Home » Teknologi » Kekurangan Dari Printer Dot Matrix

Kekurangan Dari Printer Dot Matrix

Kekurangan Dari Printer Dot Matrix

Kekurangan Dari Printer Dot Matrix – Printer ini terutama dibutuhkan oleh bidang usaha yang membutuhkan pencetakan rangkap, tidak hanya bukti transaksi, tetapi juga laporan-laporan yang harus dicetak rangkap. Epson merupakan merek terkenal dalam produksi printer. Keunggulan printer buatan Epson sudah banyak dikenal oleh banyak orang. Printer dot matrix adalah jenis printer yang mengaplikasikan pita sebagai alat percetakan sehingga hasil percetakan printer dengan dot matrix agak kasar dan kurang bagus.

Beberapa dari kita mungkin masih merasa asing dengan istilah ini, meskipun contoh perangkatnya sudah sering kita temui bahkan kita pakai setiap menggunakan komputer. Hingga saat ini, berbagai printer telah tersedia dengan berbagai fitur mulai dari mencetak dokumen hitam putih, berwarna, baik dengan kualitas grafis rendah maupun tinggi, serta gabungan fungsi dari perangkat lainnya.

Pengertian Dari Printer Dot Matrix

Printer yang satu ini, umumnya merupakan printer yang hanya memiliki satu warna saja. Printer Dot Matrix merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat pencetaknya, nah dikarenakan menggunakan pita untuk mencetaknya maka menghasilkan cetakan yang kurang memuaskan dikarenakan Printer Dot Matrix menghasilkan ke output agak kasar dan pastinya kurang bagus. Secara umum, pemakaian printer dot matrix rata-rata digunakan oleh mereka yang bekerja di dunia perkantoran ataupun instansi khusus yang didalamnya memang hanya memakai printer jenis dot-matrix ini dan hanya digunakan untuk mencetak dokumen saja.

Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas, hasil percetakan printer dengan dot matrix agak kasar dan kurang bagus. Tentunya, printer dot matrix tidaklah cocok apabila digunakan atau dipakai untuk mencetak foto. Kondisi tersebut tentunya dilatarbelakangi karena printer dot matrix sistem kerjanya adalah mengetuk bagian pita yang ada pada head printer secara langsung sehingga tentu resolusi gambar yang diperoleh sangatlah jauh di bawah printer ink jet.

Kekurangan Dari Printer Dot Matrix

Kekurangan dari adalah printer jenis dot-matrix memiliki suara yang rata-rata cukup keras pada saat bekerja mencetak dokumen. Oleh sebab itu tentunya bagi Anda yang menggunakan printer dot matrix untuk bekerja di sebuah perkantoran maupun kawasan padat penduduk maka tentunya suara yang keluar dari printer dot matrix cukuplah mengganggu. Kekurangan lainnya dari printer dot matrix adalah tidak mempunyai variasi pada pencetakan warna sehingga sangat disarankan untuk tidak mencetak dokumen berwarna menggunakan printer dot matrix.

Kelemahan dari printer jenis ini ialah, resolusi cetakannya sangat rendah. Sehingga printer berjenis ini tidak mampu mencetak gambar dengan baik, dan hanya cocok untuk pencetakan dokumen saja. Printer dot matrix memiliki resolusi cetak yang masih sangat rendah karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas. Sistem pencetakan printer dot matrix masih menggunakan sistem ketukan, cetakan dapat langsung dirangkap dengan karbon. Ketika sedang mencetak, printer dot matrix ini menimbulkan suara yang cenderung keras.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *