Home » Kesehatan » Inilah Makanan Bernutrisi Tinggi Khas Indonesia

Inilah Makanan Bernutrisi Tinggi Khas Indonesia

Inilah Makanan Bernutrisi Tinggi Khas Indonesia

Inilah Makanan Bernutrisi Tinggi Khas Indonesia – Tempe adalah makanan hasil fermentasi dari kacang kedelai yang dicampur dengan beberapa jenis kapang. Kapang tersebut yang membuat tempe merekat dan berbentuk padat. Tempe merupakan makanan tradisional masyarakat Indonesia. Umumnya tempe dibuat dari proses fermentasi biji kedelai dengan menggunakan ragi tempe. Teknik pembuatannya masih dikerjakan oleh sebagian masyarakat lokal dengan proses yang sangat sederhana.

Tempe memiliki warna yang putih dan memiliki bulu-bulu halus di sekelilingnya hal tersebut terjadi karena hasil dari fermentasi. Rasa dari tempe sedikit asam dan kedelainya sangat terasa. Selain itu, dalam tekstur tempe terdapat banyak biji kacang kedelai sehingga ketika digigit akan terasa sekali kedelainya. Tempe yang baru saja jadi rasanya hangat dan empuk. Mengolah tempe cukup dengan dipotong sesuai keinginan dan dimasak. Tempe dapat dijadikan berbagai macam olahan masakan seperti, tempe goreng, tempe orek, steak tempe, tempe bacem, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya proses pembuatannya merupakan proses menumbuhkan spora jamur tempe, yang paling dominan adalah Rhizopus sp, pada  biji kedelai. Jamur tersebut akan membentuk benang-benang Miselium yang mengikat biji kedelai satu dengan lainnya. Proses ini juga menghasilkan enzim yang menguraikan senyawa organik komplek seperti protein di dalam kedelai. Hasilnya, protein-protein tersebut akan dirombak menjadi senyawa yang lebih sederhana sehingga akan mudah dicerna oleh tubuh. Selain enzim pada proses ini juga banyak terbentuk mikrobakteria yang bersifat aerob obligat, artinya membutuhkan oksigen untuk pertumbuhannya.

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

Mengkonsumsi tempe dapat mencegah beberapa penyakit seperti, diare, jantung, diabetes melitus, kanker, dan juga hipertensi. Karena banyaknya kandungan dalam tempe maka mengkonsumsi tempe dapat mencegah terjadinya gizi buruk pada balita dan anak-anak.

Tempe sebagai salah sumber gizi untuk tubuh. Mengkonsumsi tempe sebanyak 50 gr saja bisa meningkatkan kadar gizi seseorang. Selain itu, tempe memiliki kandungan asam lemak, vitamin B, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, mineral, dan sebagai antioksidan.

Selain itu dalam proses ini juga berperan bakteri Klebsiella pneumonia yang menghasilkan kandungan vitamin B12 yang tinggi. Vitamin B12 ini berperan penting dalam perkembangan otak dan sistem saraf, serta dalam pembentukan darah. Menariknya ternyata bakteri ini adalah salah satu bakteri patogen penyebab infeksi pada paru-paru. Tetapi pada kenyataannya masyarakat Indonesia sebagai pemakan tempe tidak ditemukan adanya kasus orang terkena infeksi paru-paru akibat Klebsiella pneumonia yang ada di dalam tempe.

Macam Macam Mengolah Tempe Lezat

Tempe adalah makanan yang pasti tidak asing di mata, telinga, lidah, hidung, dan kulit kita. Makanan fermentasi dari kacang kedelai ini telah menemani hidup kita sebagai orang Indonesia. Rasa khas dari tempe dan struktur yang sangat berbeda dari tahu ini tidak hanya murah dan bikin ketagihan, tapi banyak hal yang bisa bikin kamu tercengang mendengarkan info nutrisi dari tempe.

Tempe yang sudah dikenal dunia ini, dapat bertahan lama jika pada saat penyimpanan disimpan dengan cara yang benar. Tempe yang disimpan dengan benar akan menghasilkan masakan yang lezat. Berikut ini Macam Macam Mengolah Tempe Menjadi Makanan Yang Lezat:

  • Tempe goreng tepung
  • Tempe goreng mendoan
  • Tempe penyet
  • Tempe orek
  • Keripik tempe

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *