Universitas Swasta di Jawa Barat

Universitas Swasta di Jawa Barat

Untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri harus bersaing ketat supaya bisa lolos. Persyaratannya pun bisa dibilang tinggi. Hal tersebut membuat lulusan SMA/SMK/sederajat banyak yang gagal dalam tes. Namun jangan berkecil hati, masih ada perguruan tinggi swasta yang kualitasnya tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri. Kini perguruan tinggi swasta perlahan membuktikan diri sebagai lembaga pendidikan bergengsi dan layak menjadi perhitungan dalam pilihan calon mahasiswa, serta menjadikannya sebagai Universitas Swasta di Jawa Barat. Di Indonesia sudah banyak perguruan swasta yang berdiri, sebagian telah masuk ke daftar Kampus Swasta Terbaik di Indonesia. Hal tersebut membuktikan bahwa perguruan tinggi swasta mampu bersaing dalam mutu pembelajaran dan mutu kualitas. Fasilitas yang diberikan dan infrastuktur yang baik telah mengimbangi bahkan melebihi perguruan tinggi negeri. Kebanyakan pemahaman semua orang tentang perguruan tinggi swasta yaitu biayanya yang begitu mahal, hal tersebut yang membuat peminatan perguruan tinggi swasta semakin sedikit. Tapi jangan berburuk sangka dulu dengan perguruan tinggi swasta, tidak semua perguruan tinggi swasta mematok biaya perkuliahan yang sangat tinggi, ada juga perguruan tinggi swasta yang mematok biaya perkuliahan sama dengan perguruan tinggi negeri lainnya. Jadi, tidak perlu di khawatirkan lagi jika masuk ke perguruan tinggi swasta. Dengan biaya perkuliahan yang tidak terlalu tinggi, perguruan tinggi swasta tetap memberikan fasilitas dan mutu Pendidikan yang tidak kalah dengan perguruan tinggi lainnya.

Kualitas Universitas Swasta di Jawa Barat

Berbicara tentang masa depan mahasiswa yang kuliah di universitas swasta, belum tentu mahasiswa lulusan universitas negeri setelah lulus dapat mudah mendapatkan pekerjaan. Suksesnya masa depan suatu individu dalam mendapatkan pekerjaan berhubungan dengan perilaku dan kemampuan individu itu sendiri. Jadi jika ada opini yang mengatakan bahwa kuliah di universitas swasta akan sulit dalam mencari pekerjaan itu salah besar.

Provinsi dengan semboyan Gemah Ripah Repeh Rapih atau dalam bahasa sunda Makmur Sentosa Sederhana Rapi merupakan Provinsi yang sangat padat akan penduduknya. Dengan hari jadi Provinsi Jawa Barat yang di peringati pada 19 Agustus 1945. Mengigat Jawa Barat adalah Provinsi yang sangat besar diantara Propinsi – Provinsi yang berada di Pulau Jawa, Negara Indonesia. Dengan Ibukotanya adalah Bandung yang terkenal akan Mode dan Fashionnya, Provinsi ini juga terkenal akan Pendidikannya dan menjadi barometer Pendidikan setelah DKI Jakarta, Yogyakarta dan Jawa Timur. Banyaknya Perguruan Tinggi yang berada di Provinsi ini membuat Jawa Barat menjadi Provinsi dengan salah satu Perguruan Tinggi terbanyak di Indonesia. Selain perguruan tinggi negeri terkenal yang ada di dalam provinsi tersebut, banyak juga perguruan tinggi swasta yang terkenal sampai seluruh Indonesia. Dan berikut adalah daftar Universitas Swasta di Jawa  Barat yang di bagi Sesuai Kota letak Universitas itu berada :

Universitas Swasta di Jawa Barat

Baca juga : Perguruan Tinggi Swasta terbaik

Daftar Universitas Swasta di Jawa Barat

Kota Bandung :

  1. Stimik Dan Stie Dnbs
  2. Telkom University
  3. Universitas Islam Bandung
  4. Universitas Nasional Passim
  5. Universitas Islam Nusantara
  6. Universitas Khatolik Parahyangan
  7. Universitas Kristen Maranatha
  8. Universitas Bandung Raya
  9. Universitas Widyatama
  10. Sangga Buana Ypkp
  11. Universitas Computer Indonesia
  12. Universitas Jendral Achmad Yani
  13. Universitas Kebangsaan
  14. Universitas Langlang Buana
  15. Universitas Nurtanio
  16. Universitas Al-Ghifari
  17. Universitas Pasudan
  18. Universitas Bandung
  19. Universitas Muhammadiyah Bandung
  20. Universitas Islam Pasudan
  21. Universitas Informatika Dan Bisnis Indonesia
  22. Universitas Advent Indonesia
  23. Universitas Hadatuon

Kota Bekasi :

  1. Universitas Islam Assyafi’iyah
  2. Universitas Presiden
  3. Universitas Muhammadiyah Bekasi
  4. Universitas Islam 45
  5. Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Kota Sukabumi :

  1. Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  2. Universitas Kartika Candra
  3. Universitas Sukabumi

Kota Sukabumi Utara :

  1. Universitas Sultan Mahesa
  2. Universitas Muhammadiyah Sukabumi Utara

Kota Cianjur :

  1. Universitas Surya Kancana
  2. Universitas Muhammadiyah Cianjur
  3. Universitas Kartika Candra
  4. Universitas Putra Indonesia Cianjur

Kota Ciamis :

  1. Universitas Galuh

Kota Bogor :

  1. Universitas Pakuan
  2. Universitas Muhammadiyah Bogor
  3. Universitas Ibn Khaldun Bogor
  4. Universitas Djuanda
  5. Universitas Nusa Bangsa

Kota Sumedang :

  1. Universitas Swadaya Gunung Jati Sumedang
  2. Universitas Winaya Mukti
  3. Universitas Sebelas April
  4. Universitas Mukti Sumedang

Kota Tasikmalaya :

  1. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Kota Depok :

  1. Universitas Muhammadiyah Depok
  2. Universitas Gunadarma

Kota Garut :

  1. Universitas Garut
  2. Universitas Muhammadiyah Garut

Kota Kuningan :

  1. Universitas Kuningan
  2. Universitas Kuningan

Kota Cirebon :

  1. Universitas Swadaya Gunung Lati
  2. Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon
  3. Universitas Muhammadiyah Cirebon
  4. Universitas Nadlatul Ulama Cirebon

Kota Majalengka :

  1. Universitas Majalengka

Kota Indramayu :

  1. Universitas Wiralodra

Kota Subang :

  1. Universitas Subang

Kota purwakarta :

  1. Universitas Purwakarta
  2. Universitas Indraprasta PGRI

Dengan bukti nyata dan krontibusinya dalam dunia pendidikan, kuliah di perguruan tinggi swasta tidak bisa dipandang sebelah mata. Saat ini, dengan berkuliah di perguruan tinggi swasta tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan beberapa perguruan tinggi swasta mempunyai suatu program menarik yang menjadikan kampus swasta tersebut lebih baik dari kampus-kampus perguruan tinggi negeri. Beberapa diantaranya kampus swasta terbaik akan masuk ke dalam daftar universitas swasta terbaik di Jawa Barat diatas.

Dengan ulasan beberapa Universitas Swasta di Jawa Barat, dapat di jadikan referensi bagi siswa lulusan SMA / SMK / Sederajat yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi selain di PTN. Setiap kampus memiliki keunggulan masing – masing pada bidangnya. Jadi bagi anda yang belum beruntung masuk ke dalam perguruan tinggi negeri jangan bersedih dahulu, masih ada perguruan tinggi swasta yang tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri. Dan perlu di garis bawai lagi bahwa perguruan tinggi swasta memiliki mutu Pendidikan serta fasilitas yang baik bagi seluruh mahasiswanya. Karena fasilitas dari kampus seperti perpustakaan laboratorium dan lain sebagainya menjadi suatu hal penunjang yang dapat membuat mahasiswanya sukses dalam perkuliahannya, dan tentunya sukses di bidangnya.

Dalam persaingan Universitas Swasta di Jawa Barat yang ketat ini, membuat para lulusan dari SMA / SMK / Sederajat memiliki banyak pilihan untuk melanjutkan studi pendidikan kuliah tidak harus serta merta menuju universitas negeri yang memang dikenal dengan kualitas pelayanan pendidikan serta mutu pendidikan yang jempolan, namun universitas swasta juga menjadi pilihan bagi mereka yang menginginkan 2 hal tadi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *