Lembah Harau Payakumbuh

Wisata Lembah Harau Payakumbuh yang ‘Bernuansa’ Eropa

Wisata Lembah Harau Payakumbuh belakangan berubah menjadi sebuah destinasi wisata unik di Sumatera Barat. Meski terkenal dengan pemandangan alamnya, namun ternyata ada hal yang lebih menarik bagi para pengunjung. Itu adalah sebuah area bernuansa Eropa bernama Harau Dream Park.

Di antara puluhan objek wisata di sana, wisata Harau Payakumbuh ini memang menjadi ikon. Disebut lembah karena memang keunikan letak tempatnya, yang diapit oleh dua tebing tegak lurus di kedua sisinya. Hal itu menciptakan sebuah lanskap luar biasa sepanjang mata memandang.

Dari Cagar Alam Menjadi Tempat Wisata Hits

Nama ‘Harau’ sendiri diambil karena wisata Lembah Harau Payakumbuh terletak di Kecamatan Harau. Jika berangkat dari kota Padang, jarak yang harus Anda tempuh menuju Lembah Harau kurang lebih sekitar 138 km. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil Padang.

Anda pun bisa lebih menikmati perjalanan yang panjang tersebut dengan duduk santai di mobil. Dengan menyewa mobil, artinya ada sopir yang siap mengantar Anda sampai ke tujuan. Sementara kemudahan lainnya adalah akses jalan menuju Harau kini sudah lebih mudah dilewati.

Dulunya Lembah Harau ini adalah sebuah cagar alam, kemudian berubah statusnya menjadi hutan wisata pada 1979. Sejak saat itulah kepopuleran Lembah Harau tersebar ke seantero negeri, bahkan hingga luar negeri.

Sebenarnya ada banyak titik dengan pemandangan indah yang bisa Anda kunjungi. Namun belakangan Harau Dream Park jadi lokasi yang paling hits dan banyak dibicarakan di internet. Ada banyak kegiatan dan fasilitas yang bisa Anda lakukan di wisata Lembah Harau terbaru ini.

Harau Dream Park yang Seru

Untuk menggaet minat para wisatawan, pengelola membuat sesuatu yang berbeda di Lembah Harau. Dengan memanfaatkan potensi keindahan alam yang luar biasa, dibangunlah sebuah kawasan wisata yang mendadak hits.

Harau Dream Park menyuguhkan pengunjung dengan pemandangan warna-warni berlatar belakang hijau alami. Anda pun bisa berfoto dengan tebing-tebing tinggi di belakangnya sambil menikmati wahana yang ada di sana.

Wahananya terbilang lengkap, sehingga pengunjung jadi betah berada di sana. Bisa dibilang ini merupakan sebuah ide brilian dari pihak pengelola. Terutama untuk bisa bersaing dengan tempat-tempat wisata kekinian lainnya.

Anda bisa naik sepeda terbang, balon terbang atau naik sampan berkeliling kolam. Dan yang paling menarik adalah miniatur perkampungan ala Eropa. Di sini Anda bisa mengambil gambar sepuasnya yang pastinya sangat Instagramable.

Banyak ornamen khas Eropa dengan berbagai warna yang cerah. Termasuk ada menara Eiffel mini, yang berlatar belakang pemandangan Lembah Harau. Ada pula bangunan kincir angin khas Belanda, taman bunga dan sebagainya.

Di salah satu titik, ada pula spot foto berlatar belakang bangunan dan pohon ala-ala Korea. Spot Lembah Harau Korea favorit para penggemar K-Pop karena suasananya mirip seperti di Korea. Bahkan di sana ada pula penyewaan pakaian khas Korea.

Meski sedang berada di Payakumbuh, namun ada sensasi Eropa yang bisa dirasakan. Semua kalangan bisa menikmati wahana di sini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ditambah lagi lingkungan Lembah Harau ini hawanya masih sangat sejuk.

Untuk memasuki lokasi wisata ini, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp20 ribu per orang. Tidak ada biaya tambahan untuk berfoto di titik tertentu, kecuali Anda menggunakan jasa tukang foto. Seru sekali, bukan?

Wisata Lembah Harau ini benar-benar bisa menjadi pilihan alternatif saat liburan ke Sumatera Barat. Sebab, bukan hanya ada Harau Dream Park, melainkan ada sejumlah tempat yang juga patut Anda kunjungi di lembah ini.

Lokasi Wisata Lain

Ketika memasuki kawasan wisata Lembah Harau, akan terlihat tebing-tebing yang menjulang tinggi di sekitar Anda. Kemudian ada lima buah air terjun yang secara total memiliki ketinggian 100 meter. Masyarakat setempat menyebut air terjun itu dengan nama Sarah atau Sarasah.

Sementara untuk penginapan, di sekitar Lembah Harau ada sejumlah resort. Lembah Harau resort memiliki kelebihan masing-masing, namun semua dikelilingi oleh keindahan alam yang sama. Jadi, resort manapun yang dipilih Anda tetap bisa menikmati pemandangan Lembah Harau.

Harga Sewa Mobil Padang

Nah, untuk menuju ke wisata Lembah Harau Payakumbuh ini Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil Padang. Berikut daftar pilihan mobil dan harga sewanya.

Mobil Harga Sewa per 12 jam
Avanza Rp350.000 (termasuk sopir)
New Innova Rp450.000 (termasuk sopir)
Innova Reborn Rp550.000 (termasuk sopir)
Alphard Rp2.500.000 (termasuk sopir)
Fortuner VRZ Rp1.200.000 (termasuk sopir)
Camry Rp1.200.000 (termasuk sopir)
Hiace Fortuner Rp1.000.000 (termasuk sopir)
Elf Long Rp800.000 (termasuk sopir)
Kia travello

Rp600.000 (termasuk sopir)

Demikian informasi tentang Wisata Lembah Harau Payakumbuh, semoga informasi ini bermanfaat dan rekan – rekan dapat berwisata dengan nyaman di lembah harau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *