Contoh Surat Resign Resmi yang Wajib Anda Ketahui!

Contoh Surat Resign Resmi yang Wajib Anda Ketahui!. Bekerja di suatu organisasi dan perusahaan adalah impian semua orang. Namun, tak jarang beberapa orang juga ingin berhenti kerja untuk beberapa alasan.

Ya, ada banyak alasan mengapa seseorang ingin berhenti kerja dan mungkin termasuk juga Anda yang saat ini sedang mencari contoh surat pengunduran diri untuk resign resmi yang harus Anda buat.

Ada banyak alasan seseorang ingin resign dari suatu perusahaan, mulai dari karena ada suatu hal yang mengharuskan Anda berhenti kerja, karena lingkungan kerja yang kurang nyaman, karena gaji kurang cocok atau bahkan  yang lainnya.

Nah, bagi Anda yang sedang berencana untuk resign atau berhenti kerja. Pastikan dulu Anda tahu contoh surat resign resmi berikut ini yang wajib Anda buat. Untuk lebih jelasnya tentang informasi dan contoh surat resign resmi di perusahaan mari kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Surat Resign Resmi

Sebelum membahas tentang contoh surat resign terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang sebenarnya apa itu pengertian surat resign. Oke jadi, surat resign adalah surat pengunduran diri yang wajib dibuat oleh seseorang yang ingin mengundurkan diri dari suatu posisi atau jabatan di organisasi, lembaga atau perusahaan.

Surat resign termasuk ke dalam kategori jenis surat resmi. Sehingga sangat penting untuk Anda mengetahui bagaimana tata cara membuat surat resign yang baik dan benar.

Tujuan Dibuatnya Surat Resign Resmi

Surat resign resmi biasanya akan diminta oleh perusahaan jika memang Anda ingin mengundurkan diri dari bagian perusahaan tersebut. Jika disimpulkan tujuan dibuatnya surat resign resmi adalah sebagai berikut.

Agar Perusahaan Lebih Siap dan Mencari Penggantinya

Tujuan pertama, tentu saja surat resign resmi wajib Anda buat agar perusahaan lebih siap dalam mencari pengganti Anda untuk menduduki posisi atau jabatan yang Anda tempati sekarang. Ya, akan lebih baik jika Anda membuat dan menyerahkan surat resign resmi ini kepada atasan perusahaan Anda. Dengan begitu, perusahaan akan bisa dengan efektif dan cepat mencari kandidat baru untuk mengganti posisi pada jabatan Anda.

Menjaga Nama Baik dan Lebih Profesional

Selain dari sisi perusahaan, tujuan dibuatnya surat resign resmi ini juga untuk menjaga nama baik Anda dan agar lebih professional dalam bekerja. Dengan menyerahkan surat pengunduran diri pada perusahaan tentu saja Anda akan dianggap sebagai pekerja yang professional dan bertanggung jawab. Jangan menghilang begitu saja ketika memutuskan untuk berhenti kerja karena ini akan merusak nama baik Anda.

Contoh Surat Resign Resmi

Nah, untuk Anda yang sedang mencari tahu bagaimana cara membuat surat resign resmi. Anda bisa coba lihat beberapa contoh surat resign resmi berikut ini untuk lebih jelasnya.

Kepada Yth,

HRD Manager PT Bangun Jaya Sentosa

Di

Tempat

 

Melalui surat ini, saya Amelia Meliana bermaksud untuk mengundurkan diri PT Bangun Jaya Sentosa sebagai tenaga Akuntan dibagian keuangan terhitung sejak tanggal 22 Februari 2020.

Dengan adanya surat ini, saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT Bangun Jaya Sentosa. Saya juga mohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT Bangun Jaya Sentosa apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja di perusahaan ini.

Harapan saya semoga PT Bangun Jaya Sentosa dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik untuk ke depannya. Sekian, terimakasih.

 

Bandung, 22 Februari 2020

Hormat Saya,

Amelia Meliana

Nah, itu dia informasi dan contoh surat resign resmi yang bisa Anda coba buat. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Alasan Utama Resign dari Kerja

1 Perusahaan Tidak Menyampaikan Jenjang Karier yang Jelas

Ada saatnya perusahaan memberi tahap karir yang sungguh ada karena ada demikian banyak posisi dengan dapat ditempati sambil seseorang karyawan nun sudah lama hidup serta diangkat jadi pegawai tetap. Tetapi ada perusahaan, ataupun bentuk pekerjaan, yang sesungguhnya memberi taraf karier terang, akan tetapi kurun waktu yang amat lama.

Umpamanya, dalam susunan kerja satu media cetak, tara karir cuma sekutil, dari mulai wartawati sampai pemimpin redaksi hanya beberapa sepak-terjang saja. Walau sedianya jumlah wartawan sedang banyak. Untuk lantas menjadi pemimpin sidang pengarang memanglah diperlukan tatkala yang amat lelet, itupun mesti singkirkan wartawan yang lain. Tak hanya itu ada pula perusahaan dengan tahap kariernya bukan terang. Umpamanya, lantaran miliki rekanan secara pimpinan, seseorang orang upahan yang barusan diangkat udah mempunyai wewenang besar disana sini. Sedang mereka nun bekerja beberapa desimal tahun masihlah sekadar tempati posisi yang sama.
2. Budaya Sikap Perusahaan yang Tidak Tenteram untuk Diikuti

Pikiran kerja ini bukanlah hal yang ringan untuk dipikirkan. Bagaimanapun budaya kerja yang baik bakal menghasilkan kwalitas kerja produsen yang baik saja. Budaya kerja tersebut meliputi bagaimana kongsi memberi sebagian ketentuan kerja untuk karyawannya, bagaimana tipe kepemimpinan yang dikerjakan sama seseorang atasan di dalam anak buahnya, datang bagaimana pihak perusahaan mengkomunikasikan beberapa taktik perlu perusahaan pada beberapa karyawannya.

Segala hal itu mempunyai pengaruh nyata di kualitas kerja karyawannya. Umpamanya, seseorang penasihat yang berikan tujuan anak buahnya guna bekerja lebih rusuh jelas bakal memicu kualitas pekerjaan dengan tambah baik daripada pada seseorang pembesar yang cuma bisa memerintah-apalagi dengan lumayan marah. Pasalnya, pikiran kerja ini tak pula di ciptakan oleh seseorang karyawan, akan tetapi oleh susunan sikap perusahaan tersebut. Oleh karena itu apabila ini dipergunakan sebagai argumen, kemungkinan besar bakal di terima.
3. Gambaran Telatah Tidak Sesuai sama Kontrak atau Tip Gaji

Saat asal masuk bekerja, kamu umumnya disuruh untuk menandatangi kontrak. Prasetia itu diisi konsekwensi untuk menaati komitmen sebagai karyawan industri, serta masalah wajah pekerjaan anda. Wasiat itu dikerjakan di atas selembar materai, ini artinya pada dikau serta perusahaan udah mempunyai hubungan pedoman yang pasti.

Walau demikian kerapkali perusahaan memuatkan pekerjaan yang lebih dari dari apa nun udah disetujui di kesepakatan dimuka. Tampaknya jadi tidak permasalahan saat perusahaan penghujung memberi kompensasi upah lebih lantaran anda kerjakan hal diluar tanggung jawab anda, tapi bagaimana bila total kompensasi itu tidak sepadan dengan ketika serta usaha muluk yang sudah kamu sempatkan karenanya? Sungguh ada saja ini oleh sebab itu persoalan sendiri yang layak jadikan alasan untuk keluar dibanding pekerjaan.
4. Mengagak-agakkan Mengembangkan Usaha Swasembada

Dapat dapat dianggap ini menjadi tanda resign yang tepat dan ampuh buat berhenti bekerja dari perusahaan. Tujuannya, ini yaitu argumen dengan masihlah etis disampaikan oleh seseorang nun sudah bekerja, rumpang tambah baik ketimbang alasan geser berlaku pada perusahaan beda yang tawarkan bayaran semakin besar. Bukan hanya lebih sesuai, alasan ini bakal bikin anda masihlah dapat mempunyai pola profesional yang bagus dengan bebrapa rekanan kerja anda.

Sesuatu yang butuh dalam perhatikan dari argumen ini ada ganda hal. Pertama, jikalau perusahaan masihlah sungguh memerlukan anda, tersedia peluang mereka benih memberi tawaran kepesatan upah yang kadang kala memanglah kerap mengkritik kemauan anda. Ke 2, beralih haluan daripada karyawan jadi pengusaha yaitu satu tolakan sendiri, budaya kerja yang anda punyai bertahun-tahun jadi karyawan siap jadi tantangan ukuran yang perlu dikau taklukkan.
5. Bakal Melanjutkan Sekolah

Kausa untuk resign yang selanjutnya yaitu ‘akan melanjutkan sekolah’. Benih, hampir setiap kongsi pasti tidak sosok menahan-nahan seseorang karyawan yang mengundurkan diri pencetus alasan itu. Kok? Pertama, lantaran dapat pendidikan yaitu wewenang untuk tiap khalayak. Kedua, meneruskan bersekolah yaitu bentuk pengembangan kemampuan serta pembawaan untuk seorang dengan malah dapat dipakai oleh satu perusahaan.

Umumnya perusahaan bakal menerangkan apabila orang upahan itu sudah menamatkan sekolahnya, mereka dapat kembali memasukkan permohonan pada perusahaan itu serta meletakkannya di dalam posisi yang serasi sama pengalaman juga tahap pendidikannya. Tetapi yang butuh pada pastikan dari dalih ini yaitu anda betul-betul mempunyai penentuan yang anda raih beserta pilih berhenti bekerja serta meneruskan maktab. Banyak masalah menyiarkan sekolah yaitu pelarian dari pekerjaan nun berat atau menjijikkan.
6. Anda serta Keluarga Bakal Silih Rumah

Banyak yang menyampaikan ini yakni argumen klasik. Walaupun klasik, argumen itu umumnya tidak benih tidak diterima sambil satu perusahaan. Bagaimanapun tempat tempat tinggal, terlebih bila anda udah berkeluarga, bakal besar diperhitungkan untuk hidup. Bekerja ditempat dengan jauh bakal menyampaikan kesusahan sendiri, menyimpangkan tidak dari bingkai saat serta upah untuk mobilisasi dibanding tempat tinggal menuju pangkalan serta demikian meskipun.

Mungkin untuk di kota-kota besar sebagaimana Jakarta, rumah nun jauh rasa-rasanya tak senantiasa jadi persoalan. Umpamanya kantor dalam Jakarta, namun cuma di Depok, Pamulang, serta kota-kota mungkin Jakarta. Hal setaraf itu tidak oleh karena itu permasalahan asal merekam kompensasi yang besar dari usahanya yang juga besar itu, umpamanya, upah yang memanglah tinggi. Tetapi asalkan tidak bisa tip yang semakin gede, umumnya karyawan memanglah pilih mundur.
7. Pindah Profesi yang Lebih Sesuai tentu Pendidikan serta Persetujuan

Mungkin argumen tersebut tidak dapat sinambung di terima dengan baik oleh industri lama ataupun kongsi baru. Hal setara ini memperlihatkan kamu alami kebosanan pada profesi, maupun dikau dinilai sudah lupa untuk memutuskan dari pertama. Akan tetapi, bagaimanapun ini yaitu sidik anda sebagai seseorang yang mau merangsangkan diri.

Terlebih apabila profesi yang anda olok-olokan sesudah ini memanglah sesuai sama perhatian anda serta pertimbangan pendidikan anda. Ini sekurang-kurangnya memberi nilai bertambah lantaran anda udah mempunyai pengetahuan prima dari profesi pertama yang akan anda tekuni. Tantangannya barangkali sama juga secara poin ke empat, lantaran anda sosok temukan situasi komitmen yang tidak sama, kaum pekerjaan yang tidak kolektif, dan kenikmatan yang bukan sama saat kamu beralih profesi.
8. Mempunyai serta Mendidik Anak

Alasan menongol kerja yang homo ini umumnya digunakan oleh perempuan dengan belum lama naik ke pelaminan. Hal ini bisa umumnya dimaklumi sama satu perusahaan. Bagaimanapun, bekerja dalam stan hamil itu udah adalah sebuah tentangan tersendiri. Terlebih guna beberapa jenis tingkah laku yang memerlukan sikap lapangan atau design yang baik. Waktu ini juga beberapa permulaan muda seringkali untuk memberi waktunya super pada anaknya terbit masihl bayi mencapai berbatas berumur beberapa th.

Mereka malas buat menitipkannnya pada pelatih bayi lantaran bermacam2 argumen tertentu. Namun bukanlah memiliki maksud selama-lamanya mereka segera tidak bekerja. Lazimnya ibu muda tersebut mengundurkan diri untuk kurang lebih saat sampai bani udah dapat ditinggal ditempat pentitipan, day care, maupun diasuh oleh seseorang hamba, lantas mereka memungut keputusan untuk meleset bekerja.
9. Menelaah Tantangan yang Pertama

Mungkin ini ialah argumen yang taksiran tidak terang. Mengapa? Lantaran tantangan ini yaitu pandangan di satu pekerjaan, padahal tiap orang siap mempunyai pandangan yang tak sama pada unik hal yang mengamati dirinya itu. Terdapat orang yang ditantang untuk bekerja pada lapangan lantaran mencita-citakan kekuatan fisik nun relatif tambah indah.

Ada pula orang2 yang ditantang guna bekerja sepanjang perian di kantor penyebab memerlukan konsentrasi dan mental yang semampai untuk menghindari bangun dari kebosanan.
10. Besaran Upah yang tak Sesuai sama Tujuan

Tak jarang orang-orang memiliki alasan resign mendadak dikarenakan upah yang diterima bukan sebanding dengan kebutuhannya. Upah menjadi problem dari satu telatah, walau tidak sinambung jadi yang mengelokkan utama. Pemilihan besaran upah ini bermacam-macam macam. Dapat terkulai tempat pekerjaan, patokan pemerintah, berat kecilnya tanggung jawab seseorang produsen, lamanya dia berlaku, sampai reputasi daripada perusahaan tersebut. Taktik yang kerap dikenal sebagai orang yaitu “kecil atau besar, bayaran tidak bakal tahu cukup. ”

Akan tetapi bila ada yang menawarkan semakin raksasa dengan kriteria dengan lebih kurang sama, mengapa tidak mengambil peluang itu? Minimum terdapat hal-hal lain nun dapat kita kerjakan dengan pendapatan yang semakin besar, umpamanya, kita lebih senggang untuk berinvestasi beserta semakin besar di dalam beberapa produk per-ekonomian.

Itu tadi alasan untuk mengundurkan diri dibanding pekerjaan. Amat demi untuk membuat kausa resign yang jelas, dengan keterangan dengan lebih masuk akal juga memperlihatkan kalau dikau yaitu seseorang nun mau senantiasa maju.

Membuat Surat Resmi dan Contoh nya

Surat resmi umumnya banyak digunakan untuk maksud instansi, persekutuan, keperluan jawatan, atau rencana antar perusahaan. Meski sangat surat resmi tidak mesti selalu terbuat oleh group, bisa juga dibuat oleh individu. Contoh surat formal yang disusun oleh jiwa adalah surat lamaran komitmen, atau surah pengunduran bangun dimana langkah penulisan tembusan tersebut mempergunakan format surat resmi nun berlaku serta bahasa yang digunakan ialah bahasa Indonesia yang indah dan sahih. Surat tersebut dibuat di berbagai kegiatan resmi seperti di maktab, dinas maupun di bervariasi instansi permerintahan sebuah negara.

Pada gugus kalimat di atas dapat diambil kesimpulan kalau surat sah merupakan surah yang digunakan dalam bermacam-macam urusan resmi baik dengan personal, pejabat atau perkumpulan. Surat formal biasanya dibuat untuk menyuntikkan informasi tertulis oleh wahid pihak di pihak yang lain. Fungsi dibanding surat sah biasanya mencaplok lima sesuatu berikut. Serupa sarana tanda, buah paham, permintaan, motif serta untuk pedoman sikap.

Meski waktu ini sudah rongak digunakan dalam komunikasi perseorangan karena telah tergantikan beserta berbagai prasarana lain dengan lebih modern. Tetapi guna kegiatan nun bersifat konvensional tentu dibutuhkan komunikasi via surat, olehkarena itu bila menggunakan ponsel pasti terlihat bukan profesional oleh karena itu akan ditolak. Lalu bagaimana bila tidak bisa memproduksi surat resmi? Tenang saja kami bakal memberikan trik membuat tembusan resmi pasti dengan kalau. Jadi mengucapkan sampai rampung ya.

Langkah Membuat Surah Resmi

Trik Membuat Tembusan Resmi
Sehabis mengetahui takrif dan maslahat surat formal sekarang saatnya masuk pada langkah-langkah menghasilkan surat sah yang baik dan benar. Surat resmi yang bagus tentu wajib memenuhi wasiat dan juga patokan baku yang telah dibuat. Berikut ciri-ciri dari surat formal yang indah.

Surat sah yang baik bila dikeluarkan oleh suatu organisasi biasanya menggunakan tajuk surat.
Tersedia nomor pabrikasi surat, sambungan dan juga tentang dibuatnya surat tersebut.
Mempergunakan ragam kaidah resmi yang berlaku pada negara tersebut.
Dibuka dan ditutup dengan menggunakan selamat yang biasa digunakan sambil kebanyakan orang.
Salah satu usulan diakui ataupun tidaknya surah resmi adalah adanya simbol atau stempel dari pembahasan yang memunculkan surat itu. Bila tidak ada cap, oleh karena itu surat ini akan diragukan keasliannya.

Bagian-bagian yang Terdapat Pada Surat Resmi

Sesi Surat Formal
sumber Foto: skipnesia. com

Dalam membuat surat resmi harus menjalankan peraturan asas yang sudah biasa ada. Beserta begitu tembusan yang telah terbuat bisa sampai oleh seluruh kalangan. Berdasar pada garis besar pada sebuah surat biasanya memiliki format layaknya bagian perintis, isi surah dan final adalah puncak. Berikut ialah bagian daripada surat formal.
Kepala atau Kop Surah

Dalam menyalut surat sah, keberadaan titel surat sangatlah penting. Ada nya kop tembusan menunjukan dibanding lembaga mana surat tersebut berasal. Eksistensi kop surat merupakan uni penegasan jika surat dengan dikeluarkan itu merupakan surah resmi dari lembaga maupun perusahaan nun mengeluarkan tembusan. Dalam satu kop surat setidaknya harus memiliki 5 bagian biar orang yang menerima surah mengetahui pokok surat berdasar pada jelas. Kelima bagian kop surat ini adalah serupa berikut.

Identitas lembaga, instansi atau industri.
Alamat Nyata perusahaan, lembaga atau kantor.
Kontak dengan bisa dihubungi seperti no telpon, fak atau email.
Kode Kedudukan
Logo daripada lembaga, kongsi, atau pejabat.

Tidak semata kop tembusan menyertakan kelima bagian di atas karena berbagai kausa. Sedangkan untuk penulisannya lazimnya menggunakan karakter kapital nun diperbesar & dipertebal. Guna penulisan tajuk surat lazimnya menggunakan peras tengah, akan tetapi terkadang terdapat juga yang menggunakan papar kiri ataupun kanan.
Nomer Surat

Tiruan Penulisan Nomor Surat Sah
Sumber Pelan: slideshare. net

Nomor surat pada surah resmi merupakan salah satu potongan yang mempunyai fungsi amat penting. Pada bagian ini tak bisa disusun sembarangan, sebab setiap kepribadian yang ada pada nomer surat resmi memiliki terjemahan dan maksud. Orang yang sudah lama bergerak dalam tembusan menyurat tetap sudah mengetahui benar gimana tata cara penulisan nomor surat dengan bagus dan betul. Lalu sungguh orang dengan baru mencari ilmu? Bagaimana menyarikan nomor surah? Berikut penjelasannya.

Pada tembusan resmi tersedia beberapa sesi seperti nomor surat, logat surat dan bulan serta tahun penggarapan. Semua bagian tersebut punya fungsi nun sangat berarti untuk potongan kearsipan. Di setiap lembaga publik untuk memproduksi kode swasembada dalam no surat. Lalu contoh nomer surat dan pembahasannya.

No: A. 001/Pan-Pel/AKB/I/2015

A = Merupakan kode surat privat (bisa dimanfaatkan untuk undangan anggota, atau surat apapun yang berselok-belok dengan institusi atau perusahaan) Sedangkan sinyal “B” mampu digunakan buat pihak perantau lembaga.

001 = Nomer ini adalah nomor semarak surat yang dikeluarkan. Pemisalan untuk surat pertama yang dikeluarkan sama lembaga, berbeda dengan untuk surah kedua bisa menggunakan logat “002”.

Pan-Pel = Mempunyai Panitia Pendidik (jika tembusan itu luar biasa untuk sebuah kepanitiaan kalender / pelaksanaan. Bila sesi yang ini bisa tersedia dan dapat ditiadakan. Logat jenis itu umumnya terdapat: Kongres; Musda; Rapat; Prop; dan sebagainya

AKB = Sifat organisasi atau institusi

I = Kalendar dibuatnya surat. Yang berguna bulan mula-mula menggunakan poin romawi.

2015 = Th surat ini di keluarkan.
Lokasi dan Tercecer Surat

Teritori dan tanggal surat ialah keterangan dengan menjelaskan zona serta masa ditulisnya surah tersebut. Akan tetapi apabila tempat penulisan tembusan sudah dinyatakan pada titel surat, oleh sebab itu dalam taktik ini bukan perlu ditulis kembali, sedang tangganya aja. Lokasi penulisan tempat & tanggal surat biasanya berpunya di sudut kanan kepada sejajar secara nomor surah. Nama tempat biasanya ditulis mendahului gugur surat. Penulisan nama lokasi dan tercecer dipisah beserta tanda koma dan diakhiri dengan kode titik. Suri: Bandung, 17 Agustus 2015.
Lampiran Tembusan

Lampiran tembusan merupakan unik dokumen sambungan yang dalam lampirkan pada dokumen yang utama. Lampiran umumnya berisi akta pendukung nun menguatkan sertifikat utama sebagaimana foto kesigapan, laporan per-ekonomian lebih mendetail dan beda sebagainya.
Petunjuk Surat

Jumlah yang tidak begitu memperhatikan penulisan alamat surat, sehingga jumlah terjadi kekhilafan dalam penulisannya, khususnya di menulis alamat dalam surah resmi. Bersama-sama adalah hal-hal yang mesti diperhatikan dalam menulis petunjuk surat.

Isyarat surat lazim terdapat di dua teritori yaitu pada bagian bungkus dan di awal tembusan.
Alamat surat yang ditulis pada bagian sarung harus bermutu alamat nyata. sedangkan guna alamat yang ditulis pada bagian surat biasanya tidak selengkap alamat dengan ditulis dalam sampul.
Pemanfaatan kata “kepada” tidak patut digunakan olehkarena itu sia-sia.
Perintah “Yang Terhormat” bisa disingkat dengan “Yth”
Penulisan identitas seperti permulaan, bapak maupun Sdr/Sdri perlu digunakan apabila diikuti dengan nama orang2.
Kata “Jalan” tidak butuh disingkat, serta penulisan isyarat tidak demi diakhiri secara tanda titis.

Salam Perintis dan Penutup

Penulisan salam sebaiknya memakai kata-kata lazim yang konvensional digunakan pada percakapan formal seperti tabik sejahtera, ataupun kalau homo keyakinan mampu menggunakan selamat yang diajarkan oleh keyakinan masing-masing. Penulisan salam di dalam surat sah biasanya diakhiri dengan sastra koma.
Kapasitas Surat

Inilah bagian dasar dari satu buah surat. Pati surat lazimnya di was-was pada sentral surat nun berisi mengenai penjelasan penentuan dan wujud dari satu surat. Tersebut surat yang baik merupakan yang mempergunakan bahasa patokan serta kalimat yang singkat dan barang-kali untuk dimengerti oleh penerima surat. Penetapan kalimat juga kata dengan digunakan pula merupakan sisi penting dibanding isi surah resmi.
Selesai surat

Puncak surat wajib menggunakan perkataan yang indah dan sahih. Berikut kurang lebih contoh kata2x penutup nun biasanya dipakai dalam tembusan resmi.

Demikian agar sebagai maklum, bagi perhatian serta kerja samanya kami kasihkan terima kasih.
Demikian agar menjadi maklum, atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.
Demikian agar jadi maklum, kepada perhatian juga kerja sama Belahan kami katakan terima kasih.
Demikian agar sebagai maklum, bagi perhatian Dulur kami utarakan terima kasih.

Selain itu di bagian penutup umumnya juga pada lengkapi beserta jabatan, identitas dan NIK, dan juga tempat tangan orang-orang yang menghasilkan surat. Disamping itu saja adanya tindasan surat, terhadap siapa sekadar surat tersebut ditujukan di satu pembahasan tersebut.