Home » Teknologi » Kelebihan Printer Inkjet Dibanding Printer Lain

Kelebihan Printer Inkjet Dibanding Printer Lain

Kelebihan Printer Inkjet Dibanding Printer Lain

Kelebihan Printer Inkjet Dibanding Printer Lain –┬áKemunculan printer sebagai hardware dalam dunia teknologi memang manghadirkan banyak kemudahan dan manfaat. Dalam dunia printer, terdapat 2 sistem printer yang dikenal masyarakat yaitu printer infus dan printer inject. Kecanggihan teknologi yang sangat pesat, telah memunculkan berbagai macam inovasi dan variasi, tak terkecuali perangkat keras bernama printer. Saat ini, printer sangat sering digunakan terutama di kantoran, sekolahan, dan tempat-tempat bisinis lainnya.

Bukan hanya berharga murah, printer inkjet bahkan terkadang diberikan sebagai bonus jika anda beli laptop atau pc desktop. Kalau kita hanya melihat dari sisi harga jual, kita akan berpikir bahwa printer inkjet itu murah, atau margin keuntungan penjualnya agak tipis, sehingga tidak ragu untuk menggunakannya sebagai barang bonus. Kemunculan printer sebagai hardware dalam dunia teknologi memang manghadirkan banyak kemudahan dan manfaat.

Pengertian dan Cara Kerja Printer Inkjet

Inkjet yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik. Saat ini fungsi printer selain sebagai mesin pencetak, baik cetak dokumen, gambar, grafik, maupun gabungan gambar dan dokumen, printer memliki kelebihan juga sebagai mesin pengganda, karena pesatnya teknologi yang memungkinkan manusia untuk berinovasi. Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil.

Printer inkjet ini adalah jenis printer yang melakukan cetakan dengan cara menyemprotkan titik-titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas. Teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer dengan menggunakan panas, panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. Karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering.

Kelebihan Printer Inkjet dan Kekurangannya

Printer inkjet saat ini telah tersedia banyak model yang simple dan rapi yang cocok anda pilih sebagai printer untuk digunakan berpegian. Kalau kita cermati kelebihan dan kekurangan printer inkjet, maka mungkin kita juga bisa dibuat paham mengapa harga setiap unit printer inkjet itu relatif lebih murah dibanding printer jenis lain. Salah satu keuntungan printer inkjet yaitu printer ini mudah dibawa kemana mana, dimana anda bisa mengemas printer ini di dalam kotak dengan rapi tanpa memerlukan wadah khusus sebagai tempat penyimpanan.

Kita sebagai pengguna, tinggal menghitung apakah kita memerlukan keunggulan printer ink-jet dan bisa menerima atau berkompromi dengan kelemahan yang pasti dibawanya. Ini kelemahan utama printer inkjet. Harga cartridge tinta printer ink-jet itu mahal. Kalau anda selalu pakai yang asli, maka dalam beberapa bulan saja, pengeluaran untuk beli cartridge tinta sudah akan menyamai harga unit printer inkjet baru untuk tipe yang sama. Karena mahal dan terkadang terasa tidak ekonomis, maka kemudian ramai-ramai orang menggunakan tinta pengganti yang tidak orisinil.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *