Home » Kesehatan » Bolehkah Olahraga di Malam Hari?

Bolehkah Olahraga di Malam Hari?

Bolehkah Olahraga di Malam Hari?

Bolehkah Olahraga di Malam Hari? – Banyak orang yang ingin berpola hidup sehat maupun sedang berdiet melakukan kegiatan berolahraga untuk menyehatkan tubuh ataupun membentuk badan agar lebih baik. Olahraga saat kita duduk di bangku sekolah dulu biasanya dilakukan saat pagi hari. Kesibukan padat sering bikin kita tidak punya waktu berolahraga di pagi atau siang hari, sehingga banyak yang memilih untuk olahraga malam-malam.

Aktivitas yang padat di sekolah, di kampus, atau di kantor, kadang membuat waktu kita untuk berolahraga jadi sedikit. Padahal, paling tidak waktu untuk orang dewasa berolahraga adalah 150 menit dalam lima hari atau sekitar 30 menit sehari. Namun, semenjak kuliah ataupun bekerja terkadang sangat sulit mencari waktu berolahraga yang tepat sehingga tidak jarang kita melakukannya saat malam hari ketika seluruh kegiatan telah selesai.

Di kala malam hari, pusat kebugaran atau bahkan persewaan lapangan futsal bisa dipenuhi oleh begitu banyak orang, bahkan hingga tengah malam. Banyak orang menduga, olahraga paling sehat itu adalah ketika ada paparan cahaya matahari pagi, karena banyak memberikan tubuh kita vitamin D, selain karena udara di pagi hari juga lebih segar. Tapi, bagaimana kalau tidak ada waktu berolahraga di pagi hari, dan waktu yang kita miliki cuma di malam hari?

Apa Efeknya Olahraga di Malam Hari?

Pakar kesehatan berpendapat bahwa berolahraga di malam hari ternyata masih bisa memberikan kebaikan bagi tubuh, meskipun memang tidak akan memberian kebaikan layaknya jika kita berolahraga di pagi hari yang memiliki banyak paparan sinar matahari dan udara yang cenderung masih segar. Hanya saja, tubuh akan banyak bergerak dan terlatih sehingga akan tetap terjaga kesehatannya.

Berolahraga lah sesuai dengan kapasitas tubuh kamu. Sebab jika dipaksakan, olahraga yang berlebihan dan tak sesuai kapasitas bisa memicu penimbunan asam laktat, menyebabkan badan menjadi pegal dan sulit tidur. Hindari olahraga malam mendekati waktu tidur, minimal 3-4 jam sebelum tidur. Ini karena olahraga yang dilakukan menjelang tidur bisa mengganggu siklus tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi panas, tidak tenang, gelisah, hingga susah tidur.

Hal ini dikarenakan dapat memicu gangguan pada sistem pernafasan karena kandungan oksigen pada malam hari lebih sedikit dibanding pagi hari. Kemudian daya tahan tubuh akan semakin berkurang, karena terkurasnya energi yang berlebihan apalagi bila pada saat siang hari Anda melakukan kegiatan padat seperti kuliah atau bekerja.

Manfaat Olahraga di Malam Hari?

Pada dasarnya berolahraga di malam hari boleh saja dilakukan. Hanya saja, olahraga di malam hari tidak boleh melewati waktu untuk tidur, mengingat pada malam hari hormon-hormon tubuh bekerja jauh lebih aktif. Namun, apabila berolahraga hingga larut malam malah akan menyebabkan tubuh lemas pada keesokan harinya.

Inilah bebarapa manfaat Olahraga di Malam Hari:

  1. Sinar bulan baik untuk kulit
    Berlari atau bersepeda dalam gelap membatasi paparan sinar UV Anda. Tidak perlu mengoleskan SPF untuk mencegah kerusakan kulit saat Anda berolahraga di pagi hari.
  2. Tubuh lebih kuat
    Sebuah studi dari Journal of Sports Science and Medicine menemukan, kebanyakan orang dapat mencapai kinerja otot yang optimal di malam hari. Jadi Anda mungkin bisa berpikir untuk memindahkan jadwal gym dari pagi ke malam hari.
  3. Waktu tidur tak terganggu
    Percaya atau tidak, berolahraga di malam hari memang membuat waktu tidur Anda tak terganggu. Sebuah studi baru-baru ini oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa, dibandingkan dengan non-olahragawan, orang yang berolahraga malam mengatakan bahwa mereka tidur lebih nyenyak di malam hari.
  4. Lebih menghabiskan energi
    Latihan di luar ruangan saat malam hari juga bisa lebih menantang. Anda menghabiskan lebih banyak energi untuk mengatasi angin dan medan di sekitar.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *