Home » Furniture » Ciri Khas Ukiran Pada Furniture Jepara

Ciri Khas Ukiran Pada Furniture Jepara

tukang ukir jepara
tukang ukir jepara

Jepara merupakan kota ukir terkenal di Indonesia. Pasalnya, produknya yang berupa furniture Jepara memiliki nilai seni tinggi. Setiap daerah memiliki corak dan ciri khas ukiran tersendiri. Tak terkecuali ukiran Jepara juga memiliki ciri khas yang membedakannya dari daerah yang lain. Ciri khas inilah yang membuat nama Jepara terkenal sampai ke mancanegara. Selain karena ukirannya yang khas, kreativitas pengrajin asal Jepara juga sangat mumpuni dan mampu membuat produk berkualitas dan unik.

Salah satu ciri khas ukiran Jepara terletak pada motif dan corak yang unik. Hal inilah yang membuat produk furniture asal Jepara memiliki nilai jual yang tinggi. Ukiran Jepara memiliki corak daun trubusan yaitu berupa motif jumbai pada ujungnya. Daun ini bentuknya seperti kipas terbuka yang tiap ujungnya memiliki bagian yang runcing. Selain itu, terdapat pula motif buah pada pangkal daun yang berjumlah 3 atau 4. Corak dan motif ini hanya ada pada ukiran furniture Jepara.

Yang membuat produk ukiran Jepara sangat terkenal adalah teknik ukiran yang detail dan halus. Produk langsung dari seniman ukir asal Jepara memang sudah tidak diragukan lagi. Selain detail, ukiran ini juga terkesan sangat hidup. Pengerjaan dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menghasilkan produk yang berkualitas. Standar yang dimiliki ukiran Jepara memang cukup tinggi. Hal ini karena sebagian besar produknya diekspor ke luar negeri. Jadi kualitas harus nomor satu.

Teknik perwarnaan juga mempengaruhi kualitas furniture Jepara. Pewarnaan merupakan tahap akhir pada produksi furniture. Teknik pewarnaan yang bagus, halus, rata, dan tidak mudah luntur menjadikan produk awet dan tidak mudah rusak. Proses ini sangatlah penting karena bagus tidaknya produk ditentukan oleh pewarnaan. Jika proses ini gagal maka produk akan turun kualitasnya dan menjadikan nilai jualnya rendah. Pilihan jenis cat juga sangat penting. Ada beberapa cat yang mudah kering sehingga tidak cepat luntur. Jenis cat yang sering digunakan adalah cat kayu yang sudah ditambahkan thinner agar warna lebih kuat dan mengkilap.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *