Pentingnya berkomunikasi dengan pelanggan

komunikasi pelanggan

Komunikasi dengan pelanggan

Dalam bisnis, baik itu bisnis online maupun offline seringkali penjualan yang terjadi di dominasi dengan alasan bahwa pembeli sudah mengenal siapa penjualnya.

Dan orang yang baru melihat bisnis Anda, logika sederhananya tidak akan langsung membeli produk Anda.

Karenanya untuk mencapai pada titik itu, dibutuhkan sebuah sistem penjualan yang tepat agar seseorang yang awalnya tidak mengenal bisnis Anda, mulai tahu sampai akhirnya membeli.

Dibutuhkan berbagai media promosi untuk mencapai titik tersebut, namun sayangnya sebagian pebisnis online hanya selalu berpatok pada 1 channel promosi saja.

Itulah sebabnya Noah Kagan pendiri summome pernah berkata dalam video presentasinya bahwa

“Hanya mengandalkan social media dalam bisnis Anda sama saja dengan berbisnis diatas pasir”.

Itu artinya ketidakstabilan pada channel tersebut, seperti yang Anda tahu facebook, twitter, instagram bahkan google sekalipun selalu berubah ubah algoritmanya.

Sehingga hal tersebut tidak bisa Anda kendalikan.

Ryan Deiss juga pernah berkata juga :

Secara online, hanya ada 2 cara untuk berkomunikasi dengan list buyer/ yang sudah pernah bertransaksi sebelumnya.

  • 1. Melalui Pixel (contoh: Facebook Custom Audience.)
  • 2. Melalui Email.

Selain kedua cara diatas, komunikasi Anda akan bercampur antara orang yang sudah membeli, sudah tertarik tapi belum membeli, dan yang belum kenal sama sekali.

Artinya tidak bisa tertarget khusus kepada yang sudah pernah membeli sebelumnya.

Dan dari kedua cara diatas, cuma 1 cara yang bisa di personalisasi bahkan hingga menyebutkan nama pelanggan Anda di setiap penawaran, yaitu: email.

Jadi, jika sampai detik ini Anda masih belum menggunakan salah satu dari keduanya, Anda belum benar-benar berkomunikasi dengan pelanggan Anda, dan mungkin Anda sedang melewatkan peluang yang besar sekali.

Dan yang paling penting, anda juga harus mengajarkan tim agar juga memanfaatkan banyak channel sekaligus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *