagi Anda yang sedang ingin mengisi perabotan di rumah baru atau mau mengganti furniture lama dan telah rusak, rasanya katalog mebel Jepara di bawah ini bisa langsung dijadikan referensi. Ada begitu banyak jenis barang di dalamnya, seperti berikut ini:

  1. Kursi

Furniture satu ini sudah sepatutnya ada di setiap rumah dengan fungsi yang sangat vital. Selain fungsional, kursi mebel Jepara dibuat dengan nilai estetik tinggi. Umumnya, memang memakai beragam ukiran pada sandarannya dan bagian tangan.

Jenis barangnya pun bermacam-macam. Di antaranya yang paling laku akhir-akhir ini adalah kursi ruang tamu dengan desain minimalis. Ukirannya tidak terlalu banyak, namun masih meninggalkan torehan khas Jepara-nya.

Ada pula lainnya, yaitu kursi makan jati Jepara minimalis. Dimana desain untuk perabot satu ini tidak semenonjol bagian ruang tamu tadi. Namun, nilai estetiknya terletak pada sandaran yang dibuat lebih futuristik seperti motif garis-garis, silang, simetris dan lainnya.

  1. Meja

Rasanya kurang lengkap bila hanya beli kursi saja. Nyatanya, meja juga harus melengkapi isi rumah Anda. Tidak beda dengan pasangannya, perabot satu ini memiliki desain beragam dan menarik. Jenisnya pun juga banyak.

Misalnya meja kursi sudut minimalis. Mungkin tidak semua orang mengisi rumah mereka dengan perabot jenis ini. Namun bagi Anda yang ingin memilikinya, http://www.geraiminimalis.com juga menghadirkan beragam desain. Mulai dari dudukan dengan sofa maupun kayu biasa.

Ada pula meja makan mewah modern yang jelas bisa menambah kesan elegan dalam rumah Anda. Kerangkanya besar, dengan ukiran penuh detail di sekelilingnya. Untuk warna, kebanyakan dipilih corak megah seperti biru tua, silver, merah, ungu dan masih banyak lagi.

  1. Meja Direktur

Masih seputar furniture di atas, namun sedikit berbeda jenis, yaitu meja direktur Jati Jepara. Tentunya sangat cocok bila ditaruh dalam kantor Anda. Jadi, lebih ada variasi pada ruangan daripada semuanya memakai bahan stainless steel, besi ataupun jenis kaca.

Modelnya pun bisa disesuaikan dengan selera Anda. Jika ingin ruangan terkesan elegan dan mewah, mungkin meja berkerangka besar, warna coklat tua, memiliki ukiran pada beberapa sisi bisa menjadi pilihan.

Apabila Anda ingin menampilkan kesan minimalis pada ruangan, maka ukuran kerangka yang lebih kecil, compact, tidak terlalu banyak ukiran bisa dijadikan referensi. Apalagi bila dibuat simetris dan warnanya hangat serta kesan futuristik-nya dapat begitu menonjol.

  1. Set Meja Makan

Sebelumnya, sudah sedikit diulas di atas tentang meja makan kayu Jati mewah serta desainnya. Jadi, sebagai informasi tambahan saja kalau perabot tersebut juga bisa dibeli dalam satu set. Bagi pemilik rumah baru, mungkin hal ini amat diperlukan.

Satu set meja makan jati murah biasanya terdiri dari beberapa kursi tergantung jumlah anggota keluarga Anda di rumah. Paling sedikit, biasanya penjual akan menyediakan beberapa pilihan, seperti 2 atau 4 buah. Selebihnya, pelanggan dapat memesan secara custom.

Untuk perabot ini, yang paling sering diburu adalah meja makan jati minimalis 4 kursi. Selain lebih murah, satu set furniture tersebut tidak memakan banyak tempat di rumah. Jadi, space  tersisa dapat diisi dengan barang-barang lainnya.

  1. Sofa

Selain kursi biasa, furniture khas Jepara juga merambah perabot lain yang serupa. Salah satunya adalah sofa, masyarakat yang ingin mengusung kesan modern dalam rumahnya kebanyakan lebih suka menaruh benda ini di ruang tamu.

sofa-minimalis Mebel Jepara, furniture jepara, sofa

Selain itu, model sofa kayu Jati terbaru juga tidak kalah banyak dari kursi biasa. Inilah yang membuatnya unik karena terdapat penggabungan dua material untuk satu furniture. Jadi, kesan klasik masih bisa didapatkan di sana.

Kebanyakan model sofa digabung dengan kayu memiliki kerangka jauh lebih besar daripada versi biasa. Sandarannya sendiri dibuat tinggi seperti singgasana kerajaan dulu. Tapi, ada pula yang lebih simple tapi masil mengusung kesan klasik pada desain minimalis.

  1. Tempat Tidur

Bagi yang masih suka barang klasik, tempat tidur dari kayu bisa menjadi jawabannya. Dibandingkan dengan kerangka besi, jelas material ini lebih kuat karena dari segi ketebalan mampu menahan berat beberapa orang sekaligus.

tempat tidur ukir gebyok

Model tempat tidur Jepara terbaru lebih mengusung desain minimalis dengan tidak menambahkan terlalu banyak ukiran pada nakasnya. Beberapa malah hanya kotak polos biasa yang dibubuhi cat dov warna gelap atau mempertahankan kesan asli kayu supaya klasik.

Untuk jenisnya pun dibuat beragam tidak hanya single yang biasa dipakai orang tua, namun juga bunk bed atau tempat tidur bertingkat. Kalau Anda ingin menghemat ruang dan menempatkan kedua anak dalam kamar, sepertinya pilihan ini sangat menarik.

  1. Bangku Bale

Untuk yang masih memiliki rumah di wilayah pedesaan, pasti beberapa orang di sana memakai bentuk Joglo atau apapun serta mempunyai halaman luas. Sehingga, lebih enak digunakan untuk bersantai di sore maupun malam hari sambil minum kopi.

Ada satu furniture yang sepertinya tidak akan luput dari perhatian, yaitu bangku Bale. Namanya mungkin sedikit asing bagi masyarakat luar Jawa karena perabot Jepara tersebut sangat identik dengan pulau ini. Kebanyakan, orang-orang jaman dulu memilikinya.

Seiring berjalannya waktu, tipe rumah yang minimalis juga ikut mempengaruhi perubahan bentuk pada bangku Bale itu sendiri. Jika semula berukuran besar dengan banyak ukiran, sekarang dibuat sedikit kecil dengan detail tidak terlalu ramai.

  1. Lemari

Perabot ini juga sama pentingnya dengan yang lain. Secara fungsional, lemari memang digunakan untuk menyimpan baju, barang-barang berharga, pernak-pernik kecil sebagai pajangan, peralatan makan dan masih banyak lagi.

Tapi secara estetik, para pengrajin juga mulai bermain pada motif luarnya. Tidak hanya membalut perabot tersebut dengan ukiran khas Jepara yang mengusung tema bunga, dedaunan serta hewan saja, mereka juga membubuhkan pola-pola simetris.

Lemari dari furniture Jepara sendiri juga terdiri dari beragam desain, seperti jenis klasik yang menonjolkan banyak ukiran serta tambahan aksen di sana sini. Serta minimalis dimana mengusung tema simple, elegan dan tidak memakan tempat. Jadi, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda saja.

  1. Buffet

Namanya mungkin hampir sama dengan istilah makan ambil sendiri di restoran. Tapi, Buffet yang satu ini memiliki fungsi seperti lemari, tapi bukan untuk menyimpang baju. Orang-orang lebih suka memasukkan beragam perabot kecil di dalamnya.

Ukurannya sendiri lebih pendek dari lemari dan biasanya tatakan atas digunakan untuk menaruh TV, DVD atau Playstation. Beberapa ada yang membubuhkan kaca hitam pada bagian pintu, sementara lainnya hanya terbuat dari kayu.

Kebanyakan Buffet yang laku di pasaran memiliki aksen menarik. Ukiran-ukiran khas mebel Jepara asli nyatanya masih menjadi minat pembeli bahkan begitu kuat dari pada desain minimalis dengan moti-motif unik tersebut.

