Cara Memilih Gudang Dikontrakkan yang Murah dan Berkualitas

Tahukah anda bagaimana sih cara memilih gudang dikontrakkan yang murah dan berkualitas? Apalagi dengan begitu banyaknya tawaran iklan properti maupun promosi tentang persewaan gudang yang pastinya akan membuat anda bingung untuk memilih yang terbaik.

Bagi perusahaan produsen barang yang memiliki jangkauan pemasaran yang luas pasti akan membutuhkan gudang sebagai tempat untuk penyimpanan barang, packing ulang, hingga distribusi barang. Melihat banyaknya perusahaan yang membutuhkan gudang maka membuat para pemilik gudang memilih untuk menawarkan atau mengontrakkan gudang untuk berbagai perusahaan.

Menyewakan gudang tersebut memang lebih menguntungkan daripada gudang tersebut dibiarkan tanpa isi atau menganggur. Selain itu menyewa gudang juga bisa menjadi solusi terbaik bagi perusahaan yang ingin menghemat budget dalam pengadaan gudang untuk mengelola produk atau barang-barangnya daripada harus mengeluarkan dana cukup besar untuk mengambil alih gudang dijual.

Tips Memilih Gudang Dikontrakkan

Dalam sistem jasa sewa gudang biasanya gudang disewakan dalam jangka panjang melalui syarat, ketentuan maupun SOP yang jelas. Namun kebutuhan ketika mengontrak gudang memang berbeda-beda sehingga anda harus benar-benar tahu gudang yang dibutuhkan untuk perusahaan agar tidak salah saat mengontrak atau menyewa sebuah gudang.

Berikut ini akan dijelaskan cara memilih gudang dikontrakan yang mudah dan berkualitas yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda.

  1. Tentukan Lokasi Gudang yang Strategis
    Ketika anda sedang mencari gudang yang dikontrakkan maka pilih gudang yang termasuk kategori mudah. Dalam hal ini harga murah tersebut berkaitan dengan lokasi gudang yang strategis. Dimana lokasi gudang sebaiknya tidak jauh dari lokasi agen dan mudah dijangkau menggunakan berbagai armada transportasi yang digunakan perusahaan. Selain itu lokasi yang strategis tersebut dapat menghindarkan dari banjir dan longsor.
  2. Tipe Gudang yang Cocok dengan Jenis Barang
    Jika ingin mengontrak gudang maka pastikan gudang tersebut memiliki tipe yang sesuai dengan barang yang akan disimpan di dalam gudang. Bila barang yang akan disimpan membutuhkan packing kardus maka gunakan rak gudang. Tetapi bila barang tersebut disimpan dalam gudang yang disimpan tersebut berbentuk panjang maka bisa memilih tanpa rak.
  3. Jangka Waktu Penyimpanan
    Dalam mengkontrak gudang maka anda perlu mengetahui sewa gudang sistem harian dan bulanan. Sehingga pilih gudang sesuai kebutuhan perusahaan yang bisa meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan.
  4. Pilih Cara Kontrak Sesuai Kebutuhan
    Tidak hanya jangka waktu penyimpanan saja, anda juga harus mempertimbangkan cara mengontrak gudang tersebut. Dimana anda bisa mengontrak gudang per CBM dan per-pallet dengan harga yang berbeda dan bisa disesuaikan kebutuhan.
  5. Fasilitas dan Sumber Daya yang Bagus
    Ketika akan mengontrak gudang maka pastikan memilih tempat kontrak gudang yang bagus serta murah. Dimana tempat tersebut menawarklan fasilitas maupun sumber daya yang memadai sehingga bisa bekerja selama 24 jam nonstop. Dengan begitu gudang tersebut bisa melindungi logistik perusahaan dan menghindarkan dari berbagai risiko kerusakan maupun kehilangan. Adapun fasilitas yang dimaksud antara lain satpam 24 jam, sistem manajemen gudang, CCTV, Tenaga bongkar muat, forklift dan lain sebagainya.

Itulah tadi penjelasan mengenai layanan persewaan gudang yang sebaiknya anda perhatikan. Melalui informasi di atas tentu anda bisa semakin mudah untuk memilih gudang yang akan dikontrak yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pemilihan persewaan gudang yang tepat tentu akan menguntungkan perusahaan dan menghindarkan barang dari kerusakan. Semoga informasi singkat tentang tips atau cara memilih gudang dikontrakkan yang murah dan berkualitas ini bermanfaat ya.