Peraturan Usaha Depot Air Minum Terbaru 2020

Menjalankan sebuah bisnis air minum isi ulang menjadi prospek yang cukup menjanjikan. Harga jualnya yang lebih murah daripada yang bermerek dapat menarik minat konsumen. Namun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebagai peraturan usaha depot air minum isi ulang. Jika anda tidak bisa memenuhi aturan ini, tentu saja bisnis dikategorikan sebagai usaha ilegal.

peraturan usaha depot air minum

Peraturan Dalam Usaha Depot Air Minum

  1. Pendaftaran

Usaha yang akan anda buat perlu didaftarkan terlebih dahulu. Jenis pendaftaran di antaranya adalah tanda industri, tanda usaha perdagangan, izin jaminan pasokan air dan izin pengambilan air. Peraturan umum ini tercantum dalam Kepmenperindag no 651 tahun 2004. Anda juga perlu memiliki surat hasil laboratorium bahwa kualitas air memenuhi persyaratan sebagai air minum.

  1. Angkutan Air

Angkutan air dari sumber menuju depot juga harus diperhatikan. Jenis angkutannya harus berupa tangki air. Tangki harus memenuhi standar food grade sehingga kualitas air tetap aman selama di perjalanan. Jika anda memulai bisnis ini dengan Aqualux, anda tidak perlu khawatir sebab biaya angkutan sudah termasuk ke dalam harga paket Aqualux.

  1. Tempat Air

Secara umum, bisnis ini mengandalkan tempat berupa galon air sebagai medianya. Galon dapat disediakan oleh depot maupun dibawa sendiri oleh pembeli. Di lokasi depot, galon pembeli akan disterilisasi terlebih dahulu sebelum diisi ulang. Depot dilarang menyediakan produk siap jual seperti dalam bentuk botolan karena bertentangan dengan aturan umum usaha.

  1. Tanpa merek

Air isi ulang yang dijual tidak boleh menggunakan merek tertentu. Galon tidak boleh ditempel poster merek. Begitu juga dengan tutup galon yang harus disediakan. Semuanya harus berbentuk polos, termasuk tidak diizinkannya menggunakan wrap plastik di sekitar tutup botol. Anda hanya boleh memiliki nama depot, tapi tidak akan menjadi merek dari air minum isi ulang.

Meski sepintas usaha depot air merupakan usaha yang kecil, namun anda perlu mengantongi semua syarat yang ditetapkan. Hal ini diperlukan dalam menjamin kualitas air yang dijual kepada konsumen. Anda bisa mengikuti paket usaha air minum isi ulang sehingga lebih mudah dalam pengadaan barang dan distribusi air.