Start here

Tips Menghadapi Ujian Proposal Skripsi

Tips Menghadapi Ujian Proposal Skripsi

Tips Menghadapi Ujian Proposal Skripsi – Banyak yang menganggap seminar proposal skripsi itu menyeramkan. Sesungguhnya tidak demikian kalau kalian paham dengan baik apa sesungguhnya seminar proposal ini. Proposal dapat dikatakan sebagai rencana penelitian yang akan dilaksanakan. Karena baru berupa rencana maka proposal bisa diterima, diperbaiki, atau diganti. Sedangkan teknis sistematika proposal sendiri bisa berbeda antara satu kampus dengan kampus lainnya.

proposal penelitian merupakan sebuah rencana tertulis yang akan diikuti dengan kegiatan nyata. Proposal penelitian ini masih bersifat rancangan yang masih bisa berubah. Walaupun demikian, proposal atau usulan penelitian yang sudah mengandung isi sistematika peneltiian yang akan dilakukan sebagai cermin dari kualitas penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti (mahasiswa) bersangkutan.

Persiapan Ujian Proposal Skripsi

Ikutilah kiat-kiat berikut. Semoga dengan keseriusan dalam persiapan belajarmu, maka situasi dan kondisi juga harus menjadi perhatian, jika dirimu ingin melewati Ujian/Seminar tersebut dengan baik dan nyaman. Untuk menghindari yang namanya keringat bercucuran di depan, dag dig dug yang berlebihan kita juga harus punya usaha untuk menghindari semua itu. Pastikan presentasi tak lebih dari 10 menit, latih di rumah sampai lancar dan tepat waktu dan jangan maju presentasi tanpa latihan.

Adapun tips untuk menghadapi Ujian Proposal Skripsi adalah:

  1. Siapkan mental dan Berdo’a
  2. Siapkan makalah
  3. Menguasai materi
  4. Persiapan Presentasi termasuk power point, laptop, proyektor dll.

Bagaimana Cara Presentasi Ujian Proposal Skripsi

Presentasi proposal skripsi adalah presentasi di mana Anda memaparkan rencana penelitian Anda dan berusaha untuk meyakinkan penguji bahwa topik Anda layak untuk diteliti. Bagi mereka yang gagal meyakinkan penguji, maka biasanya akan diminta untuk membuat proposal penelitian ulang atau istilahnya ganti topik.

Pada saat presentasi seminar proposal skripsi kamu harus menyampaikan apa topik skripsinya, mengapa itu perlu dilakukan, metode atau caranya bagaimana, datanya dari mana, lalu hasilnya nanti seperti apa? Ada gunanya atau tidak?

Apa Yang Ditanyakan Pada Ujian Proposal Skripsi

Seminar proposal skripsi itu bukan pengadilan, tidak usah takut. Itu adalah proses dialog untuk memastikan mahasiswa siap membuat skripsi. Tujuan utama Seminar proposal skripsi adalah untuk membantu mahasiswa dalam menyiapkan skripsinya jadi tdk perlu tegang tapi perlu siap-siap dengan baik. Intinya kalian mau bikin skripsi maka kalian perlu sampaikan gagasan skripsi itu kepada dosen agar dipastikan arahnya benar dan kalian tidak tersesat.

Pertanyaan yang biasanya diajukan Pada Ujian Proposal Skripsi adalah:

  1. Alasan pemilihan judul ???
  2. Latar belakang masalah dan rumusan masalah
  3. Apakah permasalahan penelitian di dukung oleh teori
  4. Metodologi (sampel, objek, instrumen penelitian, teknik analisis)
  5. Pemaparan dan penguasaan materi proposal.

Inti utamanya, dosen itu ingin kalian cepet menyelesaikan skripsi ddengan hasil yang baik. Seminar proposal skripsi itu hanya membantu kalian para mahasiswa, bukan untuk mengadili.

Tips Menghadapi Ujian Skripsi

Tips Menghadapi Ujian Skripsi

Tips Menghadapi Ujian Skripsi – Sidang skripsi adalah nikmat yang dianggap menakutkan bagi sebagian besar mahasiswa. Setelah berjuang keras untuk mengerti teori, mendapatkan data, mengolahnya sepenuh jiwa, sampai juga kamu di pintu terakhir perjuangan sebelum resmi jadi sarjana.

Sidang skripsi adalah gerbang perjuangan akhir bagi seorang mahasiswa untuk memperoleh sebuah gelar. Setelah bertahun-tahun mendalami teori masa perkuliahan. Hingga menyusun karya ilmiah yang syarat dengan penelitian. Umumnya, sebagian besar mahasiwa pasti cemas menghadapi sidang skripsi ini.

Menghadapi 3 sampai 4 dosen dengan pertanyaan tajamnya memang bisa bikin sakit kepala. Bayangan “dibantai” habis-habisan sampai cemas karena takut gagal sering menghantui pikiran. Apalagi terbayang-bayang rasanya harus berhadapan dengan dosen penguji yang konon siap membantai dengan pertanyaan tajam dan kritisnya, bisa mati kutu di tempat.

Tahap Persiapan Ujian Skripsi

Agar proses sidang skripsi berjalan lancar, alangkah baiknya jika anda melakukan hal-hal dibawah ini yang telah saya lakukan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Saya tidak akan menjamin kawan-kawan lulus, tapi dengan pengalaman saya, saya akan membantu kawan-kawan semua menghadapinya. Yang perlu dipersiapkan sebelum ujian skripsi adalah:

  1. Kuasailah materi skripsi dengan baik, pelajari inti dari materi skripsimu agar tak mati gaya ketika di dalam ruang sidang.
  2. Konsultasi dulu ke dosen pembimbing barangkali ada hal-hal penting yang kamu kurang paham di skripsimu.
  3. Kenali siapa dosen penguji Anda.
  4. Susunlah slide presentasi skripsi dengan baik dan lakukan latihan presentasi skripsi dengan baik sebelumnya.
  5. Persiapkan buku-buku dan literatur yang dapat membantu kawan-kawan saat proses sidang.
  6. Makan bergizi dan tercukupi tidak hanya membuatmu jadi lebih berenergi. Pikiranmu pun juga jadi lebih fokus.
  7. Pakailah pakaian yang rapi dan sopan ketika berangkat sidang.
  8. Berdoa dan minta restu orang tua,
  9. Datanglah lebih awal saat hari pendadaran. Dengan begitu kamu punya waktu untuk menenangkan pikiran.
  10. Cek perlengkapan teknis pendukung presentasi seperti laptop dan pyoyektor berfungsi dengan baik.

Tahap Pesentasi Ujian Skripsi

Setelah anda mempersiapkan semuanya, langkah selanjutnya ialah pada saat proses berlangsungnya ujian atau sidang skripsi. Dalam tahap ini kita akan belajar tentang bagaimana membuka presentasi, memaparkan isi dan menutup presentasi. Adapun yang perlu dilakukan adalah:

  1. Membuka presentasi skripsi
    Membuka presentasi dalam sidang skripsi adalah salah satu tahap yang membutuhkan sebuah pemikiran yang matang sebelum Anda melakukannya. Anda harus benar-benar memikirkan kalimat apa yang paling tepat Anda sampaikan saat berdiri pertama kali di depan dewan penguji. Jangan sampai Anda menunjukkan diri bahwa Anda tidak siap, dengan pembukaan yang buruk.
  2. Menjelaskan isi presentasi skripsi
    Supaya dewan penguji atau audiens yang mendengarkan Anda memahami bagian-bagian dari apa yang Anda sampaikan dengan baik. Berpresentasilah dengan singkat dan padat, menurut pengalaman saya, waktu yang diberikan untuk presentasi ialah antara 15-20 menit.
  3. Menutup Presentasi Skripsi
    Dalam presentasi sidang skripsi ada dua cara penutupan presentasi yang baik. Pertama menyimpulkan isi dari presentasi yang biasanya juga kesimpulan dari isi skripsi. Kedua, menyampaikan rekomendasi. Rekomendasi ini Anda sampaikan kepada pihak-pihak terkait yang akan menggunakan hasil penelitian Anda atau yang akan meneruskan penelitian Anda di masa mendatang.

Tahap Tanya Jawab Ujian Skripsi

Jika Dosen memberikan pertanyaan, dan setelah Anda mengetahui jawaban atas pertanyaan dosen penguji, segera jawab pertanyaan tersebut dengan jelas. Berikan jawaban ringkas jika waktunya terbatas, perluas jawaban Anda jika waktunya cukup longgar. Jika pertanyaan terkait dengan hasil atau proses penelitian Anda maka jawablah apa adanya seperti apa yang Anda lakukan saat melakukan penelitian.

Setiap kritikan dan masukan ada kalanya untuk dilawan atau dipertahankan. Namun jika masukan dan kritikan dosen tersebut masuk akal, logis, dan membangun, sebaiknya anda menerimanya dan mengucapkan terima kasih. Perlu anda tau bahwa ujian skripsi pada intinya ialah bagaimana anda mempertahankan skripsi anda agar diterima, namun pembelaan dari anda yang terlalu ngotot, tidak rasional, keras kepala, dan maunya sendiri akan merusak citra dan penilaian penampilan anda dalam sidang skripsi.

Demikianlah tips bagaimana menampilkan presentasi sidang skripsi dengan baik dan benar sekaligus meyakinkan. Intinya lakukan persiapan dengan sebaik-baiknya, tampilkan presentasi skripsi Anda dengan baik, terstruktur dan meyakinkan, serta berikan jawaban terbaik untuk setiap pertanyaan. Lakukan semua itu dengan baik, maka kesuksesan presentasi sidang skripsi akan jadi milik Anda.

Inilah Asal-usul Toga Wisuda

Inilah Asal-usul Toga Wisuda

Inilah Asal-usul Toga Wisuda – Dari sisi desain bentuknya memang tidak ada keren-kerennya. Tapi jika dipakai di hari wisuda, langsung nge-boost rasa bangga berkali lipat!! Ya itulah Toga, jubah berwarna hitam ini memang tidak bisa dipisahkan dari acara lulus-lulusan. Buat yang lagi bikin skripsi pasti udah kebelet ingin mengenakannya. Meski bentuk Toga cukup sederhana,tapi ternyata kaya akan makna.

Setelah menempuh pendidikan di perguruan tinggi, hal yang dinanti-nanti hampir semua mahasiswa adalah wisuda. Bisa dibilang kamu harus berjuang bertahun-tahun dahulu agar bisa memakai toga dengan bangga. Mungkin ini benar, mengingat proses yang tak mudah demi memakai toga. Bentuknya sih biasa saja, tak ada yang spesial. Namun, saat kamu memakainya entah kenapa rasa bangga begitu besar.

Sejarah Pakaian Toga Wisuda

Sebagian besar orang yang pernah atau sedang berstatus sebagai mahasiswa, tentu tahu apa itu toga. Pakaian serba hitam lengkap dengan topi persegi dan talinya ini merupakan busana yang paling dinantikan bagi siapa saja yang menempuh pendidikan di bangku perkuliahan. Bagaimana tidak? Busana resmi yang jauh dari kesan modis ini biasa dikenakan dalam upacara wisudaan.

Meski sering dikaitkan dengan bangsa Romawi kuno, toga sebenarnya merupakan pakaian yang sering dikenakan bangsa Etruskan (pribumi Italia) sejak 1.200 SM. Kala itu, bentuk toga belum berupa jubah, tetapi hanya berupa kain sepanjang 6 meter yang cara pakainya dililitkan ke tubuh. Meski ribet, toga merupakan satu-satunya pakaian yang dianggap pantas saat seseorang berada diluar ruangan.

Makna Pakaian dan Topi Toga Wisuda

Toga yang berwarna hitam pun bukan tanpa alasan. Seperti yang kita tahu, hitam sering diidentikkan dengan hal yang misterius dan gelap. Selain itu, warna hitam juga melambangan keagungan. Karena itu, selain sarjana, baik hakim dan sebagian pemuka agama juga menggunakan warna hitam ini sebagai jubahnya.

Filosofi lainnya juga adalah kucir tali topi toga melambangkan tali pita pembatas buku. Dengan pindah tali, diharapkan para wisudawan terus membuka lembaran buku supaya wawasan keilmuannya terus bertambah.

Tidak hanya warna pada jubah toga yang memuat filosofi mendalam, ternyata ada pula arti filosofis dari bentuk persegi pada topi toga. sudut-sudut persegi pada topi toga menyimbolkan yaitu seorang sarjana dituntut untuk berpikir rasional serta memandang segala sesuatu hal dari beraneka sudut pandang.

Kenapa kuncir tali topinya di pindah dari kiri ke kanan?

Dipuncak acara wisuda, kita mungkin bertanya-tanya, kenapa ya kuncir tali di topi toga dipindah dari kiri ke kanan? Kuncir tali toga yang semula berada di kiri ternyata bermakna lebih banyaknya otak kiri yang digunakan semasa kuliah. Nah, dgn dipindah ke kanan, maksudnya agar para sarjana tidak hanya menggunakan otak kiri saja setelah lulus, namun juga otak kanan yang berhubungan dengan kreativitas, imajinasi, dan inovasi.

Kamu yang pernah mengikuti upacara wisuda ataupun malah menjadi peserta yang diwisuda pasti tau lagu satu ini. Lagu latin yang sering dinyanyikan pada upacara wisuda ini sebenarnya adalah hymne mahasiswa internasional yang berarti ”karenanya marilah kita bergembira”.

Bolehkah Olahraga di Malam Hari?

Bolehkah Olahraga di Malam Hari?

Bolehkah Olahraga di Malam Hari? – Banyak orang yang ingin berpola hidup sehat maupun sedang berdiet melakukan kegiatan berolahraga untuk menyehatkan tubuh ataupun membentuk badan agar lebih baik. Olahraga saat kita duduk di bangku sekolah dulu biasanya dilakukan saat pagi hari. Kesibukan padat sering bikin kita tidak punya waktu berolahraga di pagi atau siang hari, sehingga banyak yang memilih untuk olahraga malam-malam.

Aktivitas yang padat di sekolah, di kampus, atau di kantor, kadang membuat waktu kita untuk berolahraga jadi sedikit. Padahal, paling tidak waktu untuk orang dewasa berolahraga adalah 150 menit dalam lima hari atau sekitar 30 menit sehari. Namun, semenjak kuliah ataupun bekerja terkadang sangat sulit mencari waktu berolahraga yang tepat sehingga tidak jarang kita melakukannya saat malam hari ketika seluruh kegiatan telah selesai.

Di kala malam hari, pusat kebugaran atau bahkan persewaan lapangan futsal bisa dipenuhi oleh begitu banyak orang, bahkan hingga tengah malam. Banyak orang menduga, olahraga paling sehat itu adalah ketika ada paparan cahaya matahari pagi, karena banyak memberikan tubuh kita vitamin D, selain karena udara di pagi hari juga lebih segar. Tapi, bagaimana kalau tidak ada waktu berolahraga di pagi hari, dan waktu yang kita miliki cuma di malam hari?

Apa Efeknya Olahraga di Malam Hari?

Pakar kesehatan berpendapat bahwa berolahraga di malam hari ternyata masih bisa memberikan kebaikan bagi tubuh, meskipun memang tidak akan memberian kebaikan layaknya jika kita berolahraga di pagi hari yang memiliki banyak paparan sinar matahari dan udara yang cenderung masih segar. Hanya saja, tubuh akan banyak bergerak dan terlatih sehingga akan tetap terjaga kesehatannya.

Berolahraga lah sesuai dengan kapasitas tubuh kamu. Sebab jika dipaksakan, olahraga yang berlebihan dan tak sesuai kapasitas bisa memicu penimbunan asam laktat, menyebabkan badan menjadi pegal dan sulit tidur. Hindari olahraga malam mendekati waktu tidur, minimal 3-4 jam sebelum tidur. Ini karena olahraga yang dilakukan menjelang tidur bisa mengganggu siklus tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi panas, tidak tenang, gelisah, hingga susah tidur.

Hal ini dikarenakan dapat memicu gangguan pada sistem pernafasan karena kandungan oksigen pada malam hari lebih sedikit dibanding pagi hari. Kemudian daya tahan tubuh akan semakin berkurang, karena terkurasnya energi yang berlebihan apalagi bila pada saat siang hari Anda melakukan kegiatan padat seperti kuliah atau bekerja.

Manfaat Olahraga di Malam Hari?

Pada dasarnya berolahraga di malam hari boleh saja dilakukan. Hanya saja, olahraga di malam hari tidak boleh melewati waktu untuk tidur, mengingat pada malam hari hormon-hormon tubuh bekerja jauh lebih aktif. Namun, apabila berolahraga hingga larut malam malah akan menyebabkan tubuh lemas pada keesokan harinya.

Inilah bebarapa manfaat Olahraga di Malam Hari:

  1. Sinar bulan baik untuk kulit
    Berlari atau bersepeda dalam gelap membatasi paparan sinar UV Anda. Tidak perlu mengoleskan SPF untuk mencegah kerusakan kulit saat Anda berolahraga di pagi hari.
  2. Tubuh lebih kuat
    Sebuah studi dari Journal of Sports Science and Medicine menemukan, kebanyakan orang dapat mencapai kinerja otot yang optimal di malam hari. Jadi Anda mungkin bisa berpikir untuk memindahkan jadwal gym dari pagi ke malam hari.
  3. Waktu tidur tak terganggu
    Percaya atau tidak, berolahraga di malam hari memang membuat waktu tidur Anda tak terganggu. Sebuah studi baru-baru ini oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa, dibandingkan dengan non-olahragawan, orang yang berolahraga malam mengatakan bahwa mereka tidur lebih nyenyak di malam hari.
  4. Lebih menghabiskan energi
    Latihan di luar ruangan saat malam hari juga bisa lebih menantang. Anda menghabiskan lebih banyak energi untuk mengatasi angin dan medan di sekitar.

Inilah Makanan Bernutrisi Tinggi Khas Indonesia

Inilah Makanan Bernutrisi Tinggi Khas Indonesia

Inilah Makanan Bernutrisi Tinggi Khas Indonesia – Tempe adalah makanan hasil fermentasi dari kacang kedelai yang dicampur dengan beberapa jenis kapang. Kapang tersebut yang membuat tempe merekat dan berbentuk padat. Tempe merupakan makanan tradisional masyarakat Indonesia. Umumnya tempe dibuat dari proses fermentasi biji kedelai dengan menggunakan ragi tempe. Teknik pembuatannya masih dikerjakan oleh sebagian masyarakat lokal dengan proses yang sangat sederhana.

Tempe memiliki warna yang putih dan memiliki bulu-bulu halus di sekelilingnya hal tersebut terjadi karena hasil dari fermentasi. Rasa dari tempe sedikit asam dan kedelainya sangat terasa. Selain itu, dalam tekstur tempe terdapat banyak biji kacang kedelai sehingga ketika digigit akan terasa sekali kedelainya. Tempe yang baru saja jadi rasanya hangat dan empuk. Mengolah tempe cukup dengan dipotong sesuai keinginan dan dimasak. Tempe dapat dijadikan berbagai macam olahan masakan seperti, tempe goreng, tempe orek, steak tempe, tempe bacem, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya proses pembuatannya merupakan proses menumbuhkan spora jamur tempe, yang paling dominan adalah Rhizopus sp, pada  biji kedelai. Jamur tersebut akan membentuk benang-benang Miselium yang mengikat biji kedelai satu dengan lainnya. Proses ini juga menghasilkan enzim yang menguraikan senyawa organik komplek seperti protein di dalam kedelai. Hasilnya, protein-protein tersebut akan dirombak menjadi senyawa yang lebih sederhana sehingga akan mudah dicerna oleh tubuh. Selain enzim pada proses ini juga banyak terbentuk mikrobakteria yang bersifat aerob obligat, artinya membutuhkan oksigen untuk pertumbuhannya.

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

Mengkonsumsi tempe dapat mencegah beberapa penyakit seperti, diare, jantung, diabetes melitus, kanker, dan juga hipertensi. Karena banyaknya kandungan dalam tempe maka mengkonsumsi tempe dapat mencegah terjadinya gizi buruk pada balita dan anak-anak.

Tempe sebagai salah sumber gizi untuk tubuh. Mengkonsumsi tempe sebanyak 50 gr saja bisa meningkatkan kadar gizi seseorang. Selain itu, tempe memiliki kandungan asam lemak, vitamin B, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, mineral, dan sebagai antioksidan.

Selain itu dalam proses ini juga berperan bakteri Klebsiella pneumonia yang menghasilkan kandungan vitamin B12 yang tinggi. Vitamin B12 ini berperan penting dalam perkembangan otak dan sistem saraf, serta dalam pembentukan darah. Menariknya ternyata bakteri ini adalah salah satu bakteri patogen penyebab infeksi pada paru-paru. Tetapi pada kenyataannya masyarakat Indonesia sebagai pemakan tempe tidak ditemukan adanya kasus orang terkena infeksi paru-paru akibat Klebsiella pneumonia yang ada di dalam tempe.

Macam Macam Mengolah Tempe Lezat

Tempe adalah makanan yang pasti tidak asing di mata, telinga, lidah, hidung, dan kulit kita. Makanan fermentasi dari kacang kedelai ini telah menemani hidup kita sebagai orang Indonesia. Rasa khas dari tempe dan struktur yang sangat berbeda dari tahu ini tidak hanya murah dan bikin ketagihan, tapi banyak hal yang bisa bikin kamu tercengang mendengarkan info nutrisi dari tempe.

Tempe yang sudah dikenal dunia ini, dapat bertahan lama jika pada saat penyimpanan disimpan dengan cara yang benar. Tempe yang disimpan dengan benar akan menghasilkan masakan yang lezat. Berikut ini Macam Macam Mengolah Tempe Menjadi Makanan Yang Lezat:

  • Tempe goreng tepung
  • Tempe goreng mendoan
  • Tempe penyet
  • Tempe orek
  • Keripik tempe

Hello world!

Selamat Datang Dinus Students Blog Sites. Ini adalah tulisan pertama kamu. Ubah dan hapus, kemudian mulailah blogging!