Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng, Lokasi dan Harga Tiket 2019

Dieng Plateu atau dikenal juga dengan Dataran Tinggi Dieng adalah obyek wisata perbukitan di Banjarnegara. Mempunyai beberapa pilihan wisata yang indah membuat jadi wilayah kunjungan wisata cukup direferensikan. Hawa dingin, alam pegunungan, sunrise memesona, sampai budaya serta kuliner jadi daya tariknya.

Diluar itu di Dataran Tinggi Dieng teratur membuat atraksi. Setiap tahunnya di sini diadakan konser musik jazz gunung dan pagelaran budaya. Sepanjang 3 hari penuh, pelancong akan diberikan serangkaian acar yang telah populer sampai ke luar negeri. Untuk berkunjung ke Dieng, kalian juga dapat menggunakan jasa dari https://tripjogja.co.id.

Harga Tiket Masuk Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Untuk masuk obyek wisata Dataran Tinggi Dieng pengunjung dipakai ongkos ticket yang cukup murah. Harga ticket ini belum termasuk juga tiket-tiket pekerjaan, beberapa situs yang ada di seputar obyek wisata Dieng.

Harga Tiket Masuk Dataran Tinggi Dieng
Tiket Masuk Kawasan Rp10.000
Tiket aktiivitas area sekitar dieng Rp5.000 – Rp10.000

Ragam Pilihan Wisata Dataran Tinggi Dieng

Bukan saja mempersiapkan wisata yang menonjolkan kemegahan alam pegunungan, dalam tempat ini ada banyak pekerjaan. Bertandang ke museum, nikmati sunset serta sunrise, sampai lihat peninggalan candi-candi kuno. Itu banyak hal yang dapat diatasi di sini.

Bertandang ke Museum Kaliasa

Museum ini menaruh beberapa hal yang terkait dengan Dataran Tinggi Dieng. Dari mulai cerita, catatan kehidupan warga, kebudayaan, skema keyakinan, sampai flora serta fauna. Museum Kailasa membuka tiap hari dari jam 07.00 WIB s/d jam 16.00 WIB.

Dieng Plateau Theater

Berlainan dengan Museum Kaliasa, di sini mempersiapkan film-film tentang Dataran Tinggi Dieng. Dengan ticket lihat yang murah pengunjung bisa lihat film sepanjang 23 menit. Theater kerja dari jam 07.00 WIB sampai seputar jam 18.00 WIB. Object wisata ini bisa buat jadi arah awal untuk bekal berkeliling-keliling Dieng seterusnya.

Gunung Prau

Jadi titik paling tinggi di Tempat Wisata Dieng, Gunung Prau mempunyai ketinggian 2565 mdpl. Banyak jalan yang dapat ditempuh ke arah Gunung Prau. Jalan itu diantaranya: Jalan Patak Banteng, Dieng, wates, dan lain-lain. Satu diantara jalan yang populer adalah Patak Banteng dengan perkiraan waktu pendakian 3 jam.

Di pucuk gunung ini pengunjung dapat nikmati sekaligus juga sunrise serta sunset. Sunrise dari pucuk Gunung Prau demikian indah, serta populer dengn Golden Sunrise-nya. Diluar itu tidak kalah menariknya ialah panorama Kota Wonosobo serta cantiknya Bunga Daisy.

Sunrise di Bukit Sikunir

Sama dengan Gunung Prau, kejadian Golden Sunrise menarik pelancong yang bertandang ke Bukit Sikunir. Perbedaannya waktu pintas ke arah pucuk semakin bertambah cepat yakni seputar 1 jam dengan jalan tangga. Buat pelancong umum dapat pilih pucuk Sikunir mengingat jalannya yang lebih gampang dibandingkan Gunung Prau.

Untuk menanti matahari keluar, di sini telah ada gazebo. Sekaligus menanti sunrise pengunjung dapat santai di gazebo sekaligus juga nikmati jajanan yang ditawarkan penjual di sikitar ruang.

