Jokowi: Anak JamanSekarang Lebih Senang Pegang Gawai Daripada Pusaka Keris

Keprihatinannya terhadap anak muda zaman sekarang diungkapkan presiden Joko Widodo. Ia mengatakan anak muda lebih bahagia memegang gawai daripada memegang keris.

Perihal tersebut ia sampaikan saat meresmikan Museum Keris Nusantara di Jalan Bhayangkara No 2, Laweyan, Solo, Rabu (9/8/2017).

“Anak-anak muda kita saat ini lebih bahagia memegang smartphone, lebih bahagia memegang gawai, lebih senang gadget ketimbang memegang keris,” tandasnya.

(more…)

Seorang Anggota TNI tewas di tikam keris

Anggota TNI AD Serda Musaini (55), yang bertugas di Koramil 06 Kateman di jajaran Kodim Indragiri Hilir (Inhil), Riau, mati ditikam dengan keris. Pelaku adalah Tamsir (21), yang kini sudah ditangkap pihak kepolisian.

Demikian disampaikan Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung kepada wartawan, Jumat (7/7/2017). Doli memaparkan peristiwa ini terjadi sekitar pukul 14.15 WIB di Jl Sudirman, Kelurahan Tagaraja, Kecamatan Kateman, Inhil. (more…)

Minimnya Kurator dan Literatur Keris Indonesia

Ketua Umum Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI), Fadli Zon, menjelaskan kondisi perkerisan di Indonesia terus berkembang. Namun hambatan utama yang dihadapi ialah minimnya jumlah kurator dan literatur tentang keris.

Padahal, dengan adanya kurator dan literatur yang mumpuni, keris mampu dinilai dengan standarisasi. Ujungnya, kolektor memiliki kepastian tentang barang-barang yang mau dikoleksi.

“Kurator keris sungguh terbatas. SNKI dan kita harapkan dari institusi akademi seperti ISI (more…)

Jamasan Keris Milik Bupati Purworejo pada Ritual 1 Suro

Gelaran ritual jamasan pusaka satu Suro di Museum Tosan Aji Purworejo, Jawa Tengah dimulai hari ini. Keris milik Bupati Purworejo, Agus Bastian, menjadi yang pertama kali dijamas atau dibersihkan.

“Jadi tersebut pusaka milik bupati Purworejo yang namanya Keris Lurus dengan Dapur Jalak Tilam Sari, sintesis Empu Paneti dari abad ke-14. Tadi diarak dulu lalu dijamas dengan uborampe yang telah disiapkan dan dikembalikan lagi ke dalam kediaman bupati,” tutur Kasi Museum Sejarah Cagar Adat istiadat Nilai Adat istiadat Dan Tradisional, Eko Riyanto, kepada detikcom, Kamis (21/9/2017).
Melihat Ritual 1 Suro Jamasan Keris Milik Bupati PurworejoProsesi arak-arakan keris milik Bupati Purworejo. Foto: Rinto Heksantoro (more…)

bulan suro, banjir order tukang jamas pusaka di jombang

Bagi masyarakat Jawa, Sura merupakan bulan yang sakral. Tradisi menjamas keris pusaka pun jamak dilakukan pada bulan ini. Tradisi tersebut ternyata mendatangkan tidak sedikit rejeki bagi tukang cuci keris di Jombang.

Seperti yang dialami Sudahri (47). Pada bulan Sura, bengkel miliknya di Pasar Mojotrisno, Mojoagung tak pernah sepi pengunjung. Agar ukiran dan guratan pada bilah keris, mereka mau mencuci keris mereka, (more…)

Pameran keris di makam bung karno Blitar

Sekitar 2.000 keris dari beragam daerah di Indonesia dipajang dalam pameran di halaman parkir Makam Bung Karno Kota Blitar, Sabtu (13/5/2017). Bertajuk ‘Kebangkitan Keris Bumi Bung Karno untuk Pemersatu Nusantara’, diharapkan bisa mengembalikan semangat persatuan dan kebersamaan khususnya, bagi komunitas penggemar keris se Indonesia. (more…)

Sosok Pengurus Pusaka Jokowi

Keluarga Presiden Joko Widodo memesan puluhan pakaian adat Jawa untuk pernikahan Kahiyang Ayu di toko Busana Jawi Suratman, Solo. Sejak lama, toko yang dikelola Sugiyatno tersebut sudah menjadi langganan Jokowi

Mbah No, begitu orang-orang menyebutnya, termasuk juga Jokowi. Dia dikenal juga sebagai seorang budayawan Jawa yang paham mengenai banyak perihal, mulai dari pakaian Jawa, tosan aji, sampai falsafah Jawa. (more…)

Fadli Zon memamerkan keris miliknya di DPR

Wakil Ketua DPR Fadli Zon memamerkan puluhan keris Bali dan Lombok miliknya. salah satu keris yang dipamerkannya tersebut merupakan keris yang biasa dimiliki oleh raja pada masa kerajaan dulu.

Setidaknya ada 20 keris Fadli di ‘Pameran Keris Nasional: Pesona Keris Bali dan Lombok’ yang diselenggarakan di DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/3/2017). salah satunya merupakan Keris Pandawa Lare yang berasal dari suku Sasak, Lombok. (more…)

wow koleksi pusaka keris fadli zon lebih dari 1000 buah

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menceritakan kegemarannya mengoleksi barang antik seperti keris. Fadli mengaku, selalu membawa keris di dalam mobilnya. Bagaimana ceritanya?

“Ya aku setiap hari di mobil saya selalu bawa keris, selalu. Sebelum jadi anggota DPR itu selalu bawa keris, sudah dari dahulu (more…)