  1. Interior Kafe

Akhir-akhir ini, di kota besar maupun kecil seluruh Indonesia sudah menjamur kafe-kafe yang menjual dessert (makanan penutup), kopi beragam rasa, teh boba dan masih banyak lagi kedai-kedai menarik seperti itu.

mebel-cafe-1 mebel-cafe-2

Tentu saja, mereka tidak hanya menjual makanan saja, namun keindahan interior kafe menjadi nilai tersendiri kenapa banyak anak muda datang menikmati menu di sana. Oleh karena itu, hadir pula mebel minimalis Jepara khusus bagi tempat ini.

Untuk yang satu ini, perabotnya banyak sekali diburu oleh anak muda dimana mereka baru merintis usaha kafenya. Interiornya sendiri dibuat lebih futuristik, minimalis dan unik. Mulai dari lampu gantung beragam bentuk, kursi, meja hingga pajangan.

Kerajinan dari Kayu di Meubel Jepara

Selain beragam perabot Jepara yang tersedia di katalog, Anda juga bisa membeli pernak pernik lain yang diproduksi dari beragam jenis kayu. Benda-benda tersebut bisa dibuat sebagai pemanis ruangan agar rumah terlihat semakin menarik.

Di bawah ini akan dibahas sedikit tentang mebel kayu Jepara yang kualitasnya sudah diketahui banyak orang. Desainnya sendiri tidak hanya terbatas pada kesan klasik, namun juga modern dan futuristik dimana banyak sekali orang mencari model seperti itu. Berikut ulasannya:

  1. Kandang Ayam

Biasanya, kandang ayam hanya terbuat dari bambu yang dipotong tipis lalu dibentuk melingkar. Tapi, bila Anda berjalan-jalan ke tempat-tempat berbau Jawa tempo dulu maka bentuk dari rumah hewan satu ini terlihat berbeda.

Ya, kalau Anda membeli kerajinan kayu Jepara untuk ayam satu ini, hampir mirip sangkar burung. Bentuknya sendiri masih dipertahankan dengan dibuat melingkar. Hanya saja, terdapat aksen seperti atap dan juga kaki-kaki penyangga lebih panjang.

Yang paling khas lagi dari perabot satu ini ialah ukiran-ukirannya. Motifnya kebanyakan berbentuk hewan dengan bulu panjang meliuk-liuk, sulur-sulur, dedaunan serta bunga-bunga. Kesannya sendiri terlihat tradisional namun mewah.

  1. Tempat Tissue

Bagi Anda yang ingin memberikan pernak-pernik tidak biasa pada meja ruang tamu saat hari raya tiba, sepertinya tempat tissue berikut ini bisa menjadi referensi sendiri. Bahkan, mungkin para tamu merasa terkesan pada benda sederhana tersebut.

Bila biasanya mereka hanya memakai plastik saja, Anda bisa membuat gebrakan baru dengan menaruh tissue tersebut pada kerajinan kayu Jepara satu ini. Furniturenya di desain tidak terlalu besar sehingga menghemat space meja.

Desainnya pun beragam, mulai dari klasik, tradisional, modern, minimalis serta lainnya. Anda bahkan bisa custom kalau mau model tersendiri yang orang lain tidak punya. Bagaimana? Tertarik untuk memilikinya?

  1. Tempat Alat Tulis

Untuk yang satu ini, tidak hanya orang dewasa saja akan tertarik dengan kehadirannya. Bahkan anak-anakpun bisa terkesima. Karena biasanya, tempat alat tulis terbuat dari plastik maupun metal ringan dan jarang sekali berbahan dasar kayu.

Tenang saja, meskipun bahan dasarnya kayu, para pengrajin membuatnya seringan mungkin agar mudah dipegang dan dipindahkan. Desainnya sendiri cenderung simpel, serta tidak terlalu menawarkan banyak ukiran sebagai pernak-perniknya.

Akan sangat bagus apabila Anda memiliki tempat alat tulis dari kayu seperti ini yang digabungkan sekalian dengan meja direktur. Kesannya terlihat mewah dalam artian tradisional. Semuanya bisa didapatkan di pusat kerajinan mebel di Jepara terdekat.

  1. Lampu Hias

Mungkin, jaman sekarang lampu hias kebanyakan terbuat dari metal ringan. Tapi, bagaimana jikalau Anda menggantinya dengan kayu? Apalagi desainnya sesuai keinginan? Pasti ruang tamu maupun kamar akan semakin indah.

Lampu hias termasuk salah satu mebel minimalis modern kerap kali dicari orang karena mampu memberikan efek dramatis bagi ruang yang ditempatinya. Sinarnya tidak terlalu terang karena ditutupi kap, bahkan hanya terpusat pada satu titik saja.

Lampu hias jaman sekarang lebih mengusung desain minimali dan futuritik. Bagian tiangnya dibuat sangat ramping, serta kap juga tidak hanya memiliki model seperti payung saja. Terkadang, pengrajin bermain desain juga di sana dan membuat furniture tersebut semakin indah.

  1. Vas Bunga

Seringnya, Anda juga pasti pernah melihat vas bunga yang terbuat dari batu, tanah, liat serta plastik. Tapi, bagaimana dengan kayu? Jarang sekali kelihatannya. Apalagi bila dipakai tanaman hias kecil seperti kaktus, succulent dan lain sebagainya.

Vas bunga kayu nyatanya masih sedikit sekali yang memilikinya karena banyak orang merasa kurang praktis dulu. Tapi sekarang, sejak menanam tanaman dalam ruang menjadi tren, sudah banyak orang beralih dari plastik. Bahkan, kesannya sendiri malah terlihat antik.

Apalagi sekarang banyak orang menerapkan gaya hidup “go green” dimana mereka mulai mengurangi penggunaan plastik, tentulah vas bunga ini jadi pilihan utama. Kalau Anda tertarik, segera dapatkan barangnya pada perabotan Jati Jepara terdekat.

Kelebihan Meubel Jepara

Sebagai pelopor furniture nomor satu Indonesia, kualitas perabot buatan kota kelahiran R.A. Kartini ini jelas memiliki nilai lebih dibandingkan lainnya. Bila Anda pergi ke sana, banyak toko berderet di pinggir jalan sehingga menjadi pusat kerajinan mebel di Jepara.

Ada begitu banyak mebel Jepara murah Kabupaten Jepara Jawa Tengah yang bisa Anda datangi ketika ke sana. Jenis perabotnya sendiri bermacam-macam. Mulai dari ukuran kecil hingga besar, namun jangan lupa juga paham kelebihannya seperti berikut ini:

  1. Material Nomor Satu

Untuk menjaga kuantitas dan kualitas furniture-nya, para pengrajin mebel Jepara asli juga selalu memperhatikan bahan baku. Karena hal itulah yang menentukan baik tidaknya produk tersebut. Sehingga, segala barang buatan salah satu kota di Jawa Tengah ini begitu terkenal.

Kayu yang dibuat menjadi furniture di Jepara kebanyakan adalah Jati. Karena seratnya lebih rapat, coraknya sendiri sudah menarik, serta kuat menahan beban berat (tidak gampang lapuk). Oleh karena itu, kota lain seperti mebel Blora juga menggunakannya sebagai bahan baku tersebut.

Model furniture kayu Jati buatan Jepara ini juga hadir dalam beragam corak dan motif. Tidak hanya terpaku pada satu ukiran saja, namun juga merambah ke desain lainnya. Sehingga, hampir semua kalangan menjadi peminat perabot ini.

  1. Cocok untuk Semua Konsep

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa ada begitu banyak konsep yang diusung untuk hunian orang jaman sekarang. Mulai dari mempertahankan kesan klasik-tradisional, minimalis, modern, futuristik dan masih banyak lagi.

Dan di sinilah keunggulan produk dari Kota ukir ini. Hampir semua perabot yang bisa Anda dapatkan di Jepara furniture shop bisa dicocokkan langsung dengan konsep rumah. Seperti tidak adanya ketimpangan kalau warna dan coraknya tepat.

Bahkan, untuk yang ukirannya rumit sekalipun dimana kebanyakan bisa Anda peroleh di mebel Jepara shop dan membuat ruangan di rumah lebih hidup. Tinggal pilih perabot dengan banyak aksen lalu taruh pada salah satu tempat. Maka, membuat sekitarnya terlihat tidak membosankan.

  1. Ukiran Beragam Motif

Ciri khas dari kota Jepara adalah ukiran dengan beragam motifnya dan yang paling terkenal yaitu sulur-sulur, manusia, hewan berbulu panjang, bunga, dedaunan dan masih banyak lagi. Menariknya, setiap detailnya dibuat sejelas mungkin.

Hal itulah yang membuat ukiran asal Jepara menjadi begitu khas dibandingkan dengan furniture Jati Jakarta meskipun bahan bakunya sama. Bahkan, setiap pengrajin seolah memiliki desain sendiri-sendiri dan menjadi salah satu kebanggaan bagi pelanggannya.

Kayu Jati terkenal dengan tingkat kekerasannya yang berada di bawah Ulin (kayu Kalimantan). Tidak banyak pengrajin mampu membentuk ukiran di atas bahan baku tersebut dengan keluwesan dan detail menakjubkan. Karena itulah mengapa perabot khas Jepara punya nilai tersendiri.

  1. Tahan Rayap dan Air

Kalau membeli furniture asli Jepara, mungkin hal ini akan sangat dirasakan. Kualitas suatu kayu juga ditentukan dari seberapa cepat rayap menyerang bagian dalamnya. Nyatanya, produk khas Kota Ukir ini punya ketahanan luar biasa.

Kayu Jati yang dipakai oleh pengrajin memiliki kandungan minyak lebih di dalamnya. Sehingga membuat rayap enggan memakan bagian dalam perabot tersebut. Tidak heran kalau daftar harga mebel Jepara 2018 bisa melonjak tinggi.

Dengan kualitas seperti itu, maka normal saja bagi pusat grosir mebel Jepara kalau kebanjiran pembeli setiap tahunnya pada model perabot apa saja. Baik untuk perabot outdoor maupun indoor karena kualitasnya sama baiknya.

  1. Lebih Berkelas

Furniture berbahan dasar kayu memang sangat identik dengan perabot tempo dulu. Kesannya mungkin begitu kuno dan membosankan. Tapi jangan salah sangka dulu, ketika Anda mencari gambar mebel Jati lewat Google saja, pasti sudah bagus-bagus.

Sekilas, seperti itulah model perabot yang berasal dari Jepara. Desain yang dibuat oleh para pengrajin tidak hanya menampilkan kesan klasik-tradisional saja. Semuanya telah berubah seiring perkembangan jaman. Jelasnya, sesuai permintaan pasar juga.

Meskipun telah berubah, tidak perlu khawatir soal biayanya. Bila Anda melihat daftar harga mebel Jepara sekarang mungkin tidak jauh berbeda dengan nilai jual tahun-tahun sebelumnya. Jelasnya, semua desain baru tersebut mampu membuat tampilan rumah lebih berkelas.

  1. Finishing Mengagumkan

Finishing mungkin terdengar kurang penting. Namun, sentuhan akhir itulah yang membuat orang-orang terkesima. Bagi warga Jepara, tidak perlu khawatir. Anda bahkan bisa menemukan perabot dengan goresan sempurna di beberapa penyidia yang ada.

Polesan pada perabot buatan Jepara baik besar atau kecil ini terlihat sangat jelas kesempurnaannya. Meskipun sama-sama memakai pengkilap di akhir, namun kilapnya terkesan berbeda. Contohnya saja bisa Anda lihat pada kursi kayu Jati murah yang dijual para pengrajin.

Hampir tidak terlihat satu gores pun yang kurang sempurna. Bahkan serat-serat kayunya sangat rapi. Meskipun perabot tersebut memiliki harga mebel murah, namun jangan memandanganya sebelah mata, karena kualitasnya bukan asal-asalan.

  1. Memiliki Tingkatan Kelas

Mungkin masih banyak orang belum tahu kalau kelas bukan hanya ada di sekolahan, namun segala perabot berbahan Jati ini memiliki tingkatan masing-masing sesuai kualitas kayunya. Biasanya, para pengrajin dan pengusaha furniture menyebutnya grade.

Jadi, ada 3 grade yang biasa Anda pilih. Bila ingin memiliki salah satu furniturenya namun memiliki keterbatasan dana, kelas C mungkin bisa menjadi pilihan. Tapi, jenis kayunya sedikit berbeda. Contohnya saja seperti, harga meja kayu Trembesi jauh lebih murah dari jenis Jati.

Sementara untuk kelas premium sendiri, jelas pengerjaan serta bahan-bahannya dipilih dengan kualitas nomor satu. Seperti meja Jati tanpa sambung yang masuk kelas A, karena tidak ada sambungan pada perabotnya. Jikalau punya, bisa saja harganya turun dan lebih murah lagi.

  1. Harga yang Bisa Bersaing

Siapa bilang harga meja makan kayu Jati dan perabot lainnya akan mahal jikalau didatangkan dari Jepara. Malah sebaliknya, bila bahan baku import seperti Thailand, Filipina, bahkan Malaysia, jelas biayanya semakin mahal walaupun kualitasnya sama.

Sedikit fakta, Jati dari Jepara memiliki kualitas di atas beberapa negara di atas. Dibandingkan dengan bahan import, tingkat kekerasan pada kayu tersebut berada diatasnya. Belum lagi beragam ukiran pada perabot yang ada.

Coba saja bandingkan harga meja Jati besar yang terbuat dari kayu Jepara dengan beberapa negara di atas. Benar memang, lebih murah daripada barang import. Hanya saja soal kualitas, jangan diragukan lagi, jelas produk lokal tersebut lebih unggul.

  1. Tersebar Dimana Saja

Biasanya, untuk mencari furniture berkualitas sedikit sulit, apalagi yang versi premium. Rasanya harus berkeliling dulu ke seluruh Indonesia agar bisa mendapatkannya. Tapi, karena perabotan dari Jepara ini merupakan produk lokal, tentu lebih mudah menemukannya.

Hampir di seluruh toko meubel Indonesia menyediakan perabotan dari Jepara ini. Mereka sengaja mendatangkannya langsung karena mengerti permintaan pasar yang kian melonjak tiap bulannya. Namun, pastikan juga cek dulu company profile usaha furniture tersebut sebelum membeli di sana.

Jika sekiranya memiliki izin resmi, tidak ada salahnya Anda membeli furniture di sana. Namun, pastikan juga kualitas sebanding dengan penawaran harganya. Dengan begitu, kedua belah pihak saling menguntungkan dan tidak ada yang dirugikan.

  1. Bisa Dibeli Secara Online

Masih melanjutkan poin di atas, bagi Anda yang rumahnya jauh dari Jepara sepertinya tidak perlu bingung lagi kalau mau membeli perabotan-perabotan asli kota Ukir tersebut. Semuanya telah tersedia di pasar online.

Banyak pengusaha merambah dunia maya sebagai jalur pemasarannya daripada harus mahal-mahal memesan iklan di surat kabar, majalah, maupun televisi. Nyatanya, sosial media dan website telah jadi alat yang tepat seperti di geraiminimalis.com.

Apalagi bagi Anda yang tinggal di luar pulau Jawa, semuanya bisa dilakukan dalam genggaman saja. Tapi ingat, selalu cek toko lebih dulu dan lakukan riset kecil terhadap beberapa penjual furniture sebelum memutuskan untuk membelinya.

Furniture Jepara memang banyak sekali jenisnya. Kualitas bahan baku dipilih yang nomor satu, sehingga keaslian produk selalu terjaga. Jangan lupa untuk melengkapi isi rumah Anda dengan beragam perabot pilihan dari http://www.geraiminimalis.com. Selamat berbelanja..!!

Terimakasih telah membaca artikel berjudul ragam furniture Jepara khas Jawa Tengah yang mendunia