PNSMail : Aplikasi E-Government

Dengan adanya kemajuan teknologi, aparatur pemerintah terdorong untuk mengantisipasi paradigma baru dengan upaya perbaikan pelayanan menuju terwujudnya good governance dimana menerapkan sistem e-government. Salah satu bukti nyata dalam penerapan aplikasi e-government adalah dengan pembuatan aplikasi informatika atau yang biasa disebut aptika. Pada bahasan kali ini, penulis akan menjelaskan secara singkat salah satu aplikasi informatika yang bisa dimanfaatkan masyarakat dan tentunya bermanfaat bagi pemerintah itu sendiri.

pns-mail-300x191

Aplikasi informatika yang dimaksud disini adalah PNSMailPNSMail merupakan layanan surat elektronik gratis untuk masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan telah terdaftar di Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Layanan yang disediakan ini adalah penggunaan alamat e-mail resmi Pemerintah sebagai alat komunikasi persuratan elektronik dalam kegiatan kedinasan. Serta dimaksudkan agar terciptanya birokrasi modern yang cepat, efektif, efisien dan aman di lingkungan instansi pemerintah. Setiap PNS hanya diijinkan memiliki satu alamat e-mail nasional melalui PNSMail ini. Format akun e-mail yang akan digunakan oleh setiap PNS adalah nama.pns@pnsmail.go.id.

Sehingga dengan adanya aplikasi informatika ini, masyarakat dapat ikut berperan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung dalam pelaksanaan tugas dan fungsi suatu e-government serta manfaatnya bagi Pemerintah adalah tidak berisiko (aman) dalam konteks kerahasiaan data dan informasi negara.

Please comment with your real name using good manners.

Leave a Reply