Baca juga : Daftar Paket Wisata di Jogja Terbaru 2019

Kawah Sikidang

Sikidang diambil dari kata “Kidang/Kijang” yang bermakna hewan yang seringkali melompat-lompat. Nama ini mewakili beberapa ciri Kawah Sikidang sendiri dimana setiap tahunnya masih beralih tempat. Walau digolongkan kawah aktif, tempat ini aman didatangi.

Kawah Candradimuka

Menurut narasi pewayangan, kawah ini adalah tempat dimana Gatotkaca disucikan. Panasnya kawah mengubah jadi kesatria yang sakti serta dapat mengalahkan lawan beberapa dewa. Itu menjadi kekhasan kawah ini dimana pekerjaan vulkanik yang tinggi.

Diimbangi dengan biasanya keluarkan letupan hebat yang diimbangi bunyi deru. Pengunjung bisa ada ke kawah lain yang tempatnya tidak jauh dari kawah Candradimuka seperti Kawah Sinila serta Kawah Timbang.

Kawah Sileri Dataran Tinggi Dieng

Dibandingkan kawah lain, Kawah Sileri adalah kawah terluas di Dieng. luasnya seputar 4 ha. Namanya ada dari kata dalam bahasa Jawa ”Leri” yang berarti air cucian beras. Warna air di permukaan kelihatan berwarna putih keabu-abuan seperti air cucian beras. Air dari kawah yang disalurkan memiliki kandungan material vulkanik membuat perkebunan seputar jadi subur.

Air Terjun Sikarim

Ada tidak jauh dari gerbang masuk Desa Sembungan, pertigaan kecil samping masjid. Untuk bertandang ke sini, dibutuhkan fisik oke karena medan yang susah. Ada yang tersembunyi serta jalan yang rusak seringkali akan turunkan kemauan.

Tetapi tenang, dari demikian jauh Air Terjun Sikarim kelihatan serta pas jadi latar photo. Air terjun yang lain (Air Terjun Sipendok, Air Terjun Sirawe, dan lain-lain)

Batu Pandang Ratapan Angin

Kekhasan wisata ini adalah ada dua buah batu yang bertumpuk diatas bukit. Dari batu itu, kelihatan keindahan Telaga Warna dengan Telaga Pengilon yang berdampingan. Warnanya yang kontras makin kelihatan dari atas sini.

Nama Batu Ratapan Angin bukan tanpa ada bukti. Tempat batu yang tinggi dikelilingi semak pohon-pohon membuahkan bunyi unik waktu didera angin. Bunyi gemerisik halus tersebutlah terdengar seperti seperti siulan serta ratapan.

Telaga Warna

Telaga terluas ini direncanakan mempunyai luas seringkali lapangan sepak bola. Ada pada ketinggian 2.000 mdpl dengan dikelilingi bukit-bukit yang hijau. Harga ticket cuma Rp.7.000/orang dengan memberikan tambahan ongkos parkir kendaraan.

Telaga Cebong Dataran Tinggi Dieng

Telaga ini adalah tempat menginap sebelum sunrise di Bukit Sikunir besok pagi. Ada di Desa Sembungan adalah desa paling tinggi, membuat malam hari akan dingin sekali. Bila untung, akan tersaji kabut yang halangan diatas permukaan air. Telaga yang lain (Telaga Pengilon, Telaga Dringo, Telaga Merdada, Telaga Swiwi, Telaga Balekambang, dan lain-lain)

Komplek Candi Di Dataran Tinggi Dieng

Bukan hanya nikmati wisata alam di Dataran Tinggi Dieng ada banyak situs candi. Candi-candi yang bercorak hindu-budha.

Lokasi Dataran Tinggi Dieng

Obyek wisata ini berada di dua Kabupaten Propinsi Jawa Tengah, yakni Kabupaten Wonosobo serta Kebupaten Banjarnegara. Alamat sedetailnya di Akan Buntu, Akan, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Untuk bertandang ke sini dianjurkan dari Wonosobo atau Purwokerto sebab lebih dekat. Memiliki jarak seputar 25km dari pusat kota Wonosobo dengan jarak menempuh sampai 1 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *