3 Tips Sebelum Membeli Audio Sound System Mobil

audio system mobil

Mendengarkan lautan musik di dalam mobil pasti menyenangkan, lagipula kini berkat majunya teknolgi multimedia semakin memanjakan pemakai kendaraan. Audio mobil tidak lagi sebagai pelengkap tetapi sekarang difungsikan sebagai hiburan multimedia juga. Tapi head unit standar tidak dibekali kontrol audio yang lengkap, sehingga kualitas suaranya biasa saja. Hal ini bertolak belakang dengan perangkat audio sound system mobil aftermarket. Piranti audio aftermarket mempunyai fitur dan teknologi multimedia lebih kompleks. Sehingga tidak hanya digunakan untuk menikmati musik namun dapat dipakai untuk hiburan multimedia seperti menyaksikan film ataupun video. Berikut petunjuk sebelum melakukan pembelian perangkat audio system guna mobil kamu

Sumber Utama : https://www.bliaudio.com/

Tips Membeli Audio Sound System Mobil

audio system mobil

  • Cari Informasi terlebih dahulu

Sebelum melakukan pembelian perangkat audio sound system mobil, jangan berpendapat produk mahal sudah tentu bagus. Banyak importir dengan gencar mempromosikan produknya agar dikenal orang. sampai-sampai harga perlengkapan audio itu mahal sebenarnya walau kualitasnya biasa saja. Perhatikan spesifikasi audio mobil itu pada buku manual. Istilah RMS ialah acuan yang digunakan agar dapat menilai daya murni dari piranti audio tersebut. Hal ini bertolak belakang dengan PMPO dimana dayanya lebih banyak dan bukan menjadi acuan agar dapat menilai daya tersebut. Jika head unit anda mempunyai daya yang kecil pilih speaker dengan sensitivitas tinggi sebanyak 90dB. Semakin tinggi sensitivitas semakin tepat untuk daya yang dibutuhkan.

  • Perhatikan Kelengkapan fitur Head unit

Head Unit yang baik mutunya tentunya telah mempunyai fitur kontrol audio yang lengkap. Pilih yang mempunyai jalur koneksi audio pre out, Front, Rear, Subwoofer. Hal ini bermanfaat jika kamu hendak menambahkan amplifier untuk mobil. Fitur Equalizer dipakai untuk menyesuaikan frekuensi dari masing-masing aliran musik yang berbeda. Digital Time alightment lumayan penting dalam urusan staging suara dimana posisi suara dari speaker antara kiri dan kanan jaraknya berbeda. Hal ini pasti saja dominan buruk untuk audio sound system. Time alightment bisa mendelay suara yang datang sampai-sampai suara datangnya secara bersamaan. Di samping itu fitur ini pun dapat menciptakan suara bass tersiar dari arah depan sebenarnya subwoofer ditaruh di belakang. Croosover HPF/ LPF bermanfaat untuk memapas batas frekuens yang hendak diloloskan. Fitur Fader, Balance dapat anda ketahui pemasangan RCA Head unit apakah telah benar atau belum.

  • Memilih Speaker Mobil

Jika speaker kendaraan anda suaranya masih kurang, gantilah dengan speaker mobil standar yang lebih baik kualitasnya. Semua kendaraan memang telah terpasang speaker bawaan pabrik, namun kualitasnya pasti saja masih tidak cukup memadai. Banyak toko audio mobil menjual sekian banyak merek audio sound system mobil. Sebelum membeli, simaklah dahulu spesifikasinya, serta berapa daya yang cocok untuk keperluan audio mobil kamu. Jika anda menggunakan amplifier, usahakan memilih speaker mobil jenis split. Speaker ini mempunyai kualitas yang lebih baik sebab komponenya diciptakan secara terpisah. Komponen speaker itu terdiri midrange, tweeter dan crossover pasive. Speaker coaxial diciptakan lebih sederhana, sebab semua driver terletak pada satu konus woofer. Disamping itu, jika diinstalasi lebih gampang serta praktis.

Itulah informasi mengenai tips membeli sound system yang tepat, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar